8

8 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Menata Ruang Tamu | Jangan Sepelekan!

kesalahan menata ruang tamu

Apakah kamu pernah melakukan kesalahan menata ruang tamu?

Ruang tamu merupakan ruang yang penting dalam rumah. Ruangan inilah yang menjadi jembatan antara bagian luar dan dalam hunian.

Visual ruang tamu yang menawan tentu akan membuat kita merasa tenteram begitu memasuki rumah. Selain itu, para tamu pun akan merasa betah saat dijamu di rumah kita.

Sayangnya, masih banyak orang yang nggak memperhatikan cara menatanya dengan benar. Akibatnya, tanpa sadar penampilan ruang tamu jadi kurang sedap dipandang dan nggak nyaman.

Kesalahan Menata Ruang Tamu yang Sering Dilakukan

tips menata ruang tamu
Source: pexels.com

Menata ruang tamu agar terasa nyaman memang agak tricky. Sering kali kita terjebak dalam beberapa kesalahan umum saat menatanya

Nah, agar ruang tamu terasa comfy dan ciamik, lebih baik simak dulu triknya di bawah ini!

1. Penerangan ruang tamu

kesalahan menata ruang tamu - penerangan
Source: styleathome.com

Kesalahan menata ruang tamu yang pertama adalah soal penerangan. Pencahayaan sangat penting, lho, dalam menata ruang tamu agar terasa nyaman.

Oleh karena itu, hindarilah penggunaan lampu redup atau temaram pada ruang tamu. Pastikan juga jendela rumahmu berfungsi baik agar sinar matahari bisa masuk pada siang hari.

2. Memajang hiasan dinding berlebihan

kesalahan menata ruang tamu - hiasan dinding berlebihan
Source: pinterest.com

Menghias dinding ruang tamu dengan pajangan atau bingkai foto boleh-boleh saja. Namun, pastikan jangan terlalu berlebihan, ya!

Dinding yang terlalu banyak tertutup hiasan bisa menimbulkan kesan berantakan dan membuat ruangan tampak sempit. Terutama, jika kamu memasangnya secara random dan nggak rapi.

Selain itu, memasang terlalu banyak hiasan dinding juga membuat ruangan cepat berdebu. Bisa repot, kan, membersihkannya?

3. Memasang hiasan dinding atau bingkai foto terlalu rendah

kesalahan menata ruang tamu - hiasan dinding terlalu rendah
Source: pinterest.com

Selain hiasan dinding yang berlebihan, kesalahan menata ruang tamu lainnya adalah memajangnya dengan posisi kurang tepat. Jika salah memajang hiasan dinding, ruang tamumu bisa jadi terlihat nggak nyaman dipandang, lho!

Perlu diketahui, nih, posisi ideal memajang hiasan dinding, yaitu setinggi pandangan mata rata-rata orang dewasa atau sekitar 1,7 meter dari lantai. Hindarilah menggantungnya terlalu rendah atau tinggi, ya!

4. Terlalu banyak pajangan

kesalahan menata ruang tamu - terlalu banyak pajangan
Source: pinterest.com

Ingin meletakkan pajangan antik atau oleh-oleh liburan di ruang tamu? Boleh banget, kok! Asalkan, jangan membiarkannya memenuhi seluruh sudut di ruang tamu.

Alih-alih terlihat menarik, ruang tamu malah terkesan sempit kalau terlalu banyak pajangan. Pastikan juga untuk meletakkannya di spot yang tepat dan rutin dibersihkan agar tak berdebu, ya!

BACA JUGA: 9 Tren Furnitur 2020 untuk Interior Rumah | Hadirnya Kembali Gaya 1970-an hingga Furnitur Multifungsi

5. Pemilihan karpet

kesalahan menata ruang tamu - ruang tamu dengan karpet
Source: aliexpress.com

Menggunakan karpet di ruang tamu merupakan langkah tepat untuk membangun nuansa homey. Tapi, kalau salah memilih justru bisa membuat ruang tamu terasa nggak nyaman.

Pilihlah ukuran karpet yang proposional untuk ruang tamu. Jika kamu memiliki ruang tamu yang kecil, jangan memilih ukuran karpet mungil juga!

Selain itu sesuaikanlah warna atau corak karpet dengan tema ruang tamu. Dengan begini, ruang tamu rumahmu akan terasa nyaman sekaligus enak dipandang.

6. Asal pilih furnitur

kesalahan menata ruang tamu - salah pilih furnitur ruang tamu
Source: colonycabincreek.com

Tentu kita semua ingin ruang tamu diisi oleh furnitur ciamik. Tapi, jangan sampai kamu jadi asal menata ruang tamu dengan barang-barang lucu yang nggak penting.

Pilihlah furnitur dengan ukuran dan fungsi yang tepat. Misalnya, jika ruang tamu kamu sempit, jangan memaksakan untuk meletakkan sofa berukuran besar. Berlaku juga dengan barang lainnya, tuh!

7. Bantal sofa

kesalahan menata ruang tamu - pemilihan bantal hias
Source: ballarddesigns.com

Ruang tamu yang cozy tentu saja membuat momen berbincang dengan tamu dan keluarga semakin asyik. Pemilihan bantal hias yang tepat pun bisa meningkatkan kenyamanan ini.

Hindarilah menaruh bantal hias berukuran tak proporsional di sofa atau menatanya secara asal. Bantal hias yang tepat juga bisa memperkaya warna sehingga visual ruang tamu tampak menarik.

8. Asal menaruh barang

kesalahan menata ruang tamu - ruang tamu berantakan
Source: decluttermegray.com

Kesalahan menata ruang tamu yang terakhir adalah asal menaruh barang sehingga akhirnya berantakan. Ruang tamu yang nggak rapi bisa membuat suasana hatimu buruk juga, tuh!

Selain itu, hindarilah kebiasaan menaruh berbagai barang di ruang tamu, seperti tas, jaket, bahkan kaus kaki. Kalau tiba-tiba ada tamu saat kondisi ruangannya berantakan begini, sih, malu banget!


Itulah 8 kesalahan menata ruang tamu yang masih sering dilakukan. Sekarang, coba intip ruang tamu di rumahmu. Apakah dekorasinya sudah tepat?

Semoga artikel ini membantumu, ya!

BACA JUGA: 5 Tips Bikin Ruang Tamu Lesehan yang Nyaman dan Pewe

Qonita Chairunnisa

An introverted soul, a mind wanderer, a cat lover. Loves to write to heal, help, and live.

Leave a Reply