I

Ini Makanan Khas Sumatera Selatan Lainnya yang Wajib Coba!

Bukan cuma pempek, berikut ini makanan khas Sumatera Selatan lainnya yang nggak kalah enak!

Kalau bahas makanan khas Sumatera, belum lengkap rasanya kalau nggak bahas makanan khas Sumatera Selatan! Selain makanan khas DKI Jakarta, makanan khas dari daerah yang satu ini juga nggak kalah menarik dan enak, loh.

Mulai dari tempoyak sampai gulo puan, berikut ini lima makanan khas Sumatera Selatan selain pempek yang harus kamu coba kalau berkunjung ke provinsi yang satu ini!

Makanan Khas Sumatera Selatan selain Pempek

Kalau bahas makanan khas Sumatera Selatan pasti pikiran kita langsung tertuju pada pempek atau pempek kapal selam. Makanan khas yang satu ini memang jadi kesukaan banyak orang dan juga menggugah selera.

Tapi kamu tahu nggak, kalau ada makanan-makanan khas lainnya dari provinsi satu ini yang nggak kalah unik dan juga enak? Apa aja makanan yang bakal jadi rekomendasi? Yuk, disimak sampai habis, guys!

1. Martabak har

Loh, do Sumatera Selatan juga ada martabak? Ada, dong, nih, martabak har! Jadi salah satu hidangan dengan cita rasa manis di provinsi berikut, martabak har ini nggak jauh beda dalam adonan pembuatan dan juga toppingnya. Yang bikin unik adalah bentuknya yang nggak biasa!

Martabak yang satu ini terbuat dari adonan tepung terigu dan telur, kemudian diisi dengan campuran gula, kacang, dan margarin. Martabak Har memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis yang khas. Cocok buat kamu yang suka makan manis!

2. Tempoyak

makanan khas sumatera selatan
Source: Parboaboa

Kamu suka duren? Makanan khas yang satu ini juga bisa jadi pilihan kamu. Tempoyak adalah makanan khas provinsi Sumatera bagian Selatan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Tapi, yang perlu digarisbawahi, makanan ini bukan untuk dimakan sendiri!

Maksudnya gimana, tuh? Tempoyak ini biasa dijadikan sebagai lauk pendamping nasi, karena memiliki cita rasa yang asam dan aroma menyengat. Tidak hanya itu, tempoyak juga biasa dijadikan campuran untuk sambal. Jadi, kamu jangan makan tempoyak secara terpisah mentang-mentang dibuat dari buah durian, ya!

Baca juga: 10 Makanan Khas Bali Wajib Coba Saat Liburan, Bikin Nagih!

3. Mie celor

Suak makan mie? kalau gitu, kamu bakal suka makanan ini. Mie celor adalah salah satu makanan khas Sumatera Selatan yang berbahan utama udang dan mi sebagai bahan dasarnya. Makanan yang satu ini disajikan bersama pelengkap yang lain seperti tauge, telur, daun seledri, perasan jeruk nipis, dan kuah santan.

Mie celor memiliki keunikan, yaitu bahan-bahannya disiram air panas terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kuah santan. Karena berkuah, makanan ini lebih cocok dimakan saat masih panas, dan sangat cocok dimakan ketika udara sedang dingin.

4. Gulo puan

makanan khas sumatera selatan
Source: Super Apps – KOMPAS.com

Gulo Puan sebenarnya adalah Bahasa Sumatera yang memiliki arti gula susu. Ini adalah salah satu kuliner khas yang terbuat dari gula dan susu. Namun jangan salah, karena susu yang digunakan bukan susu pada umumnya, melainkan susu dari kerbau rawam dan dicampur dengan sedikit gula pasar, kemudian dipanaskan selama lima jam.

Gulo puan biasa menjadi teman makan roti sebagai selai, bisa juga dioleskan untuk pisang goreng, yang bisa Anda jadikan teman ngopi. Makanan ini memang dipatok dengan harga cukup mahal, karena bahannya yang susah didapatkan. Sejak dulu, gulo puan memang sudah menjadi konsumsi para bangsawan juga pembesar istana.

Baca juga: 13 Makanan Khas Jawa Tengah Paling Populer yang Menggugah selera!

5. Burgo

Siapa yang baru denger nama makanan yang satu ini? Kalau kamu jadi salah satu yang baru denger nama makanan khas berikut ini, berarti saatnya kenalan biar tahu lebih dekat! Burgo merupakan salah satu makanan khas Sumatera Selatan,tepatnya Palembang, yang terbuat dari tepung beras, dan disajikan bersama siraman kuah kental dan gurih.

Jika diperhatikan, burgo sedikit mirip seperti kwetiaw, bedanya olahan burgo dari tepung beras dan tepung sagu ini di iris tipis kemudian digulung. Sajian pelengkap burgo adalah irisan ikan suwir dilengkapi dengan sambal dan sedikit perasan jeruk nipis.

Artikel menarik lainnya:


Nah, itu dia lima makananakhas Sumatera Selatan lainnya yang juga nggak kalah enak dari pempek! Dari kelimanya, kamu sudah pernah coba makanan khas yang mana, nih? Coba tulis di kolom komentar, dong!

Cari hunian dekat dengan kuliner, perkantoran, rumah sakit, maupun tempat strategis lainnya? Coba tinggal di Rukita saja!

Tak hanya di Jabodetabek dan pulau Jawa saja, seperti kost jogjakost malangkost semarang, maupun kost bandung. Ada juga di beberapa kota Indonesia lainnya!

Tapi, kalau kamu punya budget pas-pasan dan sedang mencari hunian harga ekonomis fasilitas lengkap, bisa kepoin Infokost.id. Tersedia kost di beberapa kota di Indonesia dengan harga sewa murah!

Jangan lupa unduh aplikasi Rukita via Google Play Store atau App Store, bisa juga langsung kunjungi www.rukita.co. Follow juga akun Instagram Rukita di @rukita_indoTwitter di @rukita_id, dan TikTok @rukita_id untuk berbagai info hunian terkini serta promo menarik.Share

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a Reply