H

Hemat Biaya, Yuk Coba Cara Membuat Pasir Kucing Sendiri di Rumah!

Mau berhemat tapi pasir anabul habis? Cek cara membuat pasir kucing dan bahan penggantinya berikut ini, yuk!

Siapa yang di rumahnya punya anabul? Yuk, kumpul sini! Mengganti pasir kucing pasti jadi hal yang bikin kita kepikiran kalau stok pasir anabul udah mulai menipis. Nah, kali ini ada solusi buat kamu yang mau berhemat dengan cara membuat pasir kucing sendiri di rumah dengan bahan alternatif lain!

Jadi, daripada pusing memikirkan anggaran buat beli pasir kucing, sebaiknya putar otak dan memanfaatkan bahan alternatif untuk mengganti sebagian biaya besar membeli pasir anabul! Simak beberapa caranya berikut!

Cara Membuat Pasir Kucing Sendiri di Rumah

cara membuat pasir kucing
Source: Fanicat

Kalau mau beli pasir kucing, pasti nggak bisa sedikit, dan harganya juga nggak murah. Kadang untuk nemuin pasir anabul yang bagus tapi harganya bersahabat juga masih cenderung sulit. Daripada garuk-garuk kepala, nih, simak cara membuat pasir kucing sendiri berikut! Dijamin lebih hemat!

1. Cara membuat pasir kucing, menggunakan serbuk gergaji

Di rumah kamu ada banyak serbuk gergaji dan kayu? Atau tinggal di tempat yang banyak limbah serbuk gergaji dan kayu? Daripada dibuang, mending manfaatkan sebagai pengganti pasir kucing buat anabul lucu kamu!

Kalau nggak ada, kamu juga bisa dengan mudah dan murah membelinya di toko online atau bahkan datang langsung ke tempat mebel. Biasanya sekarung serbuk gergaji atau kayu dijual dengan harga murah.

Cara membuat atau memakainya juga cenderung simpel dan gampang banget. Kamu cukup memeriksa apakah di dalam serbuk kayu ada benda berbahaya seperti benda tajam atau pecahan kaca, serpihan kayu, dan sebagainya.

Kalau dirasa udah lumayan aman, kamu tinggal taruh serbuk kayu tersebut ke dalam cat litter box kucingmu, deh! Serbuk gergaji ini ternyata juga lumayan efektif untuk menyerap bau dari kotoran anabul, loh!

Tapi, hati-hati dalam memilih serbuk gergaji atau kayu, jangan sampai serbuk kayu yang berasal dari kayu yang diawetkan. Karena ada kayu yang diawetkan menggunakan bahan berbahaya seperti bahan kimia, oli bekas, dan solar.

Kamu yang alergi debu dan yang memiliki rumah cenderng tertutup juga nggak disarankan untuk pakai alternatif ini, ya. Karena debu dari serbuk kayu bisa jadi karsinogen (penyebab kanker) bagi manusia dan kucing.

2. Pasir

Kenapa nggak coba pakai pasir biasa aja? Ide bagus! Pasir juga jadi salah satu alternatif pengganti pasir kucing yang bisa kamu dapatkan dengan mudah dan murah, bahkan gratis. Karena kamu bisa ambil pasir dari sisa pembangunan, alam, atau bahkan beli aja di toko bahan bangunan.

Tapi, jangan langsung kamu pakai, ya, karena ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebelum pasir ini siap jadi pengganti pasir kucing di cat litter box si cantik:

  • Sebelum digunakan buang benda-benda dari dalam pasir seperti kerikil, batu, potongan kayu, dsb. Hal ini akan mudah dilakukan dengan cara mengayaknya.
  • Pasir sebaiknya dicuci dahulu terutama jika banyak terdapat kotoran misalnya tanah. Masukkan pasir ke dalam wadah, beri air yang banyak dan aduk-aduk sampai airnya keruh. Buang air lalu ulangi prosesnya sampai air pencuci berwarna cukup jernih.
  • Kemudian rebus pasir, untuk mematikan sebanyak mungkin bibit penyakit. Siapkan wadah, panci besar mungkin, isi air sekitar setengahnya. Masukkan pasir lalu rebus sampai mendidih, lalu aduk-aduk dan ulangi beberapa lama.
  • Dinginkan rebusan pasir lalu saring, bisa menggunakan saringan, atau mungkin karung atau kain.
  • Setelah itu kembali masukkan pasir ke wadah perebusan. Nyalakan api dan sangrai pasir sampai benar-benar kering.
  • Setelah dingin, pasir siap digunakan.
  • Bisa juga dicampurkan baking soda sebagai cara menghilangkan bau kencing kucing.

Baca juga: Kucing Persia Peaknose: Ciri, Sifat, Kepribadian, dan Fakta Unik

3. Cara membuat pasir kucing, dengan kertas koran

Ini bisa jadi cara yang paling murah, tapi paling ribet buat dilakuin, kecuali kamau kamu orangnya rajin dan lumayan banyak waktu luang, ya. Kamu bisa pakai kertas koran sebagai pegganti pasir kucing kamu!

