W

Wajid Dicoba, Nih, 10 Resep Minuman Sehat | Bisa Membantu Meningkatkan Imunitas Tubuh

resep minuman sehat

Di musim yang banyak penyakit seperti sekarang ini, ya, sangat penting untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kalau punya sistem imunitas tubuh yang kuat tentunya penyakit jadi sulit menembus kita, deh!

Salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh yaitu dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi, salah satunya adalah sayuran dan buah.

Kalau makan buah yang gitu-gitu saja tentunya bosan, dong. Nah, biar nggak bosan, buat minuman sehat dari buah saja, yuk!

sehat dengan jus

Resep Minuman yang Bisa Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Kamu sedang mencari resep minuman sehat sekaligus bisa memperkuat imunitas tubuh? Rukita sudah menyiapkannya untuk kamu, nih! Simak 10 resep minuman sehat yang enak di bawah ini!

1. Jahe dan lemon hangat

jahe dan lemon
Source: Tribun Batam – Tribunnews.com

Perpaduan jahe dan lemon juga bisa menjadi pilihan yang minuman sehat. Rasa hangat dari jahe bisa membuat tubuh terasa lebih bugar dan relaks, lho.

Selain itu kandungan vitamin C pada lemon sangat baik untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Ingin minum jahe dan lemon hangat juga? Simak resepnya di bawah ini!

Bahan

  • 1 buah lemon
  • 1 buah jahe
  • Madu secukupnya

Cara membuat:

  1. Potong jahe kurang lebih 2 cm, lalu tumbuk kasar hingga pipih.
  2. Panaskan air di dalam panci. Masukkan jahe dan rebus hingga mendidih.
  3. Angkat air rebusan jahe dan tuangkan ke dalam gelas saji.
  4. Iris lemon dan peras sarinya, kemudian campurkan 1-2 sdm air perasan lemon ke dalam air jahe.
  5. Tambahkan madu sesuai selera.

2. Jus stroberi dan mangga

jus mangga stroberi
Source: Pinterest

Baik stroberi dan mangga memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang bagus untuk tubuh. Kandungan vitamin A, C, dan E, asam folat, serta zat besi pada buah-buah ini bisa membantu memperkuat sistem imun tubuh. Selain itu tentu rasanya juga enak!

Bahan

  • 10 buah stroberi
  • 1 buah mangga matang, potong kecil-kecil
  • 1/2 gelas jus jeruk
  • Madu secukupnya
  • Kental manis (bila perlu)
  • Es batu secukupnya
  • Daun mint untuk hiasan

Cara membuat:

  1. Masukkan semua bahan ke dalam blender, kemudian blender hingga halus.
  2. Tuang ke dalam gelas saji dan hias dengan daun mint.
  3. Sajikan selagi dingin agar lebih nikmat.

3. Teh hijau dan lemon

Green tea dan lemon untuk minuman penambah imunitas tubuh
Source: eatthis.com

Kandungan antioksidan dan vitamin B pada teh hijau diketahui bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, teh hijau lemon ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh kamu yang ingin selalu sehat dan bugar.

Bahan

  • 1 sdt teh hijau celup
  • 6 lbr daun mint
  • Air perasan lemon secukupnya
  • Air panas secukupnya
  • Madu secukupnya

Cara membuat:

  1. Seduh teh hijau dengan air panas, sisihkan.
  2. Remas kasar daun mint, kemudian masukkan ke dalam teh hijau. Pisahkan sisa-sisa teh hijau dan daun mint dari air teh.
  3. Tambahkan air perasan lemon dan madu sesuai selera.
  4. Sajikan selagi hangat.

4. Jus jeruk dan anggur

Jus jeruk dan anggur
Source: Food Corner

Resep minuman sehat yang mudah dicoba selanjutnya adalah jus jeruk dan anggur. Kandungan vitamin C pada buah jeruk diketahui bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Biar nggak gampang terserang penyakit saatnya memperbanyak mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, yuk!

Bahan

  • 4 butir jeruk segar, kupas kulit dan ambil dagingnya saja
  • 10 butir anggur, potong dua dan keluarkan bijinya
  • 1/2 sdm lemon, atau sesuai selera
  • Madu secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Masukkan jeruk, anggur, lemon, dan madu ke dalam blender. Blender hingga halus.
  2. Saring jus jika lebih suka jus yang tanpa ampas.
  3. Jika suka dingin, tambahkan es batu sesuai selera.

5. Jus pisang jeruk

Jus pisang jeruk minuman sehat
Source: Reader’s Digest

Kamu penggemar buah pisang dan jeruk? Kalau begitu harus banget mencoba resep minuman sehat yang satu ini. Buah pisang dan jeruk sama-sama memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Salah satu fungsi vitamin C adalah meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kamu jadi nggak gampang sakit, deh!

Bahan

  • 100 gram pisang matang, potong ukuran sedang
  • 75 gram jeruk manis, kupas dan ambil airnya
  • 300 ml air
  • 1 sdt madu

Cara membuat:

  1. Campurkan air, pisang, air perasan jeruk, dan madu ke dalam blender. Saring jika ingin lebih halus.
  2. Tuang ke dalam gelas saji.
  3. Lebih enak jika disajikan dingin.

