7

7 Resep Rice Bowl yang Enak dan Bikin Nagih! | Ada yang Pakai Telur Aja!

Kamu suka rice bowl dengan lauk apa?

Dalam beberapa tahun belakangan ini pamor rice bowl sedang naik, nih. Selain sangat praktis, topping atau lauk yang disajikan dalam satu rice bowl biasanya sudah lengkap dan mengenyangkan, tuh.

Rice bowl sendiri merupakan jenis kuliner yang berasal dari negara-negara di Asia Timur. Dilansir dari laman devour.asia, rice bowl di Jepang dikenal dengan sebutan Donburi. Donburi ini sendiri punya berbagai macam lauk, mulai dari ikan, daging, babi, hingga sayuran.

Chukadon
Source: devour.asia

Biasanya, nih, rice bowl sering menjadi menu makan siang bagi pelajar dan orang kantoran. Memang, sih, rice bowl itu nggak hanya enak, tapi juga praktis!

Daftar Resep Rice Bowl yang Praktis untuk Ditiru

Nah, untuk kamu yang ingin membawa rice bowl sebagai menu bekal makan siang, nih, bisa mengintip resep praktis di bawah ini. Mulai dari ikan, udang, hingga telur bisa kamu pilih, tuh. Jangan lupa tambahkan nasi hangat dan sayuran, ya!

1. Rice bowl ayam crispy sambal matah

Resep rice bowl ayam crispy sambal matah
Source: So Good

Rice bowl ayam crispy sambal matah bisa menjadi menu makan siang dan makan malam yang enak, nih. Kalau kamu penyuka sambal pasti akan ketagihan makan masakan satu ini. Daripada semakin ngiler, nih, cek cara membuatnya saja, yuk!

Bahan ayam crispy

  • 50 g ayam tanpa tulang, potong kotak atau sesuai selera
  • 3 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung beras
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan sambal matah

  • 6 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 3 buah cabai rawit
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1/2 buah jeruk nipis
  • Serai secukupnya

Pelengkap

  • Nasi putih
  • Telur mata sapi

Cara membuat:

  1. Iris tipis bawang merah, bawang putih, cabai, dan daun jeruk.
  2. Panaskan minyak lalu masukkan bahan yang sudah diris, tumis sebentar. Angkat dan tiriskan.
  3. Beri sedikit garam dan perasan air jeruk nipis, aduk hingga rata, lalu sisihkan.
  4. Bumbui ayam dengan garam dan lada, sisihkan.
  5. Siapkan 1 sdm tepung terigu dan larukan dengan sedikit air, aduk hingga berbentuk pasta.
  6. Celupkan ayam dan lapisi hingga merata dengan adonan tepung.
  7. Siapkan 2 sdm tepung terigu dan 2 sdm tepung beras di mangkuk, aduk rata.
  8. Lumuri ayam dengan campuran tepung kering hingga merata.
  9. Goreng ayam hingga crispy, angkat dan tiriskan.
  10. Hidangkan dalam mangkuk atau wadah berisi nasi hangat, telur, dan sambal matah.

2. Rice bowl nasi gila

Resep rice bowl nasi gila
Source: GrabFood

Kalau kamu anak kost, nih, pasti pernah makan yang namanya nasi gila. Nasi putih dengan topping berbagai macam lauk yang superenak dan bikin kenyang. Nah, sekarang saatnya kita buat sendiri rice bowl nasi gila. Catat bahan dan cara memasaknya, ya!

Bahan

  • 1 buah sosis ayam atau sapi
  • 8 butir bakso ayam atau sapi
  • 2 sdm sambal terasi botolan siap pakai
  • 1/4 buah kol
  • 1 ikat sawi hijau
  • 2 butir telur
  • Kecap manis secukupnya
  • Kecap asin secukupnya
  • Minyak secukupnya
  • Lada secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Kerupuk
  • Telur ceplok, optional

Cara membuat:

  1. Iris sosis, bakso, kol, dan sawi. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak, tumis sosis dan bakso hingga setengah matang. Kemudian masukkan sambal terasi dan aduk hingga rata.
  3. Masukkan kol, telur, dan sawi ke dalam wajan dan tumis hingga rata.
  4. Tambahkan kecap manis, kecap asin, garam, dan lada. Masak hingga matang merata.
  5. Sajikan dalam mangkuk berisi nasi dan tambahkan telur ceplok beserta kerupuk.

