1

10 Kuliner Legendaris Bandung | Ada yang Usianya Hampir 100 Tahun!

Kuliner legendaris Bandung

Kamu selalu punya alasan untuk kembali dan mencari kuliner legendaris Bandung yang enak!

Kota Kembang dikenal sebagai salah satu destinasi favorit warga Jakarta dan sekitarnya untuk berlibur. Selain jaraknya yang nggak terlalu jauh, Bandung juga jadi surga kuliner bagi foodie, nih! Nggak hanya banyak kafe dan kuliner kekinian, di sini juga punya banyak tempat makan jadul yang melegenda, lho.

Untuk kamu penggemar makanan tempo dulu, harus banget kulineran di Bandung. Pasalnya, Bandung memiliki segudang gedung atau tempat makan peninggalan Belanda. Menu yang disajikan juga masih menggunakan resep autentik zaman baheula!

Kuliner Legendaris Bandung
Source: POPBELA.com

Daftar Tempat Kuliner Legendaris di Bandung

Apakah kamu siap untuk kulineran jadul di Bandung? Biar nggak salah pilih tempat, yuk, simak rekomendasi kuliner legendaris Bandung dari Rukita di bawah ini. Siap-siap kosongkan perut, ya!

1. Mie Naripan (Sejak 1965)

Kuliner Legendaris Bandung
Source: travelingyuk.com

Untuk kamu penggemar mi, nggak boleh kelewatan mencicipi Mie Naripan yang menjadi salah satu kuliner legendaris Bandung. Tempat makan jadul ini telah berdiri sejak 1965, lho! Walaupun begitu, rasa mi yamin Mie Naripan masih tetap menjadi favorit banyak orang hingga kini.

Mi yamin non-halal selalu jadi incaran pengunjung Mie Naripan, lho. Jangan heran kalau kamu akan menemukan antrean yang panjang di tempat makan yang terlihat sederhana ini, ya.

Kuliner Legendaris Bandung
Source: Qraved

Selain mi yamin, di sini juga ada bakso kuah, nasi goreng, bihun, yahun, dan bubur ayam. Nggak hanya lezat, porsinya juga jumbo! Cocok, deh, buat dimakan pada saat perut keroncongan.

Alamat: Mie Naripan, Jln. Naripan No.108, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Bandung

Jam operasional: Senin – Minggu pukul 08.30 – 20.30 WIB

2. Sumber Hidangan (Sejak 1929)

Kuliner Legendaris Bandung
Source: Instagram.com/mimolette_1106/

Salah satu kuliner legendaris Bandung yang nggak boleh terlewatkan adalah roti-roti di Sumber Hidangan. Toko roti ini masih berada di gedung yang sama seperti pertama kali beroperasi pada tahun 1929 silam. Jangan harap, deh, kamu akan bertemu dengan colokan listrik atau WiFi. Pemiliknya masih mempertahankan dekorasi zaman dulu dari toko roti Sumber Hidangan. Bahkan, ya, mesin kasirnya juga masih menggunakan mesin kasir jadul!

Kamu bisa membeli beraneka macam roti dan kue kering di sini dengan rasa yang autentik. Jangan kaget kalau menu yang kamu temukan masih menggunakan bahasa Belanda, ya. Mulai Suiker Hagelslag, Vruchten zandtaart, Krentenbrood, Nesselrode, dan masih banyak lagi.

Ada juga menu minuman yang bisa kamu coba di sini. Kalau bingung menyebutkan menunya, kamu bisa langsung tunjuk ke etalase, kok!

Alamat: Sumber Hidangan, Jln. Braga No.20-22, Braga, Sumur Bandung, Bandung

Jam operasional: Senin – Sabtu pukul 09.30 – 15.30 WIB

3. Tizi (Sejak 1967)

Restoran dan kafe yang berada di Jalan Dago ini juga salah satu tempat untuk mencicipi kuliner legendaris Bandung, lho. Tizi menghadirkan konsep ruang semi outdoor dengan ciri khas taplak meja berwarna merah dengan motif kotak-kotak. Selain itu, restoran yang telah ada sejak 1967 ini juga menggunakan furnitur vintage yang ikonik. Benar-benar penuh nostalgia, deh!

Menu Tizi yang harus kamu coba di sini adalah Schaschlik, steak, dan aneka pizza. Nggak hanya ada menu makanan berat, di sini juga ada roti dan kue jadul, seperti Rhum Truffle, Kaseroll, Apfel Struddle, dan masih banyak lainnya.

Alamat: Tizi Jln. Kidang Pananjung No.3, Dago, Coblong, Bandung

Jam operasional: Senin – Minggu pukul 11.00 – 21.00 WIB

BACA JUGA: 6 Keuntungan Tinggal di Rukita Pinnus Cipete, Kost Eksklusif di Kebayoran    Baru!

