9

9 Tips untuk Mendapatkan Teman Baru setelah Memasuki Usia Dewasa

Bingung cara mendapatkan teman baru setelah memasuki usia dewasa? Simak triknya mudah!

Pernah nggak, sih, kamu merasa, jika dibandingkan saat masih anak-anak dulu, setelah memasuki usia dewasa, kini kamu cenderung lebih sulit untuk memperluas jaringan pertemanan baru. Padahal, justru di usia dewasa seperti sekarang ini sangat penting bagi kamu untuk memiliki banyak teman untuk memperluas jaringan kerjamu.

Bukan cuma itu, setelah menghadapi hari-hari yang cukup berat. Pastinya kamu butuh teman sebagai tempat mencurahkan perasaanmu baik suka maupun duka.

9 Cara untuk Mendapatkan Teman Baru

Image result for new friends
Source: D-addicts

Bersamaan dengan bertambahnya usia dan menjadi dewasa, banyak dari kita yang justru jadi bingung soal bagaimana caranya mendapatkan teman baru.

Hal ini umumnya terjadi pada orang yang lebih memprioritaskan karier, mengurus keluarga, dan istirahat, ketimbang bersosialisasi dengan orang baru di sekitar kita.

Padahal, dengan memiliki sejumlah teman baru di usia dewasa, tuh, seseorang mampu meningkatkan kualitas hidupnya bersamaan dengan relasi yang semakin luas.

Nah, mengetahui hal tersebut, apakah kamu jadi tertarik mencari teman baru? Tenang! Rukita punya beberapa tips yang bisa kamu coba, nih.

1. Percaya diri

Image result for confidence in friendship
Source: Abbey Louise Rose

Pastinya untuk mendapatkan teman baru, langkah pertama yang harus kamu lakukan bergantung pada diri kamu sendiri. Apalagi kalau bukan mulai meningkatkan rasa percaya diri?

Dengan meningkatkan rasa percaya diri, pastinya kamu akan menjadi lebih berani untuk mengajak berkenalan orang-orang baru.

Kalau kamu terus diam dan malu untuk memulai, pastinya hal ini tidak akan membawamu ke mana-mana dan menjadi penghambat kamu untuk mendapatkan teman baru.

Jadi, sekarang saatnya kamu ke luar untuk mencari dan tunjukkan dirimu yang sebenarnya dengan percaya diri!

2. Jangan overthinking

Image result for percaya diri
Source: tempo.co

Biasanya yang menjadi penghambat munculnya rasa percaya diri untuk mulai berkenalan dengan seseorang adalah “overthinking” alias takut akan hal yang belum terjadi.

Biasanya overthinking terjadi saat kamu terlalu fokus memikirkan kecocokan atau khawatir tidak diterima oleh lingkungan dan orang-orang baru.

Nah, di usia dewasa hal ini memang sering kali terjadi dan membuat kamu enggan untuk mulai menjalin hubungan pertemanan baru.

Sebaiknya hilangkan mindset ini, deh, karena hanya menghambat kamu mendapatkan teman baru.

3. Memulai pembicaraan

Image result for starting conversation
Source: zoosk

Setelah memiliki kepercayaan diri dan sudah berhasil mengatasi overthinking, nih, pastinya kamu mulai berani mengajak orang baru buat mengobrol.

Karena meski sudah percaya diri dan tidak overthinking, kalau tidak memulai pembicaraan terlebih dahulu, bagaimana kamu bisa punya teman baru?.

Kalau kamu bingung harus mulai pembicaraan dengan topik apa, kamu bisa mulai dari sekadar menanyakan hal-hal ringan atau topik umum yang sedang menjadi pembicaraan di antara orang-orang.

Nggak perlu malu, ragu, atau takut kalau kamu dicuekin, ya. Asalkan kamu memulai percakapan dengan percaya diri, dijamin orang akan mengenalmu sebagai sosok yang ramah dan mudah diajak bicara.

4. Jangan membual

Image result for fooling
Source: Freepik

Banyak orang yang ingin mendapatkan banyak teman dan menjadi populer dengan cara membual tentang dirinya sendiri. Hal ini bertujuan untuk mencari dan mendapatkan perhatian lebih dari orang lain.

Tetapi hal ini sebenarnya tidak baik bagi kamu, ya, karena dengan cara ini kamu tidak akan mendapatkan teman yang sesungguhnya.

Bahkan kalau ketahuan berbohong, tuh, pastinya kamu akan dicap sebagai pembohong oleh orang lain yang membuat kamu justru tidak lagi dipercaya dan bakal dijauhi!

Pastikan kamu jadi diri sendiri dengan versi terbaikmu saat berkenalan dengan orang baru. Tunjukkan semua yang kamu miliki dan nggak perlu malu akan kekuranganmu.

