1

12 Kuliner Khas Betawi Legendaris di Jakarta yang Harus Kamu Cicipi, Sedep Bener!

Pilihan kuliner khas Betawi di Jakarta, nggak cuma Soto Betawi, lho. Yuk, cek di sini!

Banyak orang yang mengunjungi Jakarta untuk bekerja, berbisnis, atau untuk berwisata di Ibu kota Indonesia ini. Salah satu destinasi wisata yang sering didatangi di Jakarta adalah Taman Mini Indonesia Indah, Dufan, Museum Bahari, Kebun Binatang Ragunan, Monumen Nasional. Pokoknya banyak banget!

Nah, supaya lebih komplet, kamu juga harus cobain kuliner Betawi legendaris di Jakarta juga, dong! Seperti yang kamu tahu, Indonesia memang terkenal akan budayanya, termasuk kuliner khas tradisional.

Suku asli yang menduduki wilayah Jakarta dan sekitarnya sejak dahulu kala diketahui merupakan Suku Betawi. Selain kebudayaan Betawi, pasti kamu juga penasaran, nih, dengan kuliner khas Betawi di Jakarta yang enak apa saja.

Kalau belum tahu harus menjajal makanan khas Betawi di mana, kamu bisa banget cobain makanan-makanan khas Betawi seperti di bawah ini.

  • Soto Betawi
  • Kerak Telor
  • Soto Tangkar
  • Putu Mayang
  • Gado-gado
  • Nasi Ulam
  • Gurame Pecak
  • Asinan Betawi
  • Gabus Pucung
  • dan masih banyak lagi!

BACA JUGA: Tiba-Tiba Mau Main Tenis? Cek Rekomendasi Lapangan Tenis di Jakarta Ini!

12 Kuliner Khas Betawi Legendaris di Jakarta

Cukup mudah menemukan makanan Betawi di Jakarta. Di mana saja kuliner Betawi legendaris di Jakarta? Yuk, intip di bawah ini!

1. Gado-gado Bon Bin

kuliner betawi jakarta
Source: Zomato

Gado-gado Bon Bin awalnya berada di area Cikini, lebih tepatnya di Kompleks Taman Ismail Marzuki. Nama gado-gado Bon Bin sendiri diambil dari nama kebun binatang yang berada di Cikini, namun, setelah kebun binatang itu lenyap, kini tinggal rumah makan terkenal dengan es cendol pink dan gado-gado serta sajian kuliner khas Betawi yang tersisa di sini.

Meskipun rumah makan ini cukup jadul karena sudah berdiri sejak tahun 1960-an, banyak juga artis yang datang ke sini untuk menikmati sepiring gado-gado legendaris, lho. Nggak heran kalau bisa bertahan lama, rasa gado-gado di sini memang lezat tiada dua! Makanya, kamu harus banget cobain gado-gado ini saat sedang berkunjung ke Jakarta.

  • Alamat: Gado-gado Bon Bin Jln. Cikini IV No. 5, Menteng, Jakarta Pusat
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 10.00 – 17.00 WIB

2. Soto Betawi H Mamat

Source: Zomato

Nggak lengkap kalau bahas soal kuliner khas Betawi di Jakarta tanpa ngomongin soal Soto Betawi. Kenikmatan kuah santan dan potongan daging sapi pada Soto Betawi memang jadi alasan utama hidangan ini banyak digemari nggak hanya oleh warga Jakarta saja, tapi banyak sekali masyarakat Indonesia.

Salah satu tempat makan yang menjual Soto Betawi Legendaris di Jakarta adalah Soto Betawi H. Mamat. Di sini, kamu bisa pesan menu Soto Daging, Soto Ayam, Soto Campur, Sop Ayam, Sop Daging, Oseng Ayan, Oseng Daging, Oseng Campur, dan masih banyak lagi. Daging yang empuk dan kuahnya gurih banget, pasti bikin ketagihan!

