7

7 Resep Mudah Masakan Berbahan Madu | Si Manis yang Bergizi!

Yuk, coba resep masakan berbahan madu ini!

Sejak dulu, madu dikenal memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan kita. Apalagi, di masa pandemi Covid-19 ini madu semakin dicari untuk menjaga imun tubuh.

Rasa manis alami madu pun membuatnya sering dijadikan bahan olahan masakan yang menggiurkan. Bahkan, hidangan dengan saus madu biasanya disajikan dengan harga cukup mahal di restoran, lho.

Resep Olahan Madu yang Mudah dan Nikmat

Nggak perlu ke restoran mewah, kok, untuk menyantap masakan olahan madu yang lezat. Kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan 7 resep masakan berbahan madu di bawah ini.

Selain nikmat dan praktis, masakan olahan madu pastinya juga baik untuk kesehatan kita!

1. Udang Saus Madu

resep masakan berbahan madu - udang saus madu
Source: cookpad.com

Resep masakan berbahan madu yang pertama ini pasti disukai oleh para pencinta seafood. Kolaborasi rasa udang yang segar dengan saus madu yang khas bakal bikin ketagihan!

Bahan

  • 500 g udang
  • 2 sdm madu
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap inggris
  • 2 sdm kecam manis
  • 4 siung bawang putih (cincang)
  • 2 batang bawang daun
  • 50 ml air
  • Cabai sesuai selera

Cara membuat:

  1. Kupas dan bersihkan udang.
  2. Tumis bawang putih hingga harum.
  3. Masukkan udang, masak hingga matang dan berubah warna.
  4. Masukkan madu, kecap manis, kecap inggris, saus tiram, dan cabai, aduk merata.
  5. Tuang air, aduk merata lalu masak hingga mengental.
  6. Tambahkan bawang daun.
  7. Udang saus madu siap disajikan.

2. Ayam Goreng Madu Korea

resep ayam madu korea
Source: youtube.com

Yang suka nonton K-drama atau mukbang Korea pasti nggak asing dengan sajian satu ini. Ayam goreng madu Korea memang selalu tampak menggiurkan! Kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep berikut.

Bahan marinasi ayam

  • 200 g ayam fillet (potong dadu)
  • 1 butir telur
  • 1 sdt bawang putih halus
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1/2 sdt jahe parut
  • 1 sdt minyak wijen
  • 2 sdm santan
  • Garam, gula, merica, penyedap sesuai selera

Bahan adonan tepung kering

  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 cup tepung terigu protein sedang

Bahan saus

  • 4 sdm madu
  • 2 sdm kecap asin
  • 2 sdm minyak wijen
  • 1 sdm gula palem
  • 2 sdt bawang putih halus
  • 2 sdm minyak goreng
  • 3 sdt wijen

Cara membuat:

  1. Campurkan ayam dengan bawang putih, jahe, telur, minyak wijen, maizena, santan, gula, garam, merica, dan penyedap rasa. Marinasi selama minimal 30 menit.
  2. Di wadah lain, campurkan tepung terigu dan maizena.
  3. Celupkan ayam ke dalam tepung kering hingga merata.
  4. Goreng ayam hingga kuning keemasan, jika sudah matang angkat dan tiriskan.
  5. Tumis bawang putih, campurkan semua bahan saus, aduk merata dan masak hingga mengental.
  6. Masukkan ayam yang sudah digoreng, aduk merata.
  7. Ayam goreng madu Korea siap disajikan.

3. Salmon Panggang Madu

resep salmon madu
Source: dinneratthezoo.com

Punya daging salmon, tapi bingung dimasak seperti apa? Yuk, bikin salmon panggang madu! Salmon yang kaya nutrisi dan madu yang nggak kalah bergizi bakal jadi perpaduan yang nikmat dan sehat.

Bahan

  • 4 salmon fillet @ 250 g
  • 4 sdm butter
  • 4 sdm madu
  • 3 siung bawang putih (cincang halus)
  • 2 sdm air perasan lemon
  • Garam sesuai selera
  • Potongan lemon

Cara membuat:

  1. Lelehkan butter di atas Teflon hingga berubah warna.
  2. Masukkan madu dan bawang putih, aduk merata sekitar 1 menit hingga harum.
  3. Masukkan air lemon, aduk kembali.
  4. Masukkan potongan salmon, tuang sebagian sausnya di bagian atas salmon agar bumbu meresap merata.
  5. Tambahkan garam dan lada sesuai selera.
  6. Tambahkan potongan lemon.
  7. Masak hingga salmon matang dan bumbu meresap.
  8. Salmon panggang madu siap disajikan.

4. Tofu Saus Madu

resep tofu saus madu - resep olahan madu
Source: mealthy.com

Resep masakan berbahan madu ini cocok banget untuk anak kost. Kamu juga bisa mengganti bahan daging cincang dengan yang lebih ekonomis, seperti sosis atau kornet. Yuk, coba resep tofu saus madu ini!

Bahan

  • Tofu telur (potong-potong)
  • 150 g daging cincang (bisa ganti sesuai selera)
  • 2 cm jahe (cincang)
  • 1/2 buah bawang bombai (iris tipis)
  • Daun bawang secukupnya
  • 3 sdm tepung maizena
  • Garam dan merica sesuai selera

Bahan saus madu

  • 3 sdm madu
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdm kecap manis
  • 2 sdm kecap asin
  • Garam dan merica sesuai selera

Cara membuat:

  1. Lapisi tofu dengan tepung maizena, garam, dan merica lalu goreng dan sisihkan.
  2. Tumis bawang bombai dan jahe hingga harum.
  3. Masukkan daging cincang, masak hingga berubah warna.
  4. Campurkan bahan saus madu lalu masak bersama daging tadi, tambahkan daun bawang, aduk hingga mendidih.
  5. Masukkan tofu yang sudeh digoreng, aduk-aduk hingga tercampur rata.
  6. Tofu saus madu siap disajikan.

