1

11 Tips Merawat Rumah Tetap Bersih dan Nyaman Saat Musim Hujan

tips merawat rumah saat musim hujan

Nyaman dan bersih saat musim hujan dengan tips merawat rumah ini!

Bukan hanya kesehatan yang dijaga, rumah pun harus tetap terawat, lho, selama musim hujan! Apalagi kita lebih banyak menghabiskan banyak waktu di rumah saat musim hujan.

Perhatikan rembesan air hujan, cipratan tanah dari luar, atau pun lembap di tembok kamar yang bikin rumah jadi kurang nyaman. Yuk, segera atasi masalah yang ada di sekitar rumah saat hujan!

Tips Merawat Rumah Tetap Bersih dan Nyaman di Musim Hujan

Tentunya kita ingin rumah selalu nyaman dan bersih di musim hujan bukan? Oleh karena itu, kamu wajib mengikut tips merawat rumah saat musim hujan berikut ini.

1. Periksa atap dan langit-langit rumah

tips merawat rumah saat musim hujan - periksa atap rumah
Source: netuccaspitpress.com

Menjelang musim hujan, periksalah atap dan langit-langit rumahmu. Jangan sampai rumahmu bocor sepanjang hari selama musim hujan.

Untuk atap, pastikan nggak ada genting yang pecah ataupun posisinya bergeser. Ada baiknya memberikan cat pelapis antibocor pada sambungan genting agar atapmu aman.

Jika terjadi kebocoran atau rembesan air saat musim hujan, segeralah perbaiki langit-langit rumah. Kalau didiamkan, bisa-bisa berubah warna dan timbul jamur, lho!

2. Periksa dinding rumah agar tak berjamur dan lembap

tips merawat rumah saat musim hujan - periksa dinding rumah
Source: doitbest.com

Dinding rumah juga rentan mengelupas dan berjamur saat musim hujan. Hal ini karena air hujan yang masuk dari dinding luar dan meresap hingga ke dalam.

Rembesan air dari langit-langit yang mengalir melalui dinding juga bisa membuat teksturnya rapuh jika didiamkan begitu saja. Sebaiknya lapisi dindingmu dengan cat pelapis antibocor sehingga tetap aman selama musim hujan.

3. Cek listrik dan peralatan elektronik

tips merawat rumah saat musim hujan - periksa listrik dan barang elektronik
Source: unsplash.com

Hawa lembap selama musim hujan bisa menyebabkan kabel listrik mudah terkelupas dan rapuh. Oleh karena itu, pastikan kabel listrik terbungkus rapat dan rapi. Jika menemukan kerusakan, segeralah perbaiki atau ganti baru.

Jangan lupa menjauhkan alat elektronik dari tempat yang mudah basah agar tidak rusak. Alasannya tentu saja untuk menghindari risiko korsleting, kebakaran, dan sengatan listrik.

4. Lindungi furnitur terutama yang terbuat dari kayu

tips merawat rumah saat musim hujan furnitur kayu
Source: diynetwork.com

Lindungi perabotan yang mudah rusak jika terkena air, khususnya yang terbuat dari kayu.  Jauhkanlah dari tempat-tempat yang mudah terkena cipratan air, seperti dekat jendela atau pintu.

Kalau rumahmu menggunakan lantai kayu, jagalah agar tetap kering. Kayu yang dibiarkan lembap dan sering terkena air bisa lapuk dan mudah rusak, tuh.

BACA JUGA: 10 Tips Merawat Lantai Kayu Agar Tak Cepat Rusak dan Lapuk

5. Bersih-bersih sebelum masuk rumah

tips merawat rumah saat musim hujan - bersihkan diri sebelum masuk rumah
Source: wikihow.com

Sebelum masuk ke dalam rumah, cucilah dulu kakimu sampai bersih di depan rumah, lalu keringkanlah telapak kakimu di atas keset.

Cek juga apakah ada kotoran yang menempel akibat terkena hujan di jalan. Terutama jika kamu benar-benar kehujanan dan terkena cipratan air sepanjang perjalanan.

tips merawat rumah saat musim hujan - genangan air
Source: bristolpost.com

Kini hampir semua rumah memiliki keran air di halaman depan. Namun, jika tak punya, cukup keringkanlah kakimu di keset dan langsung menuju kamar mandi untuk bebersih. Dengan begitu rumahmu akan tetap bersih, deh.

