Y

Yuk, Belajar Membuat 7 Resep Donat Mudah untuk Camilan Anak Kost | Ngapain Beli Terus?

Resep donat yang mudah untuk anak kost

Makanan manis adalah kesukaan semua orang, salah satunya donat dengan aneka topping. Siapa, sih, yang nggak suka donat? Sesimpel donat dengan gula tepung saja peminatnya bejibun. Banyak, kok, resep donat mudah, enak, dan murah yang bisa dicoba oleh anak kost.

Kunci dari donat enak adalah adonannya. Resep-resep donat bujet anak kost yang lebih ekonomis dan mudah bukan berarti rasanya nggak enak, ya. Kali ini penulis beri tahu resep donat dengan bahan dasar tepung karena bikin donat kentang dan ubi, tuh, lebih ribet.

Resep Donat Antibantat yang Ekonomis dan Nggak Ribet

Ketika sudah bisa membuat adonan donat enak, tuh, kamu tinggal memilih topping yang mudah saja. Anak kost bisa membuat sendiri berbagai donat yang nikmat, kok, dengan mengikuti resep berikut ini.

1. Resep dasar donat topping jadoel

Image result for donat jadul
Source: cookpad.com

Modifikasi dari Delish dan Cookpad

Donat Jadoel adalah salah satu snack paling nikmat. Kunci dari resep donat mudah tentu harus tetap memiliki rasa yang enak. Sebenarnya, nih, donat bahannya standar dan nggak mahal, tapi yang ribet adalah variasi topping-nya. Yuk, bikin Donat Jadoel dengan taburan gula, meses, dan keju.

Bahan

  • 240 ml susu (untuk versi ekonomis 240 ml air hangat dan 2 sdm susu bubuk)
  • 50 gram tambah 1 sdt gula pasir
  • 1,5 sdt ragi bubuk (merek Fermipan)
  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1/2 sdt garam
  • 6 sdm margarin yang sudah dilelehkan
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt ekstrak vanila
  • Minyak untuk menggoreng

Topping

  • Margarin
  • keju parut
  • Meses
  • gula bubuk

Cara membuat:

  1. Campur tepung dan garam di dalam mangkuk.
  2. Gunakan wadah besar untuk mencampur gula dan susu yang agak hangat. Aduk sampai gula larut, lalu masukkan ragi. Pastikan susu hangat (tidak panas) agar ragi tidak mati. Aduk lagi menggunakan spatula dan diamkan sampai ragi berkembang aktif (terlihat seperti busa).
  3. Masukkan margarin, telur, dan vanila di dalam campuran ragi, aduk sampai rata.
  4. Tuang tepung dan garam, aduk hingga membentuk adonan basah.
  5. Uleni adonan di dalam mangkuk selama kurang lebih 6-8 menit, sampai elastis, halus, dan tidak menempel. Kalau adonan masih lengket terus tambahkan tepung kira-kira 1 sendok teh.
  6. Bentuk adonan menjadi bulat kemudian letakkan di mangkuk yang diolesi sedikit minyak. Tutupi mangkuk dengan serbet. Letakkan di tempat yang hangat dan biarkan mengembang setelah 1 jam. Proses ini dinamakan proofing.
  7. Sesudah 1 jam siapkan piring atau loyang yang dilapisi dengan kertas minyak atau baking paper. Tinju adonan dan uleni sebentar, lalu bentuk bulat-bulat kecil ukuran donat,dan lubangi tengahnya. Kalau mau lebih rapi, sih, gilas dengan rolling pin hingga ketebalan 1,5cm, lalu potong dengan gelas maupun cetakan donat.
  8. Letakkan bulatan donat-donat di loyang atau piring yang sudah dilapisi kertas minyak tadi, dan tutupi dengan serbet lalu biarkan mengembang 40 menit.
  9. Panaskan minyak untuk menggoreng (jangan sampai terlalu panas yang membuat donat tidak matang), masukkan adonan. Goreng sampai donat keemasan di kedua sisinya (kira-kira 1 menit untuk tiap sisi). Angkat.
  10. Pindah donat ke atas tisu dapur dan biarkan minyaknya meresap dulu.
  11. Setelah dingin olesi donat dengan margarin, lalu taburi keju atau meses. Bisa juga hanya menaburinya dengan gula bubuk. Sajikan.

