9

9 Trik dan Life Hack Mudah untuk Membersihkan Peralatan Dapur

Mencuci piring atau membersihkan peralatan dapur lain, tuh, terdengar sederhana. Namun, kegiatan yang satu ini terkadang sulit dilaksanakan. Bukan karena butuh keahlian khusus, tetapi biasanya faktor malas bikin kita menundanya, hehehe.

Rasa malas, tuh, kadang muncul akibat melihat noda-noda membandel yang menempel pada peralatan dapur. Nggak bisa dihilangkan hanya dengan dibilas atau digosok seperti biasa, sih.

Terkadang butuh usaha ekstra untuk menghilangkannya dan usaha ekstra ini tentu butuh waktu lama yang menguras tenaga.

Mungkin kalau ada cara yang lebih mudah, ya, kita nggak akan malas lagi untuk mencuci peralatan dapur atau membiarkannya menumpuk. Betul nggak?

9 Life Hack Mudah untuk Membersihkan Peralatan Dapur

Life hack merupakan trik yang bisa membuat semua kegiatan dalam hidup kita jadi lebih mudah. Termasuk dalam membersihkan peralatan dapur.

Rukita mau berbagi life hack yang dapat membantu ‘pekerjaan rumah’ kamu yang satu ini. Cocok diterapkan juga buat anak kost, nih, biar kamu nggak malas lagi membersihkan peralatan dapur yang menumpuk.

1. Spons hemat sabun cuci

life hack membersihkan peralatan dapur
Source: Cottagonetes

Merasa sabun cuci piring kamu cepat sekali habis? Life hack mencuci piring yang satu ini mungkin bisa jadi solusi ekonomis buat kamu.

Caranya pun cukup mudah, kok. Pertama siapkan spons yang biasa kamu gunakan untuk mencuci piring, lalu iris ke dalam dari sisi sampingnya. Setelahnya masukkan parutan sabun batang ke dalam spons. Nah, sekarang tinggal gunakan spons tadi untuk mencuci piring dengan tambahan sabun cuci piring.

Nggak perlu banyak-banyak, ya, dijamin cara ini bikin penggunaan sabun cuci piring kamu jadi lebih hemat.

2. Bersihkan talenan dengan baking soda

life hack
Source: Brendid

Talenan biasanya kita pakai sebagai alas untuk memotong berbagai bahan makanan di dapur. Mulai dari daging, sayuran, hingga berbagai bumbu dan rempah-rempah. Lama-lama talenan yang sering dipakai bakal meninggalkan noda sulit dihilangkan, tuh.

Kalau merasa terganggu, ya, kamu bisa membersihkannya dengan life hack mudah ini. Caranya: campurkan 3-4 sendok makan baking soda, satu sendok makan detergen, dan 1-2 sendok makan hidrogen peroksida.

Oleskan campuran pasta tadi ke bagian talenan yang kotor dan diamkan beberapa jam atau semalaman. Setelah itu cuci talenan seperti biasa. Dijamin nodanya akan terangkat dengan mudah!

3. Stainless steel mengilap dengan baking soda dan cuka

kombinasi-cuka-dapur-baking-soda
Source: Pinterest

Punya peralatan dapur berbahan stainless steel yang terlihat kurang mengilap karena terlalu sering dipakai? Coba cara berikut ini buat mengembalikan tampilannya!

Pertama campurkan cuka dapur yang ditambahkan sedikit air, lalu semprotkan ke permukaan peralatan dapur berbahan dasar stainless steel. Kemudian gosok dan lap bagian tersebut.

Sebelum menyemprotkan cairan pembersih alami tadi, kamu juga bisa menggunakan baking soda dengan cara ditaburkan dan diamkan untuk membersihkannya.

4. Membersihkan peralatan masak yang kotor karena kunyit

Image result for membersihkan bekas kunyit
Source: Tribunnews.com

Kunyit merupakan bahan masak yang nggak bisa dihindari untuk mengolah aneka masakan Nusantara. Namun, noda bekas kunyit memang sangat sulit dihilangkan dari permukaan alat masak kita.

Noda ini dapat membuat tampilan panci atau wajan jadi sangat buruk dan tidak enak dilihat. Tenang, ada cara mudah untuk membersihkannya, kok. Kamu tinggal menggunakan baking soda sebagai life hack-nya.

Pertama ambil satu sendok baking soda, beri sedikit air, lalu gosok-gosokkan ke panci/wajan, setelah itu diamkan sebentar sebelum dibilas. Jika masih ada noda yang menempel, ulangi kembali langkahnya dari awal. Dijamin ampuh banget!

BACA JUGA: 10 Tips Jitu untuk Membersihkan Kaca Jendela hingga Bersih dan Berkilau Tanpa Noda

5. Cara cepat membersihkan blender

Image result for membersihkan blender
Source: Tribunnews.com

Blender yang memiliki ukuran kontainer yang besar biasanya cukup sulit dibersihkan, terutama pada bagian bawah atau di sekitar pisaunya.

