1

16 Kuliner Malam Bandung Wajib Coba Ini Pasti Selalu Ramai | Harus Kuat Antre!

Wajib coba rekomendasi kuliner malam Bandung berikut ini, deh!

Kota Kembang dikenal akan ragam kulinernya yang enak-enak. Ternyata, nih, nggak cuma kuliner saat pagi dan siang hari saja, kuliner malam Bandung juga bikin penasaran dan otomatis jatuh cinta.

Ada beragam jenis kuliner malam Bandung yang bisa kamu pilih, mulai dari makanan berat hingga minuman manis nan menghangatkan. Mau pilih makanan yang mana, nih?

Rekomendasi Kuliner Malam Bandung Favorit Banyak Orang

Buat kamu yang susah tidur dan butuh asupan nutrisi saat malam hari, yuk, cek rekomendasi kuliner Bandung yang selalu ramai dan tentunya wajib coba. Dijamin nggak akan menyesal, deh!

1. Soto Bandung Pak Simon

Kuliner Malam Bandung yang Bikin Ketagihan dan Wajib Dicoba
Source: PergiKuliner.com

Udara Bandung malam hari yang dingin tentu paling pas sambil menyantap soto hangat. Nah, salah satu kuliner malam Bandung yang wajib kamu coba adalah Soto Bandung Pak Simon.

Gerai makanan yang berlokasi di pusat kuliner malam Jalan Cibadak ini selalu ramai pengunjung, apalagi kalau saat akhir pekan. Jangan kaget, deh, kalau kamu harus mengantre cukup lama buat dapat semangkuk Soto Bandung Pak Simon seharga mulai dari Rp45 ribu ini.

Kuliner Malam Bandung yang Bikin Ketagihan dan Wajib Dicoba
Source: Pesona Bandung

Kuah bening kaldu kaldu sapi berpadu dengan potongan daging sapi atau babat yang empuk serta lobak yang lembut. Tambahan kacang kedelai dan sambal bikin soto daging ini makin nikmat. Meski harganya termasuk mahal, tapi kamu nggak akan menyesal, deh!

  • Harga: mulai dari Rp45 ribu seporsi dengan nasi
  • Alamat: Soto Bandung Pak Simon Jln. Cibadak, Jamika, Bojongloa Kaler, Bandung, Jawa Barat
  • Jam operasional: Jumat – Rabu (Kamis tutup) pukul 17.00 – 22.00 WIB

2. Perkedel Bondon

Kuliner Malam Bandung yang Bikin Ketagihan dan Wajib Dicoba
Source: Destinasi Bandung

Penggemar kuliner malam sudah pernah dengar Perkedel Bondon belum? Camilan legendaris yang telah ada sejak tahun ’80-an ini memang selalu jadi incaran pencinta kuliner malam Bandung. Sebenarnya, warung makan yang menjual perkedel viral ini buka selama 24 jam, tetapi perkedel baru disajikan saat malam hari.

Kalau kamu mau beli Perkedel Bondon, harus banyak-banyak bersabar, ya. Pasalnya, tempat ini akan sangat antre oleh semua orang yang ingin mencicipi lezatnya Perkedel Bondon. Nggak cuma orang yang ingin makan langsung di tempat saja, tapi juga oleh abang-abang ojol, tuh.

Kuliner Malam Bandung yang Bikin Ketagihan dan Wajib Dicoba
Source: Phinemo.com

Mau mencicipi perkendel kentang yang lembut di dalam dan kriuk di luar dilengkapi dengan sambal terasi tomat? Langsung ke warung Perkedel Bondon yang ada di dekat Stasiun Bandung, yuk!

