5

5 Resep Tumis Praktis Mudah untuk Anak Kost

Jadi anak kost, tuh, gampang-gampang susah. Kalau sudah akhir bulan biasanya kamu harus putar otak mencari cara demi menghemat uang. Mulai dari isi sabun dengan air hingga makan Indomie berbagai macam rasa, tuh, semua kita jalani demi hidup mandiri.

Bagaimana biar tetap makan enak di akhir bulan? Nah, untungnya, Rukita sudah mengumpulkan 5 resep tumis praktis yang bisa kamu coba sendiri kalau sudah mendekati tanggal tua. Tenang saja, bahan-bahan masakan ini mudah didapat dengan harga murah,sementara cara membuatnya juga mudah.

5 Resep Tumis Praktis

Sayuran juga bisa jadi lauk enak buat kamu makan di kost. Yuk, langsung cek saja resep tumis praktis di bawah ini!

1. Tumis jamur tiram

Tumis Jamur Saus Tiram | Resep dari Dapur KOBE
Source: Dapur KOBE

Tumis jamur saus tiram adalah salah satu menu tumisan yang mudah diolah. Cara memasaknya sangat sederhana, tapi rasanya nggak bisa diremehkan. Intinya, kamu cukup mencampurkan semua bahan, tambahkan saus tiram, dan kamu sudah mendapatkan menu makanan yang istimewa!

Bahan

  • 1 kg jamur tiram, suwir dan cuci bersih
  • 2 butir bawang merah, iris
  • 2 butir bawang putih, iris
  • Air secukupnya
  • 1 buah tomat, potong
  • Cabai rawit jumbo utuh, sesuai selera
  • Garam, gula, lada dan penyedap secukupnya
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:

  1. Panaskan air hingga mendidih, lalu masukkan jamur sekitar 1 menit. Angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan minyak kemudian tumis bawang putih dan merah hingga harum.
  3. Masukkan jamur, rawit jumbo, tomat, garam, gula, lada, dan penyedap.
  4. Masak hingga jamur layu dan lunak, tambahkan air bila perlu. Tambahkan bumbu yang kamu rasa masih kurang, lalu angkat dan sajikan.

2. Tumis buncis ebi

Source: Primarasa.co.id

Buncis bukan cuma enak diolah dengan daging, lho, tapi juga bisa diolah bareng ebi buat sensasi rasa yang nggak kalah enak! Perpaduan buncis dengan ebi pasti bakal menggugah selera makan kamu, dan cara membuatnya juga praktis. Kamu bisa coba masak sendiri, nih!

Bahan

  • 250 g buncis
  • 2 sdm ebi direndam air hangat
  • 5 cabai merah keriting
  • 3 bawang putih
  • 2 bawang merah
  • 1/2 bawang bombai kecil
  • 1 sdt gula
  • 1 sdm saus tiram
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Didihkan air untuk merebus buncis sesuai selera kamu. Jangan lupa tambahkan 1 sdt garam sebelum mulai merebus. Setelah matang, tiriskan air.
  2. Cincang bawang putih dan bawang merah, kemudian sisihkan.
  3. Haluskan ebi, bawang bombai, dan cabai merah.
  4. Panaskan minyak, tumis bawang sampai wangi, lalu masukkan bumbu halus dan tumis sampai bumbu benar-benar matang.
  5. Tambahkan gula, garam, saus tiram, kemudian aduk hingga merata. Tes rasanya, kalau masih ada bumbu yang kurang tambahkan terlebih dahulu.
  6. Masukkan buncis, kemudian masak sebentar saja sebelum disajikan.

3. Tumis bayam tomat

Tumis Bayam Tomat foto resep utama
Source: cookpad.com

Resep sederhana ini memiliki banyak banget cita rasa bumbu dalam satu suap. Meskipun begitu, menyiapkannya cukup mudah, dan bahan-bahannya juga tidak sulit dicari, kok.

Bahan

  • 1 ikat bayam, siangi daunnya
  • 1 buah jagung manis disisir
  • 3 buah tomat, potong-potong
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 2 buah cabai keriting
  • 6 buah cabai rawit
  • 1/2 sdt terasi matang
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt kecap asin
  • Gula, garam, merica, kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, beri sedikit air kalau perlu.
  2. Masukkan jagung yang sudah disisir, tunggu hingga jagung matang. Lalu, masukkan bayam yang sudah dibumbui dengan kecap manis, saus tiram, dan kecap asin.
  3. Tambahkan gula, garam, merica dan kaldu bubuk, lalu aduk hingga rata.
  4. Masukkan potongan tomat, tambahkan bumbu yang menurutmu masih kurang sebelum diangkat dan sajikan.

