6

6 Resep Es Krim Rumahan tanpa Mixer dan Nggak Pakai Ribet | Lembut dan Segar!

Anak kost wajib coba!

Siapa, sih, yang nggak suka es krim? Makanan beku berbahan dasar susu ini terasa sangat menyegarkan, apalagi untuk menemani harimu selama #dirumah aja akibat pandemi Corona!

Daripada beli,nih, kamu juga bisa membuat es krim sendiri di rumah. Selain lebih hemat, kamu juga bisa menciptakan rasa dan menambahkan topping es krim sesuai seleramu. Penasaran caranya? Yuk, simak di bawah ini!

Resep Es Krim Rumahan Mudah tanpa Mixer

resep es krim homemade
Source: foodnetwork.com

Tenang, nggak perlu pakai mixer atau trik yang ribet, kok, untuk membuat es krim rumahan. Bahannya pun sederhana dan mudah didapat. Resep es krim rumahan ini asyik, deh, untuk mengisi waktu selama #dirumahaja!

1. Es krim cokelat

resep es krim rumahan tanpa mixer - es krim cokelat
Source: delish.com

Resep es krim rumahan yang pertama ini sudah pasti jadi favorit. Kamu juga bisa mengganti cokelat bubuk dengan susu bubuk cokelat yang kamu sukai. Dimakan pakai roti tawar enak banget, nih!

Bahan:

  • 3 sdm cokelat bubuk (bisa pakai susu cokelat bubuk)
  • 1 liter susu UHT
  • 4 butir kuning telur (kocok)
  • 15 gr tepung maizena
  • 200 gr gula
  • 1 sdm vanili

Cara membuat:

  1. Masak susu dan gula hingga mendidih sambil terus diaduk.
  2. Campurkan bubuk cokelat perlahan sambil diaduk.
  3. Di wadah lain, campurkan maizena dan 1 sdm susu, aduk hingga larut.
  4. Campurkan larutan maizena ke rebusan susu cokelat, aduk merata.
  5. Tambahkan vanili, aduk rata.
  6. Matikan kompor, tuang susu ke wadah lain menggunakan saringan.
  7. Masukkan kuning telur, aduk hingga rata lalu diamkan 10 menit.
  8. Masukkan ke dalam freezer. Tunggu 15 menit lalu aduk kembali. Lakukan langkah ini 3 kali agar lembut.
  9. Masukkan es krim ke freezer selama 8 jam hingga beku.

2. Es krim Oreo

resep  es krim rumahan - es krim oreo
Source: stuckonsweet.com

Siapa, sih, yang nggak suka Oreo? Sudah banyak banget, nih, resep olahan Oreo yang lezat untuk pencuci mulut. Selain untuk dessert box, kita juga bisa sulap Oreo jadi es krim rumahan yang nagih! Yuk, intip resepnya di bawah ini.

Bahan:

  • 1 bungkus Oreo
  • 200 ml susu full cream
  • 2 sdm tepung maizena
  • 3 sdm gula
  • Air matang secukupnya
  • 1 sdm ovalet atau SP

Cara membuat:

  1. Campurkan maizena, gula, ovalet atau SP, susu full cream, dan air di panci. Adukrata dan masak hingga mendidih, lalu sisihkan.
  2. Hancurkan Oreo, campurkan dengan adonan es krim tadi.
  3. Aduk adonan hingga merata dan lembut.
  4. Bisa tambahkan kepingan Oreo di atasnya sesuai selera.
  5. Masukkan adonan es krim ke freezer semalaman hingga beku sempurna.

3. Es krim mangga

resep es krim rumahan - es krim mangga
Source: caferidan.com

Bisa dibilang, nih, mangga merupakan salah satu buah yang paling banyak disukai. Tekstur lembut dan rasanya yang manis cocok banget untuk dijadikan dessert.

Selain dimakan biasa mangga juga bisa kita jadikan es krim yang lembut, lho! Kamu bisa ikuti resep es krim rumahan di bawah ini. Takarannya bisa kamu sesuaikan kembali sesuai porsi yang kamu inginkan, ya!