2. Resep Doughnut Holes

Image result for doughnut holes
Source: pillsbury.com

Dimodifikasi dari Cooking Classy

Selain donat biasa, ya, kamu juga bisa membuat Doughnuts Holes. Biasanya Doughnuts Holes ini dibuat dari bagian donat yang dilubangi. Sekarang kamu bisa membuat Doughnuts Holes sendiri yang enak sekali. Camilan berupa donat mini tinggal kamu kunyah sekali makan aja!

Bahan

  • 160 gr tepung terigu protein sedang (Segitiga Biru)
  • 2 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam
  • 120 ml susu
  • 32 gr gula pasir
  • 3 sdm mentega cair
  • Minyak untuk menggoreng
  • Gula bubuk untuk taburan

Cara membuat:

  1. Campur baking powder dan garam di dalam mangkuk.
  2. Ambil mangkuk besar untuk mencampur susu, gula, dan mentega cair.
  3. Pakai garpu untuk mencampur dan aduk bahan kering ke dalam bahan basah sampai tercampur rata. Tidak perlu teksturnya sampai halus yang penting bahannya tercampur semua.
  4. Panaskan minyak sampai cukup panas untuk menggoreng.
  5. Bentuk adonan bundar-bundar seukuran 1/2 sendok makan. Bentuk dengan lembut dan perlahan agar bentuknya tetap fluffy.
  6. Masukkan adonan ke dalam penggorengan dan goreng sampai cokelat keemasan. Angkat.
  7. Tiriskan doughnut holes di atas tisu dapur agar minyaknya terserap. Sesudah dingin taburi donat dengan gula bubuk. Sajikan.

3. Donat glaze ala Krispy Kremes

Image result for glazed doughnut
Source: pinterest.com

Pengen makan donat yang mirip Krispy Kreme? Glaze Doughnuts ala Krispy Kreme pun bisa kamu buat sendiri, kok. Kini kamu nggak perlu ke Jakarta atau ke mal untuk membelinya. Dijamin lebih murah dan enak, deh. Sstt, manisnya juga bisa diatur!

Bahan

  • 12 buah donat yang sudah dibuat dengan resep dasar donat empuk di atas
  • 250 gr gula icing
  • 1/2 sdt ekstrak vanili
  • 3-4 sdm air dingin atau susu dingin

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan, dan aduk sampai halus dan agak cair.
  2. Celupkan separuh bagian dari donat, lalu letakkan bagian bawahnya di rak kue yang diletakkan di atas koran.
  3. Biarkan icing menyelimuti donat sampai kering dan menempel sempurna. Sajikan.

BACA JUGA: Nggak Punya Oven? Jangan Sedih! Inilah 10 Resep Kue Lezat Tanpa Oven yang Mudah dan Bujet Murah

4. Donat cinnamon sugar

Image result for cinnamon sugar donuts
Source: sallysbakingaddiction.com

Ini adalah salah satu rasa donat paling klasik, mudah, murah, dan enak. Kamu tahu, kan, betapa menggodanya aroma kayu manis yang makin nikmat rasanya ketika dicampur gula? Nah, kenikmatan itu bisa kamu cicipi pada resep donat jadul gula dengan twist yang unik dan wangi!

Bahan

  • 9-12 donat yang sudah jadi
  • 60 gr margarin yang dilelehkan
  • 50 gr gula pasir
  • 1,5 sdt kayu manis bubuk

Cara membuat:

  1. Campur kayu manis bubuk dan gula.
  2. Olesi donat dengan lelehan margarin.
  3. Masukkan donat ke dalam plastik yang diisi campuran kayu manis bubuk dan gula, kocok sampai tercampur rata. Sajikan

5. Donat cokelat

Image result for chocolate glazed donut
Source: jamiecooksitup.com

Rasa favorit semua orang selain donat glazed adalah cokelat! Lumuran cokelat mengilap bisa kamu dapatkan dengan cara mencairkan cokelat batangan atau chocolate chip. Yuk, bikin donat cokelat menggiurkan yang kualitasnya lebih oke dari yang dijual abang-abang. 😉

Bahan

  • 9 donat yang sudah jadi
  • 90 gr choco chip
  • 2 sdm magrarin
  • 2 sdt air
  • Meses warna-warni

Cara membuat:

  1. Letakkan chocolate chip, margarin, dan air di dalam panci kecil untuk melelehkan cokelat. Aduk sampai halus.
  2. Celupkan bagian atas donat pada glazed cokelat. Balik dan letakkan di atas piring.
  3. Taburi dengan meses warna-warni. Sajikan.

