8

8 Tips PDKT Saat Naksir Teman Serumah | Cocok untuk Penghuni Kost dan Co-Living

Tips PDKT housemate

Housemate-ku, gebetanku.

Perasaan itu terkadang nggak bisa dikontrol. Bisa aja muncul buat orang yang kamu nggak semestinya suka, termasuk teman serumah. Tapi gimana lagi, ya? Namanya juga perasaan..

Kalau kata pepatah Jawa, cinta itu datangnya karena keseringan bareng. Jadi, bisa aja kamu naksir temen co-livingmu dan semuanya jadi rumit, bukan?

Haduh bingung, kan? Rukita kasih kamu beberapa tips PDKT khusus dengan sesama teman serumah, biar kamu bisa menata perasaanmu sehingga tidak membuat hubungan kalian jadi renggang.

Yang Harus Dilakukan Kalau Naksir Teman Serumah di Kost atau Co-Livingmu

1. Sadari Perasaanmu itu Beneran Naksir atau Enggak

Source: lovespanky.com

Saat kamu sudah mulai selalu deg-degan dan berbunga-bunga di sekitar orang ini, tahan diri dulu dan dinginkan pikiran. Coba kamu pikirkan dan resapi perasaanmu dulu, kamu memang naksir apa sebenernya cuman nyaman karena sering bareng?

Jangan sampai salah kaprah ya… nanti malah jadi masalah kalau kamu mikir naksir, lalu berubah sendiri karena ternyata cuman nyaman akibat sering ketemu aja.

2. Habiskan Banyak Waktu Dengan Dia

Source: thoughtfulreading.com

Meski tinggal serumah, belum tentu kamu dan gebetan sering berinteraksi berdua saja, atau malah jangan-jangan malah jarang ngobrol?

Untuk memastikan perasaan kamu bukan hanya berdasar fisik belaka, sekaligus untuk mencari tahu perasaan si dia, coba habiskan waktu berdua saja untuk saling lebih tahu satu sama lain.

Saat dia sedang nonton TV atau makan di ruang bersama, coba dekati dan ajak ngobrol. Ajak nonton bersama sebuah film atau serial di TV, atau masak makan malam bersama untuk penghuni lainnya.

Kalau sudah dirasa nyaman, kamu bisa ajak dia untuk sesekali ngopi atau cari makan di luar, atau nonton di bioskop dan melakukan aktivitas lain. Gak berani berduaan? Kamu bisa ajak juga penghuni lain, tapi fokuskan perhatian dan interaksimu pada si dia, ya.

3. Take it Slow

Source: hellogigles.com

Pasti membingungkan sih kalo kamu tinggal satu rumah dengan orang yang kamu sukai dan bahkan ketemu setiap hari. Rasanya dia memang selalu ada di sana dan kamu bisa juga membangun koneksi erat dengan dia karena sering harus berbagi hal bersama.

Namun ingat, jangan gegabah dan terburu-buru. Kamu kan tetap harus bertemu dia hampir setiap hari sebagai sesama penghuni.

Kalau sampai terburu-buru dan menyatakan perasaanmu sebelum yakin, maka bisa saja semuanya berantakan dan malah hubungan kalian jadi hancur.

Sebagai teman serumah, ini bisa bikin kamu atau si dia gak nyaman, dan malah memilih untuk pindah rumah. Duh, ribet, kan?

4. Cari Tahu Perasaan Dia ke Kamu

Source: regain.us

Sebelum bertindak lebih jauh, coba lihat apakah si dia memiliki perasaan yang sama. Coba amati atau cari tahu dari teman dekatnya apakah mereka punya perasaan yang sama dengan kamu nggak, tapi jangan halu ya!

Terkadang kita cuma mau lihat apa yang ingin kita lihat, sehingga yang sebetulnya dia hanya baik dan ramah saja, malah bikin kita ge-er dan mengira sebagai tanda-tanda naksir.

