S

Selain Komunikasi, 9 Tips Ini Bikin Hubungan Jarak Jauh alias LDR Tetap Awet!

Tips LDR agar awet

LDR-an lebih romantis pastinya.

Hubungan jarak jauh atau yang biasanya dikenal sebagai LDR (Long Distance Relationship) banyak dijalani oleh pasangan di dunia. Nggak heran, kan, artikel tips LDR selalu dibaca, hehehe.

Biasanya, sih, LDR terjadi karena perbedaan tempat tinggal. Ada pasangan yang harus berpisah karena melanjutkan kuliah, pekerjaan, atau bahkan pindah tempat tinggal.

Walau begitu jarak seharusnya bukan halangan bagi kalian agar tetap punya hubungan yang romantis dan awet, dong

Tips agar LDR Makin Awet dan Romantis

Menjalani LDR memang bukan hal yang gampang. Ada saja masalah yang datang mengganggu. Mulai dari miskom atau salah paham hingga munculnya orang ketiga. Nah, biar hubungan jarak jauh kamu tetap awet, yuk, simak tips dari Rukita!

1. Menjaga komunikasi dengan baik

tips LDR awet komunikasi
Source: Rimma.co

Saat kamu menjalin hubungan jarak jauh, tentunya komunikasi adalah kunci dari berlangsungnya hubungan yang baik. Biasanya, nih, kalau sudah LDR, ada saja masa-masa komunikasi tersendat. Lebih baik, usahakan untuk tetap menjalin dan menjaga komunikasi, ya.

Bukan tentang kuantitas alias seringnya kamu berkomunikasi, tapi buatlah komunikasi yang berkualitas. Daripada terlalu sering berkomunikasi, tapi nggak jelas apa yang dibicarakan, kan? Terlalu sering juga malah jadi membosankan 🙁

tips LDR awet komunikasi
Source: iStock

Kamu bisa menentukan waktu khusus buat kalian ngobrol, bisa lewat chatting, video call, maupun telepon. Nah, bicarakan saja topik terkini atau bisa juga tentang kejadian menarik yang kalian alami.

Kalau urusan komunikasi lancar, urusan hati juga pasti lancar, hehehe.

2. Saling percaya dan pengertian

tips LDR awet percaya
Source: Shutterstock

Selain komunikasi yang lancar, kepercayaan juga menjadi syarat utama dari hubungan LDR. Rasa percaya kamu terhadap pasangan memegang peran penting pada keharmonisan hubungan.

Percayalah jika pasangan kamu akan tetap setia walaupun kalian terpisahkan jarak dan waktu seandainya beda negara. Kalau kedua belah pihak sudah saling percaya, dijamin, deh, hubungan LDR kalian akan tenang dan awet.

3. Pelajari karakter masing-masing

Image result for adam levine and behati prinsloo
Source: Bravo TV

Kamu sudah cukup mengenal karakter pasangan belum? Kalau belum, ada baiknya kamu memahami karakter pasanganmu dulu.

Sudah bukan rahasia lagi kalau setiap manusia punya karakternya masing-masing. Termasuk juga respons seseorang saat sedang ada masalah. Kalau kamu dan pasangan bisa saling mengerti karakter satu sama lain, hubungan jarak jauh, tuh, bukan masalah serius.

4. Terbuka dan jujur

tips LDR awet jujur
Source: freepik.com

Dalam menjalani hubungan, keterbukaan dan kejujuran sudah pasti jadi hal yang utama. Sebaiknya, nih, kamu dan pasangan selalu saling terbuka satu sama lain. Apalagi jika melibatkan perasaan.

Hindari pula pikiran-pikiran negatif yang dapat memengaruhi hubungan kamu dan si dia. Cobalah untuk berpikir positif dalam membangun hubungan. Kalau ada masalah, komunikasikan secara baik-baik dengan pasangan, ya.

5. Jaga komitmen

tips LDR awet komitmen
Source: Shutterstock

Komitmen menjadi hal yang dibutuhkan dalam sebuah hubungan. Oleh karena itu, kamu dan pasangan harus sudah saling mengerti tentang komitmen dalam hubungan kalian.