4. Roti Gempol (Sejak 1958)

Kuliner Legendaris Bandung
Source: detikFood

Kamu penggemar roti yang sedang kulineran di Bandung? Kalau begitu, jangan sampai nggak mampir ke Roti Gempol yang berada di Jalan Gempol Wetan, ya!

Toko roti yang telah berdiri sejak 1958 ini menjadi salah satu kuliner legendaris Bandung yang nggak boleh terlewatkan. Kamu harus mencicipi roti bakarnya yang legendaris. Tersedia juga berbagai topping yang bisa kamu pilih. Mulai dari daging, keju, telur, hingga topping manis seperti cokelat dan keju. Selain roti putih, di sini juga ada pilihan roti gadum, lho!

Jangan lupa juga untuk memesan sambal 135 yang bikin roti bakar Gempol makin maknyus!

Alamat: Roti Gempol Jln. Gempol Wetan No.14, Citarum, Bandung Wetan, Bandung

Jam operasional: Senin – Minggu pukul 07.00 – 18.00 WIB

5. Toko Roti Sidodadi (Sejak 1954)

Kuliner Legendaris Bandung
Source: Instagram.com/toko_sidodadi_bandung/

Toko Roti dan Kue Sidodadi juga menjadi tempat untuk mencicipi kuliner legendaris Bandung. Toko lengendaris di area Astanaanyar ini telah buka sejak tahun 1954, lho. Kamu bisa menemukan berbagai roti jadul dengan rasa autentik yang enak.

Toko roti sederhana ini mungkin terlihat biasa saja di bagian luar, tapi nggak usah heran kalau Toko Sidodadi selalu ramai pembeli. Selain rotinya yang enak dan punya cita rasa khas, harganya juga murah yakni mulai dari Rp3.000 untuk roti satuan. Mau pilih roti yang mana, nih?

Alamat: Toko Sidodadi Roti & Kue Jln. Otto Iskandar Dinata No.255, Karanganyar, Astanaanyar, Bandung

Jam operasional: Senin – Minggu pukul 10.00 – 20.00 WIB

6. BMC/Bandoengsche Melk Centrale (Sejak 1928)

Kuliner Legendaris Bandung
Source: Info Pikiran Rakyat

Bandung memang dikenal sebagai salah satu sentral susu segar, nggak heran, deh, ada BMC atau Bandoengsche Melk Centrale di Bandung. Pusat susu yang telah berdiri sejak 1928 ini menyajikan berbagai macam variasi menu yang lezat dan bercita rasa autentik. Bangunannya yang masih bergaya kolonial juga membuat nuansa jadul semakin kental!

Kamu bisa mencicipi olahan susu segar seperti susu murni, es krim, yoghurt shake, teh masala, pina colada, dan lainnya. Selain itu, ada juga menu makanan berat seperti nasi bakar, nasi pepes, dan gado-gado. Hanya ingin nyemil saja? Ada kentang goreng, klappertaart, creme brulee, dan berbagai jenis pastry lainnya.

Alamat: BMC (Bandoengsche Melk Centrale) Jln. Aceh No.30, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Bandung

Jam operasional: Senin – Minggu pukul 08.00 – 22.00 WIB

7. Lotek Kalipah Apo 42 (Sejak 1953)

Kuliner Legendaris Bandung
Source: Instagram.com/elsafooddiary/

Buat kamu penggemar makanan khas Sunda yakni lotek, nggak boleh kelewatan mencicipi lezatnya Lotek Kalipah Apo 42. Warung sederhana yang tutup pada hari Selasa ini selalu dipenuhi oleh pengunjung. Apalagi pada jam makan siang, nih, harus rela mengantre, ya!

Kuliner legendaris Bandung ini telah beroperasi sejak tahun 1953, lho. Hingga sekarang pun cita rasa saus kacang yang kental masih terjaga keasliannya. Kamu bisa memilih aneka sayuran mentah atau matang. Selain itu ada juga menu tambahan seperti lontong dan tempe goreng. Jangan lupa tambahkan kerupuk biar makin nikmat!

Alamat: Loteh Kalipah Apo, Jln. Kalipah Apo No.42, Karanganyar, Astanaanyar, Bandung

Jam operasional: Rabu – Minggu pukul 09.00 – 16.30 WIB

BACA JUGA: 6 Unit Rukita dengan Fasilitas Unik yang Nggak Biasa

8. Warung Kopi Purnama (Sejak 1930)

Kuliner Legendaris Bandung
Source: Instagram.com/warungkopipurnama/?

Ingin merasakan sensasi nongkrong di warung kopi yang sudah berusia 90 tahun? Warung Kopi Purnama memang jadi salah satu kuliner legendaris Bandung yang nggak boleh terlewatkan. Warung Kopitiam tertua di Bandung ini didirikan oleh Jong A Thong dengan nama “Chang Chong Se”, yang berarti “Selamat Mencoba!”.