3. Rice bowl mentai sederhana

Resep rice bowl mentai
Source: Tokopedia

Apakah kamu ingin makan mentai, tapi isi dompet nggak mendukung? Jangan khawatir! Kamu juga bisa membuat rice bowl mentai dari bahan sederhana yang murah, kok. Cek resep mudahnya di bawah, ya!

Bahan

  • 1 porsi nasi putih
  • 3 buah nugget atau bisa diganti dengan sosis, ayam, daging, ikan salmon, atau sesuai selera
  • 100 g atau 5 sdm mayones
  • 3 sdm saus cabai
  • Bubuk nori secukupnya

Cara membuat:

  1. Goreng nugget hingga matang, angkat dan sisihkan. Setelah dingin, potong-potong nugget sesuai selera.
  2. Siapkan saus mentai. Campurkan mayones dan saus cabai, aduk hingga merata.
  3. Campur nasi putih dengan bubuk nori, aduk rata.
  4. Tata nasi di dalam mangkuk, masukkan nugget dan siram dengan saus mentai.
  5. Panggang rice bowl mentai dalam oven selama 5 menit atau bisa juga dimasak dengan blow torch.
BACA JUGA: 7 Ide Menu Bekal Makan Siang untuk Dibawa ke Kantor 

4. Rice bowl beef yakiniku

Resep rice bowl beef yakiniku
Source: Chopstick Chronicles

Siapa yang suka makan rice bowl dengan daging tipis dan saus yakiniki ala Jepang? Kalau kamu juga termasuk, nih, harus banget mencoba resep satu ini. Kalau kamu sudah jago membuat rice bowl beef yakiniku, kan, jadi nggak harus jajan rice bowl ala Jepang di restoran lagi.

Bahan

  • 250 grams daging sapi shabu-shabu
  • 2 siung bawang putih, iris halus
  • 1/2 bawang bombay, iris tipis
  • Lada secukupnya
  • Garam secukupnya

Bahan saus

  • 3 sdm shoyu
  • 2 sdm mirin
  • 50 ml air

Cara membuat:

  • Panaskan minyak, masukkan bawang bombay hingga layu dan tambahkan daging.
  • Masukkan bawang putih, jika sudah wangi kemudian kecilkan api.
  • Masukkan shoyu, mirin, dan air lalu masak hingga semua saus terserap ke dalam daging.
  • Sajikan dengan nasi hangat di dalam mangkuk.

5. Rice bowl ayam saus teriyaki

Resep rice  ayam saus teriyaki
Source: Tukang Review

Nasi panas dengan ayam itu memang ibarat jodoh, deh. Pas banget rasanya! Nah, rice bowl ayam saus teriyaki ini juga bisa jadi menu bekal makan siang kamu, lho. Cara membuatnya pun nggak susah. Catat resepnya di bawah ini, yuk!

Bahan ayam crispy

  • 200 g ayam tanpa tulang
  • 2 sdm saus teriyaki instan
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt lada
  • 1 bungkus atau 220 gr tepung crispy siap saji
  • Tepung sagu secukupnya
  • Maizena secukupnya
  • Air secukupnya

Bahan saus

  • 1/2 buah bawang bombay
  • 1 siung bawang putih
  • 2 ruas jahe, bersihkan kulit
  • 3 sdm saus teriyaki instan
  • 1 sdm saus tiram
  • 350 ml air
  • 1 sdm maizena, larukan dengan air
  • 1 sdm margarin
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya

Cara membuat:

  1. Potong ayam tipis-tipis atau sesuai selera, lalu tambahkan suas teriyaki, garam, dan lada. Aduk hingga rata dan diamkan selama 10 menit sampai bumbu meresap.
  2. Buat lapisan basah. Campurkan tepung crispy instan dan air, aduk merata dan sisihkan.
  3. Buat lapisan kering. Campur tepung beras dan maizena hingga rata.
  4. Celupkan ayam ke dalam lapisan basah lalu ke lapisan kering. Lakukan hingga semua ayam terlapisi dengan adonan.
  5. Goreng ayam hingga kuning keemasan di dalam minyak panas api api sedang, angkat dan tiriskan.
  6. Lanjutkan dengan membuat saus. Iris bawang putih dan bawang bombay. Kemudian parut jahe.
  7. Siapkan wajan, lelehkan margarin dan tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Lalu tambahkan jahe dan air.
  8. Masukkan saus teriyaki, saus tiram, garam, lada, dan maizena yang telah dilarutkan dengan air. Masak hingga semua bahan matang merata.
  9. Siapkan nasi dalam mangkuk, tata ayam crispy dan siram dengan saus teriyaki.

