J

Jangan Panik! Ini 10 Tips Jitu jika Harus ke Luar Rumah saat Pandemi Covid-19

Jika kamu harus ke luar rumah di saat pandemi Covid-19, tuh, tentunya jadi keputusan yang sangat berat. Wajar, kok, kalau kamu merasa takut atau khawatir jika masih harus beraktivitas di luar rumah di saat seperti sekarang ini.

Walau gerakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah diterapkan di Jakarta dan beberapa kota lainnya, ada beberapa sektor pekerjaan yang masih boleh beraktivitas di luar, seperti orang yang bekerja di restoran, rumah sakit, dan bank.

Tips Keluar Rumah saat Corona
Source: Harian Analisa

Jika kamu tetap harus beraktivitas di luar rumah maka harus memiliki persiapan maksimal, tuh. Selain meningkatkan imunitas dengan mengonsumsi makanan bergizi, ada juga beberapa tips yang bisa diterapkan oleh kamu yang harus ke luar rumah saat pandemi Corona.

BACA JUGA: Perhatikan! Ini 11 Hal yang Wajib Dilakukan saat Pulang ke Rumah agar        Terhindar Corona

Tips ke Luar Rumah saat Pandemi Corona

Untuk kamu yang masih harus bekerja di luar rumah atau berbelanja kebutuhan keluarga, ya, sebaiknya perhatikan keselamatan juga. Yuk, simak 10 tips jitu yang bisa kamu lakukan jika harus ke luar rumah saat pandemi Covid-19!

1. Kenakan baju lengan panjang

Mengenakan pakaian tertutup
Source: Popsugar.com

Jika harus tetap pergi bekerja saat pandemi Covid-19, tuh, kamu harus benar-benar memperhatikan pakaian yang dikenakan. Kenakan pakaian yang tertutup seperti baju lengan panjang, rok panjang, atau celana panjang.

Mengenakan pakaian yang tertutup, nih, bisa membantu mencegah kulit kita terkontaminasi virus Corona yang tertinggal pada benda-benda di sekitar seperti meja atau kursi.

tips keluar rumah mengenakan jaket
Source: Lookastic

Kalau seragam pekerjaan kamu pendek, alias tidak menutup permukaan kulit tangan dan kaki seperti rok atau baju lengan pendek? Simpan baju seragam di dalam tas dan gunakan begitu tiba di kantor. Saat kamu berangkat dari rumah, sih, kenakan saja pakaian yang lebih tertutup. Saat di kantor baru kamu bisa ganti baju seragam, deh.

Selain itu tambahan jaket saat bepergian juga membantu mencegah penularan virus Corona, lho. Jadi, walau cuaca sedang panas, kamu harus tetap mengenakan jaket, ya.

2. Lepas aksesori

Tips keluar rumah lepaskan aksesoris
Source: Pinterest

Apakah kamu sering menambahkan aksesori seperti jam tangan, gelang, atau cincin? Menggunakan aksesori memang, sih, membuat tampilan makin stylish, namun hal ini justru harus dihindari selama pandemi Covid-19. Khususnya untuk kamu yang masih harus beraktivitas di luar rumah.

Sangat dianjurkan untuk melepas aksesori ketika harus pergi ke luar rumah untuk bekerja atau membeli kebutuhan lainnya. Alasannya, nih, virus Corona mungkin menempel pada aksesori. Bisa saja tangan kamu menyentuh aksesori, kemudian tanpa sadar menyentuh mata atau mulut.

Tips keluar rumah lepaskan aksesoris
Source: Banananina

Jadi, simpan dulu segala aksesori di rumah mulai dari gelang, jam tangan, hingga lanyard kartu. Nggak ada salahnya melakukan upaya pencegahan, bukan?

3. Usahakan tidak menggunakan transportasi umum

Tips keluar rumah menggunakan transjakarta
Source: Kompas Otomotif

Salah satu tempat terjadinya penularan virus Corona dari satu orang ke orang lainnya adalah transportasi umum seperti bus dan kereta. Bisa saja, tuh, virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 menempel pada permukaan kursi atau pegangan di kereta.

Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari menggunakan transportasi umum jika harus bepergian ke luar rumah. Namun, jika menggunakan transportasi umum adalah satu-satunya cara menuju tempat tujuan, ada beberapa tips yang bisa diterapkan.

Tips keluar rumah menggunakan MRT
Source: Katadata

Gunakan masker ketika berada di dalam bus atau kereta, sebisa mungkin hindari memegang tiang atau pegangan di kereta/bus, hindari jam-jam sibuk, patuhi peraturan dari petugas soal jaga jarak, dan membersihkan tangan sesering mungkin menggunakan antiseptik.

4. Gunakan tisu untuk menyentuh benda

Menggunakan tisu saat menyentuh benda
Source: WikiHow

Virus Corona diketahui bisa menempel di benda-benda sekitar kita, lho. Misalnya ada pasien positif Covid-19 tanpa gejala yang tidak menggunakan masker saat ke luar rumah, lalu orang tersebut bersin dan droplet-nya menempel di gagang pintu kamar mandi kantor.

Untuk menghindari tanpa sengaja mengenai cairan bervirus itu, yuk, bekali diri dengan tisu jika harus menyentuh benda-benda umum seperti telepon di kantor atau gagang pintu kamar mandi. Setelah itu jangan lupa untuk meremas tisu yang telah digunakan dan membuangnya ke tempat sampah.

tips keluar rumah saat covid-19
Source: Twitter

Hal ini juga bisa kamu terapkan di kendaraan umum, lho. Jika ngga ada pilihan lain selain memegang tiang di KRL, ya, gunakan tisu agar tangan tidak langsung terkena benda tersebut. Jangan simpan tisu bekas di dalam saku jaket atau baju, namun setelah sampai tujuan langsung dibuang ke tong sampah, ya.

