1

18 Kosakata Bahasa Thailand yang Sering Muncul di Film dan Serial, Sudah Tahu?

Yuk, ketahui apa saja kosakata dalam bahasa Thailand yang sering muncul dalam film dan serial!

Suka nonton film atau serial Thailand? Sebagian dari kamu mungkin saja pernah atau bahkan menyukainya. Yup, film dan serial Thailand memang tengah populer beberapa tahun belakangan ini. Jalan ceritanya yang unik sekaligus menarik membuat film dan serialnya digandrungi banyak orang.

Nah, berbicara soal film dan serial Thailand, ketika menontonya kamu mungkin akan menemukan bahwa bahasa Thailand itu unik. Tapi, tahukah kamu bahwa ada beberapa kosakata dalam bahasa Thailand yang sering banget diucapkan dalam film atau serialnya. Apa saja, ya? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Baca juga: 5 Cara Mencari Topik Pembicaraan saat Kehabisan Bahan Obrolan

Kosakata dalam Bahasa Thailand yang Sering Muncul di Film

Biasanya, film dan serial Thailand mengangkat tema seputar kehidupan sehari-hari dan dikemas dengan apik. Ditambah lagi dengan kepiawaian akting dari aktor dan aktris-nya membuat film dan serial Thailand nggak boleh dilewatkan, bukan?

Nah, kalau kamu suka menonton film atau serial Thailand, kamu pasti pernah menemukan kata-kata yang sering banget diucapkan oleh para pemainnya. Bahkan, kata-kata tersebut sampai terngiang-ngiang di kepalamu.

Yup, pada dasarnya memang ada beberapa kosakata yang sering muncul di film dan serial Thailand, tapi kamu tahu nggak artinya? Nah, biar nggak salah, cek yuk kosakata dan arti dari bahasa Thailand tersebut di sini. Itung-itung sambil belajar bahasa Thailand, deh!

1. Kata dalam bahasa Thailand: Khao chai mai? / เข้าใจไหม

Source: kompas.com

“Khao chai mai” memiliki arti “apakah kamu mengerti” atau “kamu ngerti, kan?”. Biasanya, kata ini digunakan ketika kamu bercerita atau sedang menjelaskan sesuatu, lalu diakhir cerita dan penjelasan, kamu ingin menegaskan kepada orang lain apakah mereka mengerti dengan penjelasanmu.

2. Mi khwaam suk / มีความสุข

bahasa thailand
Source: idntimes.com

Kamu sedang bahagia karena suatu hal? Misalnya saja, kamu mendapatkan sesuatu atau chat-mu dibalas oleh si doi? Nah, kamu bisa mengungkapkan perasaan bahagia tersebut melalui kata “mi khwaam suk”. “Mi khwaam suk” sendiri memiliki arti “ah, senangnya”.

3. Mei tong huaang / ไม่ต้องห่วง

bahasa thailand
Source: jiahjava.com

Ketika orang lain cemas dengan keadaanmu, kamu bisa mengatakan “mei tong huaang” dalam bahasa Thailand. Sesuai dengan penjelasan, arti dari “mei tong huaang” sendiri yakni “tidak perlu khawatir”.

4. Kata dalam bahasa Thailand: Khit wa../ คิดว่า…

bahasa thailand
Source: idntimes.com

Selanjutnya, kata yang sering banget muncul di film dan serial Thailand adalah “khit wa..”. Dalam bahasa Thailand, “khit wa..” dapat berarti “aku pikir..”, “kayaknya…” atau “menurutku..”. Biasanya, kata ini digunakan untuk menjelaskan pendapat kamu terhadap sesuatu.

Eits, biar orang lain nggak bingung, penggunaan kata “khit wa..” harus diikuti dengan penjelasan yang lebih rinci.