Kamu bisa, lho, berdiskusi tentang kelangsungan hubungan kalian. Kalau kamu dan si dia bisa memegang komitmen dengan kuat, dijamin, deh, mau sejauh apa pun jarak yang memisahkan kalian nggak akan jadi penghalang.

6. Cari cara kreatif

tips LDR awet kirim surat
Source: wpcnhf.org

Nah, biar api asmara tetap membara, kamu juga bisa mencari cara kreatif biar kamu dan si dia nggak cepat bosan. Hanya teleponan, chatting, atau video call masih terasa kuran?

Bagaimana kalau mencoba alternatif lain seperti mengirim surat atau membuat video? Dijamin, LDR-an kamu bakal makin manis!

tips LDR awet kirim hadiah
Source: Etsy

Selain itu, kamu juga bisa, lho, memberikan kejutan-kejutan untuk si dia. Misalnya saja membelikan kado ketika pacar kamu naik jabatan di kantornya.

Mau ide yang lebih romantis? Dengan bantuan ojek online, kamu bisa mengirimkan makanan kesukaannya, tuh. Lakukan tanpa sepengetahuannya, ya, biar jadi kejutan manis.

7. Sesekali saling berkunjung

tips LDR awet kunjungi pacar
Source: YouTube

Salah satu hal yang menjadi rintangan hubungan jarak jauh adalah perbedaan wilayah tinggal mulai dari berbeda kota, pulau, hingga negara.

Jujur, deh, pasti ada saatnya kamu kangen banget kepada si dia. Nah, bagaimana kalau kamu diam-diam berkunjung tanpa pemberitahuan?

Kamu boleh banget mengunjungi tempat si dia. Hal ini bisa menandakan kalau kamu benar-benar serius menjalani hubungan dengan sang kekasih. Dengan begitu, hubungan jarak jauh pun bisa lebih harmonis, deh.

8. Beri ruang pribadi

tips LDR awet me time
Source: vocal.media

Walau sudah memiliki pasangan, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati hidup. Kamu dan pasangan masih punya kehidupan pribadi masing-masing yang masih harus dijalani setiap hari, kok.

Mungkin ada masanya pasangan akan sulit dihubungi karena pekerjaan. Jangan negative thinking duluan, ya. Biar sama-sama asyik, berilah ruang pribadi kepada pasanganmu.

tips LDR awet me time
Source: T3.com

Selain itu, kamu juga perlu punya me time, lho. Misalnya melakukan hobi yang kamu suka atau kumpul dengan teman-teman yang lain. Hubungan LDR dan kehidupan pribadi pun akan sama-sama berjalan lancar.

9. Dekati keluarga dan teman-teman pasangan

tips LDR awet dekati keluarga
Source: bustle.com

Saat menjalani hubungan dengan seseorang, pasti kamu juga akan berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman pasanganmu. Kalau kamu baik di mata orang-orang terdekat si dia, hubungan asmara kamu pasti akan lancar-lancar saja.

Ada momen tiba-tiba si dia sulit dihubungi gara-gara baterai ponselnya habis atau kalian sedang dalam masalah? Nah, kamu bisa juga, tuh, mencari kabar keberadaan pasanganmu dari teman atau keluarganya.


Itulah dia beberapa tips menjalani hubungan jarak jauh alias LDR. Memang, cobaan LDR itu berat banget. Mulai dari perbedaan waktu sampai mungkin saja godaan dari pihak lain. Tapi, yang namanya sebuah hubungan harus bisa berkomitmen dan membuat bahagia kedua belah pihak. Betul?

Kira-kira tips LDR mana yang paling jadi favorit?

BACA JUGA: Apa Itu Seni Kesendirian? Ini Manfaat dan Cara Berteman dengan Diri Sendiri!

SHARE
Yuliana

A-forever-young-soul human who lives in Jakarta. Travel enthusiast and aurora borealis admirer.

Leave a Reply