Bahan:

  • 3 buah mangga (kupas)
  • 100 ml kental manis
  • 200 ml air es
  • 150 gr whipped cream

Cara membuat:

  1. Blender mangga hingga halus tanpa air, sisihkan.
  2. Campurkan air dan whipped cream, aduk hingga kental
  3. Masukkan mangga yang sudah dihaluskan ke campuran whipped cream, aduk hingga rata
  4. Diamkan 10 menit.
  5. Masukkan ke freezer 15 menit lalu aduk kembali. Ulangi langkah ini 3 kali hingga tekstur es krim lembut.
  6. Masukkan es krim ke freezer 8 jam hingga beku.

4. Es krim Milo coffee

resep es krim milo
Source: lutongbahayrecipe.com

Resep es krim rumahan yang satu ini juga mudah banget dibuat. Apalagi bahannya menggunakan susu yang jadi favorit sejuta umat, yaitu susu Milo! Yuk, langsung ikuti resepnya di bawah ini.

Bahan:

  • 1 sachet kental manis cokelat
  • 2 sachet Milo
  • 1 sachet kopi susu (merk apa saja)
  • Whipped cream
  • 1 gelas air dingin

Cara membuat:

  1. Campurkan whipped cream dan air dingin menggunakan blender hingga kental sempurna.
  2. Tuang kental manis cokelat, Milo, dan kopi. Blender selama 10 menit.
  3. Tuang ke dalam wadah.
  4. Dinginkan es krim ke dalam freezer 6-8 jam hingga beku.

5. Es krim pisang choco chips

resep es krim pisang
Source: cleanfoodcrush.com

Penggemar buah pisang bakal suka banget sama resep es krim rumahan satu ini. Kamu juga bisa menambahkan topping-nya sesuai selera, lho. Langsung saja kita coba resep es krim pisang ini!

Bahan:

  • 4 buah pisang (kupas, iris, bekukan di freezer)
  • 3 sdm susu cokelat bubuk
  • Susu cair UHT secukupnya
  • Choco chips sesuai selera
  • 2 sdm madu
  • Vanili secukupnya

Cara membuat:

  1. Blender pisang beku hingga halus.
  2. Masukkan susu cair UHT perlahan hingga creamy.
  3. Masukkan susu cokelat bubuk, vanili, madu. Blender hingga tercampur rata dan halus.
  4. Tuang adonan ke wadah, tambahkan choco chips sesuai selera lalu aduk.
  5. Masukkan adonan es krim ke freezer semalaman hingga beku sempurna.

6. Es krim alpukat

resep es krim alpukat
Source: charliefoundation.org

Nggak hanya pisang dan mangga, dong, alpukat juga bisa kita buat jadi es krim yang segar. Tekstur yang creamy bakal sempurna banget untuk dijadikan es krim. Kamu juga bisa menambahkan topping sesuka hati, seperti choco chips atau taburan susu bubuk.

Bahan:

  • 1 buah alpukat
  • 100 gr gula
  • 2 sdm tepung maizena
  • 500 ml susu full cream

Cara membuat:

  1. Campurkan alpukat, gula, maizena, dan susu full cream.
  2. Masak dengan api kecil sambil diaduk merata hingga mendidih.
  3. Tuang adonan ke loyang, tunggu sambil kipas-kipas hingga dingin di suhu ruang.
  4. Dinginkan di freezer semalaman hingga beku.

Menggoda banget, kan, 6 resep es krim rumahan di atas? Kamu juga bisa membuat dalam porsi banyak untuk menemani hari-hari di rumah.

Apakah kamu sudah pernah membuat es krim sendiri? Adakah resep es krim rumahan andalanmu? Tinggalkan komentar di bawah, yuk!

Qonita Chairunnisa

A passionate SEO content writer with a Journalism background. Been stringing words together for diverse content for years, and aims to keep learning all about SEO and copywriting.

Leave a Reply