  • Harga: Rp2.000 untuk satu perkedel
  • Alamat: Perkedel Bondon Asli Jln. Stasiun Timur No.26, Kebon Jeruk, Andir, Bandung, Jawa Barat
  • Jam operasional: Senin – Minggu pukul 20.00 – 02.00 WIB

3. Nasi Kuning Pungkur 216

Kuliner Malam Bandung yang Bikin Ketagihan dan Wajib Dicoba
Source: PergiKuliner

Kalau butuh makanan berat, Nasi Kuning Pungkur 216 bisa jadi pilihan yang tepat, nih. Warung nasi kuning yang berada di Jalan Pungkur ini berjualan di gerobak kaki lima. Eits, walaupun menjajakan jualannya di tempat sederhana, tapi soal cita rasa nggak perlu diragukan lagi.

Nasi kuning dengan aroma rempah yang harum semakin lengkap dengan aneka lauk dan sambal kacang. Mau pilih telur balado, rendang daging, ati ampela, atau rendang jengkol, nih? Ada juga gorengan yang bikin makan nasi kuning makin meriah.

Kuliner Malam Bandung yang Bikin Ketagihan dan Wajib Dicoba
Source: my eat and travel story

Jangan kaget juga lihat harganya. Hanya bermodal uang mulai dari Rp6.000 saja, kamu sudah bisa menikmati sepiring nasi kuning dengan tempe oreg dan suwiran telur goreng. Fix, jangan skip tempat ini kalau kamu ke Bandung, ya!

  • Harga: mulai dari Rp6.000
  • Alamat: Nasi Kuning Pungkur 216 Jln. Ancol Barat Jln. Pungkur No.216, Ciateul, Regol, Bandung, Jawa Barat
  • Jam operasional: Senin – Minggu pukul 18.00 sampai habis (nasi kuning baru tersedia pukul 21.00)

4. Kuliner malam Bandung: Bubur Ayam Gibbas

Kuliner Malam Bandung yang Bikin Ketagihan dan Wajib Dicoba
Source: my eat and travel story

Malam-malam ngidam makan bubur ayam? Kalau kamu lagi ada di Bandung, langsung ke Bubur Ayam Gibbas aja, deh. Bubur ayam yang buka pada pagi dan malam hari ini jadi salah satu bubur ayam legendaris di Kota Kembang. Nggak heran, deh, kalau tempat makan di Jalan Kebon Jati ini selalu ramai.

Tipe bubur ayam yang ada di Bubur Ayam Gibbas adalah khas Sunda alias tanpa kuah kuning. Rasa bubur yang gurih dengan kekentalan pas makin sempurna dengan topping ayam melimpah. Mau tambah topping lain seperti sate atau telur muda juga bisa banget!

  • Harga: mulai dari Rp16.000 untuk Bubur Ayam Biasa
  • Alamat: Bubur Ayam Gibbas Jln. Kebon Jati No.187, Kebon Jeruk, Andir, Bandung, Jawa Barat
  • Jam operasional: Senin pukul 16.00 – 23.30 WIB, Selasa – Sabtu pukul 05.30 – 11.30 WIB, (buka kembali) pukul 16.00 – 23.30 WIB, dan Minggu pukul 05.30 – 11.30 WIB

5. Nasi Uduk Ayam Goreng Cinta 97

Kuliner Malam Bandung yang Bikin Ketagihan dan Wajib Dicoba
Source: Traveloka

Kalau kamu bingung mencari menu apa untuk makan malam, Nasi Uduk Ayam Goreng Cinta 97 selalu bisa jadi opsi yang tepat. Warung makan tenda kaki lima sederhana ini menyajikan menu pecel ayam khas Lamongan.

Nah, primadona di sini adalah nasi uduk yang enak, gurih, dan wangi. Uniknya, nasi uduk di sini diberi isiran telur dadar di atasnya. Buat lauknya bisa pilih ayam, lele, ikan, cumi, udang, dan lainnya. Jangan lupa juga buat pesan kol goreng, ya!