Selain berlokasi di Serpong, Soto Betawi H. Mamat juga membuka beberapa cabang di Jakarta Barat dan juga Tangerang. Langsung cari saja lokasi Soto Betawi H. Mamat terdekat!

  • Alamat: Soto Betawi H. Mamat Jln. Mandala Raya No. 10, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00 – 20.00 WIB

3. Nasi Uduk Gondangdia

kuliner betawi jakarta
Source: Kumparan

Tempat makan ini dikenal karena menyajikan nasi uduk yang dibungkus menggunakan daung pisang berbentuk runcing. Kamu akan menemukan banyak tempat nasi uduk seperti ini di Jakarta, lho. Unik banget, kan?

Nasi uduk adalah salah satu kuliner khas Betawi yang nggak boleh ketinggalan dicoba saat kamu ke Jakarta. Salah satu tempat makan legendaris yang menjual nasi uduk lezat dan bisa kamu temui di Jakarta adalah Nasi Uduk Gondangdia.

Nasi uduknya terasa gurih dengan taburan bawang plus lauk pauk menggoda. Apalagi, nasi uduknya Mulai dari ayam bakar, ayam goreng, bebek goreng, petai, empal goreng, lalapan segar, dan masih banyak lagi! Sstt, sambalnya yang pedas, gurih, dan segar bikin makanan ini jadi komplet.

  • Alamat: Nasi Uduk Gondangdia Jln. Cikini IV No. 12, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat
  • Jam operasional: Senin – Jumat pukul 10.00 – 22.00 WIB

4. Restoran Trio

Source: Womantalk

Meskipun menunya nggak Betawi banget, tapi kamu harus mampir ke restoran legendaris yang sudah berdiri sejak lebih dari 75 tahun yang lalu di Gondangdia ini. Restoran Trio dikenal sebagai salah satu rumah makan tertua di Jakarta.

Tampilan restoran ini sangat sederhana, tapi di sini kamu bisa memilih hingga 320 menu yang siap menggoyang lidah. Mulai dari sup asparagus dengan telur kepiting sampai gurami angsio dengan saus asin.

  • Alamat: Restoran Trio Jln. RP. Soeroso No. 29A, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 10.00 – 14.00 WIB dan 17.00 – 21.00 WIB

5. Asinan Betawi Kamboja H Mansyur

kuliner betawi jakarta
Source: Fast Voice Media

Asinan adalah salah satu kuliner Betawi yang banyak digemari warga Jakarta. Jangan sampai melewatkan kenikmatan Asinan Betawi ketika kamu sedang ada di Jakarta. Nah, salah satu tempat makan yang menawarkan menu ini ada di Jakarta Timur.

Berdiri sejak tahun 1970, asinan ini dikenal sebagai salah satu tempat makan legendaris di Jakarta. Asinan ini sering kali juga disebut sebagai Asinan Kamboja dan selalu ramai oleh pengunjung karena rasa asinnya yang segar namun tidak terlalu asam. Selain itu, sayurnya melimpah serta menggunakan bumbu kacang yang gurih serta kerupuk dan kacang renyah. Bikin nagih!

  • Alamat: Asinan Betawi Kamboja H.Mansyur Jln. Kramat Kosambi IV No. 26, Pulo Gadung, Jakarta Timur
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 21.00 WIB

BACA JUGA: 7 Tempat Makan yang Ramai dan Enak di Jakarta Barat | Dekat Kost Rukita!

6. Soto Betawi H. Ma’ruf

Source: Tripadvisor

Pilihan resto terbaik untuk menyantap Soto Betawi terbaik di Jakarta nggak cuma itu-itu saja, kok. Ada juga, nih, rumah makan Soto Betawi H. Ma’ruf yang jadi kuliner khas Betawi legendaris di Jakarta yang sering disinggahi para pejabat. Ternyata, rumah makan satu ini sudah buka sejak tahun 1980-an, lho.

