7

7 Cara Membuat Masker Tanpa Dijahit | Mudah, Praktis, dan Hemat

Selain hand sanitizer, tuh, masker menjadi salah satu barang yang laris manis selama pandemi Covid-19. Banyak orang yang membeli barang-barang ini sebagai langkah preventif penularan Coronavirus. Akibatnya, nih, masker menjadi barang langka yang membuat harganya menjadi sangat mahal!

Sebenarnya, sih, di saat seperti ini kita juga harus lebih bijak. Masker medis dan N-95 sangat diperlukan oleh para dokter dan petugas di rumah sakit. Merekalah garda terdepan yang harus berhubungan langsung dengan orang-orang yang terinfeksi Covid-19. Selain itu risiko mereka terpapar virus Corona pasti lebih besar.

masker kain
Source: Business Insider

Nah, saat ini WHO menyarankan bagi masyarakat umum yang sehat untuk menggunakan masker yang terbuat dari kain. Hal ini dilakukan untuk mencegah kamu tertular Coronavirus. Jadi, semua orang harus mengenakan masker, ya.

Mungkin banyak di antara kamu yang sudah memiliki masker kain di rumah. Apakah sudah tahu cara mencuci masker kain yang benar? Yuk, simak cara mencuci masker kain sesuai anjuran WHO.

  1. Pakai air panas dengan suhu 60-80 derajat Celcius sehingga efektif membunuh kuman dan virus.
  2. Pakai detergen dan rendam beberapa saat. Selanjutnya kucek masker hingga kotoran luruh.
  3. Bilas di bawah air mengalir hingga busa menghilang sempurna.
  4. Keringkan di bawah sinar matahari atau bisa juga menggunakan pengering panas.
  5. Setrika dengan suhu panas untuk memastikan bakteri dan virus mati.

DIY Membuat Masker Tanpa Dijahit yang Paling Mudah untuk Ditiru

Mencari masker kain memang sedang susah sekarang ini. Kalau pun ada, nih, harganya sangat mahal. Daripada bingung mending buat sendiri saja, yuk! Untuk kamu yang sedang kebingungan mencari masker nonmedis, ya, simak tutorial membuat masker tanpa dijahit yang tentunya supergampang!

1. Masker kain dan karet gelang

DIY masker tanpa dijahit dengan karet
Source: LAist

Salah satu DIY masker yang mudah untuk ditiru adalah masker kain dan karet gelang. Untuk membuat masker ini, nggak membutuhkan bahan-bahan yang ribet, kok. Selain mudah, tentunya DIY masker ini juga hemat biaya karena menggunakan bahan yang ada di rumah saja. Yap, nggak perlu keluar uang lagi, deh!

Sudah siap untuk membuat masker kain yang supergampang ini? Simak bahan dan caranya di bawah, ya!

Alat yang dibutuhkan:

  • Bahan atau kain bekas
  • Tisu 1 lembar
  • 2 buah karet gelang atau ikat rambut

Cara membuat:

  1. Potong kain menjadi bentuk segiempat, ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  2. Masukkan tisu di bagian tengah kain.
  3. Lipat bagian atas dan bawah kain, kemudian balik kain dan lipat sedikit bagian atas dan bawah kain.
  4. Pasang karet di ujung kiri dan kanan kemudian lipat sedikit.
  5. Masker kain tanpa dijahit pun siap digunakan!

2. Masker kain dan lem tembak

DIY masker tanpa dijahit dengan kain dan lem tembak
Source: The Straits Times

DIY membuat masker satu ini juga mudah banget untuk ditiru, kok. Walaupun nggak punya alat jahit, tapi kamu masih tetap bisa membuat masker kain untuk melindungi diri dari penularan Coronavirus.

Untuk membuat masker kain ini, sih, kamu hanya butuh kain katun bekas/baru, lem tembak, karet gelang, dan setrika untuk merapikan kain. Hanya 5 menit saja masker kainmu jadi, deh. Yuk, buat maskernya!

Cara membuat masker dengan kain dan lem tembak
  1. Lipat kain menjadi kecil-kecil, kamu bisa melihat pola masker medis yang ada di rumah.
  2. Setrika lipatan kain agar lebih rapi.
  3. Masukkan karet di kedua ujung sisi kain dan lipat ujung-ujung kain ke bagian tengah.
  4. Potong ujung kain yang terlalu panjang, kemudian rekatkan bagian ujung kain menggunakan lem tembak. Lem kedua sisinya.
  5. Masker kain pun siap digunakan!

3. Masker dari kaos bekas

Masker dari kaos bekas
Source: KSON San Diego – Radio.com

Ingin membuat masker tanpa dijahit, tapi hanya ada kaus bekas saja di rumah? Nggak jadi masalah, kok! Dengan kaus bekas dan beberapa peralatan, nih, kamu juga bisa membuat masker yang bisa melindungi diri ketika pergi ke luar rumah untuk berbelanja atau bekerja.

Simak tutorial di bawah, yuk, untuk membuat masker dari baju bekas!

