G

Gurih Bikin Nagih, Ini 7 Resep Olahan Ikan Asin yang Wajib Kamu Coba

resep ikan asin

Yang suka ngeliwet mungkin nggak asing lagi dengan ikan asin. Makanan satu ini biasanya disajikan dengan sayur asem dan lalapan. Sesuai dengan namanya, ikan asin memiliki rasa yang asin dan sedikit gurih, tergantung cara mengelolanya. 

Sebenarnya, sih, ikan asin merupakan salah satu metode mengawetkan daging ikan dengan cara menambahkan banyak garam. Biasanya, cara ini dilakukan oleh para nelayan atau orang yang tinggal di pesisir lautan agar ikan hasil tangkapan mereka bisa bertahan lama hingga berbulan-bulan. 

Resep ikan asin
Source: Pinterest

Nah, untuk kamu yang sering makan ikan asin tapi nggak kuat dengan rasa garam yang tajam, berikut ini beberapa tips mengurangi rasa asin dari ikan asin.

  1. Rendam dengan air hangat selama 15-20 menit
  2. Rendam menggunakan air yang dicampur sedikit garam selama 10-20 menit
  3. Rendam dengan kertas roti selama 10-20 menit

Resep dengan Ikan Asin yang Enak dan Gampang 

Setelah mengetahui cara mengurangi rasa asin dari ikan asin, sekarang saatnya mengolah ikan asin. Simak beberapa rekomendasi olahan dengan ikan asin di bawah ini, yuk. 

1. Nasi bakar sambal jambal 

Resep ikan asin
Source: Pinterest

Kamu mau makan bareng teman dan keluarga tapi takut keluar rumah karena masih pandemi? Atau kamu sedang ingin menyantap masakan khas Sunda? Kalau jawabannya iya, kamu bisa membuat nasi liwet bakar ikan jambal di rumah, nih. Cek resepnya di bawah, ya. 

Bahan isian

  • 50 g ikan asin jambal, potong dadu dan cuci bersih
  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabai  merah, iris menyerong 
  • ½ batang serai, iris tipis
  • ¼ bawang daun, iris tipis
  • ¼ tempe, potong panjang   
  • 1 buah daun salam
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Kecap asin secukupnya

Bahan nasi gurih

  • 1 ¼ cup beras, cuci bersih 
  • 1 batang serai
  • 2 helai daun salam
  • 1 cabai rawit, iris menyerong 
  • 65 ml santan
  • Garam secukupnya
  • Kaldu jamur secukupnya

Bahan pembungkus

  • Daun pisang
  • Tusuk gigi

Cara membuat:

  1. Masukkan beras dalam rice cooker, tambahkan serai, daun salam, irisan cabai, santan, dan kaldu jamur. Aduk dan masak hingga matang.
  2. Siapkan wajan, tumis ikan jambal dan tempe hingga wangi. 
  3. Masukkan bawang merah dan bawang putih dan tumis hingga harum. Tambahkan cabai, garam, gula dan daun salam.
  4. Beri sedikit air, kecap manis dan daun bawang. Aduk hingga matang merata, angkat dan sisihkan.
  5. Siapkan daun pisang yang sudah dibersihkan, panggang di atas kompor sebentar agar sedikit layu.
  6. Tuangkan nasi gurih di atas daun pisang, diikuti tumisan ikan jambal di atasnya. Bungkus nasi menggunakan tusukan dan panggang di atas Teflon hingga harum.

2. Spaghetti dengan teri 

Resep olahan ikan asin
Source: sweetcaramelsunday.com

Gimana jadinya kalau ikan asin dimasak bersama pasta? Ternyata, ya, ikan teri juga bisa dipadukan dengan spaghetti. Agar ikannya nggak terlalu asin, kamu bisa merendamnya terlebih dulu dalam air panas, ya. Rasa asin dari ikan bisa membuat cita rasa yang unik pada pasta. Penasaran ingin mencicipinya, kan?

Bahan

  • 250 g spaghetti
  • 500 g ikan teri
  • 3 siung bawang putih, potong cacah kecil 
  • 1 sdm chili flakes 
  • 1 cup rebusan air pasta
  • Virgin oil atau minyak lainnya, secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Daun seledri secukupnya
  • Keju cheddar secukupnya
  • Lada hitam secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus spaghetti dalam panci, lalu beri sedikit garam dan minyak agar tidak lengket. Masak hingga matang sesuai selera. Angkat, tiriskan, dan sisihkan 1 gelas air rebusan pasta. 
  2. Siapkan panci, lalu tumis ikan teri, bawang putih cacah, chili flakes, garam, dan lada hitam. Masak hingga harum.
  3. Masukkan air rebusan spaghetti secukupnya, kemudian tambahkan spaghetti.
  4. Tambahkan daun seledri yang telah dicacah. Aduk hingga rata.
  5. Angkat dan sajikan selagi hangat.

