8

8 Tips Dekorasi Rumah dan Kamar yang Bisa Membantu Menurunkan Stres

Cara membuat kamar dan rumah menjadi nyaman dan bisa menurunkan stres

Berlama-lama diam di rumah atau kamar kost bisa jadi membuat kita stres dan kesepian, namun kita masih wajib melakukannya selama pandemi Corona. Ternyata, nih, dengan menata rumah dan kamar lebih nyaman bisa menurunkan stres.

Hal-hal kecil yang kita lakukan di kamar ampuh membantu menurunkan kadar stres dalam diri. Contoh sederhananya adalah menata tempat tidur setiap pagi. Segala kegiatan yang nantinya berujung pada kenyamanan kamu di kamar pasti bisa meningkatkan produktivitas dan mengurangi anxiety.

Rumah dan kamar adalah beberapa tempat yang membuat kita merasa aman dan nyaman. Untuk memaksimalkan fungsi kenyamanannya sudah tugas kita untuk menatanya dan mengubah prilaku agar kita sendiri tetap betah berada di dalamnya.

Cara yang Bisa Kamu Lakukan agar Tetap Nyaman #dirumahaja

Kita tak harus selalu memboroskan uang dengan membeli barang-barang mahal baru. Namun, hal-hal kecil yang sederhana sudah bisa membantu untuk membuat kamar lebih nyaman dan dapat menurunkan stres.

1. Selalu menata tempat tidur

10 Chic Small Bedroom Ideas | Lowe's Canada
Source: lowecanada.com

Menata tempat tidur memang terlihat seperti tindakan yang kecil dan kurang begitu signifikan. Namun, menata tempat tidur setiap kali bangun diam-diam bisa membuatmu merasa lebih bersemangat menyambut hari dan membantumu agar bisa lebih produktif saat bekerja.

Jangan lupa untuk rutin mencuci seprai, sarung bantal, dan selimutmu setidaknya seminggu sekali. Rukita pernah membahas mengenai risiko jarang mencuci dan mengganti seprai, kan?

Pilih bedding yang bahan dan ketebalannya kamu suka sehingga kamu akan selalu merasa nyaman saat tidur dan semangat saat harus menatanya.

2. Rajin bersih-bersih dan menata kamar

Smart space: Small room decor ideas for when you're short on space ...
Source: pinterest.com

Kamar yang bersih dan rapi bisa membuat orang lebih produktif saat bekerja. Kalau kamu harus selalu di rumah aja seperti sekarang, kamar dan rumah yang rapi bisa membantumu mengurangi rasa stres.

Kegiatan bersih-bersih bisa membantu mengurangi rasa stres dan cemas, karena bisa membuatmu merasa memiliki produktivitas tinggi. Hal ini akan menurunkan kadar kecemasanmu.

Coba bersihkan kamarmu paling tidak seminggu sekali dan fokus untuk membersihkan satu bagian kamar atau satu ruangan dulu. Kalau bingung kamu bisa cek artikel #AskExpert Rukita tentang membereskan kamar. Kamu juga bisa membereskan beberapa tumpukan barang dan gantikan dengan tanaman indoor yang bisa membantu menenangkan hati.

3. Belajar merajut

The 5 Knitting Styles (And How to Knit Them) | AllFreeKnitting.com
Source: allfreeknitting,com

Banyak penelitian menunjukkan bahwa merajut bisa memberikan efek tenang, mengurangi cemas, dan menurunkan stres. Bahkan kata para perajut, nih, kegiatan merajut juga membuat mereka merasa bahagia.

Kalau ingin memiliki skill DIY baru, ya, kamu sebaiknya mencoba belajar merajut juga. Kalau sudah cukup mahir, kan, kamu bisa membuat taplak meja, kain untuk dekorasi sofa, selimut, kaus kaki, baju, dan berbagai barang lain. Tidak punya teman yang bisa merajut untuk mengajarimu? Coba ikuti tutorial dulu di YouTube.

Umumnya para perajut memiliki komunitas, baik online maupun offline, sehingga mereka selalu terhubung dengan grupnya. Berada dalam suatu komunitas selalu bisa membantu memperkuat kesehatan mental seseorang.

4. Jangan malas mandi!

Should You Take Hot or Cold Showers? | Be Well Philly
Source:philmag.com

Mandi bisa membantu meningkatkan mood dan memperlancar sirkulasi aliran darah. Kalau oksigen yang dibawa darah bisa mengalir dengan baik maka kadar stresmu akan berkurang, apalagi sesudah bekerja dari rumah yang butuh konsentrasi ekstra.

Saat kita mandi dengan air hangat, nih, temperatur badan akan meningkat. Inilah salah satu cara mudah untuk menurunkan kecemasan dan stres. Menaikkan suhu tubuh bisa membantu relaksasi otot. Yap, pada saat stres otot akan menegang sehingga mandi air panas bisa membantu melemaskan otot serta mengusir stres yang dialami badan dan pikiran.

5. Bersihkan jendela kamar dan rumah

20 Small Bedroom Storage Ideas - DIY Storage Ideas for Small Rooms
Source: countryliving.com

Jendela adalah salah satu bagian rumah yang kadang sering lupa dibersihkan. Kapan kamu terakhir membersihkan jendela? Cahaya matahari yang masuk dari jendela terbukti menjadi antidepresan sehingga bisa mengurangi rasa stres, cemas, dan depresi.

Rumah terutama kamarmu harus mendapatkan cahaya matahari sebanyak mungkin demi kesehatan mentalmu. Kalaupun kamu hanya memiliki satu jendela kecil, usahakan jendela itu bisa memancarkan cahaya alami semaksimal mungkin. Oleh karena itu, jendela harus bersih dan kinclong!