  • Harga: mulai dari Rp6.000 untuk nasi uduk, Rp15 ribu untuk ayam goreng, dll
  • Alamat: Nasi Uduk Ayam Goreng Cinta 97 Jln. Dr. Rajiman No.97, Pasir Kaliki, Cicendo, Bandung, Jawa Barat
  • Jam operasional: Senin pukul 17.00 – 24.00 WIB, Selasa – Sabtu pukul 00.00 – 12.00 WIB (buka kembali) pukul 17.00 – 24.00 WIB, Minggu buka 24 jam

6. Kuliner malam Bandung: Bebeke Om Aris

Kuliner Malam Bandung yang Bikin Ketagihan dan Wajib Dicoba
Source: PergiKuliner

Sekali makan di Bebeke Om Aris Dipatiukur, dijamin langsung jatuh cinta, deh! Warung makan yang berada di depan UNPAD Dipatiukur (DU) ini memang selalu saja antre pembeli. Buat kamu yang nggak mau mengantre terlalu lama, bisa beli buat dibawa pulang atau pesan lewat ojol, ya.

Bebeknya digoreng garing sehingga nggak bau anyir sama sekali. Nah, yang jadi juara di sini adalah dua macam sambalnya, yakni sambal pedas dan sambal manis. Kalau kedua sambal ini digabungkan, beuh, rasanya gokil!

Kuliner Malam Bandung yang Bikin Ketagihan dan Wajib Dicoba
Source: Destinasi Bandung

Meski namanya Bebeke Om Aris, tapi di sini juga ada menu ayam goreng yang rasanya nggak kalah nikmat. Oh iya, kol goreng di sini gratis, lho!

  • Harga: mulai dari Rp12.000 untuk ayam dan Rp20.000 untuk bebek
  • Alamat: Bebeke Om Aris Dipatiukur Jln. Dipati Ukur, Lebakgede, Coblong, Bandung, Jawa Barat
  • Jam operasional: Senin – Minggu pukul 17.00 – 24.00 WIB

7. Sate Padang Serasi

Kuliner Malam Bandung yang Bikin Ketagihan dan Wajib Dicoba
Source: PergiKuliner

Masih berada di kawasan yang sama dengan Bebeke Om Aris, ada satu lagi rekomendasi kuliner malam Bandung yang wajib dicoba. Sate Padang Serasi bisa jadi opsi kalau kamu sudah mulai bosan dengan menu nasi. Well, walau sebenarnya ketupat itu juga terbuat dari beras sih. Hehehe.

Kamu bisa merasakan kuah kental dengan rasa yang lumayan pedas di Sate Padang Serasi. Seporsi sate Padang lengkap dengan ketupat dibanderol dengan harga Rp20 ribu saja. Bisa juga pesan setengah porsi kalau kamu nggak terlalu lapar. Biar tambah nikmat, campur dengan keripik singkong atau kerupuk kulit, ya!

  • Harga: mulai dari Rp20.000 seporsi
  • Alamat: Sate Padang Serasi (dekat Pangkalan DAMRI) Jln. Haur Pancuh No.76, Lebakgede, Coblong, Bandung, Jawa Barat
  • Jam operasional: Senin – Minggu pukul 16.00 – 23.00 WIB

8. Kuliner malam Bandung: Ronde Jahe Alkateri

Kuliner Malam Bandung yang Bikin Ketagihan dan Wajib Dicoba
Source: Tribunnews

Kalau cuaca sedang dingin, paling nikmat menyeruput Ronde Jahe Alkateri. Wedang ronde dari kuah jahe otomatis bikin tenggorokan dan tubuh jadi segar dan hangat, nih. Selain bikin perut nyaman, rasa rondenya juga enak. Nggak heran, deh, kalau kuliner legendaris Bandung ini tetap berjaya sejak 1984.

Lokasinya persis di pintu masuk Sudirman Street, dan kamu bisa masuk dari Pusat Kuliner Malam Cibadak. Ada dua jenis kuah yang dapat dipilih, yakni kuah gula putih dan kuah gula merah. Perpaduan ronde besar berisi kacang tanah dengan kuah jahe dijamin bikin kamu ketagihan. Kalau mau tambah hangat, bisa minta ekstra jahe, lho!