6. Rice bowl telur kecap

Resep rice bowl telur kecap
Source: IDN Times Jabar

Wah, kalau resep rice bowl satu ini pasti menjadi favorit bagi kamu yang dompetnya sedang krisis di tanggal tua. Nasi putih dengan telur kecap memang sudah paling terbaik, deh! Jangan sampai nggak cobain resep satu ini, ya!

Bahan

  • 2 butir telur
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 1/2 sdm kecap manis
  • 1/2 sdm kecap asin
  • 1 st lada putih
  • 2 sdm bawang putih
  • 5 sdm minyak
  • 50 ml air

Cara membuat:

  1. Racik untuk saus kecap terlebih dahulu. Campurkan kecap asin, kecap manis, lada, bawang putih yang telah dicincang halus, dan air putih. Aduk hingga semua bahan merata dan sisihkan.
  2. Siapan wajan, kemudian tuang minyak dan nyalakan api besar. Goreng daun bawang hingga kecokelatan.
  3. Masukkan telur dan masak hingga hampir matang atau sesuai selera.
  4. Lalu tuang racikan kecap dan masak hingga kuah mengental dan meresap ke dalam telur.
  5. Siapkan nasi di dalam mangkuk dan sajikan telur ayam kecap yang lezat ini.

7. Rice bowl udang crispy saus teriyaki

Resep rice bowl udang crispy saus teriyaki
Source: cookpad.com

Rice bowl udang crispy saus teriyaki ini cocok banget untuk kamu yang sedang bosan untuk makan daging sapi atau ayam, nih. Selain mudah untuk dibuat, tentu rasanya juga enak. Penasaran? Cek cara membuatnya di bawah ini!

Bahan

  • 200 g udang, cuci bersih
  • 1 butir putih telur
  • 4-5 sdm tepung terigu
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Kecap asin secukupnya
  • Air es secukupnya
  • Kaldu jamur secukupnya

Bahan saus:

  • 3 sdm saus teriyaki
  • 3 sdm kecap asin
  • 1/2 buah bawang bombay, iris tipis
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Kaldu jamur secukupnya
  • Air secukupnya
  • Tepung maizena secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah lalu masukkan saus tiram, garam, merica, kecap asin, putih telur dan aduk rata.
  2. Campur dengan udang dan aduk hingga rata dan sisihkan.
  3. Masukkan tepung ke dalam wadah dan campur dengan garam, kaldu, dan air es. Aduk dengan tangan hingga adonan merata namun jangan terlalu halus.
  4. Celup udang ke tepung dan goreng dalam minyak panas. Angkat dan sisihkan.
  5. Racik saus terlebuh dahulu. Campurkan saus teriyaki, saus asin, garam, gula, kaldu jamur, air, dan maizena. Aduk hingga semua bahan larut.
  6. Nyalakan kompor, tumis bawang dengan margarin hingga harum dan layu, kemudian tuang saus yang telah diracik. Aduk merata hingga mengental.
  7. Masukkan nasi putih di dalam mangkuk dan sajikan dengan udang yang disiram saus teriyaki.

Itulah beberapa resep rice bowl yang simpel, enak, dan tentunya bikin ketagihan untuk disantap lagi dan lagi. Resep rice bowl ini cocok banget untuk dijadikan menu makan siang atau makan malam. Bahkan, ya, kamu juga bisa membuat rice bowl di atas untuk bekal makan siang ke kantor atau kampus, lho!

Dari ketujuh resep rice bowl di atas, nih, mana rice bowl yang ingin kamu coba? Atau kamu punya resep rice bowl andalan? Share resep favoritmu di kolom komentar, yuk!

CategoriesTak Berkategori
Yuliana

A forever-young-soul human who lives in Jakarta. Travel enthusiast and aurora borealis admirer.

Tinggalkan Balasan