Nggak perlu kertas koran secara spesifik, kamu bisa ganti dengan menggunakan kertas yang sudah tidak terpakai lainnya, kok. Caranya juga sebsenarnya cukup mudah dan lumayan banyak beredar di internet. Gimana caranya?

  • Sobek-sobek kertas koran, taruh di ember besar. Siram dengan air hangat yang dicampur sedikit sabun cuci piring. Biarkan koran dalam rendaman air hingga menjadi bubur.
  • Buang airnya lalu rendam lagi, namun kali ini tanpa sabun. Buang airnya dan beri sedikit baking soda, sekitar satu sendok teh mungkin. Aduk/uleni dengan rata.
  • Peras koran sekering mungkin. Taruh di penyaring (bisa beli saringan bambu di pasar), hancurkan gumpalan perasan koran menjadi remah-remah (butiran kecil) dan jemur beberapa hari hingga kering.
  • Setelah kering, siap digunakan untuk kucingmu.

“Gampang, ah, susahnya di mana?” Ini, nih, kamu kalo mau nyetok persediaan kertasnya, harus cari kertas lumayan banyak. Ngorek gudang, minta tetangga atau saudara, atau bahkan minta kertas bekas dari kantor juga bisa. Tapi resiko kamarmu jadi berantakan karena tumpukan kertas juga jadi makin besar.

Cara Memilih Pasir Kucing yang Baik

Source: CNN Indonesia

Kalau kamu lebih milih buat beli pasir kucing yang dijual bebas di pasaran, ada beberapa hal yang patut kamu perhatikan sebelum memilih salah satunya untuk dibawa pulang. Pastinya kamu nggak mau kalo sampai pasir kucing yang kamu beli nggak sesuai ekspektasi, dong?

Kamu juga pasti nggak mau kalau sampai anabul kamu merasa nggak nyaman untuk buang air di litter box nya karena pasir yang kamu beli kurang sesuai. Nah, untuk itu, simak beberapa hal yang harus kamu perahatikan berikut ini.

1. Partikel serasah yang kecil

Kucing cenderung lebih menyukai serasah berpartikel halus, mengingat kucing pada awalnya adalah hewan penghuni gurun yang mengubur kotorannya di pasir. Belum lagi partikel yang lebih halus terasa lebih baik di kaki mereka.

Sama halnya dengan kita, kucing juga lebih suka menginjak permukaan dengan partikel yang lebih halus karena terasa lebih nyaman dibandingkan dengan menginjak permukaan berpartikel besar dan kurang rata.

2. Tanpa pewangi

Karena hidung dan indra penciuman kucing sedikit lebih kuat daripada hidung manusia, kucing cenderung lebih menyukai pasir tanpa wewangian daripada pasir yang beraroma. Jadi, walaupun ada pasir yang klaimnya bisa menyamarkan bau kotoran anabul dengan wewangian, sebaiknya jangan kamu pilih, ya.

3. Cepat menggumpal dan menyerap bau

Kucing juga banyak yang risih kalau harus terkena kotoran mereka sendiri, kita juga pasti malas kalau harus membersihkan pasir yang berterbangan, kan? Makanya, pasir yang cepat menggumpal dan keras jadi sebuah poin plus buat kamu dan anabul kesayangan.

Selain itu, pasir dengan penyerapan bau yang baik juga bisa jadi poin plus terutama buat kita sebagai manusia. Emang jangan sampai kamu dicap jorok karena ruangan penuh bau dari litter box anabul!

4. Mengeluarkan debu yang sedikit

Hal ini juga perlu diperhatikan karena selain penting untuk menjaga lantai, furnitur, dan elektronik bebas dari lapisan debu kotoran yang halus, tetapi juga penting untuk menjaga kesehatan paru-paru kucing. Apalagi jika salah satu anggota keluarga kamu ada yang punya asma. Ada baiknya memilih pasir kucing dengan debu yang minim.

Artikel menarik lainnya:


Selain memperhatikan urusan perpasiran duniawi, jangan sampai lupa juga untuk megecek kondisi anabul kamu! Kalau keliatannya dia susah pup, kamu bisa coba kasih obat kucing susah bab, tapi lebih baik cegah sebelum hal tersebut kejadian, ya!

Cari hunian yang nyaman dan estetik sekarang gampang. Tinggal buka aplikasi atau kunjungi website Rukita, perusahaan proptech penyedia hunian sewa jangka panjang tepercaya dan antiribet. Tersebar di berbagai kota di Indonesia, tinggal di Rukita dijamin nyaman banget, deh.

Cari kost dekat telkom universitykost dekat unairkost dekat ugmkost dekat binus alam suterakost dekat uikost dekat unj? Di Rukita semua ada dan lengkap untuk memudahkanmu, because you matter.

Sedangkan kalau kamu punya budget yang terbatas dan sedang mencari hunian harga ekonomis berfasilitas lengkap, bisa juga cek Infokost.id. Tersedia kost budget di beberapa kota di Indonesia dengan harga sewa murah!

Jangan lupa download aplikasi Rukita via Google Play Store atau App Store, bisa juga langsung kunjungi www.rukita.coFollow juga akun Instagram Rukita di @rukita_indoTwitter di @rukita_id, dan TikTok @rukita_id untuk berbagai info hunian terkini serta promo menarik.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a Reply