5. Sawatdii (swat dee) สวัสดี / khrab ครับ / kha คะ่

Kalau kata yang satu ini, sih, pastinya udah nggak asing lagi, ya di telingamu. Yup, “sawatdii khrab/kha” merupakan kata yang nampaknya muncul di semua film atau serial Thailand. Pasalnya, kata ini merupakan kata sapaan yang umum digunakan ketika kita bertemu dengan orang lain. Biasanya, kata ini dilakukan sambil menangkupkan kedua belah tangan di dada.

Kata ini sendiri memiliki penggunaan yang berbeda pada laki-laki dan perempuan. “sawatdii khrab” diucapkan laki-laki, sementara itu “sawatdii kha” diucapkan oleh perempuan. Untuk artinya sendiri dapat berarti “selamat pagi, selamat siang, selamat, sore, dan selamat malam”. Jadi, pengucapannya bergantung kamu menggunakannya di waktu kapan, ya.

Nah, salah satu serial populer yang sering menggunakan kata ini adalah “Girl From Nowhere”. Ketika tokoh utama dalam film tersebut yakni Nanno memperkenalkan dirinya menggunakan kata “sawatdii kha Nanno na kha”.

6. Mei bpen rai / ไม่เป็นไร

bahasa thailand
Source: valandstories.com

“Mei bpen rai” biasanya diucapkan dalam dua situasi yang berbeda, yakni ketika ada seseorang yang mengatakan terima kasih pada kita, kita dapat membalasnya dengan kata “mei bpen rai”. Dalam kasus ini, berarti “sama-sama”.

Selain itu, “mei bpen rai” juga dapat berarti “nggak apa-apa” dan biasanya digunakan ketika orang lain meminta maaf pada kita dan kita ingin menjawab “nggak apa-apa”.

7. Kata dalam bahasa Thailand: Mai mi leeuy / ไม่มีเลย

bahasa thailand
Source: idntimes.com

Pernah nonton serial “The Gifted”? Jika iya, kamu pasti udah nggak asing dong dengan karakter Punn. Karakter Punn sendiri sangat melekat dengan kata “mai mi leeuy” yang berarti “tidak ada satu pun”.

Nah, biar kamu inget, kata ini pernah diucapkan oleh Claire ketika ia mengatakan bahwa ia sangat peduli dengan Punn. Namun, Punn menyangkal sambil meneriakkan “mai mi leeuy”.

Baca juga: 7 Rekomendasi Film Horor Thailand yang Lucu, Ngeri Sekaligus Ngakak!

8. Mei ruu wa / ไม่รู้ว่า

Source: sinemareview.com

Kalau kamu ingin mengungkapkan sesuatu yang nggak kamu tahu, kamu bisa menggunakan kata “mei ruu wa” yang berarti “aku nggak tau” atau “nggak tau tuh”. Mudah banget, kan?

9. Lo-len / ล้อเล่น

Source: idntimes.com

Ketika kita sedang bercanda bersama teman-teman, terkadang ada salah satu yang menanggapi candaan tersebut dengan serius. Nah, dalam situasi ini kamu bisa mengucapkan “lo-len” yang artinya “bercanda, kok”.

10. Sa nook mai? / สนุกไหม

Source: idntimes.com

Biasanya, “sa nook mai” digunakan untuk menanyakan perasaan seseorang. Misalnya saja, nih, ketika kamu dan temanmu pergi ke suatu tempat, kemudian kamu merasa bahwa tempat tersebut menyenangkan. Nah, kamu bisa mengatakan “sa nook mai” yang berarti “apakah menyenangkan?” kepada temanmu.

11. Kata dalam bahasa Thailand: Jai yen yen / ใจเย็น ๆ

Source: Youtube

“Jai yen yen” memiliki arti “tenang”, “santai ya”, atau bahkan “sabar ya”. Kata ini bisa kamu gunakan ketika temanmu sedang marah, kemudian kamu berusaha ingin menenangkannya.

12. Geng maak! / เก่งมาก

Source: idntimes.com

Mau memberikan pujian kepada temanmu ketika berhasil melakukan sesuatu dalam bahasa Thailand? Bisa banget! Nah, kamu bisa menggunakan kata “geng maak!”.

