·1 February 2024

14 Tips Jitu Bisnis Kost-kostan Tanpa Modal Besar | Mudah dan Menguntungkan!

·
12 minutes read
14 Tips Jitu Bisnis Kost-kostan Tanpa Modal Besar | Mudah dan Menguntungkan!

Ingin jadi juragan bisnis kost tanpa modal besar? Langsung lakukan beberapa tips berikut ini!

Saat ini, banyak orang yang ingin mencari penghasilan tambahan. Entah dari side job, menjalankan bisnis, atau mencari passive income. Nggak hanya melalui investasi dan saham, ada passive income lain yang lagi hype banget untuk dijalankan, nih, yaitu bisnis kost-kostan.

Usaha kost-kostan kayaknya jadi bisnis yang akan terus ada, lho. Pasalnya banyak orang yang harus berpindah tempat tinggal untuk kuliah atau bekerja. Bahkan, menurut data, 47,4 persen Milenial lebih memilih tinggal di kost-kostan atau mengontrak dibandingkan membeli rumah. Nggak heran, dong, kalau kost-kostan terus menjamur seiring permintaan yang terus meningkat.

Keuntungan Bisnis Kost-kostan

Meski sering dianggap membutuhkan modal besar, nyatanya kost-kostan tetap menjadi peluang bisnis yang menggiurkan dan banyak diminati oleh orang-orang. Memangnya apa saja, sih, keuntungannya?

Baca Juga: 5 Tips Memilih Kontraktor untuk Bangun atau Renovasi Rumah Kost | Jangan Sampai Salah Pilih!

1. Memberikan passive income

bisnis kost-kostan tanpa modal

Source: Pixabay

Keuntungan pertama yaitu usaha ini bisa menjadi passive income. Anda tidak perlu terlalu banyak usaha dan mengeluarkan modal terus-menerus untuk menjalankan bisnis ini. Biasanya, Anda hanya perlu mengeluarkan modal besar di awal dan selebihnya hanya tinggal maintenance saja.

Nggak seperti bisnis lainnya yang harus Anda kerjakan setiap hari, bisnis kost-kostan biasanya nggak perlu banyak mengeluarkan modal harian, kecuali untuk biaya perawatan dan tagihan. Anda juga bisa menempatkan satu atau dua petugas untuk menjaga kost-kostan, sehingga Anda nggak harus selalu hands on mengurus segala kebutuhan.

2. Banyak usaha sampingannya

Nggak hanya membuka usaha hunian jangka panjang, Anda juga bisa membuka banyak usaha sampingan dari bisnis kost-kostan, lho. Misalnya, membuka rumah makan atau kantin di dalam atau sekitar kost, jasa laundry, hingga jasa bersih-bersih. Anda pun bisa bekerja sama dengan provider internet untuk penyediaan Wi-Fi.

3. Banyak peminat

bisnis kost-kostan tanpa modal

Source: Pixabay

Yang pasti, bisnis kost-kostan akan terus memiliki banyak peminat, apalagi kostan yang terletak di lokasi strategis dan memiliki akses bagus. Akan terus ada orang-orang yang membutuhkan tempat penginapan di sekitar kampus dan area perkantoran.

Setiap jenis dan tipe kost-kostan juga memiliki target pasarnya sendiri, sehingga Anda tidak perlu khawatir kost milik Anda terlalu murah atau mahal. Namun, jangan lupa untuk tetap melakukan market survey, ya!

6 Cara Bisnis Kost-kostan Tanpa Modal Besar

Masih banyak yang sering ‘maju-mundur’ untuk memulai usaha ini karena takut modalnya yang terlalu besar. Padahal, ada beberapa cara yang bisa jadi alternatif untuk membuka bisnis kost-kostan tanpa modal yang besar, lho. Intip tipsnya di bawah ini, yuk!

1. Berpartner dengan saudara atau teman

bisnis kost-kostan tanpa modal

Source: Pixabay

Cara yang pertama adalah dengan memulai usaha kost bersama dengan saudara, teman, atau kerabat. Sistemnya adalah patungan, di mana Anda dan partner sama-sama mengumpulkan uang untuk modal usaha, lalu keuntungannya nanti juga akan dibagi rata.

Dengan begitu, Anda bisa mengeluarkan modal hanya setengahnya saja, bahkan lebih kecil, kalau lebih banyak orang yang ikut bergabung dan menyumbangkan dana. Meski begitu, semakin banyak yang terlibat, keuntungan yang Anda dapatkan juga lebih kecil, ya.

2. Bantu memasarkan kost-kostan

Cara yang kedua adalah dengan bertanggung jawab untuk memasarkan kost-kostannya saja. Jadi Anda nggak perlu ikut mengeluarkan modal dari nol atau dari mulai pembuatan rumah. Anda cukup mengatur strategi bagaimana memasarkan kost-kostan itu. Biasanya, keuntungan yang didapatkan berupa komisi sesuai berapa jumlah orang yang berhasil mendaftar di kostan itu.