6. Wedang jahe

Minuman sehat wedang jahe
Source: Sains – Kompas.com

Nah, siapa yang suka minum wedang jahe saat udara dingin? Selain membuat tubuh hangat, wedang jahe juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Wedang jahe memang bisa didapatkan dengan mudah di minimarket, tapi kalau membuatnya sendiri tentu lebih enak, hemat, dan bersih. Betul?

Bahan

  • 50 gr jahe segar
  • 30 gr gula merah
  • 5 lembar daun mint
  • 1 gelas air

Cara membuat:

  1. Cuci bersih jahe dan buang kulitnya, iris tipis.
  2. Rebus air dan jahe hingga mendidih.
  3. Setelah mendidih, masukkan gula merah yang telah diserut halus.
  4. Hidangkan wedang jahe dengan daun mint.

7. Jus bayam dan pisang

Jus bayam pisang sebagai minuman sehat
Source: Deherba.com

Untuk kamu yang ingin lebih sehat, nih, bisa juga mencoba membuat minuman satu ini. Jus bayam dan pisang memiliki berbagai khasiat untuk tubuh, tuh, salah satunya membuat sistem imun tubuh lebih kuat. Kandungan vitamin dan nutrisi pada bayam dan pisang mampu menangkal berbagai penyakit. Simak resepnya di bawah ini, ya!

Bahan

  • 1 cangkir bayam segar, ambil daunnya saja
  • 1 buah pisang cavendish matang
  • 1/4 potong nanas madu
  • 1 butir lemon, ambil air perasannya
  • Air secukupnya
  • Es batu secukupnya
  • Madu secukupnya

Cara membuat:

  1. Masukkan bayam, pisang, nanas, air lemon, air, dan es batu. Blender hingga halus.
  2. Tambahkan madu jika ingin rasa jus lebih manis.
  3. Sajikan dingin.

8. Wedang empon

Wedang empon
Source: Detik Food

Mungkin kamu sudah nggak asing lagi dengan resep minuman sehat satu ini. Wedang empon atau wedang rempah-rempah sedang menjadi salah satu minuman sehat favorit banyak orang.

Kandungan curcumin pada kunyit, jahe, dan temulawak diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu tubuh bisa lebih siap melawan berbagai penyakit yang menyerang.

Bahan

  • 1,5 liter air
  • 150 gr temulawak, cuci bersih dan memarkan
  • 100 gr kunyit, cuci bersih dan memarkan
  • 250 gr jahe, cuci bersih
  • 5 cm kayu manis
  • 5 batang serai, memarkan
  • 250 gr gula aren, sisir halus
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat:

  1. Bakar jahe di atas api sedang, lalu memarkan dan sisihkan.
  2. Rebus air dalam panci, masukkan jahe, temulawak, kunyit, kayu manis, gula aren, garam, dan serai. Masak dengan api kecil hingga air menyusut, tapi jangan sampai kering.
  3. Angkat dan saring. Sajikan selagi hangat.

9. Jus semangka mint

Jus semangka mint untuk dijadikan minuman sehat
Source: Rancah Post

Siapa di sini yang suka buah semangka? Kalau sudah mulai bosan makan semangka potong, kamu juga bisa mengolah semangka menjadi jus buah yang enak, lho.

Kandungan vitamin A dan C yang ada di buah semangka sangat bagus untuk kesehatan. Biar makin segar, tambahkan juga buah-buahan yang lain.

Bahan

  • 1 buah semangka ukuran sedang
  • 5 lembar daun mint
  • Garam halus secukupnya
  • Madu secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Kupas semangka dan potong daging semangka dengan ukuran kecil
  2. Masukkan semangka dan daun mint ke dalam blender, haluskan hingga merata.
  3. Tambahkan garam dan madu secukupnya.
  4. Tuang ke gelas dan tambahkan es batu agar lebih nikmat.

10. Jus mangga Yakult

jus mangga strawberry
Source: cookpad.com

Baik mangga dan stroberi memiliki kandungan vitamin C yang melimpah. Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, lho.

Selain sehat, tentunya jus ini juga segar. Nah, agar rasanya makin enak, kamu juga bisa, tuh, menambahkan yoghurt ke dalam jus. Yoghurt juga dikenal sebagai salah satu makanan yang bagus untuk pencernaan, lho. Kalau nggak ada cukup tambahkan Yakult sebagai minuman probiotik yang juga melancarkan pencernaan.

Bahan

  • 1 buah mangga matang, ambil dagingnya
  • 10 buah stroberi
  • 2 botol Yakult
  • 100 ml air dingin
  • Madu secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Masukkan mangga, stroberi, Yakult, air, es batu dan madu ke dalam blender. Haluskan hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Tuang ke dalam gelas dan hias dengan daun mint jika perlu.
  3. Sajikan dalam keadaan dingin lebih nikmat.

Resep minuman sehat di atas bisa kamu coba untuk diminum bersama dengan keluarga atau teman. Jadi, nggak hanya kamu saja yang sehat, seluruh keluarga dan teman-temanmu juga sehat.

Kalau punya sistem imun tubuh yang kuat, tentunya akan lebih sulit terpapar virus dan bakteri. Selain itu, bahan yang dibutuhkan juga nggak sulit ditemukan, kan.

Resep minuman sehat versi kamu seperti apa, sih? Yuk, share resep minuman sehat versi kamu di kolom komentar di bawah!

SHARE
Yuliana

A forever-young-soul human who lives in Jakarta. Travel enthusiast and aurora borealis admirer.

Leave a Reply