Alat yang dibutuhkan:

  • Kaus bekas
  • Penggaris
  • Gunting
  • Pensil

Cara membuat:

Cara membuat masker dari kaos
  1. Potong bagian tengah kaos dengan ukuran panjang 40 cm x lebar 35 cm atau sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan. Hilangkan bagian kaus dari dada ke atas.
  2. Lipat kaus menjadi dua, lalu gunting-gunting kecil sisi kiri dan kanan kaos kurang lebih sepanjang 10 cm, tapi jangan sampai putus, ya.
  3. Balik kaos dan ikat ujung-ujung kain seperti membuat tassel. Namun, sisakan kedua ujung paling kiri dan kanan kaus. Sisihkan.
  4. Untuk membuat bagian tali telinganya kamu bisa menggunakan bagian lengan kaos atau kerah kaos yang lebih elastis. Potong tali dengan ukuran sekitar 20 cm atau sesuaikan dengan kebutuhanmu.
  5. Masukkan dan satukan tali yang telah dipotong dengan ujung tassel (kain) yang tadi telah disisihkan. Ikat erat.
  6. Balik kaus yang telah diikat.
  7. Masker kaus pun siap digunakan.

4. Masker darurat dari tisu dan staples

masker darurat dari tisu
Source: Daily Mail

Apakah kondisi kamu sedang berada di luar rumah seperti kantor, kehabisan masker, dan sudah waktunya pulang ke rumah? Kalau iya, kamu bisa menggunakan hacks satu ini, lho! Jangan sampai, deh, kamu keluar ruangan tanpa menggunakan masker. Hal ini sangat berbahaya! Simak tutorial di bawah ini, ya.

Alat yang dibutuhkan:

  • Paper towel 2 ply atau tisu tebal
  • Staples
  • 2 buah karet gelang

Cara membuat:

  1. Lipat paper towel menjadi bentuk masker bedah yang kamu punya.
  2. Rapikan bentuknya dan rekatkan bagian ujung dengan staples.
  3. Pasangkan karet gelang di kedua sisi, lalu rekatkan kembali menggunakan staples.
  4. Masker darurat pun siap digunakan.

5. DIY masker dari legging

DIY masker dari stocking
Source: Theme Park Professor

Untuk kamu anak kost yang kehabisan masker dan sangat perlu ke luar rumah untuk membeli makanan, jangan khawatir! Kamu hanya perlu stocking atau legging bekas serta gunting untuk membuat masker darurat, nih. Dijamin kamu pasti bisa membuatnya. 😉

Cara membuat:

DIY membuat masker dari legging
  1. Gunting legging di bagian paha atau betis.
  2. Potong ujung-ujung bagian legging hingga berbentuk oval.
  3. Lubangi ujung sisi kiri dan kanan legging sebagai tempat mengaitkan telinga
  4. Voila, masker sudah jadi!

6. Masker dari bandana

DIY membuat masker tanpa dijahit - Masker dari bandana
Source: Kompas Lifestyle

DIY membuat masker tanpa dijahit sangat mudah untuk dilakukan. Jika kamu memiliki syal, kerudung, atau bandana di rumah, nih, bisa disulap menjadi masker juga. Selain itu kamu juga butuh 2 buah karet gelang atau karet ikat rambut sebagai pengait di telinga.

Masker bandana ini nggak hanya bisa membantu menlindungi dari penyebaran virus corona, lho, tapi juga membuat kamu semakin terlihat stylish. Penasaran cara membuatnya? Cek di sini, yuk!

Alat yang dibutuhkan:

  1. Kain bandana atau syal
  2. 2 buah karet gelang

Cara membuat:

  1. Lipat bandana menjadi dua dengan kedua ujungnya bertemu di bagian tengah.
  2. Balik bagian belakang dan lipat kembali bandana seperti langkah pertama.
  3. Masukkan karet di kedua ujung bandana.
  4. Lipat ujung bandana ke bagian tengah dan selipkan ujung sisi yang satu ke sisi lainnya.
  5. Masker bandana pun siap membantu kamu menghindari virus Corona!

7. Masker dari coffee filters

Masker dari kertas filter kopi
Source: Archynewsy

Kalau kamu penggemar kopi dan sering membuat kopi sendiri di rumah, maka tutorial satu ini cocok banget, nih! Kertas saring kopi atau coffee filter juga bisa disulap menjadi masker darurat, lho. Bahan yang diperlukan antara lain 2 buah filter kopi, tali masker bekas, dan gunting.

Cara membuat:

  1. Ambil satu buah kertas kopi, gunting bagian ujung-ujung (bagian yang bergelombang), kemudian tumpuk dengan kertas kopi yang belum digunting.
  2. Gunting seperempat bagian kertas hingga berbentuk seperti layaknya masker, jika bingung kamu bisa lihat video di atas.
  3. Lubangi bagian kiri dan kanan masker dengan cutter.
  4. Masukkan tali karet ke bagian yang sudah dilubangi, ikat dengan erat, dan beri isolasi.
  5. Masker darurat siap dipakai.

Itulah dia beberapa cara mudah membuat maker tanpa dijahit yang bisa kamu tiru. Jika kamu sehat, maka menggunakan masker dari kain pun sudah cukup, kok.

Yuk, kita alokasikan masker kesehatan untuk tenaga medis yang saat ini sedang berjuang membantu pasien yang positif Covid-19 dan PDP dengan gejala yang parah.

Kamu mau buat masker yang seperti apa, nih? Atau kamu punya tutorial membuat masker sendiri? Share di kolom komentar di bawah, yuk!

Yuliana

A forever-young-soul human who lives in Jakarta. Travel enthusiast and aurora borealis admirer.

Leave a Reply