5

5 Resep Menu Lebaran Anak Kost yang Mudah Diikuti

resep lebaran anak kost

Ingin masak untuk Lebaran di kost? Simak resep Lebaran anak kost berikut!

Makan bersama keluarga sudah menjadi tradisi lebaran Idul Fitri masyarakat muslim di Indonesia. Setelah salat Id berjamaah serta saling bermaafan maka ketupat dan segala lauknyalah yang dituju!

Namun, sayangnya Lebaran tahun ini terasa berbeda karena adanya pandemi Covid-19. Yang tadinya bisa berkumpul bersama keluarga, kini harus terpisah jarak untuk mencegah penularan virus

resep menu lebaran
Source: pexels.com

Masyarakat diimbau agar tidak mudik untuk mencegah potensi penularan lebih luas lagi. Anak kost pun diharapkan untuk tinggal di kost dan nggak pulang ke rumah selama Ramadan dan lebaran tahun ini.

Nah, bagi anak kost yang nggak bisa pulang ke rumah pada Lebaran kali ini, jangan bersedih! Kamu tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga melalui video call dan telepon, bukan?

Agar suasana lebaran semakin terasa, jangan lupa juga untuk membuat masakan khas Lebaran di kost, nih. Rukita punya resep praktisnya, lho!

Resep Menu Lebaran ala Anak Kost

Kali ini Rukita mau bagi-bagi resep Lebaran praktis anak kost yang bisa kamu coba. Langkah-langkahnya mudah untuk diikuti, kok. Yuk, simak di bawah ini!

1. Sambal goreng kentang ati

resep lebaran anak kost - sambal goreng kentang
Source: cookpad.com

Bagi pencinta pedas pasti nggak bisa absen, deh, dari menu khas Lebaran satu ini. Kamu pun bisa membuatnya sendiri di kost, lho! Yuk, coba resepnya di bawah ini.

Bahan

  • Kentang secukupnya (kupas, potong dadu)
  • Ampela hati (cuci, potong dadu)
  • 1 lembar daun salam
  • 1 lembar daun jeruk
  • 3 cm lengkuas (memarkan)
  • Kecap manis secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus

  • 5 buah cabai merah
  • 3 buah cabai rawit
  • 6 siung bawang putih
  • 8 butir bawang merah
  • 4 butir kemiri
  • Garam, gula, kaldu bubuk sesuai selera

Cara membuat:

  1. Goreng kentang hingga matang, sisihkan.
  2. Rebus hati ampela dengan garam, lalu goreng, dan sisihkan.
  3. Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan kemiri.
  4. Tambahkan garam, gula, dan kaldu bubuk pada bumbu halus.
  5. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun jeruk, daun salam, dan lengkuas.
  6. Masukkan kentang dan hati ampela yang sudah digoreng.
  7. Tambahkan kecap manis, aduk rata hingga tercapur sempurna.
  8. Masak kira-kira 10 menit hingga bumbu meresap.
  9. Sambal goreng kentang ati siap disajikan.

2. Semur telur

resep lebaran anak kost - semur telur
Source: YouTube.com

Jika daging dirasa terlalu mahal untukmu, kamu juga bisa menggantinya dengan telur untuk menu semur. Caranya cukup praktis dan mudah, kok! Kamu tinggal menambahkan kondimen lainnya seperti kentang atau tahu sesuai selera.

Bahan

  • 5 butir telur (bisa disesuaikan)
  • 4 sdm gula aren
  • Kecap manis
  • 1 sdm garam
  • 500 ml air
  • Minyak goreng secukupnya
  • 2 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam

Bumbu halus

  • 3 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 2 cm kayu manis
  • 3 cm lengkuas
  • Merica secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus telur hingga matang, sisihkan.
  2. Haluskan bumbu halus lalu tumis dengan daun jeruk dan daun salam.
  3. Jika sudah harum, masukkan air.
  4. Tambahkan kecap, garam, dan gula.
  5. Masukkan telur, aduk merata hingga telur berwarna cokelat dan bumbu meresap.
  6. Jika sudah matang, saring kuah saat menuangnya ke mangkuk.
  7. Semur telur siap disajikan.