5. Media sosial

Image result for play tinder
Source: The Verge

Media mencari teman baru, tuh, zaman sekarang sangat beragam. Salah satu yang paling mudah kamu gunakan adalah aplikasi pertemanan dan sosial media.

Bahkan buat kamu yang cukup pemalu atau introver, nih, aplikasi pertemanan dan sosial media bisa jadi pilihan yang cocok. Ya, kamu bisa mencari teman baru hanya dengan sekali klik tombol follow atau add friend.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu nggak perlu bertemu langsung dan bisa berkenalan secara online terlebih dahulu. Cocok, kan, buat yang pemalu?

Namun, setelah berkenalan dan dirasa sudah saling klik, pastikan kamu juga mengajak teman baru untuk bertemu, ya.

BACA JUGA: 5 Manfaat Karier yang Bisa Kamu Dapat dengan Bergabung ke Komunitas Tertentu

6. Menjaga silaturahmi

Image result for silaturahmi
Source: Madaninews

Kadang kamu nggak sadar, ya, kalau sebenarnya punya banyak sekali teman. Mulai dari teman semasa sekolah, kuliah, hingga kantor tempat kerja sebelum kamu berada di situasi sekarang.

Namun, karena jumlahnya cukup banyak pastinya ada beberapa nama yang terlupakan atau memang sebelumnya kamu tidak cukup dekat dengannya.

Nah, sekarang nggak ada salahnya, lho, buat mulai memperdalam hubungan kamu dengan mereka. Cara memulainya pun mudah, kok, kamu bisa mulai menyapa mereka lewat media sosial.

Obrolannya pun nggak perlu terlalu serius, ah. Cukup basa-basi atau bahas beberapa hal yang kalian ketahui, lalu sempatkan waktu kamu untuk bertemu langsung dengan mereka.

7. Perbanyak kegiatan di luar

Image result for lari
Source: Harapan Rakyat

Berbagai kegiatan di luar rumah ternyata bisa jadi awal yang baik untuk membantu kamu mendapatkan teman baru, lho.

Mulai dari lari pagi keliling kompleks atau hanya sekadar duduk-duduk di taman ketika sore hari. Nantinya kamu akan bertemu dengan banyak orang yang melakukan kegiatan sama sepertimu.

Nah, di sinilah kesempatanmu untuk berkenalan dengan teman baru. Apalagi jika kegiatan yang kamu lakukan dengan mereka sama, pastinya bakalan mudah bagi kamu untuk menemukan kecocokan, dong.

8. Ikut komunitas

Image result for komunitas rukita
Source: Rukita

Setelah kamu bertemu dengan orang-orang yang punya minat dan kegiatan yang sama denganmu, lebih lanjut lagi kamu bisa, lho, membangun atau bergabung dengan komunitas mereka.

Ikut dan berpatisipasi dalam sebuah komunitas memperbesar peluang kamu untuk memperluas pertemanan.

Sering bersosialisasi dengan orang-orang yang memiliki minat dan passion yang sama, tuh, dijamin bisa menambah pengalaman dan mengasah kemampuan kamu dalam bidang tersebut.

9. Tinggal di co-living Rukita

Bergabung dengan komunitas, tuh, memang gampang-gampang susah sebenarnya. Meski sudah menemukan orang dengan minat dan passion yang sama, nih, bukan berarti kamu bisa nyaman ketika bergabung ke dalam komunitas tersebut.

Nah, buat kamu yang masih bingung harus bergabung ke komunitas apa? Coba gabung ke co-living Rukita aja, yuk!

Dalam co-living Rukita, kamu bisa mendapatkan kesempatan merasakan bergabung dan tinggal bersama dalam sebuah komunitas, namun dengan suasana seperti keluarga sendiri.

Di dalamnya, tuh, kamu bisa bertemu penghuni lamanya dengan beragam kesamaan dengan kamu, namun juga berasal dari berbagai latar belakang yang pastinya dapat membantu kamu memperluas jaringan.


Itu dia berbagai tips yang bisa kamu coba untuk mulai mencari dan mendapatkan teman baru di usia dewasa ini.

Nggak perlu takut atau malu, ah, karena banyak hal positif yang bisa kamu raih dengan memperluas dan memperbanyak teman di usia dewasa ini. Yuk, mulai cari teman baru!

Apakah kamu punya trik berbeda untuk mencari teman baru dari yang sudah disebutkan di atas? Ayo, tuliskan pengalamanmu di bawah.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Rizki Ramadhan

Full-time writer, part-time planner, part-time dreamer, part-time guitarist, part-time bassist but not an activist. Just a human being. Hit me up on Twitter @rizkiglonomore

Leave a Reply