4. Tumis kangkung terasi

https: img.okezone.com content 2019 03 19 298 2031974 tumis-kangkung-terasi-untuk-makan-siang-enaknya-nampol-RhBBzlhjlz.jpg
Source: okezone.com

Selain mudah dibuat, nih, kangkung bisa mengurangi kolestrol dan diabetes serta dapat mencegah kanker. Karena banyak banget manfaat kesehatan yang bisa kamu dapat dari kangkung, nggak ada salahnya kalau kamu menyajikan menu lezat ini untuk menu makanan kamu, kan?

Bahan

  • 3 ikat kangkung disiangi
  • 2 siung bawang merah diiris tipis
  • 1 siung bawang putih iris tipis
  • 1/2 atau 1 sdt terasi
  • 10 buah cabai rawit diiris tipis
  • Garam, gula dan kaldu jamur secukupnya
  • 50 ml air

Cara membuat:

  1. Tumis bawang merah dan putih serta cabai sampai harum, masukkan terasi dan air.
  2. Tekan-tekan terasi agar tercampur rata dan haluskan.
  3. Masukkan kangkung, garam, gula, dan kaldu jamur.
  4. Aduk-aduk, tunggu sampai kangkung layu. Cicipi rasanya dan kalau ada bumbu yang dirasa kurang langsung tambahkan.
  5. Matikan kompor, angkat dan sajikan.

5. Tumis taoge ikan asin

Resep dan Cara Membuat Tumis Taoge Ikan Asin Paling Praktis Namun  Bercitarasa Paling Mantap dan Enak - Selerasa.com
Source: selerasa.com

Biasanya, sih, menu tumisan ini sering dijadikan menu pendamping untuk melengkapi menu makanan. Teksturnya yang renyah dan tambahan ikan asin jambal berpadu sempurna sebagai menu makan siang atau malam, tuh.

Bahan

  • 100 g taoge
  • 50 g ikan asin jambal roti, cuci bersih, rendam air hangat, tiriskan potong kecil-kecil
  • 1/2 buah bawang bombai iris kasar
  • 4 siung bawang putih iris
  • 1 buah cabai merah iris
  • Daun bawang iris
  • 1 sdt saus tiram
  • 1/2 sdt kecap manis
  • Air secukupnya
  • Kaldu jamur dan gula secukupnya

Cara membuat:

  1. Panaskan sedikit minyak, masukkan potongan ikan asin dan tumis hingga agak kecokelatan.
  2. Tambahkan bawang bombai, bawang putih, dan cabai. Tumis semua sampai wangi.
  3. Masukkan saus tiram dan kecap manis, lalu aduk sebentar. Tambahkan taoge dan juga sedikit air, lalu tambahkan kaldu jamur dan gula secukupnya.
  4. Masak sebentar di atas api besar sambil diaduk hingga taoge agak layu.
  5. Tambahkan irisan daun bawang dan aduk rata. Taoge tumis kamu sudah siap disajikan!

Ternyata, ada banyak resep tumis praktis yang lezat dan mengenyangkan, ya? Menu masakan untuk akhir bulan nggak lagi membosankan, deh!

Rukita Bangka Kemang

Kalau ingin bisa berkreasi dengan bebas di dapur, nih, kamu harus tinggal di Rukita. Semua unit coliving Rukita dilengkapi dapur dengan fasilitas lengkap yang membuat kamu bebas berkreasi untuk mencoba menu apa pun!

Penasaran dengan lokasi Rukita? Yuk, cek saja di bawah ini!

Atau ketik langsung link berikut di browser kamu: bit.ly/rukita-masak

Penasaran soal unit coliving Rukita lainnya? Yuk, kunjungi www.Rukita.co, dan jangan lupa follow Instagram Rukita di @Rukita_Indo serta Twitter di @Rukita_Id. Kamu juga bisa tanya-tanya langsung ke Nikita (customer service Rukita) di +62 811-1546-477.

Apakah kamu tahu resep tumis praktis lainnya? Bagikan di kolom komentar, yuk!

CategoriesTak Berkategori
Larasati Ayeshaputri

A South Jakarta native with a twist of loving k-pop. Your guide to Jakarta's best hangout spots, fashion, and beauty tips. Also knowledgeable in quirky tips, and a poet in @baharipatah.

Tinggalkan Balasan