3. Kentang kering balado

resep kentang kering balado - resep lebaran anak kost
Source: pinterest.com

Siapa, sih, yang nggak suka kentang kering balado? Selain praktis, menu yang biasa disebut ‘kentang mustofa’ ini juga bisa kamu simpan di stoples cukup lama. Tapi, bisa-bisa cepat habis, nih, karena bikin nagih banget!

Bahan

  • Kentang secukupnya (parut atau potong tipis-tipis)
  • 4 lembar daun jeruk
  • 3 sdm gula
  • 1 lembar daun salam
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk sesuai selera

Bumbu halus

  • 3 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 10 cabai merah
  • 10 cabai rawit merah

Cara membuat:

  1. Cuci kentang 2-3 kali untuk menghilangkan getahnya.
  2. Goreng kentang hingga kering di atas api sedang hingga berwarna kecokelatan.
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai.
  4. Tumis bumbu halus dengan minyak, tambahkan gula dan garam secukupnya.
  5. Masukkan daun jeruk, daun salam, air asam jawa, dan kaldu bubuk.
  6. Aduk merata dan masak di atas api kecil atau sedang hingga bumbu meresap.
  7. Kentang kering balado siap disajikan.

4. Opor ayam kuah susu

resep opor ayam kuah susu - resep menu lebaran
Source: cookpad.com

Lebaran tak lengkap rasanya tanpa opor ayam. Alih-alih menggunakan santan, kamu juga bisa membuat opor dengan kuah susu, lho. Yuk, simak resepnya berikut!

Bahan

  • 1/2 ekor ayam
  • 200 ml susu cair
  • 200 ml air
  • 1/2 buah jeruk nipis
  • Gula secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1 ruas lengkuas (geprek)
  • 1 batang serai (geprek)
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam

Bumbu halus

  • 2 siung bawang putih
  • 5 butri bawang merah
  • 1 ruas kunyit (bakar)
  • 2 butir kemiri (sangrai)
  • 1/4 jintan
  • Lada, garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis, diamkan 10-15 menit lalu bilas.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan serai, lengkkuan, daun salam, dan daun jeruk. Aduk merata.
  3. Masukkan ayam pada bumbu halus, masak hingga berubah warna.
  4. Masukkan air, masak hingga empuk.
  5. Tambahkan susu dan gula sambil diaduk.
  6. Tambahkan garam dan kaldu bubuk sesuai selera, masak hingga mendidih dan matang.
  7. Opor ayam siap disajikan.

5. Sayur labu siam

resep menu lebaran - sayur labu siam
Source: cookpad.com

Resep Lebaran anak kost yang terakhir ini juga nggak boleh ketinggalan. Rasanya yang sedap dan warna kuahnya yang menggoda membuat makanmu semakin lahap, deh! Yuk, coba resepnya di bawah ini.

Bahan

  • 2 buah labu siam (potong panjang)
  • 1/2 papan tempe (potong)
  • Telur puyuh secukupnya
  • 1 batang serai (geprek)
  • 2 cm lengkuas (geprek)
  • 1 bungkus santan cair
  • 2 lembar daun salam
  • Gula, garam, kaldu bubuk secukupnya

Bumbu halus

  • 4 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 5 buah cabai rawit
  • 5 buah cabai merah
  • 3 cm kunyit
  • 2 butir kemiri
  • 1 cm jahe

Cara membuat:

  1. Cuci labu siam dengan garam hingga getah hilang.
  2. Goreng tempe dan telur sebentar.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun salam, serai, lengkuas.
  4. Tambahkan gula, garam, kaldu bubuk secukupnya.
  5. Masukkan air, aduk rata.
  6. Masukkan labu, masak hingga matang.
  7. Masukkan telur dan tempe, masak hingga mendidih.
  8. Masukkan santan, aduk hingga mendidih kembali dan santan matang.
  9. Sayur labu siam siap disajikan.

Itulah 5 resep Lebaran anak kost yang bisa kamu buat. Kapan lagi, kan, masak spesial seperti ini di kost? Selamat mencoba!

Apakah kamu punya resep atau menu andalan setiap Lebaran? Tinggalkan komentarmu di bawah, yuk.

Qonita Chairunnisa

A passionate SEO content writer with a Journalism background. Been stringing words together for diverse content for years, and aims to keep learning all about SEO and copywriting.

Leave a Reply