Soto Betawi yang disajikan di rumah makan satu ini memiliki citarasa autentik dengan kuah santan yang gurih dan melimpah. Selain Soto Betawo, kamu juga bisa icip kenikmatan Laksa Betawi, Sate Sapi, Sate Ayam, Sate Kambing, serta Soto Bening Campur atau Daging. Kenyang dan puas, deh!

  • Alamat: Soto Betawi H. Ma’ruf Jln. RP Soeroso No. 36A, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 09.30 – 20.30 WIB

7. Kerak Telor Tunas Betawi

kuliner betawi jakarta
Source: Wikipedia

Berbicara soal makanan asli Jakarta, kerak telor nggak boleh dilewatkan! Kerak telor merupakan kuliner khas Betawi yang dibuat dengan bahan-bahan seperti telur ayam atau bebek, ebi, bawang merah goreng, serta bumbu dari aneka rempah.

Kerak telor sudah ada sejak zaman kolonia Belanda, lho. Biasanya, kerak telor sering ditemukan pada perayaan atau acara-acara besar di Jakarta. Namun, kerak telor juga jadi jajanan khas di beberapa tempat wisata di Jakarta, salah satunya Kota Tua.

Namun, kalau kamu sedang ngidam makan kerak telor di Jakarta, kamu bisa berkunjung ke rumah makan Kerak Telor Tunas Betawi H. Nasir yang menjual Kerak Telor Ayam dan Bebek yang ekonomis tapi rasanya enak banget!

  • Alamat: Kerak Telor Tunas Betawi H. Nasir Jln. H. Nasir Np. 28C, Srengseng, Kembangan, Kota Jakarta Barat
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 22.00 WIB

8. Warung Betawi H. Muhayar

Source: Kumparan

Kalau ingin datang ke tempat makan yang menjual beragam kuliner khas Betawi, kamu bisa langsung berkunjung ke Warung Betawi H. Muhayar. FYI, rumah makanan legendaris satu ini sudah berdiri sejak tahun 1970-an.

Kamu bisa mencoba beragam menu khas Betawi, salah satu yang paling terkenal adalah di Warung Betawi H. Muhayar adalah pecak ikan mas yang punya cita rasa gurih, pedas, asam, pokoknya enak banget! Apalagi, ikan masnya digoreng garing.

  • Alamat: Warung Betawi H. Muhayar Jln. Taman Margasatwa Raya No. 8, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 20.00 WIB

9. Mat Lengket

Source: Qraved

Ada lagi, nih, rekomendasi nasi uduk khas Betawi di Jakarta Timur. Nasi Uduk Mat Lengket ini memang sudah sangat terkenal di wilayah Jakarta Timur dan selalu dipenuhi pengunjung.

Nasi uduk di sini sangat wangi dan gurih banget. Lauk ayam goreng kampung yang beda dari yang lain memang jadi andalan di sini. Jangan lupa dicocol dengan sambal yang gurih dan manis. Makan satu potong ayam saja nggak cukup, deh, bikin ketagihan!

  • Alamat: Nasi Uduk Mat Lengket Jln. Bekasi Timur Raya Km. 17, Jatinegara Kaum, Pulo Gadung, Jakarta Timur
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 17.00 – 21.30 WIB

10. RM Khas Betawi H. Syamsyuddin Kombo

Source: restaurantguru.ccom

Kamu pernah coba ikan gabus pucung? Menu makanan tersebut merupakan kuliner khas Betawi legendaris, lho. Meskipun agak sulit menemukan menu ikan gabus pucung saat ini, kamu masih bisa mencobanya di RM Khas Betawi H. Syamsuddin Kombo.

Rumah makan satu ini juga dikenal dengan nama Warung Gabus Pucung Udin Combo. Ikan gabus pucung yang dijual di rumah makan ini terkenal enak, segar, mengenyangkan, dan harganya terjangkau. Duh, jadi semakin penasaran ingin coba, kan?