3. Bisnis kost-kostan tanpa modal dengan sewakan kamar kosong di rumah

bisnis kost-kostan tanpa modal

Source: Pixabay

Ini dia cara paling mudah buat jadi juragan kost, yaitu dengan menyewakan kamar kosong yang ada di rumah Anda. Daripada kamar nganggur dan nggak dihuni, nih, mending dijadikan sarana mendapatkan cuan.

Anda tinggal merapikan dan mendekorasi sedikit kamar tersebut, menambahkan berbagai fasilitas yang dibutuhkan, dan melakukan pemasaran. Bisa dengan cara memasang plang dan spanduk di depan rumah atau melakukan marketing online.

Kalau rumah Anda berada di lokasi yang cukup strategis, dekat dengan kampus atau area perkantoran, dijamin bakal banyak yang cari kamar kosong untuk dihuni!

4. Bisnis kost-kostan tanpa modal dengan menjadi pengelola

Anda juga bisa bertugas sebagai pengelola kost saja. Misalnya, Anda mengenal kerabat yang memiliki usaha kost-kostan tapi nggak tahu cara mengelolanya menjadi bisnis yang menguntungkan, saatnya dirimu turun tangan, deh.

Nantinya, bisa diatur pembagian keuntungan atau jumlah komisi yang Anda dapatkan. Ternyata, jadi juragan kost tanpa punya properti bisa juga, kan?

5. Bisnis Kost-kostan tanpa modal besar dengan beli rumah di pinggiran kota

bisnis kost-kostan tanpa modal

Source: Pixabay

Kalau mau memulai bisnis kost-kostan tanpa modal besar, Anda bisa pertimbangkan untuk membeli properti di pinggiran kota. Biasanya, di daerah pedesaan atau pinggiran kota biaya tanah dan bangunan akan lebih murah.

Begitu juga dengan biaya jasa tukang serta pengurus kost-kostan. Di sisi lain, berhubung lokasinya tidak berada di tengah kota, Anda harus mempersiapkan diri kalau harga yang ditawarkan juga tidak akan begitu tinggi, ya.

6. Gabung bersama Rukita

Cara terakhir yang paling gampang dan pasti untung adalah dengan bergabung bersama Rukita, alias partner. Anda bisa menyerahkan semua urusan bisnis kost-kostan kepada ahlinya, nih. Dari mulai perencanaan, proses pembangunan, pemasaran, sampai pengelolaan, Rukita siap mewujudkan impian Anda jadi juragan kost!

Baca Juga: 8 Tips Memilih Lokasi Bisnis Kos Kosan agar Ramai Penghuni

Keuntungan Jadi Partner Bisnis Kost-kostan, Tanpa Modal Besar!

Lalu, apa untungnya, ya, membuka bisnis kost bersama partner? Ada banyak banget!

1. Buka bisnis kost-kostan tanpa modal besar

Source: Pixabay

Keuntungan pertama adalah Anda bisa membuka bisnis kost-kostan tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar. Dengan membagi beban keuangan dengan partner, Anda jadi nggak perlu menanggung segala pengeluaran sendiri, deh.

2. Bisa berbagi beban pengelolaan

Selain masalah keuangan, Anda juga bisa berbagi beban terkait pengelolaan, nih. Misalnya, Anda bertanggung jawab untuk mengurus masalah pemasaran dan keuangan, sementara partner Anda lebih ke sisi teknis seperti maintenance bangunan. Dengan begitu, Anda pun nggak perlu pusing memikirkan semua pengelolaan kostan sendirian.

3. Memperoleh tambahan passive income

Source: Pixabay

Salah satu alasan bisnis kost-kostan menggiurkan adalah karena properti bisa menjadi passive income tanpa perlu Anda urus setiap hari seperti bisnis lainnya. Cocok banget buat Anda yang ingin mencari penghasilan tambahan atau bahkan untuk pemasukan setelah pensiun.

Meski Tanpa Modal Besar, Ini Hambatan Berpartner dengan Kerabat untuk Bisnis Kost-kostan

Meski begitu, memiliki partner dalam membangun bisnis bukannya tanpa kekurangan. Berikut ini beberapa hambatan yang mungkin Anda hadapi ketika memutuskan untuk berpartner dengan kerabat.

1. Karena tanpa modal besar untuk bisnis kost-kostan, income nggak bisa dinikmati sendiri

Source: Freepik

Dikarenakan modal dikumpulkan secara patungan, tentunya hasil keuntungan yang didapat pun nggak bisa Anda ikmati sendiri. Akan ada pembagian keuntungan sesuai banyaknya modal yang dikeluarkan. Maka dari itu, semakin sedikit modal yang Anda berikan, kemungkinan keuntungan yang didapatkan juga lebih kecil.

