A

Ada Anggota Keluarga yang Terjangkit Corona? Simak 7 Tips Membersihkan Kamar Mandi dari Virus Covid-19

membersihkan kamar mandi

Jumlah orang yang positif terkena virus Corona semakin bertambah setiap harinya, termasuk juga dengan kasus Covid-19 di Indonesia. Selain seseorang dengan status positif Covid-19, masih ada 2 status lagi yang berhubungan dengan Corona, yakni ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan). Nah, dua status ini juga sama-sama berpotensi untuk menyebarkan virus Covid-19 ke orang lain, lho.

Salah satu cara menjauhkan diri dari paparan virus Corona adalah dengan berdiam diri di rumah dan membatasi segala aktivitas di luar rumah. Hal ini juga berlaku bagi ODP, PDP, dan pasien positif Covid-19 tahap ringan, nih.

Cara membersihkan kamar mandi setelah digunakan oleh orang positif corona
Source: detikNews

Agar tidak menyebarkan virus Corona lebih luas, ya, sangat disarankan untuk mengisolasi diri atau self-isolating di dalam rumah. Jika di dalam rumah tersebut ada anggota keluarga lain, maka harus memisahkan diri dari anggota keluarga, tidur sendiri di kamar terpisah, memisahkan peralatan makanan, menjaga jarak dari anggota keluarga lain yang sehat, dan menggunakan kamar mandi secara terpisah.

Lantas bagaimana jika hanya ada satu kamar mandi di dalam rumah?

Faktanya, tidak semua orang memiliki kamar mandi di dalam kamar tidur atau kamar mandi lebih dari satu di rumah. Jika begitu, mau tidak mau kamu harus menggunakan kamar mandi yang sama dengan penderita positif Corona, kan?

Tips Sharing Menggunakan Kamar Mandi Bersama Orang dengan Covid-19

Nah, untuk kamu yang hanya memiliki satu kamar mandi sedangkan ada anggota keluarga yang positif Corona, PDP, atau ODP, jangan bingung, ya. Nggak harus membuat kamar mandi baru, kok! Tipsnya juga cukup mudah, simak di bawah ya!

1. Mandi paling awal atau paling akhir

mandi lebih dulu atau paling akhir
Source: Spy

Menggunakan kamar mandi yang sama dengan anggota keluarga yang positif Covid-19 pasti membuat kamu jadi khawatir tertular juga, deh. Nah, salah satu tipsnya adalah dengan membuat aturan urutan mandi. Anggota keluarga yang positif Corona bisa mandi di urutan paling awal atau paling akhir dari anggota keluarga yang lain. Dengan begitu, kamu bisa memperkecil kemungkinan akan tertular virus Corona dari anggota keluarga yang lain.

BACA JUGA: Sebelum Membeli, Yuk, Kenali Dulu Perbedaan Antiseptik dan Disinfektan!

2. Pisahkan alat mandi

tips membersihkan kamar mandi dari virus corona - pisah alat mandi
Source: Review Pricelist

Memisahkan alat mandi juga merupakan salah satu langkah pencegahan penularan virus Corona di antara keluarga. Mulai dari gayung hingga alat bantu mandi seperti shower puff. Kalau kamu masih sering menggunakan shower puff bersama-sama dengan anggota keluarga yang lain, mulailah untuk menggunakan peralatan mandi terpisah.

Agar lebih aman kamu juga bisa membawa alat mandi masing-masing ke dalam kamar tidur, lho. Dengan begitu penyebaran virus Corona melalui tetesan air liur kemungkinannya akan lebih kecil. Jangan lupa juga untuk mengganti handuk setiap 1 atau 2 minggu sekali, ya.

3. Bersihkan kamar mandi dengan cairan disinfektan

Image result for cara membuat cairan disinfektan
Source: SehatQ

Salah satu tips menggunakan kamar mandi yang sama dengan anggota keluarga yang positif Corona adalah dengan cara sering membersihkan kamar mandi menggunakan cairan disinfektan. Setelah anggota yang positif Covid-19 menggunakan kamar mandi, maka anggota keluarga lain bisa membersihkan kamar mandi sebelum kemudian digunakan lagi.