6. Gunakan alas kaki

tips merawat rumah saat musim hujan - gunakan sandal rumah
Source: wallcoo.net

Tips merawat rumah agar di musim hujan yang satu ini kadang suka terlupakan. Sediakanlah alas kaki atau sandal ruangan agar lantai rumah tetap bersih saat ada orang yang berkeliaran di dalam rumah.

Pilihlah alas kaki yang mudah menyerap air dan mudah dibersihkan. Ingat, jangan gunakan alas kaki tersebut ke luar rumah untuk mencegah kotoran terbawa masuk, ya!

7. Sediakan rak khusus barang basah

tips merawat rumah saat musim hujan - tempat untuk payung
Source: aliexpress.com

Siapa, nih, yang suka menaruh barang basah sembarangan selama musim hujan? Sebaiknya, sediakanlah rak khusus untuk menaruh benda basah dan letakkan di depan pintu rumah.

Taruhlah payung dan jas hujanmu di rak tersebut agar lantai rumah tidak becek. Penting juga untuk menjaga rumah tetap higienis selama musim hujan.

8. Perhatikan penggunaan karpet

tips merawat rumah saat musim hujan - penggunaan karpet
Source: unsplash.com

Menggunakan karpet pada musim hujan memang bikin pewe dan hangat. Namun, bakal berubah jadi bencana kalau kamu nggak mampu merawatnya, Yap, bisa-bisa jadi sumber kuman dan kotoran!

Saat musim hujan, karpet akan jadi lebih lembap dan mudah bau. Sebenarnya, lebih baik tak menggunakan karpet dulu agar lantai rumah juga lebih mudah dibersihkan.

Kalau kamu tetap ingin menggelar karpet, perhatikanlah kebersihannya dengan saksama dan harus lebih rajin untuk memasukkannya ke laundry.

9. Gunakan disinfektan saat membersihkan lantai rumah

tips merawat rumah di musim hujan - membersihkan lantai rumah
Source: kleanstone.com

Ruangan yang lembap merupakan tempat favorit kuman untuk berkembang biak. Kebayang nggak, sih, kalau rumahmu banyak kuman? Bisa jadi sumber penyakit, lho!

Nah, untuk merawat rumah saat musim hujan, rajinlah membersihkan rumah menggunakan disinfektan. Disinfektan sendiri merupakan bahan kimia untuk membasmi kuman. Bebaskan rumahmu dari penyakit, deh!

10. Pastikan ventilasi berfungsi dengan baik

tips merawat rumah di musim hujan - periksa ventilasi rumah
Source: dekoruma.com

Tips merawat rumah saat musim hujan ini kadang suka terabaikan padahal penting!

Pastikanlah ventilasi rumahmu berfungsi dengan baik selama musim hujan. Ventilasi berguna agar udara segar lancar mengalir sehingga hawa rumahmu tak lembap.

Jika hujan terlalu deras, kamu bisa menutup ventilasinya untuk sementara, kok. Lalu bukalah kembali jika hujan sudah reda agar udaranya bisa berganti.

11. Pangkas tanaman

pangkas tanaman di musim hujan
Source: patchplants.com

Tips merawat rumah saat musim hujan yang terakhir ini juga nggak kalah penting. Selama musim hujan, tanaman bisa tumbuh dengan cepat.

Nah, tanaman rimbun sering kali jadi tempat favorit para nyamuk dan serangga. Tanaman yang tumbuh terlalu tinggi juga berisiko tumbang atau tersambar petir saat musim hujan.

Menjelang musim hujan, usahakanlah pangkas tanaman di sekitar rumah agar tak jadi sarang nyamuk. Nggak perlu dipangkas habis, kok, secukupnya saja. Rumahmu pun bakal tetap nyaman dan asri, kan.


Itulah 11 tips merawat rumah saat musim hujan yang perlu kamu praktikkan.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan ruang rumah secara rutin. Jangan menunggu terlihat kotor baru dibersihkan, ya!

BACA JUGA: 7 Tips Mudah Mengurangi Sampah Plastik di Kehidupan Sehari-hari | Yuk Selamatkan Bumi!

Qonita Chairunnisa

A passionate SEO content writer with a Journalism background. Been stringing words together for diverse content for years, and aims to keep learning all about SEO and copywriting.

Leave a Reply