Meski begitu, Anda bisa menukarkan modal uang menggunakan jasa, nih. Misalnya dengan cara mengambil lebih banyak tanggung jawab dalam hal pengelolaan dan manajemen kost-kostan. Jadi, walau modal awalmu kecil, Anda bisa mendapatkan komisi yang sama atau bahkan lebih besar dari partner bisnis kost tersebut.

2. Adanya perbedaan pendapat

Source: Freepik

Ini dia masalah yang sering muncul di berbagai bisnis yang dilakukan dengan berpartner. Adanya perbedaan pendapat sering kali terjadi ketika sedang melakukan brainstorm atau pengambilan keputusan. Jika dapat dinavigasi dengan baik, perbedaan pendapat ini bisa jadi input yang membangun.

Meski begitu, kalau perbedaan pendapat ini menyangkut prinsip dan nggak ada yang mau ngalah, ya, kemungkinan terburuk adalah bisnis bubar jalan.

3. Perselisihan pembagian tugas

Pembagian tugas juga menjadi hal yang harus didiskusikan sejak awal. Pastikan setiap pihak sudah menyetujui tanggung jawab yang diberikan dan sesuai dengan kapasitas mereka. Jangan sampai ada yang lalai dan melepas tanggung jawab di tengah jalan sehingga bikin usaha bisnis nggak berjalan lancar.

Baca Juga: 5 Keuntungan Memiliki Bisnis Kost Eksklusif Dibandingkan Kost Biasa

Kesalahan Umum saat Memulai Bisnis Kost-kostan

Memiliki bisnis kost-kostan merupakan salah satu pilihan menarik bagi mereka yang ingin memulai usaha. Namun, sayangnya masih banyak kesalahan umum yang sering dilakukan saat memulai bisnis tersebut. Apa saja?

1. Tidak survei harga pasar

bisnis kost

Source: Unsplash.com

Indonesia memiliki jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia, dengan lebih dari 260 juta orang. Jumlah tersebut meningkat setiap tahun, yang berarti ada banyak peluang untuk bisnis kost-kostan. Hal ini juga berarti ada banyak pesaing, sehingga Anda harus melakukan riset pasar dengan benar agar bisnis Anda dapat bersaing.

Survei harga pasar adalah langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengetahui apa yang ditawarkan oleh pesaing Anda dan bagaimana menentukan harga untuk kamar Anda.

Tidak melakukan survei harga pasar akan berakhir pada kegagalan bisnis. Anda juga perlu mengetahui aktivitas pebisnis dan komunitas di sekitar area Anda, serta faktor ekonomi yang dapat memengaruhi harga yang Anda tentukan untuk kamar.

2. Tidak mengelola bisnis secara efektif

Mengelola bisnis kost-kostan dengan efektif adalah hal yang sangat penting agar bisnis Anda berjalan lancar. Bersamaan dengan itu, hal ini juga akan membantu Anda untuk mencapai tujuan bisnis Anda dengan lebih cepat.

Tidak mengelola bisnis secara efektif dapat berakibat kerugian finansial yang signifikan. Untuk menghindari kesalahan ini, Anda harus memahami seluk-beluk bisnis kost-kostan dan mengikuti saran dari ahlinya.

Cara lain untuk memastikan bahwa bisnis kost-kostan Anda dikelola dengan efektif adalah dengan memastikan bahwa kebijakan dan sistem yang berhubungan dengan pendapatan, pengeluaran, dan pertumbuhan dihormati.

Selain itu, penting juga untuk melakukan evaluasi reguler terhadap operasi bisnis. Hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui masalah apa saja yang mungkin muncul dan bagaimana cara terbaik untuk mengatasinya.

3. Tidak memaksimalkan keuntungan

bisnis kost

Source: Unsplash.com

Tidak memaksimalkan keuntungan dalam bisnis kost-kostan adalah kesalahan yang sering dilakukan. Ketahui kelebihan yang dimiliki oleh kost Anda, seperti fasilitas, lokasi strategis, atau kenyamanan, dan memaksimalkannya.

Anda juga bisa berinovasi dengan menambah fasilitas baru serta pembaruan lainnya yang dapat meningkatkan kenyamanan tenant. Pengembangan bisnis juga bisa dilakukan, misalnya dengan membuka kantin, menawarkan jasa laundry, atau jasa bersih-bersih kamar.