BACA JUGA: 5 Martabak Legendaris di Jakarta dengan Bentuk Unik dan Lezat!

3. Tumis tauge ikan asin

Resep ikan teri
Source: lindacravings.blogspot.com

Yang sering makan di warteg pasti nggak asing dengan menu satu ini. Tumis tauge ikan asin punya cita rasa sederhana yang bikin ketagihan. Buat kamu yang ingin menyantap makanan ini juga, simak resep ikan asin tumis tauge berikut ini. 

Bahan

  • 100 g ikan asin teri
  • 200 g tauge
  • 5 buah cabe merah, iris tipis
  • 5 buah cabe hijau, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis 
  • 4 siung bawang merah, iris tipis
  • 1 buah tomat hijau
  • 3 iris lengkuas
  • Daun bawang secukupnya
  • Bawang goreng secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara membuat: 

  1. Siapkan wajan, tumis ikan asin yang telah dibersihkan. Tambahkan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau, dan lengkuas. Tumis bahan hingga harum.
  2. Tambahkan tauge, air secukupnya, tomat hijau, dan daun bawang. Masukkan garam dan gula secukupnya. Tumis hingga matang. 
  3. Angkat dan sajikan dengan bawang goreng.

4. Peyek rakik maco 

resep ikan asin
Source: detiks.github.io

Camilan khas Sumatera Barat ini terkenal dengan rasanya yang gurih. Nggak hanya disantap sebagai kudapan, peyek rakik maco juga bisa dimakan dengan nasi putih hangat. Buat kamu yang penasaran dengan resep olahan ikan asin ini, intip bahan dan cara membuatnya di bawah, ya.

Bahan

  • 500 g tepung beras
  • 3 sdm tepung tapioka
  • 200 gram ikan asin moco
  • 2 lbr daun kunyit iris halus
  • 1 butit telur
  • 700 ml air
  • Garam secukupnya
  • Bubuk penyedap secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 1 sdm cabe giling
  • 5 siung bawang putih 
  • 5 buah kemiri
  • 1 sdm ketumbar bubuk
  • 1 sdm air kapur sirih

Cara membuat:

  1. Blender semua bahan bumbu halus. Sisihkan.
  2. Siapkan wadah, campurkan tepung tapioka, tepung beras, bumbu halus. 
  3. Masukkan daun kunyit, telur, garam, penyedap rasa, dan air, kemudian aduk rata.
  4. Tambahkan ikan asin maco lalu aduk kembali.
  5. Goreng di api panas hingga warna peyek berwarna keemasan dan garing. Angkat, tiriskan hingga dingin. 

BACA JUGA: 5 Resep Sayur ala Anak Kost untuk Buka Puasa | Mudah dan Bergizi!

5.  Ikan asin cuwe sambal hijau

Resep ikan asin
Source: Cookpad.com

Buat kamu penggemar masakan pedas, resep ikan ikan satu ini nggak boleh sampai terlewat. Tumis ikan asin cuwe dengan sambal hijau ini bisa jadi referensi menu makan siang, nih. Hati-hati kalau sampai ketagihan, deh!

Bahan

  • 6 ekor ikan asin cuwe, cuci bersih
  • 10 buah cabai hijau keriting, potong memanjang
  • 5 buah cabai rawit merah, potong memanjang
  • 2 buah tomat hijau, iris sedang
  • 5 siung bawang merah, iris tipis 
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 buah bawang bombai, iris tipis
  • Garam secukupnya

Cara membuat: 

  1. Goreng ikan asin cuwe setengah matang. Angkat dan sisihkan.
  2. Tumis cabai hijau, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, dan bawang bombai hingga harum. Tambahkan garam dan bumbu penyedap sesuai selera.
  3. Masukkan ikan asin dan beri sedikit air.
  4. Terakhir, tambahkan potongan tomat dan masak hingga matang.

6.  Sambal ikan asin

Resep ikan asin
Source: Resep Koki

Ikan asin tentunya bisa juga diolah menjadi sambal pedas yang menggugah selera. Resep sambal ikan asin sebenarnya bisa menggunakan berbagai macam jenis ikan, namun kali ini kita akan menggunakan ikan asin teri berukuran besar, ya. Sambal ikan asin ini juga bisa dijadikan “senjata” andalan kalau kamu kehabisan lauk, lho.