6. Donat isi selai atau krim pastri

Image result for jelly and cream filled donuts
Source: bbcgoodfood.com

Tahu, kan, kalau ada donat yang bentuknya tidak bulat di tengah dan ada isian dalamnya? Kamu bisa membuatnya juga dengan isian selai stroberi atau bluberi. Dijamin selai dan tekstur donat akan melted di dalam mulut!

Selain itu resep klasik donat isi juga biasa diisi krim pastri seperti Beard Papa’s. Cara membuatnya memang ribet, namun kamu bisalah belajar kalau ada waktu dan bahan.

Bahan

  • Adonan donat empuk seperti di atas
  • Selai stroberi atau bluberi (pilih yang tidak ada potongan buah besar)
  • Gula bubuk

Bahan krim pastri

  • 300 ml susu
  • 3 kuning telur
  • 100 gr gula pasir
  • 23 gr tepung yang sudah diayak
  • 2 sdt ekstrak vanili
  • 30 gr margarin

Cara membuat:

  1. Buat adonan donat yang tidak dilubangi bagian tengahnya. Diamkan hingga dingin.
  2. Panaskan susu di dalam panci hingga hampir mendidih untuk membuat krim pastri.
  3. Di mangkuk lain campurkan kuning telur, gula, dan garam menggunakan whisker.
  4. Ketika susu hampir mendidih, angkat, dan tuangkan perlahan dan sedikit demi sedikit ke campuran telur. Aduk terus sehingga telur tidak matang seperti telur orak-arik. Tuang separuh atau 2/3 dari susu panas saja.
  5. Sesudah suhu adonan telur sama masukkan adonan ke panci dengan susu. Aduk terus sampai mengental.
  6. Masukkan vanila dan margarin, aduk sampai semua tercampur. Tuang krim pastri dengan saringan ke mangkuk bersih. Tutupi dengan plastik cling, sampai plastik menempel di atas krim, dan simpan di kulkas untuk didinginkan.
  7. Gunakan sumpit untuk melubangi pinggiran donat sampai di tengah-tengah.
  8. Siapkan piping bag yang sudah dimasuki spuit. Masukkan krim pastri ataupun selai ke dalam piping bag itu. Kemudian isi donat dengan krim atau selai. Sajikan.

7. Donut holes dengan Nutella

Image result for nutella cinnamon sugar donut holes
Source: celebrartingsweets.com

Bayangkan, deh, membuat donat mini dengan Nutella di dalamnya! Pasti saat masuk ke dalam mulutmu, donat ini akan meledak dan lumer! Enak, kan?

Selain itu lapisan luarnya yang berupa gula pasir dan kayu manis pasti menambah kelegitan donat ini. Nggak perlu membayangkannya lagi, yuk, segera praktikkan resepnya!

Bahan

  • Adonan donut holes
  • 4 sdm margarin yang dilelehkan
  • 156 gr gula pasir
  • 1,5 sdt kayu manis bubuk
  • 113 gr Nutella (sesuai selera)

Cara membuat:

  1. Siapkan doughnut holes seukuran 1 sendok makan. Dinginkan donat.
  2. Letakkan margarin yang sudah dilelehkan di mangkuk kecil.
  3. Gunakan mangkuk lebih besar untuk mencampur gula dan kayu manis.
  4. Ketika donat sudah dingin olesi donat dengan margarin, lalu masukkan ke dalam mangkuk berisi gula dan kayu manis. Gulingkan donat hingga diselimuti gula dan kayu manis.
  5. Pasang spuit kecil ke piping bag yang berisi Nutella. Lubangi donat dengan sumpit, lalu isi Nutella ke dalamnya. Sajikan.

Resep donat nggak ada yang 100% mudah. Namun, kamu sebagai anak kost tetap bisa membuatnya. Yuk, bikin donat sendiri dengan berbagai variasi topping dan isi. Bisa banget, lho, kamu jual sebagai tambahan uang jajan!

Ingin belajar resep roti manis apa lagi? Punya resep donat andalan? Saatnya berbagi di kolom komentar di bawah, ya.

Chikitta Carnelian

Lifestyle content writer by day, and researcher by night. Care about mental health, the environment, and healthy lifestyle. Love pastries too much and enjoy trying different brunch places and nice bars. In the journey to consume less meat.

Leave a Reply