5. Bertransaksi secara nontunai

tips keluar rumah saat covid-19 bertransaksi nontunai
Source: Rediff.com

Uang kertas dan koin bisa menjadi medium penyebaran virus SARS-CoV-2, lho. Oleh karena itu, untuk memperkecil tertular virus Covid-19, sangat dianjurkan untuk bertransaksi secara nontunai.

Beberapa opsi transaksi nontunai antara lain dengan kartu debit atau kredit dan beberapa uang elektronik seperti GoPay atau OVO. Namun perlu dicatat, ya, transaksi secara nontunai hanya bisa dilakukan di toko-toko besar atau tempat yang sudah mendukung pembayaran nontunai.

bertransaksi nontunai
Source: Live Japan

Selain itu kamu juga bisa menolak untuk tidak menerima kertas resi ketika membeli sesuatu. Jika sudah telanjur diberikan kertas resi, bisa langsung kamu buang ke tempat sampah, tuh. Jangan menyimpan kertas resi di dompet atau saku baju, ya.

6. Gunakan siku atau kaki

gunakan siku untuk membuka pintu
Source: The Review Stew

Biasanya anggota tubuh apa yang kamu gunakan untuk menekan tombol lift atau membuka pintu kamar mandi? Jawabannya adalah tangan! Nah, ketika berada di ruang publik gunakan bagain tubuh yang berbeda untuk menekan tombol lift atau membuka pintu.

Mulai sekarang, gunakan siku, kaki, buku jari, bahu, atau pinggul. Misalnya, nih, membuka pintu dengan siku, menekan tombol lift dengan buku jari, atau mendorong pintu dengan kaki. Dengan begitu, tanganmu jadi lebih steril, kan?

memencet tombol lift dengan cara lain
Source: TODAYonline

Selain itu kamu juga bisa menyiasatinya dengan membungkus tangan dengan jaket saat memegang gagang pintu atau gunakan pulpen untuk memencet tombol lift.

7. Kenakan masker

Kalau tips satu ini tentu harus kamu lakukan saat pergi ke luar rumah di kala pandemi Covid-19. Saat ini semua orang diwajibkan memakai masker ketika berada di luar rumah. Nggak hanya yang sakit, tapi orang yang sehat pun harus mengenakan masker.

Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan virus Corona dari satu manusia ke manusia yang lain. Ingat, walaupun kamu merasa sehat harus tetap menggunakan masker, ya. Gunakan masker sesaat sebelum keluar dari rumah agar kamu lebih terlindungi.

mengunakan masker kain
Source: The Crunchy Ginger

Nggak perlu menggunakan masker medis, kok, masker kain saja sudah cukup untuk melindungi orang yang sehat. Kalau nggak punya masker kain, nih, kamu bisa membuatnya sendiri. Cara membuatnya pun nggak susah!

BACA JUGA: 7 Cara Membuat Masker Tanpa Dijahit | Mudah, Praktis, dan Hemat

8. Cuci tangan sesering mungkin

sering mencuci tangan
Source: RELEVANT Magazine

Saat beraktivitas di luar rumah tentunya kamu akan sangat sering menyetuh berbagai benda. Mulai dari gagang pintu mobil, ponsel, pintu, hingga flush toilet. Tentunya tangan jadi nggak bersih lagi, tuh.

Untuk itu kamu harus sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Jika sedang berada di tempat yang jauh dari sumber air, kamu juga bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan antiseptik.

9. Jangan menyentuh wajah dengan tangan kotor

jangan menyentuh wajah
Source: All About Vision

Beberapa orang sering tanpa sadar sering menyentuh wajah dengan tangan kotor, tuh. Misalnya, sambil menunggu bus datang, kamu menyetuh dagu atau hidung.

Saat kamu harus pergi ke luar rumah, hindari menyentuh wajah seperti mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang kotor. Lebih baik segera mencuci tangan setelah menyentuh benda di sekitar demi menjaga kebersihan tanganmu.

10. Terapkan physical distancing

Terapkan physical distancing
Source: Inibaru.id

Sesuai dengan anjuran WHO dan Pemerintah, nih, physical distancing atau jaga jarak harus dilakukan saat pandemi Covid-19. Terapkan physical distancing dengan orang lain minimal 1 meter, ya.

Hal ini juga berlaku saat kamu menunggu kereta atau bus datang. Usahakan untuk tidak masuk ke dalam kerumunan antrean bus atau kereta, ya. Mungkin hal ini akan sulit untuk diterapkan, tapi nggak ada salahnya untuk berusaha, kan?


Bepergian ke luar rumah di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini memang bukan hal mudah. Nah, setelah membaca 10 tips mudah ke luar rumah saat pandemi Covid-19 pasti kamu jadi tahu harus melakukan apa.

Kamu harus mengutamakan kesehatan serta keselamatan diri dan orang-orang di sekitar, ya. Jika merasakan gejala Covid-19 segera ke rumah sakit terdekat untuk memeriksakan diri.

Apakah kamu salah satu orang yang harus tetap keluar dari rumah di saat pandemik Covid-19? Jika punya tips jitu lainnya, tulis di kolom komentar, dong!

CategoriesTak Berkategori
Yuliana

A forever-young-soul human who lives in Jakarta. Travel enthusiast and aurora borealis admirer.

Tinggalkan Balasan