7

7 Cara Lebih Sehat di Kantor | Pas Dipraktikkan saat Suntuk!

sehat di kantor

Pekerjaan yang menumpuk kadang bikin stres. Yuk, terapkan cara ini agar lebih sehat di kantor ini!

Kamu sudah kembali bekerja di kantor? Jangan lupa menerapkan protokol kesehatan supaya bisa melewati masa pandemi Covid-19 ini dengan aman. Nah, kalau mau lebih sehat lagi di kantor sebaiknya segera menerapkan beberapa cara mudah ini.

Tumpukan pekerjaan yang membuatmu hanya duduk seharian dijamin menambah masalah baru bagi kesehatan fisik dan mental. Kalau daya tahan tubuh menurun tentu rentan untuk terkena virus, kan? Jadi, saatnya lebih menyayangi diri sendiri!

Praktikkan 7 Cara Mudah Lebih Sehat di Kantor

Kalau sedang suntuk, nih, kamu juga bisa mempraktikkan 7 cara lebih sehat di kantor yang sudah Rukita kumpulkan berikut ini. Gampang banget, jadi nggak ada alasan lagi untuk tidak melakukannya…

1. Bawa makan siang sendiri

Source: Food Network

Cara ini sudah pasti sehat karena kamu tahu pasti bahan apa saja yang ada dan digunakan untuk membuat bekal makan siangmu. Selain lebih sehat, kamu juga pasti bisa menghemat uang untuk membeli kebutuhan lain.

Nah, agar tidak tergoda jajan sembarangan plus menghindari kerumunan dalam prosesnya menuju mini market di dekat kantor, nih, selalu simpan camilan favoritmu. Tentu saja kamu bisa pilih yang sehat atau manis untuk memuaskan keinginan ngemil di jam-jam rawan. Oh ya, pastikan terbungkus rapat agar tidak mengundang semut!

2. Membeli mainan stress-relief

Sourcel: Pinterest

Kamu selalu bisa googling berita gosip atau scrolling timeline media sosial untuk mencari hiburan saat suntuk. Tetapi kalau sudah bosan, nih, tidak ada salahnya berinvestasi membeli mainan untuk melepaskan stres dan frustrasi. Mulai dari squishy balls hingga fidget cube. Tinggal cari di e-commerce, kok!

3. Berteman dengan penganut gaya hidup sehat

Source: RingCentral

Lingkungan juga memengaruhi habit seseorang. Kalau kamu mau lebih sehat di kantor, tentu saja harus mulai mempertimbangkan untuk berteman dengan mereka yang peduli kesehatan. Lama-lama pasti kamu akan merasa nggak enak hati kalau masih makan gorengan atau bolak-balik minum kopi dengan gula yang berlimpah. 😉

BACA JUGA: 10 Cara Mengatasi Kurang Tidur supaya Tetap Produktif di Kantor

4. Jalan-jalan di sekitar meja kerja

Source: The JHU Hub

Istirahatkan mata dari layar laptop dan berjalanlah mengunjungi meja temanmu untuk mencegah tubuh kaku akibat duduk terlalu lama setidaknya satu kali dalam satu jam. Bila belum cukup ‘melonggarkan’ otot yang kaku kamu bisa bekerja sambil berdiri selama 30 menit. Ampuh juga, nih, buat mengusir kantuk!

5. Atur pencahayaan layar

Source: Devrant

Ponsel maupun laptop yang sering kamu tatap, tuh, memancarkan cahaya yang dapat mengganggu kesehatan mata. Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk menatapnya terus-menerus selama berjam-jam.

Selain mengistirahatkan mata, kamu juga bisa mengatur pencahayaan maupun dudukannya agar tidak membuat mata, leher, punggung, dan kepala bekerja ekstra.

Siapkan juga obat tetes mata dan duduk tegak (atau berganti posisi jika merasa sudah lelah!) saat bekerja di kantor.

6. Olahraga di siang hari

Source: Liftnbuddysafety

Ya, kalau kantormu punya ruangan khusus untuk melakukannya atau berdekatan dengan gym, mengapa tidak? Olahraga dipercaya dapat mengembalikan konsentrasi dan menjaga tubuhmu selalu fit. Luangkan waktu 30 menit dari jam makan siang supaya saat kembali kamu akan merasa lebih produktif.

7. Bekerja di luar kantor

Source: Inspirasi Pagi

Hari gini kamu bisa bekerja dari mana saja selama ada jaringan internet, kan? Saat bosan di kantor, nih, kamu bisa berjalan ke kafe terdekat untuk bekerja dari sana sambil menikmati kopi favoritmu. Hanya pindah ruangan juga bisa jadi alternatif jika malas berpanas-panasan ke luar dari gedung kantormu.

Apa pun yang bisa mengatasi kejenuhan dan kepenatan setelah menatap layar seharian penuh! Jika hati senang maka kamu akan bekerja dengan penuh semangat sehingga lebih sehat di kantor, deh.


Itulah beberapa cara agar kamu lebih sehat di kantor, baik secara fisik dan mental, yang bisa dipraktikkan kapan saja.

Rukita Uni Studento BSD

Kalau mau yang sehat di hunian, sih, kamu bisa tinggal di unit coliving Rukita. Bangunannya lapang dengan sirkulasi udara yang baik serta mendukung kenyamanan dan kebutuhanmu akan hunian bernilai lebih. Harganya terjangkau dengan fasilitas komplet. Tertarik?

Apakah kamu punya cara lain agar lebih sehat di kantor? Bagikan di kolom komentar, dong.

Leave a Reply