Jangan lupa untuk rutin membersihkan jendela di rumah, terutama ruang keluarga dan kamar. Rukita memiliki artikel cara membersihkan jendela, kok. Dengan jendela yang bersih, tuh, rumah dan kamarmu akan makin terang, cerah, dan kesehatan jiwamu makin baik.

6. Investasi untuk membeli bedding berkualitas

Super Stylish Small Bedroom Ideas to Maximize Space | Hudson Reed
Source: hudsonreed.com

Tidur yang nyenyak dan berkualitas adalah salah satu rahasia untuk menurunkan stres dan peningkatan sistem imun. Maka dari itu, kita harus merasa nyaman saat tidur agar tidurmu selalu berkualitas.

Kalau sepraimu masih kasar dan panas, tuh, bikin kebangun tengah malam dan sebagainya. Coba beli seprai katun Jepang atau linen. Kain katun Jepang dan linen memiliki permukaan yang dingin, halus, dan mirip dengan bedding di hotel. Pilih bantal yang berkualitas juga agar kepalamu tidak sakit dan tegang saat tidur.

Soal warna, sih, kalau kamu lebih ingin memiliki kamar yang bernuansa lembut dan nyaman bisa pilih warna netral. Ingin warna yang bikin semangat dan aktif saat bangun tidur? Pilih warna yang cerah saja. Royal untuk bedding nggak apa-apa, kok, karena barang-barang ini awet dan bisa membuatmu nyaman bertahun-tahun.

7. Warna lampu juga penting

43 Cozy and warm color schemes for your living room | Living room ...
Source: pinterest.com

Pencahayaan ruangan itu penting, lho! Pasalnya setiap warna lampu bisa memiliki pengaruh berbeda terhadap tubuh. Kalau kamu ingin tetap merasa nyaman di dalam suatu ruangan, nih, pilih cahaya yang lebih lembut dan hangat. Kamu bisa pilih lampu kekuningan yang lembut untuk kamar tidur sehingga tidurmu makin pulas.

Lampu standar yang terang bisa membuat badanmu tidak beristirahat optimal karena cahaya yang terlalu terang. Kalau ruang keluarga di rumah juga dicat dengan warna hangat, nih, tinggal pasang lampu yang hangat juga di sana agar suasana lebih relaks.

Sedangkan di ruang kerja bisa menggunakan lampu putih terang agar kamu bisa terus fokus bekerja dan nggak gampang ngantuk. Namun, saat sudah selesai bekerja sebaiknya segera pindah ke ruangan berlampu hangat agar badanmu tahu bahwa kini saatnya bersantai.

8. Jangan lupa tata area kerja

15 Cool Home Offices and Ideas to Revamp Your Setup
Source: owllabs.com

Cara terakhir membuat rumah dan kamar yang bisa menurunkan stres, yaitu dengan menjaga meja kerja tetap rapi. Selama WFH, tuh, meja kerja yang rapi membantu meningkatkan produktivitas dan menurunkan stres.

Sebisa mungkin usahakan hanya barang-barang esensial untuk bekerja saja yang ada di atas meja. Mulai dari laptop, mouse, notebook, ponsel, kalender, hingga gelas air minum. Namun, hindari meletakkan tumpukan dokumen dan kertas-kertas lainnya di atas meja karena tumpukan ini tanpa sadar membuatmu merasa stres.

Pilih warna-warna yang menarik untuk tempat bekerja sehingga membuatmu semangat menjalani hari-hari. Kamu juga bisa menambahkan tanaman agar sirkulasi udara makin baik serta menyeimbangkan suasana ruangan yang dipenuhi barang elektronik di situ. Baca juga artikel Rukita tentang mendekorasi ‘kantor di rumah’ agar WFH makin produktif.


Kalau kamu merasa terlalu ribet, kamu bisa saja mencari tempat tinggal berupa kost ataupun apartemen yang sudah didesain sedemikian rupa, seperti Rukita, agar kamu merasa nyaman terus. Bahkan bedding yang dipilih juga berkualitas untuk menjamin kualitas tidurmu.

Rukita juga memiliki jasa laundry dan bersih-bersih, agar hunianmu selalu bersih dan bikin kamu betah! Kalau khawatir dengan kesehatan dari jasa bersih-bersihnya, tenang saja, cleaning service Rukita membersihkan hunian dengan prosedur disinfeksi sesuai dengan standar kesehatan.

Rukita Kemang

Siapa sih yang nggak mau tinggal di hunian seperti di atas ini? Pas banget kan dengan kriteria kamar yang bisa menurunkan stres?

Rukita merupakan hunian co-living, jadi semua fasilitas yang dimiliki sudah all-in dalam tagihan, agar kamu nggak ribet lagi. Selain itu, ada komunitas juga di dalamnya, sehingga kamu tidak akan kesepian amat di saat harus kembali beraktivitas sesudah Covid-19.

Untuk informasi lebih lanjut tentang seluruh hunian Rukita di Jabodetabek dan diskon-diskonnya, langsung saja ke website Rukita atau WhatsApp di +62 811-1546-477.


Ternyata kualitas tidur bisa sangat terbantu oleh pemilihan bahan seprai dan warna lampu, ya? Yuk, miliki kualitas tidur yang baik agar kesehatan mentalmu tetap terjaga selama kita harus menjaga diri #dirumahaja seperti sekarang ini.

Trik mana yang bakal kamu terapkan agar bebas stres di rumah? Yuk, ceritakan kepada kami di kolom komentar.

Chikitta Carnelian

Lifestyle content writer by day, and researcher by night. Care about mental health, the environment, and healthy lifestyle. Love pastries too much and enjoy trying different brunch places and nice bars. In the journey to consume less meat.

Leave a Reply