Kalau kamu nggak mau ribet, yuk, coba life hack membersihkan peralatan dapur ini. Cukup isi kontainer blender dengan air hangat, lalu tuang 2-3 tetes sabun pencuci piring. Kemudian nyalakan blender seperti biasa selama 20 detik. Biarkan putaran air membersihkan bagian dalam kontainer dan pisau blender.

Setelahnya buang air yang sudah kotor tersebut dan bilas kontainer menggunakan air mengalir sebelum dikeringkan seperti biasa. Benar-benar instan bukan?

6. Membersihkan microwave dengan handuk hangat

Image result for membersihkan microwave
Source: Resepkoki

Microwave merupakan alat masak yang jarang dapat perhatian, tuh. Mungkin karena fungsinya hanya untuk menghangatkan makanan, jadi terkadang kita berpikir tidak penting untuk membersihkannya.

Padahal setelah digunakan, khususnya menghangatkan makanan berminyak atau berkuah, biasanya sisa-sisa noda akan menguap dan menempel di seluruh bagian dalam microwave, lho.

Biar nggak ribet, coba kamu bersihkan dengan life hack yang satu ini: basahi 5-7 buah handuk kecil dan panaskan di dalam microwave selama 3-5 menit.

Nantinya, nih, uap air yang terbentuk dari handuk basah tersebut akan ‘melembutkan’ noda kotoran yang menempel di permukaan dalam microwave. Nah, kamu tinggal tunggu handuknya mendingin untuk mengelap bagian-bagian yang kotor. Gampang, kan?

7. Membersihkan alat makan tembaga dengan garam

Image result for alat masak tembaga
Source: Piqsels

Alat makan yang terbuat dari tembaga memang terlihat mewah dan terkesan mahal. Namun, kenyataanya alat makan berbahan tembaga sangat sulit dibersihkan dan mudah kusam.

Sebenarnya sangat mudah, kok, untuk mengembalikan kilau tampilan alat makan dari tembaga ini. Kamu bisa membilasnya dengan air es, lalu potong lemon menjadi 4 bagian dan peras sarinya yang dicampurkan dengan 2 sendok makan garam untuk dioleskan pada permukannya.

Setelah itu tinggal kamu gosok sekitar 2 menit dan bilas alat makan di bawah air mengalir untuk melihat perubahannya. Dijamin kinclong!

8. Mencuci wajan antilengket

Image result for membersihkan wajan anti lengket
Source: Okezone

Wajan antilengket memang didesain untuk membuat berbagai jenis bahan makanan yang kamu masak di atasnya tidak lengket meski dimasak tanpa minyak.

Namun, tetap saja jenis wajan ini tidak bisa terhindar dari yang namanya noda membandel. Agar permukaan antilengketnya tidak cepat rusak, hindari menggunakan sikat atau digosok terlalu keras saat akan membersihkannya.

Trik mudah yang bisa membuatnya lebih awet dan mudah dibersihkan adalah dengan menggunakan tisu dapur dan garam. Caranya: cukup gosokkan tisu dapur yang telah diberi garam hingga noda hilang, lalu bilas dengan air. Teteskan sedikit minyak sayur sebelum menyimpannya, ya.

9. Bebas luka saat membersihkan parutan

Source: Fimela.com

Parutan, terutama parutan keju biasanya jadi salah satu alat dapur yang paling repot untuk dibersihkan. Sebagian sisinya yang tajam terkadang bikin kita terluka saat membersihkannya.

Belum lagi ketika digunakan untuk memarut bahan makanan lain selain keju, seperti cokelat batangan. Pastinya malas sekali buat bolak-balik mencucinya, tuh.

Karena itulah, sebaiknya kamu menggunakan life hack membersihkan peralatan dapur ini. Selain mudah, kamu jadi lebih hemat energi karena nggak perlu mencucinya berkali-kali saat dipakai.

Untuk membersihkan parutan keju, nih, kamu cukup sediakan sikat gigi atau kuas cat untuk menyapu sisa-sisa kotoran yang menempel. Benar-benar mudah!


Itulah berbagai life hack mudah yang bisa kamu coba dan dijamin dapat membantu kamu saat harus membersihkan peralatan dapur dengan noda membandel.

Kalau sudah nggak ribet seperti ini, masa kamu masih tetap malas? Yuk, bersihkan semua peralatan dapur kamu dan jangan biarkan sampai menumpuk!

Punya life hack membersihkan peralatan dapur lainnya? Yuk, share di kolom komentar!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Rizki Ramadhan

Full-time writer, part-time planner, part-time dreamer, part-time guitarist, part-time bassist but not an activist. Just a human being. Hit me up on Twitter @rizkiglonomore

Leave a Reply