5. Tuna Tahu Tempe Saus Madu

resep tuna tahu tempe saus madu - resep masakan berbahan madu
Source: cookpad.com

Punya tuna, tahu, tempe, tapi bosan digoreng begitu-gitu saja? Coba buat tuna tahu tempe saus madu, yuk! Caranya mudah dan rasanya lezat banget, nih, disantap pakai nasi hangat.

Bahan

  • Tahu putih (potong kotak dadu)
  • Tempe (potong kotak dadu)
  • Ikan tuna fillet (potong kotak dadu)
  • 8 sdm tepung terigu
  • 5 sdm madu
  • 4 sdm saus tiram
  • 4 sdm saus tomat
  • 12 sdm air putih
  • Garam, merica, penyedap sesuai selera
  • Daun bawang secukupnya

Cara membuat:

  1. Bumbui tahu, tempe, dan tuna menggunakan merica dan garam. Diamkan 15-30 menit hingga bumbu meresap.
  2. Bagi tepung terigu di dua wadah. Di wadah satu campur dengan merica dan garam, di wadah kedua campur dengan sedikit air.
  3. Baluri tuna, tahu, dan tempe dengan tepung basah lalu lapisi dengan tepung kering.
  4. Goreng hingga cokelat keemasan, angkat, lalu tiriskan.
  5. Panaskan minyak atau margarin pada wajan, masukan madu, saus tiram, saus tomat, air, garam, dan merica. Aduk hingga merata.
  6. Masukkan tahu, tempe, dan tuna ke dalam saus.
  7. Masak hingga bumbu meresap dan mengental.
  8. Tuna tahu tempe saus madu siap disajikan

6. Ayam Bakar Madu Pedas

resep ayam bakar madu pedas
Source: pinterest.id

Bosan nggak, sih, makan ayam goreng terus? Panggang dengan saus madu pedas saja! Perpaduan saus madu yang lezat dan pedas cabai benar-benar bikin nagih, lho.

Bahan

  • Daging ayam secukupnya (cuci bersih)
  • 5 siung bawang putih
  • 7 butir bawang merah
  • 3 cabai keriting
  • 5 cabai rawit (jumlah bisa disesuaikan)
  • 3 lembar daun jeruk
  • 4 sdm madu
  • 6 sdm kecap manis
  • 2 sdm kecap asin
  • 1 sdm kaldu bubuk
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdm garam
  • 500 ml air
  • Mentega/margarin secukupnya

Cara membuat:

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai keriting, dan cabai rawit.
  2. Tumis bumbu halus, tambahkan daun jeruk dan lada bubuk. Masak hingga harum.
  3. Masukkan madu, kecap manis, kecap asin, saus tiram, kaldu bubuk, dan garam.
  4. Masukkan ayam, masak 45 menit dengan api sedang cenderung kecil sambil dibolak-balik sesekali.
  5. Panaskan mentega di atas teflon, panggang ayam dengan api kecil.
  6. Panggang ayam sambil dibolak-balik hingga matang merata.
  7. Ayam bakar madu pedas siap disajikan.

7. Cumi Bakar Madu

resep masakan berbahan madu - cumi bakar maadu
Source: cookpad.com

Nggak cuma ayam, cumi juga sedap banget dipanggang bersama saus madu! Kamu bisa memanggangnya di Teflon seperti biasa atau membuatnya menjadi sate cumi bakar. Sstt.. Siapa tahu bisa jadi bisnis kuliner rumahan juga, nih.

Bahan

  • 500 g cumi
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 sdm madu
  • 2,5 sdm kecap manis
  • 1 sdm air asam jawa
  • 4 sdm saus sambal

Bahan bumbu halus

  • 5 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt garam

Cara membuat:

  1. Cuci bersih cumi lalu rendam dengan air perasan jeruk nipis selama 15 menit. Kemudian cuci bersih kembali.
  2. Haluskan bumbu halus (bisa diulek atau blender).
  3. Campurkan bumbu halus dengan madu, kecap manis, saus sambal, garam, dan air asam jawa (rendam asam jawa dengan air panas). Aduk hingga tercampur rata.
  4. Masukkan cumi ke dalam campuran saus tadi. Lumuri hingga tercampur rata dan diamkan selama 30 menit.
  5. Olesi Teflon dengan minyak, panaskan wajan.
  6. Masukkan cumi di atas teflon panas, panggang sambil dibolak-balik hingga matang merata.
  7. Cumi bakar madu siap disajikan.

Nah, itu dia 7 resep masakan berbahan madu yang bisa kamu coba di rumah. Bahan-bahannya mudah dan cara memasaknya nggak sulit, bukan? Anak kost juga bisa coba, deh!

Ngomong-ngomong soal masak, kost kamu punya dapur yang nyaman dan memadai nggak, nih? Kalau di coliving Rukita, sih, semua unitnya punya dapur bersama yang lengkap, bersih, dan nyaman, lho!

Rukita Cendrawasih 73 Cengkareng
Rukita Cendrawasih 73 Cengkareng

Salah satunya seperti Rukita Cendrawasih 73 Cengkareng di atas ini. Penasaran dengan unit Rukita lainnya? Yuk, temukan coliving Rukita yang lebih dari hunian biasa di lokasi strategis dengan klik tombol di bawah ini!

Resep olahan madu apa yang paling kamu sukai? Tinggalkan komentar di bawah, yuk!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Qonita Chairunnisa

A passionate SEO content writer with a Journalism background. Been stringing words together for diverse content for years, and aims to keep learning all about SEO and copywriting.

Leave a Reply