Sesuai dengan penjelasan di atas “geng maak!” adalah kosakata dalam bahasa Thailand yang biasanya digunakan untuk mengekspresikan sebuah pujian kepada orang lain. “Geng maak!” sendiri dapat berarti “hebat banget!” atau “bagus sekali!”.

13. Tham arai baang? / ทำอะไรบ้าง

kosakata bahasa thailand
Source: Pexels.com

Ketika sedang bete atau merasa kesepian, biasanya kita memilih untuk mengirimkan pesan kepada teman atau meneleponnya. Nah, biar nggak bosen menggunakan kata-kata itu aja, kamu bisa, lho, menggunakan bahasa Thailand “tham arai baang” yang artinya “apa yang kamu lakukan?” atau “lagi apa?”.

14. Kop khun kha/khrab  (ขอบคุณค่ะ/ครับ)

Source: IMDb

Ketika kita mendapatkan bantuan dari seseorang, pastinya kita nggak boleh, dong, lupa untuk mengucapkan terima kasih? Dalam bahasa Thailand ucapan yang biasanya digunakan untuk memberikan apresiasi atau mengungkapkan rasa “terima kasih” yakni “kop khun kha/krab”.

15. Kata dalam bahasa Thailand: Araiwa / อะไรวะ

Source: IMDb

Terakhir, kosakata dalam bahasa Thailand yang seringkali muncul dalam film atau bahkan serial Thailand adalah “araiwa”. “Araiwa” sendiri berarti “apaan sih?” atau “huh” dalam bentuk informal.

Baca juga: Mengenal Tulisan Thailand dan Panduan Mudah Belajar Bahasanya

Bahasa Thailand Sehari-hari yang Umum Dipakai

Selain belajar dari film, kamu juga bisa mengingat bahasa Thailand yang umum dan sering digunakan sehari-hari. Apa saja? Cek daftarnya di bawah ini:

Bahasa Thailand “apa kabar?”

Kamu bisa mengucapkan “sabai dee mai” yang artinya sama dengan “apa kabar?” setelah menyapa seseorang. Jawabannya bisa “sabai dee” yang berarti “baik”, atau justru “mai sabai” berarti dia dalam keadaan kurang baik.

Bahasa Thailand “semangat”

Ingin memberikan semangat kepada seseorang? Ucapkan saja “su su na” artinya adalah semangat atau terus berjuang. Kata ini biasanya digunakan untuk memberikan motivasi kepada seseorang agar terus berjuang dan selalu semangat untuk menggapai sesuatu.

Jika diucapkan oleh laki-laki maka menjadi “su su na khrap”(สู้ๆนะครับ), sementara bila perempuan yang mengucapkannya menjadi “su su na kha”(สู้ๆนะคะ).

Bahasa Thailand “aku cinta kamu”

Ini salah satu kalimat yang paling sering dicari. Jika kamu ingin mengucapkan “i love you” dalam bahasa Thailand, katakan saja “phom rak khun” atau ditulis ผมรักคุณ jika penutur adalah laki-laki. Jika penutur adalah perempuan, cara mengungkapkan aku cinta kamu dalam bahasa Thailand adalah “chan rak khun” atau ฉันรักคุณ.

Tips Belajar Bahasa Thailand

Belajar bahasa Thailand bisa menjadi pengalaman yang menarik dan bermanfaat. Thailand memiliki budaya yang kaya dan bahasa yang unik. Jika kamu tertarik untuk belajar bahasa Thailand, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam proses belajar:

Mulailah dari dasar-dasar: Belajar kosakata dasar dan tata bahasa Thailand adalah langkah awal yang penting. Pelajari alfabet Thailand (abugida) dan pahami sistem bunyi serta pengucapannya. Familiarisasi diri dengan frasa umum seperti salam, terima kasih, dan permohonan maaf. Selain itu, kuasai pola kalimat sederhana untuk berkomunikasi dasar.