Warung kopi yang pertama kali beroperasi pada tahun 1930 ini paling cocok untuk kamu yang mencari menu sarapan dan camilan. Roti dengan selai srikaya dan kopi hitam panas menjadi andalan di Warung Kopi Purnama. Nuansa tempo dulu semakin terasa lewat bangunan klasik dengan gaya zaman Belanda. Jangan lupa berfoto di tempat ini juga, ya!

Alamat: Warung Kopi Purnama Jln. Alkateri No.22, Braga, Sumur Bandung, Bandung

Jam operasional: Senin – Minggu pukul 06.30 – 22.00 WIB

9. Rasa Bakery & Cafe (Sejak 1936)

Kuliner Legendaris Bandung
Source: Instagram.com/rasabakerycafe/

Butuh yang segar-segar setelah seharian mengelilingi Bandung? Makan es krim di Rasa Bakery & Cafe memang opsi yang paling tepat!

Kafe yang berada di Jalan Tamblong Dalam ini menjual berbagai aneka es krim homemade dengan menggunakan resep masih sama sejak berdiri tahun 1936 silam. Kamu bisa mencicipi banana split, rhum raisin, fambozen, dan masih banyak lagi.

Selain menu es krim, ada juga menu makanan berat khas Indonesia, pizza, pasta, dan sandwiches untuk kamu yang sangat lapar. Rasa Bakery & Cafe masih mempertahankan dekorasi interior tempo dulu yang sangat autentik. Untuk kamu penggemar sejarah, harus datang ke sini, deh!

Alamat: Rasa Bakery & Cafe Jln. Tamblong Dalam No.15, Braga, Sumur Bandung, Bandung

Jam operasional: Senin – Minggu pukul 08.00 – 21.30 WIB

10. Braga Permai (Sejak 1923)

Kuliner Legendaris Bandung
Source: Instagram.com/bragapermaibandung/

Kalau kamu berkeliling di Jalan Braga pasti sudah nggak asing dengan restoran yang usianya hampir 100 tahun ini. Braga Permai menjadi salah satu kuliner legendaris Bandung yang selalu ramai pengunjung. Bahkan, ya, kamu harus rela mengantre panjang kalau datang saat makan siang atau makan malam.

Nuansa klasik tempo dulu akan langsung terasa ketika kamu melangkahkan kaki di Braga Permai. Mulai dari kursi, rak kayu, hingga menu makanan yang menggunakan Bahasa Belanda. Walaupun harga makanan di sini agak pricey, tapi sangat sepadan dengan cita rasa makanan yang nikmat.

Kalau hanya ingin sekadar nongkrong sore, kamu bisa memesan menu es cream dan pastry yang resepnya tidak berubah sejak Braga Permai beroperasi tahun 1923 silam. Speculaas Almond, Tampoesjes, Booterstaf, Ontbijtkoek, dan Ananas Geap bisa jadi pilihan yang tepat untuk camilan sore, tuh.

Alamat: Braga Permai Jln. Braga No.58, Braga, Sumur Bandung, Bandung

Jam operasional: Senin – Minggu pukul 08.00 – 21.00 WIB


Itulah beberapa rekomendasi kuliner legendaris Bandung yang bisa kamu cicipi saat kulineran di Kota Kembang. Nggak hanya rasanya yang enak, bangunan restorannya pun punya sejarah! Nah, kamu pernah mencicipi kuliner jadul Bandung yang mana saja? Tulis di kolom komentar, ya!

Bandung memang jadi destinasi warga Ibu Kota untuk staycation. Pasalnya staycation memang jadi cara yang ampuh untuk melepas penat. Nah, kebayang nggak kalau kamu tinggal di hunian yang bisa bikin kamu berasa staycation?

Kalau kamu tinggal di kost dan apartemen coliving Rukita pasti berasa staycation setiap hari. Nggak hanya punya kamar tidur yang nyaman, Rukita juga punya area komunal yang homey, fasilitas lengkap, dan tentunya teman kost yang asyik!

rukita bonavista
Rukita Bonavista 17 Lebak Bulus

Salah satu kost coliving Rukita yang cocok untuk staycation adalah Rukita Bonavista 17 Lebak Bulus. Unit Rukita satu ini punya kolam renang dan area nongkrong yang asyik banget, lho! Penasaran dengan Rukita Bonavista 17 Lebak Bulus? Klik link di bawah atau ketik URL berikut di browser kamu: bit.ly/Rukita-Bonavista



Penasaran soal unit coliving Rukita lainnya? Yuk, kunjungi www.Rukita.co, dan jangan lupa follow Instagram Rukita di @Rukita_Indo serta Twitter di @Rukita_Id. Kamu juga bisa tanya-tanya langsung ke Nikita (customer service Rukita) di +62 811-1546-477.

Yuliana

A forever-young-soul human who lives in Jakarta. Travel enthusiast and aurora borealis admirer.

Leave a Reply