  • Harga: mulai dari Rp20.000 seporsi
  • Alamat: Ronde Jahe Alkateri Jln. Cibadak No.99, Karanganyar, Astanaanyar, Bandung, Jawa Barat
  • Jam operasional: Senin – Minggu pukul 18.00 – 24.00 WIB

9. Sekoteng Bangkok

Kuliner Malam Bandung yang Bikin Ketagihan dan Wajib Dicoba
Source: Tribunnews

Satu lagi rekomendasi kuliner malam Bandung yang hangat-hangat. Sudah banyak yang mengakui kenikmatan semangkuk Sekoteng Bangkok, nih.

Awalnya, minuman hangat ini hanya terkenal di kalangan warga lokal dan mahasiswa Bandung saja. Namun seiring berjalannya waktu, banyak wisatawan yang mengincar minuman satu ini, sampai-sampai harus pindah lapak, lho.

Ada dua varian sekoteng yang bisa kamu pilih, yakni sekoteng hangat dan dingin dengan tambahan es. Isian sekoteng yang berlimpah disiram dengan kuah jahe atau kuah pandan. Mau kuah yang mana pun, rasanya sama-sama enak!

  • Harga: mulai dari Rp10.000 seporsi
  • Alamat: Sekoteng Bangkok (pindahan dari DU) Jln. Gatot Subroto No.51, Malabar, Lengkong, Bandung, Jawa Barat
  • Jam operasional: Senin – Minggu pukul 18.00 – 24.00 WIB

10. Roti Bakar 234 Gang Kote

Kuliner Malam Bandung yang Bikin Ketagihan dan Wajib Dicoba
Source: Tribunnews

Buat menutup hari, makan roti bakar legendaris di Bandung, yuk! Kalau kamu mau makan roti bakar yang benar-benar “dibakar”, bisa coba ke Roti Bakar 234 Gang Kote. Roti bakar di sini dibuat secara tradisional dengan cara menggunakan arang. Nggak heran, deh, kalau ada cita rasa khas yang bikin nagih.

Roti di sini tebal dan padat, serta pilihan topping yang beragam. Mulai dari manis seperti coklat, keju, nanas, hingga asin seperti kornet. Asyiknya, topping yang diberikan di Roti Bakar 234 Gang Kote berlimpah ruah! Mau coba rasa yang mana?

  • Harga: mulai dari Rp30.000
  • Alamat: Roti Bakar 234 Gang Kote, Gang Kote, Karanganyar, Astanaanyar, Bandung, Jawa Barat
  • Jam operasional: Senin – Minggu (Kamis Tutup) pukul 15.00 – 22.00 WIB

11. Kuliner malam Bandung: Cibadak Culinary Night

Source: Gojek

Mau cari kuliner malam Bandung yang beragam di satu tempat? Kunjungi saja Cibadak Culinary Night. Street food yang cukup luas dan ramai ini terkenal banget, lho, di Bandung.

Sesuai namanya, pusat jajanan malam ini hanya buka di malam hari. Di siang hari, di sini berjejer pertokoan mulai dari barang grosir atau satuan. Nah, mulai pukul 16.00, para penjual makanan mulai berdatangan, nih. Tempat ini pun semakin malam semakin ramai.

Makanan di sini sangat bervariasi dengan harga yang cukup terjangkau, mulai dari nasi goreng, wedang ronde, sampai batagor. Meski begitu, disebut-sebut sebagai China Town, di sini banyak yang menjual makanan non-halal. Maka dari itu, sebaiknya kamu pastikan dulu sebelum membeli, ya.