Praktikkan percakapan: Berlatihlah berbicara dalam bahasa Thailand dengan teman, tutor, atau melalui aplikasi belajar bahasa. Percakapan langsung akan membantu kamu mengembangkan kefasihan dan memperbaiki intonasi dan pelafalanmu. Jangan takut untuk berbicara dalam bahasa Thailand meskipun masih terbatas, karena praktik adalah kunci untuk menguasai bahasa.

Imersi budaya: Salah satu cara terbaik untuk belajar bahasa Thailand adalah dengan mengalami langsung budaya Thailand. Jika memungkinkan, tinggal di Thailand atau bergabung dengan program pertukaran pelajar di sana. Dengan berada di tengah masyarakat yang berbahasa Thailand, kamu akan lebih terpapar dengan bahasa sehari-hari dan kesempatan untuk berlatih bahasa akan lebih banyak.

Gunakan sumber belajar yang tepat: Manfaatkan sumber belajar yang beragam seperti buku, kursus online, aplikasi, dan video pembelajaran. Pilihlah materi yang cocok dengan gaya belajarmu. Ada juga sumber belajar khusus untuk pengucapan yang dapat membantu kamu memperbaiki intonasi dan pelafalanmu.

Perluas kosakata: Teruslah memperluas kosakata dengan membaca buku, artikel, atau menonton film dan acara televisi dalam bahasa Thailand. Gunakan kamus atau aplikasi kamus untuk mencari arti kata yang belum kamu ketahui. Semakin banyak kosakata yang kamu kuasai, semakin mudah kamu berkomunikasi dengan orang Thailand.

Jangan takut untuk berbuat salah: Kesalahan adalah bagian alami dari proses belajar. Jangan terlalu khawatir tentang membuat kesalahan ketika berbicara atau menulis dalam bahasa Thailand. Teruslah berlatih dan tambahlah pengalaman, kamu akan semakin mahir dalam menggunakan bahasa tersebut.

Belajar bahasa Thailand membutuhkan waktu dan kesabaran. Tetaplah konsisten dalam praktik dan eksplorasi bahasa, dan nikmatilah proses belajar tersebut. Dengan tekad dan usaha yang tepat, kamu akan mampu menguasai bahasa Thailand dengan baik.

Artikel menarik lainnya:

Updated by Alice Larasati


Nah, itulah beberapa kosakata dalam bahasa Thailand yang mungkin saja nggak asing di telingamu. Nggak cuma bisa menikmati film dan serial-nya aja, kamu juga bisa sambil belajar bahasa mereka, lho, ketika menontonnya.

Punya kosakata lain dalam bahasa Thailand? Jangan lupa share di kolom komentar, ya!

Cari hunian yang nyaman dan estetik sekarang gampang. Tinggal buka aplikasi atau kunjungi website Rukita, perusahaan proptech penyedia hunian sewa jangka panjang tepercaya dan antiribet. Tersebar di berbagai kota di Indonesia, tinggal di Rukita dijamin nyaman banget.

Cari kost dekat telkom universitykost dekat unairkost dekat ugmkost dekat binus alam suterakost dekat uikost dekat unj? Cari kost untuk hunian bulanan atau tahunan? Cek di Rukita saja, yuk! Rukita punya banyak unit hunian dengan fasilitas lengkap di beberapa kota seperti di kost bandungkost surabayakost jogja, dan beberapa kost di kota lainnya.

Ingin cari kost lainnya yang memiliki fasilitas lengkap dengan harga murah? Yuk, langsung aja cek unitnya di infokost.id. Ada banyak kost murah yang pastinya sesuai dengan kebutuhanmu!

Jangan lupa unduh aplikasi Rukita yang tersedia di PlayStore dan Appstore atau kunjungi www.rukita.co untuk informasi lebih lanjut. Ikuti juga akun Instagram @rukita_indoTwitter @rukita_id, dan TikTok @rukita_id untuk mengikuti info dan promo menarik lainnya!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Leave a Reply