Bahan

  • 500 g ikan asin teri besar
  • 6 buah cabai merah
  • 5 buah cabai hijau
  • 5 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 1 buah tomat merah
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnnya
  • Minyak secukupnya untuk menumis

Cara membuat:

  1. Goreng ikan asin hingga matang, angkat dan sisihkan.
  2. Blender kasar cabai merah, cabai hijau, bawang merah, bawang putih, dan tomat merah.
  3. Tumis bahan yang telah dihaluskan hingga harum.
  4. Masukkan ikan asin ke dalam bumbu, tambahkan garam dan gula secukupnya. Masak hingga matang.
  5. Angkat dan sajikan dengan nasi hangat.

7. Nasi goreng ikan teri medan

Resep ikan asin
Source: Pinterest

Kamu bosan makan nasi goreng dengan bumbu bawang dan cabai saja? Resep nasi goreng ikan asin teri medan bisa jadi pilihan yang tepat, nih. Rasa asin dan gurih dari ikan teri dijamin bikin kamu ketagihan untuk makan lagi dan lagi. Jangan lupa makan bersama kerupuk, ya!

Bahan

  • 1 porsi/piring nasi putih
  • 3 sdm teri medan
  • 3 buah cabe merah, iris menyerong
  • 3 siung bawang merah 
  • 2 siung bawang putih
  • 1 butir telur
  • 1 sdt kecap
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt penyedap rasa ayam 
  • Kol secukupnya (optional)

Cara membuat :

  1. Goreng ikan teri hingga matang, lalu angkat dan sisihkan. 
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, dan irisan cabai, aduk hingga harum. 
  3. Masukkan telur lalu masak orak arik, kemudian tambahkan kol yang diiris tipis.
  4. Masukkan nasi, garam, dan bumbu penyedap. Tambahkan kecap sesuai selera dan aduk rata, lalu tambahkan ikan teri yang telah digoreng.
  5. Angkat dan sajikan dengan irisan timun dan bawang goreng. 

Itu beberapa resep ikan asin yang wajib kamu coba. Resep ini juga cocok buat kamu yang sedang menghemat bujet di kala dompet sedang menipis, tuh. Jangan lupa bagikan resep ini dengan teman-teman yang suka makan ikan asin juga, ya!

Paling asyik kalau kamu bisa langsung mencoba resep ikan asin ini, tuh. Kamu yang anak kost, punya dapur di kostan nggak? Kalau anak kost yang tinggal di kost coliving Rukita, sih, nggak perlu bingung kalau mau masak sendiri. Pasalnya, ya, pasti ada dapur di setiap hunian Rukita. Jadinya kamu bisa bebas memasak menu favorit.

Rukita Bunda Mampang Prapatan
Rukita Bunda Mampang Prapatan

Seperti dapur bersama di Rukita Bunda Mampang Prapatan yang lengkap dan bersih, nih. Kamu bisa memasak menu sarapan hingga makan malam atau sahur dan berbuka di sini. Selain itu, ada juga area komunal yang bisa dijadikan tempat makan, ngobrol, atau kerja, lho.

Rukita Bunda Mampang Prapatan
Rukita Bunda Mampang Prapatan

Harga sewanya mulai dari Rp2,7 juta per bulan (harga promosi) dengan fasilitas kamar fully furnished, kamar mandi dalam, AC, WiFi, dan tentu kamar yang lapang. Mau mandi dengan air panas? Di sini juga ada fasilitas water heater. Harga di atas sudah termasuk biaya listrik dan internet, lho.

Rukita Bunda Mampang Prapatan
Rukita Bunda Mampang Prapatan

Ingin tinggal di Rukita Bunda Mampang Prapatan yang strategis ini? Klik tombol di bawah atau ketik link berikut di browser kamu: bit.ly/Rukita-Bunda-Mampang



Penasaran terhadap unit coliving Rukita yang tersebar di lokasi strategis di Jakarta, Bekasi, Depok, dan Tangerang? Yuk, kunjungi www.Rukita.co atau tanya-tanya langsung ke Nikita (customer service Rukita) di +62 811-1546-477.

Jangan lupa juga follow Rukita di Instagram @Rukita_Indo serta Twitter @Rukita_Id untuk dapat info dan promo terbaru.

Kamu suka olahan dengan ikan asin nggak? Kalau suka, tulis resep ikan asin versi kamu di kolom komentar, yuk!

Yuliana

A forever-young-soul human who lives in Jakarta. Travel enthusiast and aurora borealis admirer.

Leave a Reply