Image result for cara membuat cairan disinfektan
Source: IDN Times

Beberapa titik penting yang harus dibersihkan adalah gagang pintu, flush toilet, keran shower, dinding kamar mandi, dan lantai kamar mandi. Kamu bisa menggunakan disinfektan cair seperti pembersih kamar mandi atau pemutih pakaian, kemudian dicampur dengan air. Semprotkan bagian dalam kamar mandi dan sikat hingga bersih. Jangan lupa siram dengan air mengalir, ya.

4. Jangan ada pakaian yang digantung

kamar mandi bebas corona menggantung pakaian di kamar mandi
Source: iMall

Selain menggunakan kamar mandi dengan urutan yang tepat dan membersihkan kamar mandi setelah digunakan, langsung letakkan pakaian kotor ke dalam keranjang pakaian juga harus kamu lakukan, ya. Eits, tapi keranjang pakaiannya juga harus dipisahkan dari anggota keluarga yang sehat.

kamar mandi bebas corona
Source: Yoycart

Jangan menggantung pakaian kotor di dalam kamar mandi, ya. Bisa saja, tuh, secara nggak sadar pakaian kamu terkena tetesan air liur ketika bersin atau batuk. Selain itu menggantung pakaian kotor juga bikin sarang nyamuk di dalam kamar mandi, lho!

BACA JUGA: Wajid Dicoba, Nih, 10 Resep Minuman Sehat | Bisa Membantu Meningkatkan  Imunitas Tubuh 

5. Cuci pakaian secara terpisah

mencuci pakaian
Source: Intisari Online – Grid.ID

Pakaian anggota keluarga yang positif terkena Covid-19 harus dicuci secara terpisah dari anggota keluarga lain yang sehat. Jika memungkinkan cuci pakaian dengan air panas, ya. Perhatikan juga jenis pakaian yang akan dicuci. Nggak mau, kan, pakaian dari sutra malah rusak karena dicuci menggunakan air panas?

kamar mandi bebas corona
Source: towelnrobe

Mencuci pakaian secara terpisah dinilai bisa membantu mengurangi kemungkinan perpindahan virus Corona kepada anggota keluarga yang lain. Bila memungkinkan, jangan lupa gunakan sarung tangan saat mencuci pakaian anggota keluarga yang positif terkena Covid-19, ya.

6. Buang sampah dengan benar

 buang sampah
Source: Pinterest

Selain memisahkan pakaian saat mencuci, kamu juga harus memisahkan sampah dari anggota keluarga yang positif terkena Covid-19. Segala jenis sampah bekas seperti tisu dan kapas dimasukkan ke dalam tempat sampah yang diberi kantong plastik berlapis. Setelah itu, jangan lupa untuk diikat kuat, ya, agar sampahnya tidak tercerai berai ke mana-mana.

7. Pasang penyaring udara atau kipas exhaust

membersihkan kamar mandi dari virus corona
Source: shutterstock.com

Salah satu cara untuk membersihkan kamar mandi dari virus Corona adalah dengan memasang penyaring udara atau kipas exhaust. Nah, cara ini bisa banget dilakukan jika kamu merasa udara di dalam kamar mandi terlalu lembap.

kipas exhaust
Source: Olx

Jika anggota keluarga kamu yang positif Corona sedang menggunakan kamar mandi, jangan lupa untuk menyalakan kipas exhaust, ya. Hal ini akan menyaring udara yang kotor dan menggantinya dengan udara lebih segar. Selain itu menggunakan kipas exhaust juga bisa membuat lantai kamar mandi lebih cepat kering, lho!


Menggunakan kamar mandi bersama dengan anggota keluarga yang positif Corona memang sangat berisiko. Jika kamu lupa untuk membersihkan setelah digunakan oleh orang yang positif Covid-19, tentunya bisa berakibat fatal, tuh.

Alangkah baiknya jika kamar mandi anggota keluarga yang sakit dan yang sehat dipisahkan, ya. Namun, kalau memang harus sharing kamar mandi, bisa menggunakan beberapa tips di atas.

Kira-kira apakah kamu punya tips ampuh lainnya? Share di kolom komentar di bawah, ya!

SHARE
Yuliana

A forever-young-soul human who lives in Jakarta. Travel enthusiast and aurora borealis admirer.

Leave a Reply