  • Harga: Mulai dari Rp10 ribu
  • Alamat: Jl. Cibadak No.50-155, Cibadak, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat 40241
  • Jam operasional: Jumat – Rabu (Kamis tutup) pukul 19.00 – 02.00 WIB

12. Kuliner Malam… Bubur Kaki Lima Rasa Bintang Lima

Source: Ain Mushalin

Cari bubur ayam yang maknyus dan buka di malam hari nggak perlu pusing-pusing. Mampir saja ke Cikapundung. Bubur Kaki Lima Rasa Bintang Lima ini sesuai banget dengan namanya.

Dengan bubur yang lembut dan topping yang melimpah, harga bubur ini ramah banget di kantong. Wajib cobain kalau lagi ada di Bandung!

  • Harga: Mulai dari Rp15 ribu
  • Alamat: Jl. Cikapundung Barat No.1, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 18.00 – 00.00 WIB

13. Warung Nasi C’Mar

Source: GoTravelly

Siapin perut kosong sebelum berkunjung ke sini, karena dijamin kenyang dan puas sehabis dari sini!

Dengan tema makanan khas Sunda dan lauk rumahan, menu makanan di sini bervariasi dan bikin ngiler banget. Mulai dari daging sapi, babat, paru, sampai sayur capcay, sop, dan lodeh.

Meski begitu, kalau mau ke sini, kamu harus siap-siap antre panjang, nih. Nggak hanya di akhir pekan, di weekdays tempat makan ini juga rame banget. Legendaris abis!

  • Harga: Kurang dari Rp20 ribu
  • Alamat: Coblong, Jl. ABC No.21, Dago, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 16.00 – 04.00 WIB

14. Seafood Kiloan Bang Bopak (Pusat Katamso)

Source: Kompas.com

Mau puas makan seafood? Seafood Kiloan Bang Bopak jadi tempat yang tepat buat kamu. Didirikan sejak April 2016 lalu, warung kaki lima ini nggak pernah sepi pengunjung. Dengan harga yang relatif murah, kamu bisa puas banget makan seafood!

Karena konsepnya kiloan, kamu bisa membeli seafood sebanyak 500 gram ataupun satu kilogram. Pilihannya juga banyak banget, lho, mulai dari kepiting, udang windu, udang peci, kerang ijo, kerang dara, kerang bulu, kerang kijing, kerang simping, kerang bambu, sampai kerang tahu. Banyak banget, ya?

Nggak cuma beli kiloan, kamu juga bisa beli per porsi atau per 100 gram, kok. Nah, karena antusiasme pengunjung yang tinggi, tempat makan seafood ini sudah tersebar cabangnya di berbagai wilayah di Bandung.  Meski begitu, pusatnya berada di Jalan Katamso.

  • Harga: Mulai dari Rp30 ribu
  • Alamat: Jl. Brigadir Jend. Katamso No.33, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat, 40122
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 17.00 – 23.00 WIB

BACA JUGA:

15. Kuliner malam Bandung: Bubur Malam Jamika

Source: Cari Kuliner Indonesia

Lewat jam 12 malam ngidam bubur? Nggak perlu khawatir karena ada bubur legendaris yang buka tengah malam, nih. Bubur Malam Jamika letaknya strategis banget, di pinggir jalan dekat perempatan.

Buburnya juga gurih dan kental dengan topping yang melimpah, seperti telur, ati ampela, ayam, cakwe, dan usus. Yang unik, nggak seperti bubur lainnya, Bubur Malam Jamika nggak dilengkapi dengan kerupuk, nih.

Baru buka jam 11 malam, bubur ini sudah terkenal banget. Nggak heran, banyak juga pengunjung yang sudah nungguin bubur ini buka dari sebelum jam 11!

  • Harga: Mulai dari Rp12 ribu
  • Alamat: Jl. Jamika No.259, Jamika, Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40232
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 23.00 – 04.00 WIB

16. Kuliner malam Bandung: Nasi Kalong

Source: Zomato

Sesuai namanya, tempat makan ini bukanya pada malam hari. Nggak hanya itu, nasinya yang berwarna hitam juga disebut-sebut mirip seperti kalong (kelelawar).

