8

8 Tips Sebelum Memasang Speaker | Yuk, Bikin Ruangan Jadi Semakin Hidup!

tips memilih speaker

Suasana ruangan jadi makin seru dengan speaker berkualitas.

Kamu termasuk orang yang nggak bisa beraktivitas tanpa musik? Jika iya, mungkin kamu butuh memasang speaker di dalam ruangan. Biar hidupmu jadi selalu berwarna, betul?

Sebenarnya memasang sound system seperti speaker itu nggak sulit. Tapi, memang butuh ketelitian karena sedikit tricky. Mungkin selain speaker kamu juga butuh tambahan subwoofer, kabel speaker, atau beberapa peralatan tambahan lain agar hasilnya optimal.

tips sebelum memasang speaker
source: JocoxLoneliness

Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memasang Speaker di Dalam Ruangan

Memasang speaker itu memang terkadang membingungkan. Nah, buat kamu yang ingin memasang speaker baru atau mengatur ulang speaker di dalam ruangan, harus banget menyimak artikel satu ini. Biar nggak salah pasang!

1. Jumlah speaker yang akan dipasang

tips sebelum memasang speaker
source: canuckaudiomart.com

Mungkin ini menjadi pertanyaan pertama saat ini memasang speaker di rumah. Berapa jumlah speaker yang dibutuhkan dalam suatu ruangan? Hal ini menjadi langkah yang penting untuk mendapatkan suara berkualitas.

Gunakan 2 pasang speaker untuk kualitas suara yang maksimal di ruangan berukuran besar. Selain itu, kamu juga bisa menempatkan speaker setidaknya 45-60 cm dari dinding atau langit-langit ruangan.

Kamu bisa berkonsultasi kepada ahli instalasi speaker atau temanmu yang lebih mengerti tentang speaker, ya.

2. Penempatan speaker dalam ruangan

tips sebelum memasang speaker
source: Tools of Men

Penempatan speaker yang ideal adalah dengan meletakkan speaker dengan jarak yang sama antara satu dengan lainnya. Jika memungkinkan, sih, beri jarak sejauh 2 meter untuk setiap speaker. Tentu hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dan desain ruangan.

Ruanganmu nggak terlalu besar? Bisa juga menggunakan satu speaker dan letakkan di tengah langit-langit ruangan.

tips sebelum memasang speaker
source: hiltonheadhometheater.com

Tetap ingin menggunakan dua speaker di ruangan kecil? Bisa, kok! Untuk ruangan kecil, nih, speaker strereo-input bisa jadi pilihan tepat. Letakkan di bagian depan pintu untuk mendapatkan kualitas suara musik yang maksimal.

tips sebelum memasang speaker
source: angieslist.com

Sedangkan untuk speaker in-wall, bisa diletakkan di langit-langit ruangan yang berada di atas telinga. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan pengalaman suara yang maksimal. Tempatkan pengeras suara di kiri dan kanan langit-langit ruangan, maka kamu akan mendapatkan suara yang fokus.

Selain itu, jangan letakkan speaker di pojok ruangan. Hal ini bisa membuat suara menjadi bergaung dan menimbulkan efek pantulan suara yang kurang bagus.

3. Memilih jenis speaker yang tepat, speaker mono atau single stereo?

tips sebelum memasang speaker
source: Adorama

Perjelasan singkat mengenai speaker mono adalah setiap speaker hanya mengeluarkan satu bagian suara saja, misal speaker kanan atau kiri. Untuk mendapatkan suara yang berkualitas, kamu harus membeli satu set speaker mono, yakni bagian kanan dan kiri.

Sedangkan speaker single stereo merupakan speaker yang suaranya tak terbagi lagi. Jadi, suara kiri dan kanan diproduksi oleh satu speaker yang sama.

Jika kamu memiliki ruangan yang besar, maka sangat dianjurkan untuk menginstal sepasang speaker mono. Namun, kalau ruanganmu kecil, speaker single sudah cukup, kok!

BACA JUGA: 7 Cara Mudah Membuat Ruangan Jadi Kedap Suara

4. Setting speaker sesuai kebutuhan

tips sebelum memasang speaker
source: wisepick.org

Tujuan setiap orang memasang speaker tentunya berbeda-beda. Ada yang ingin menikmati kualitas musik yang maksimal hingga untuk mendapatkan pengalaman menonton seperti di bioskop. Kalau kamu yang mana, nih?

Jika kamu memasang speaker untuk menonton film, pasanglah speaker 60 cm dari pojok ruangan. Selain itu, penempatan furnitur di sekitar speaker juga harus diperhatikan. Furnitur yang terlalu besar atau tinggi bisa berpengaruh terhadap pantulan suara.

tips sebelum memasang speaker
source: intrinsiclifedesign.com

Untuk mendapatkan kualitas suara seperti di bioskop, kamu membutuhkan setidaknya 5 speaker berukuran 5.1 dan satu subwoofer berukuran .1. Dolby atmos.