  • Alamat: RM Khas Betawi H. Syamsuddin Kombo Jln. Pusaka Rakyat, Pusaka Rakyat, Kecamatan Tarumajaya, Bekasi
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 10.00 – 21.00 WIB

11. Soto Betawi H. Husen

kuliner betawi legendaris
Source: liputan6.com

Seperti namanya, menu andalan di sini adalah soto Betawi. Namun, kamu bisa memilih isian soto yang diinginkan, baik itu soto isi daging saja maupun soto campur.

Soto Betawi H. Husen terkenal akan rasanya yang gurih dan bikin nagih. Apalagi, kuahnya menggunakan santan sehingga semakin mantap untuk disantap.

Saking populernya, Soto Betawi H. Husen tidak pernah sepi pengunjung. Jadi, kalau makan di sini harus sabar mengantre, ya. Harga semangkuk soto Betawi di restoran ini juga masih cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp38.000 per porsinya.

  • Alamat: Soto Betawi H. Husen, Jln. Padang Panjang No. 6C Pasar Manggis Setiabudi Jakarta Selatan 
  • Jam operasional: Setiap hari kecuali Jumat, pukul 07.00-14.00 WIB

12. Roti Bakar Eddy Blok M

Source: pergikuliner.com

Terakhir, ada tempat makan roti bakar andalan anak Jakarta yang udah eksis sejak 1971. Betul, namanya adalah Roti Bakar Eddy Blok M yang berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Salah satu yang menarik dari tempat roti bakar ini adalah mereka menggunakan roti buatan sendiri alias home made. Dibakarnya pun masih pakai arang,lho. Kebayang, kan, betapa nikmatnya roti bakar di sini?

Menu andalannya di sini tentunya adalah roti bakar kebo yang isinya ada pisang, coklat, dan keju yang melimpah. Selain itu, kamu juga bisa memesan hidangan lainnya, mulai dari nasi goreng, mie instan, nasi uduk, dan masih banyak lagi.

  • Alamat: Roti Bakar Eddy Blok M, Jln. Raden Patah No. 1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 17.00-01.00 WIB

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Updated by Faniditya R.


Itulah beberapa rekomendasi kuliner Betawi legendaris yang bisa kamu jadikan sebagai destinasi tempat makan di sela-sela wisata kamu di Jakarta. Omong-omong, beberapa restoran ini sudah diurus oleh tiga generasi, lho. Jadi, kamu nggak perlu meragukan cita rasanya, ya!

Cari hunian yang nyaman dan estetik sekarang gampang. Tinggal buka aplikasi atau kunjungi website Rukita, perusahaan proptech penyedia hunian sewa jangka panjang tepercaya dan antiribet. Tersebar di berbagai kota di Indonesia, tinggal di Rukita dijamin nyaman banget, deh.

Cari kost dekat telkom universitykost dekat unairkost dekat ugmkost dekat binus alam suterakost dekat uikost dekat unj? Di Rukita semua ada dan lengkap untuk memudahkanmu, because you matter.

Sedangkan kalau kamu punya budget yang terbatas dan sedang mencari hunian harga ekonomis berfasilitas lengkap, bisa juga cek Infokost.id. Tersedia kost budget di beberapa kota di Indonesia dengan harga sewa murah!

Jangan lupa download aplikasi Rukita via Google Play Store atau App Store, bisa juga langsung kunjungi www.rukita.coFollow juga akun Instagram Rukita di @rukita_indoTwitter di @rukita_id, dan TikTok @rukita_id untuk berbagai info hunian terkini serta promo menarik.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Larasati Ayeshaputri

A South Jakarta native with a twist of loving k-pop. Your guide to Jakarta's best hangout spots, fashion, and beauty tips. Also knowledgeable in quirky tips, and a poet in @baharipatah.

Leave a Reply