Pada dasarnya, menu di sini menyajikan nasi merah yang dimasak bersama kluwek sehingga warnanya menjadi hitam. Nasi disajikan dengan beragam lauk pauk yang lezat. Nggak hanya nasi merah, di sini juga ada nasi putih, kok.

Lauk pauknya disajikan di meja panjang, dan kamu bisa memilih mau makan pakai lauk apa. Yang paling banyak diminati adalah ayam goreng madu dan tumis buncis bakar. Selain itu, ada juga dendeng, abon, rolade, rendang, tempura udang, telur, tahu isi, sampai sambal goreng ati. Saking enaknya bisa-bisa kamu nambah, nih. Di sini juga disediakan banyak kursi, jadi nggak perlu takut kehabisan tempat, ya!

  • Harga: Mulai dari Rp20 ribu
  • Alamat: Jl. Batununggal Indah Raya No.237, Batununggal, Kec. Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat, 40267
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 15.30 – 22.30 WIB

Banyak juga, ya, pilihan kuliner malam Bandung yang menggugah selera untuk dicoba. Mulai dari makanan berat, minuman hangat, hingga camilan juga ada, tuh. Nah, kamu paling ngiler ingin coba kuliner malam Bandung yang mana? Tulis di kolom komentar, ya!

Cari Kost Jakarta, Depok, Bekasi, atau Tangerang Harga Mulai 1 Jutaan? Cek Rukita, Yuk!

Rukita Lombok Menteng
Rukita Lombok Menteng

Kamu lagi bingung cari kost di Jakarta? Tenang, Rukita punya deretan kost kost coliving yang tersebar di lokasi strategis di Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang. Harganya juga bervariasi mulai dari Rp1 jutaan per bulan.

Soal fasilitas kost tentu nggak perlu ragu lagi. Fasilitas di semua kost coliving Rukita sudah lengkap dan sesuai standar kenyamanan. Semua kamar di kost coliving Rukita termasuk perabotan lengkap, AC, TV, dan Wi-Fi.

Rukita Difa Depok
Rooftop Rukita Difa Depok

Dapur bersama, area komunal, lahan parkir juga ada di sini. Bahkan, nih, ada juga kost dengan rooftop atau kolam renang. Kamu juga bisa request layanan tambahan seperti laundry lewat aplikasi Rukita. Keren banget, kan?

Rukita Bonavista 17 Lebak Bulus
Rukita Bonavista 17 Lebak Bulus

Nggak cuma pindah ke kost Rukita saja, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas penghuni Rukita alias Rukees. Komunitas Rukees ini sering mengadakan acara offline dan virtual yang seru serta bagi-bagi diskon menarik brand lokal, lho.

Rukita Rukosta Jelambar
Rukita Rukosta Jelambar

Makin penasaran dengan Rukita? Cek daftar kost eksklusif Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang dengan tombol di bawah ini atau ketik URL berikut: bit.ly/colivingRukita

Mau lebih praktis? Kamu juga bisa lihat pilihan unit Rukita di Jadetabek lewat aplikasi Rukita. Yuk, langsung download aplikasi Rukita di App Store dan Play Store, dan temukan kost coliving Rukita favoritmu, karena #RukitaUntukSemua.

Tenang, kamu juga masih tetap bisa melihat pilihan kost Rukita di website www.Rukita.co atau tanya-tanya ke Nikita (customer service Rukita) di +62 811-1546-477.

Follow juga akun Instagram Rukita di @Rukita_IndoTwitter di @Rukita_Id, dan TikTok di @rukita_iduntuk berbagai info terkini serta promo menarik!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Yuliana

A forever-young-soul human who lives in Jakarta. Travel enthusiast and aurora borealis admirer.

Leave a Reply