Sedangkan untuk instalasi speaker musik, jarak yang diperlukan juga sama, yakni 60 cm dari sudut ruangan. Namun, jika kamu ingin mendapatkan kualitas musik optimal, pastikan jika equalizer (EQ) di speaker mendukung untuk menciptakan musik yang diinginkan.

5. Tambahkan subwoofer jika diperlukan

tips sebelum memasang speaker
source: Pinterest

Subwoofer atau pengeras suara memiliki fungsi untuk memberikan efek bass yang lebih maksimal pada speaker. Sehingga, suara yang dihasilkan akan lebih berkualitas dan bulat.

FYI, jika bass yang dipasang berkualitas bagus, kamu sampai bisa merasakan getaran bass dari speaker, lho!

tips sebelum memasang speaker
source: Pinterest

Untuk penggemar musik dan juga menonton film, menambahkan subwoofer ke speaker membuat kualitas musik semakin maksimal. Selain itu, kamu juga akan merasakan sensasi menonton film yang lebih keren.

Jika ingin mendapatkan efek bass optimal, letakkan bass sedekat mungkin dengan dinding. Hal ini sangat berguna apabila kamu memiliki subwoofer dengan kualitas biasa, alias nggak terlalu mahal.

Sedangkan, untuk subwoofer dengan kualitas bagus, letakkan sejauh 30 cm dari dinding.

BACA JUGA: 7 Cara Menata Tempat Tidur Seperti di Hotel Berbintang | Dijamin Tidur Lebih Nyenyak

6. Pemilihan kabel dan konektor speaker juga penting, lho!

tips sebelum memasang speaker
source: Benchmark Media Systems

Pernah ngalamin nggak, suara speaker tiba-tiba nggak stabil atau kresek-kresek seperti ada semut? Pasti bikin kesal, kan? Hal itu bisa saja terjadi karena kabel speaker yang sudah rusak atau berkualitas buruk.

tips sebelum memasang speaker
source: Parts Express

Kalau kamu membeli kabel tanpa konektor, sangat disarankan untuk membeli konektor banana atau banana connector. Begitu juga kalau ingin meletakkan speaker di dinding atau langit-langit ruangan, maka kamu butuh kabel speaker UL dengan label CL2 atau CL3.

Biar nggak salah pasang, kamu sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli speaker atau orang yang biasa memasang speaker.

7. Sangat penting untuk mengkalibrasi suara speaker

tips sebelum memasang speaker
source: Zeb Journal – Zebronics

Penilaian untuk suara yang bagus itu memang sangat subjektif. Meski begitu, kamu tetap harus menyeimbangkan suara yang keluar dari speaker agar terdengar lebih maksimal. Jika perlu, kamu bisa mengkalibrasi speaker sebelum digunakan.

Nggak terlalu pede jika harus mengkalibrasi speakermu sendiri? Manfaatkan saja alat kalibrasi hardware atau software. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa membantumu mengkalibrasi speaker secara otomatis.

Kamu juga bisa menyeimbangkan suara secara manual, lho. Namun, langkah ini sangat merepotkan karena kamu terlebih dulu harus tahu tentang dekorasi ruanganmu.

8. Tambahkan berbagai fitur tambahan

tips sebelum memasang speaker
source: Vox

Nggak semua speaker hadir dengan fitur yang lengkap. Mungkin speaker kamu hadir dengan fitur HDMI, tapi nggak punya fitur Bluetooth atau Spotify Connect. Sayang banget, kan?

Nah, kamu bisa menambahkan fitur-fitur yang lain lewat speaker seperti Alexa, Chromecast Audio, atau Echo Dot. Bahkan, sekarang juga sudah bisa mengendalikan speaker lewat perintah suara, contohnya menyalakan atau mematikan speaker hanya lewat perintah suara.

speaker pintar
source: Pinterest

Lebih serunya lagi, kamu bisa menghubungkan speaker pintar seperti Alexa ke speaker biasa, lho. Kalau kamu ingin menggunakan speaker dalam jangka waktu yang lama, speaker dengan fitur yang lengkap bisa jadi pilihan tepat.

Sstt, jangan lupa kenyamanan tetangga, ya, setelah speaker terpasang. 😉


Nah, biar nggak salah pasang speaker, bisa ikuti tips di atas, ya. Kalau kamu suka mendengarkan musik dan menonton film, memasang speaker di dalam ruangan ini memang paling benar. Dijamin, nggak akan menyesal dengan hasil suara yang dihasilkan, deh.

Apakah kamu punya trik berbeda soal pemasangan speaker? Share di kolom komentar, dong.

Yuliana

A forever-young-soul human who lives in Jakarta. Travel enthusiast and aurora borealis admirer.

Leave a Reply