8

8 Penyebab Karyawan Gak Betah di Tempat Kerja | Apakah Kamu Juga Termasuk?

Apa kamu juga mengalaminya?

Ngantor dengan perasaan gak nyaman itu bikin gak betah di tempat kerja. Selain jadi gak semangat, setiap hari pasti kita ada beban tersendiri.

Kadang, tak sedikit karyawan atau pegawai yang bimbang antara bertahan atau mau resign saja. Bisa-bisa kalau begini pekerjaanmu juga jadi tidak maksimal.

Bukan soal kuat atau tidak kuat, lho! Tapi, ketika kita mengerahkan dengan maksimal semua tenaga dan pikiran seharusnya setimpal pula dengan kenyamanan yang didapatkan.

Penyebab Karyawan Tak Betah di Tempat Kerja

Source: timesjobs.com

Nah, biasanya para karyawan yang gak betah di tempat kerja punya berbagai macam alasan. Kira-kira apa saja ya penyebab yang bikin gak betah di tempat kerja?

Yuk, simak di bawah ini! Apa kamu merasakan salah satunya?

1. Gaji tak seberapa, workload gak ada habisnya

Source: medium.com

Rasanya apes banget deh saat kita harus menjalani pekerjaan yang ternyata di luar ekspektasi. Ibaratnya, kita sudah mengerahkan 100% tenaga dan pikiran, tapi hanya dihargai 10%.

Hal yang seperti ini tak jarang lho jadi penyebab gak betah di tempat kerja. Pekerjaan yang baik adalah saat kita menerima penghargaan yang sepadan dengan tanggung jawab yang kita emban.

2. Sikap bos yang ‘ada-ada saja’

Source: myfatpocket.com

Ada tipe bos yang suka melimpahkan pekerjaan lebih bahkan ketika kita sedang cuti. Ada juga bos yang kalau memberi perintah kata-katanya gak ngenakin dan nyelekit. Atau, ada pula bos yang gak mau menerima saran dari bawahannya.

Sikap bos yang sedemikian rupa dan ‘ada-ada saja’ ini tak jarang membuat karyawan gak betah di tempat kerja. Tapi ingat, gak semua bos kayak gini kok!

3. Rekan kerja yang iri/berniat menjatuhkan

Source: express.co.uk

Di dunia kerja, kita pasti akan menemui berbagai macam tipe rekan. Dari yang saling support, hingga yang ‘membahayakan’ posisimu dengan cara yang tidak sehat.

Nyatanya, gak sedikit pegawai yang gak betah di tempat kerja karena kolega yang berniat menjatuhkan, baik secara langsung atau diam-diam alias muka dua. Duh, siapa sih yang betah kalau begini?

4. Tak bisa berkembang, malah tertekan

Source: Pexels.com

Salah satu ciri pekerjaan yang tidak sehat adalah yang membuatmu sulit untuk berkembang. Apa lagi kalau kita malah merasa tertekan setiap kerja, mumet banget rasanya!

Cepat atau lambat kita pasti merasa gak betah di tempat kerja. Jika kamu ada di posisi ini lebih baik pikirkan dengan bijak karena bisa-bisa berdampak pada kesehatan juga lho!

5. Kualitas hidup berkurang

Source: dare2compete.com

Workload yang di luar batas bisa-bisa menyita waktu pribadimu hingga kualitas hidup berkurang. Kerja keras boleh, tapi jangan sampai kamu jadi tak punya waktu untuk ‘hidup’ ya!

Apa lagi jika pekerjaannya memaksamu untuk melewatkan hal-hal penting dalam hidup. Kalau sudah begini, gak hanya tenagamu yang terkuras, tapi juga kesehatan dan pikiran.

6.  Jarak kantor terlalu jauh

Source: motoringsearch.com

Jarak kantor yang terlalu jauh bisa menjadi salah satu penyebab gak betah di tempat kerja. Selain berat di ongkos, tenaga kita juga jadi keburu habis di jalan, apa lagi kalau terkena macet.

Kalau sudah begini pasti rasanya pengen nge-kost atau tinggal di apartemen saja. Salah satu solusi yang paling asyik sih tinggal di hunian co-living Rukita!

Selain bisa menghemat waktu perjalanan ke kantor, kamu juga bakal menikmati fasilitas hunian yang nyaman dan desain super keren. Anti stress deh!

Segera hubungi Rukita di 08111546477 atau cek di daftar lokasi coliving Rukita untuk info lengkapnya, biar bisa ngantor tanpa stres karena lelah di jalan!

7. Budaya kantor yang buruk

Source: biospace.com

Pekerjaannya sih enak, tapi budaya kantornya bikin gak nyaman. Siapa nih yang berada di posisi ini?

Budaya yang buruk bisa-bisa membuat kita gak betah di tempat kerja. Apa lagi kalau lingkungan kantor suka bergosip satu sama lain, duh salah-salah kata dikit bisa jadi bahan omongan.

Ingat, jangan sampai budayanya yang tak baik membuatmu jadi terbawa kebiasaan buruk lho!

8. Status sosial kental

Source: Pexels.com

Mirip-mirip dengan nomor 7, penyebab gak betah yang satu ini juga sering dialami karyawan. Hal ini bisa terlihat dari status sosial dan hierarki yang kental di kantor.

Terkadang, suasana kantor pun tetap saja asing walaupun kita sudah mencoba membaur. Kalau lingkungannya memang tidak friendly, mau gimana lagi?


Itu dia 8 penyebab karyawan tak betah di tempat kerja. Jika kamu mengalami salah satunya, semoga kamu dapat mengambil keputusan yang matang ya!

BACA JUGA: Ingin Lebih Bahagia di Tempat Kerja? Coba Tinggal di Dekat Kantor

Tags
Qonita Chairunnisa

A passionate SEO content writer with a Journalism background. Been stringing words together for diverse content for years, and aims to keep learning all about SEO and copywriting.

Leave a Reply