Jujurlah sama diri sendiri, kalau tampaknya dia nggak tertarik sama kamu dan sepertinya nggak ada harapan untuk membuatnya berubah pikiran,  kamu harus move on!

Kalau dia memang terlihat peduli dan suka sama kamu, bahkan rela meluangkan waktu khusus hanya demi menghabiskan waktu dengan kamu, ada kemungkinan dia juga merasakan hal yang sama.

5. Perbanyak Kegiatan di Luar Rumah

Source: UWhealth.com

Biar kamu nggak makin bingung dengan perasaanmu, untuk bisa berpikir jernih mungkin lebih baik kamu membatasi waktu bertemu dengan si teman serumah. Bukan dengan cara menghindari dia, tapi coba lakukan banyak kegiatan di luar rumah.

Dengan melakukan hobi lain di luar rumah, kamu jadi bisa berpikir lebih dalam tentang perasaanmu, sekaligus berpikir jernih tentang sikap dia ke kamu. Selain itu, kamu juga bisa ketemu teman-teman baru atau bahkan hobi baru, seru kan?

Kamu juga bisa lihat, apakah perasaan itu hilang saat kamu jarang di rumah dan jarang ketemu si dia? Kalau iya, berarti kamu hanya nyaman saja dengan dia, dan bukan benar-benar naksir.

6. Tanya Penghuni Lain

Source: Shutterstock.com

Kalau di unit yang kalian tinggali ada penghuni lain, coba ngobrol dengan salah satu di antara mereka yang paling kamu percaya.

Terkadang ada orang yang nggak nyaman kalau tinggal dengan orang yang pacaran, jadi lebih baik dibicarakan dulu.

Selain itu, teman tersebut juga bisa membantumu melihat apakah si dia sebenarnya punya perasaan yang sama dengan kamu. Jadi, kamu nggak akan bikin kesimpulan yang salah buat kamu sendiri.

7. Nikmati Perasaanmu

Source: dating.lovetoknow.com

Yang nggak boleh kamu lupakan tentang perasaan adalah: resapi dan nikmati semua ini. Enjoy aja naik turunnya, semua butterflies-nya. Jangan dipikir berat-beratnya terus, deh.

Nggak usah khawatir tentang apa yang harus segera kamu lakukan, atau apa yang bakal terjadi di masa depan. Nikmati kenyataan bahwa gebetanmu tinggal di dekatmu.

Cherish every moment! Siapa tau kalian jodoh, lalu nanti jadi suami istri. Sekarang bisa jadi tempat kalian latihan ngurus rumah bareng, kan?

8. Kalau Sudah Yakin, Nyatakan Perasaanmu

Source: verywellmind.com

Kalau kamu sudah yakin ini bukan perasaan sesaat dan kamu memang ingin menjalin hubungan serius dengan dia, waktunya untuk nyatakan perasaanmu.

Jangan menyatakan perasaanmu lewat chat, coba bicara langsung atau telpon. Ngobrol baik-baik.

Tambahkan juga bahwa kamu nggak masalah jika dia nggak merasakan hal yang sama. Setidaknya, setelah kamu nyatakan perasaan, kamu akan merasa lebih lega dan tahu apa yang harus dilakukan ke depannya, baik itu mengubah status jadi pacar, atau move-on dari berteman saja.


Jangan khawatir, pikirkan baik-baik, nikmati dan take it slow. Santuy aja ya bro, sis, kalau jodoh nggak kemana, kok!

BACA JUGA: Apa Itu Co-Living? Simak Semua yang Perlu Kamu Tahu Tentang Gaya Hunian Trendy Ini

Chikitta Carnelian

Lifestyle content writer by day, and researcher by night. Care about mental health, the environment, and healthy lifestyle. Love pastries too much and enjoy trying different brunch places and nice bars. In the journey to consume less meat.

Leave a Reply