4. Modal bisnis terlalu besar

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kost-kostan tidaklah sebesar yang Anda bayangkan. Banyak orang yang mengira bahwa untuk memulai bisnis kost-kostan, mereka harus memiliki modal yang besar. Sebenarnya, hal itu tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Untuk mendirikan kost-kostan, Anda hanya perlu modal sedikit saja. Modal tersebut diperlukan untuk sewa tempat, membeli perlengkapan kost, dan membayar penjaga kost.

Perhitungkan juga jumlah modal dengan keuntungan yang akan didapat. Jangan sampai modal yang Anda keluarkan jauh dari keuntungan yang akan Anda dapatkan.

5. Tidak melakukan pemasaran

Banyak yang memulai bisnis kost-kostan tanpa melakukan pemasaran. Berpikirlah, bagaimana orang akan tahu ada sebuah kost-kostan di tempat Anda?

Tidak hanya itu, mereka juga perlu tahu seberapa bagusnya fasilitas yang Anda miliki dan mengapa harus memilih kost-kostan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu berinvestasi dalam pemasaran dengan benar, agar bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar.

Walau Tanpa Modal Besar, Jadi Partner Bisnis Kost-kostan Rukita Pasti Untung!

Mau mulai bisnis kost-kostan tanpa modal besar tapi nggak mau mengalami masalah-masalah di atas? Langsung bermitra saja dengan Rukita saja yang membuat Anda bisa duduk manis dan mendapat penghasilan tetap! Berikut ini keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika bergabung bersama Rukita:

1. Nggak perlu pusing urusan dana

Source: Freepik

Dengan bergabung bersama Rukita, Anda tidak perlu pusing lagi mikirin soal dana. Saat ini ada program #TinggalHitungUntung dari Rukita bekerja sama dengan OCBC NISP yang mempermudah Anda mendapatkan modal dana. Jadi juragan kost nggak pakai ribet, deh, Anda beneran tinggal hitung untung!

2. Dibantu proses pembangunan

Anda juga tidak perlu pusing cari kontraktor dan awasi proses pembangunan dari nol, karena semuanya sudah di-handle oleh Rukita. Dari pembuatan desain sampai pembangunan, Rukita akan mewujudkan hunian dengan kualitas dan desain terbaik.

3. Jangan khawatir soal pengelolaan

Untuk urusan mengelola kost-kostan, Rukita juga siap membantu Anda! Jadi nggak perlu khawatir lagi soal maintenance gedung, biar Rukita yang handle.

4. Serahkan pemasaran kepada Rukita

Takut kost Anda sepi? Tenang, Rukita akan bantu memasarkan hunian Anda sampai panjang antrean waiting list-nya! Unit Rukita sendiri sudah mencapai okupansi sampai 94%, lho. Mau occupancy rate A nda seperti itu juga, kan?

5. Nggak perlu beradu mulut, Rukita ikuti kemauan Anda

Nggak seperti berpartner dengan rekan atau kerabat yang rentan adu pendapat, Rukita akan mengikuti keinginan Anda sambil memberikan solusi dan saran terbaik. Santai, nggak perlu tegang!

6. Anda tinggal duduk manis dan hitung untung

Terakhir, Anda tinggal nikmati passive income yang cair tiap bulan sambil hitung untung, deh! Enak banget, kan, bisnis kost-kostan bareng Rukita?

Bersama Rukita, Anda dapat menciptakan hunian berkualitas tinggi yang diminati oleh pasar, serta menekankan pentingnya operasional efektif, dan kesuksesan membangun bisnis properti. Anda sebagai pemilik properti tidak hanya memulai dengan baik, tapi juga dapat menjalankan dan mengembangkan bisnis properti Anda dengan sukses. 

Tertarik untuk bikin kost-kostan bareng Rukita? Yuk, raih kesempatan untuk mendapatkan passive income dari aset properti milik Anda bersama Rukita karena #LebihBaikdiRukita!

Updated by Faniditya R.


Bisnis kost-kostan memang sudah jadi tren di dunia properti saat ini, nih. Maka dari itu, seiring Anda menjalankan bisnis, jangan lupa untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan, serta terus melakukan inovasi, biar nggak kalah saing! Jadi gimana, sudah siap jadi juragan kost?

Rukita siap mengubah properti Anda menjadi bisnis hunian sewa yang menguntungkan! Anda tidak perlu ribet lagi membangun kos-kosan dari nol. Yuk, mulai bisnis passive income Anda dan saatnya jadi juragan kost bersama Rukita!

Untuk informasi lebih lanjut, jangan lupa download aplikasi Rukita via Google Play Store atau App Store, bisa juga langsung kunjungi www.rukita.coFollow juga akun Instagram Rukita di @rukita_indoTwitter di @rukita_id, dan TikTok @rukita_id untuk berbagai info hunian terkini serta promo menarik.

Source:

  • yukbisniskost.com
  • www.cekpremi.com
  • www.bizhare.id

Bagikan artikel ini