5

5 Cara Memotong Rambut Sendiri di Rumah untuk Berbagai Jenis Rambut | Simak Tips Lengkapnya!

Cara memotong rambut sendiri di rumah

Pasti kita semua sudah benar-benar kangen untuk pergi ke salon atau tukang cukur, namun mungkin di kotamu belum bisa akibat PSBB. Lalu bagaimana mengatasi rambut yang sudah tumbuh liar dan bad hair day yang terjadi setiap hari? Memotong rambut sendiri sebenarnya memungkinkan, lho!

Asalkan tahu teknik memotong rambut sendiri yang benar, hasilnya pasti nggak seburuk yang kamu bayangkan, kok. Kalau rambutmu sudah benar-benar berantakan dan kering, ya, memang mau nggak mau harus dipotong. Apalagi menjelang Lebaran, kan?

Trik Memotong Rambut Sendiri di Rumah

Yuk, daripada rambutmu berubah jadi ‘rambut singa’ yang kasar saatnya belajar memotong rambut di sini. Jangan berharap kamu bisa memotong dengan berbagai model seperti di salon, ya, utamakan kerapian saja sampai bisa ke salon lagi.

1. Persiapan dan perlengkapan yang harus ada

  1. Gunting runcing: Kamu nggak harus beli gunting salon, kok, asalkan ada gunting yang runcing dan ujungnya tajam. Gunting yang tajam akan membantu potongan ujung rambutmu lebih rapi saat di-trim.
  2. Hair clipper: Buat orang-orang yang ingin berambut pendek sekali, kalian pasti membutuhkannya. Jika ingin membelinya pilihlah clipper berkualitas yang memiliki gigi 1-5 atau 1-7.

2. Tips sebelum memotong rambut sendiri di rumah

  • Minta bantuan orang lain. Memotong rambut sendiri di depan kaca itu cukup sulit, apalagi kalau mau menyeimbangkan potongannya. Untuk amannya, sih, mintalah bantuan saudara atau orangtuamu.
  • Potong rambut di depan kaca sendirian dengan peralatan seadanya lebih gampang dilakukan pada rambut lurus. Kalau rambutmu bertekstur dan keriting biasanya lebih sulit, namun kalau mau coba silakan saja.
  • Perhatikan tekstur rambut, jika rambutmu lurus, potong rambut ketika masih agak basah. Dengan begini rambutmu akan terpotong rapi. Sedangkan kalau rambutmu keriting atau bergelombang, potonglah saat kering, agar kamu tahu hasilnya seperti apa.
  • Potong lebih sedikit dari yang kamu inginkan. Kamu bisa memotongnya lagi kalau kurang puas, namun kalau kependekan nggak bisa kamu kembalikan, kan? Jadi potong sedikit-sedikit dulu, deh.
  • Jangan potong langsung secara horizontal. Kalau kamu lihat di film-film biasanya mereka memotong rambut langsung secara horizontal, kan? Bentuknya pasti nggak rata, kok. kalau di dunia nyata, jadi potong sedikit demi sedikit.

Berbagai Cara Memotong Sendiri untuk Semua Jenis Rambut

Sebelum mulai memotong rambut, nih, jangan lupa untuk mencuci dan melembapkannya. Tunggu sampai rambut agak kering (untuk rambut panjang) atau rambut kering sepenuhnya (untuk rambut bertekstur) sebelum memotongnya.

Sisir rambutmu dengan rapi, ya, jangan sampai ada yang kusut! Kalau malas cuci rambut, kamu bisa membasahinya dengan air yang ditaruh di dalam botol spray.

1. Cara memotong poni

Tidak dianjurkan untuk memotong poni sendiri kalau kamu belum pernah memiliki poni sebelumnya. Poni sangatlah sulit untuk dipotong secara benar dan belum tentu juga cocok dengan wajahmu, plus tumbuhnya juga lama banget! Jadi jangan potong sembarangan, ya.

Namun, boleh saja kalau kamu mau trim atau merapikan ponimu karena sudah kepanjangan. Tonton tutorial di atas untuk merapikan poni ala ‘gorden’ yang lebih panjang di bagian sisi-sisinya. Siapkan saja gunting runcing, lalu potonglah dengan gunting menghadap ke atas dan bantuan sisir kecil.

Jangan lupa pakai jepit rambut atau ikat rambut agar poni terlihat jelas. Potong poni dalam keadaan kering, dan potong sedikit-sedikit karena poni biasanya akan terpotong lebih pendek dari yang kamu kira.

2. Memotong rambut lurus dan panjang

Bagi rambutmu dalam beberapa bagian, lalu gunakan jepit rambut. Umumnya akan ada 3 bagian, yaitu bagian sisi samping depan yang membingkai wajah, bagian belakang telinga ke atas, dan bagian belakang.

Potong satu bagian saja dulu yang dimulai dari bagian belakang. Tentukan mau kamu potong sepanjang apa. Video di atas akan menunjukkan bagaimana melakukan trim bagi rambut layer dan cara memotongnya adalah dengan membawa rambut ke pundak. Kemudian potong dengan gunting menghadap ke atas di bagian ujung rambut untuk memberikan tekstur.

Sedangkan video ini menunjukkan bagaimana kamu melakukan trim untuk rambut lurus rata. Kemudianm tutorial selanjutnya adalah bagaimana memberikan layer dengan bantuan orang lain. Kamu bisa memilih cara mana saja yang mudah bagi kamu.

3. Memotong rambut bertekstur atau keriting

Untuk rambut keriting atau bergelombang, nih, memotong sendiri di rumah pasti lebih sulit. Namun, jika ujung-ujung rambutmu sudah sangat kering atau butuh dijaga bentuk dan panjangnya, kamu bisa melakukan trim. Kalau rambut tidak bermasalah, sih, lebih baik tunggu sampai salon buka lagi saja.

Agar rambutmu tidak mudah rusak, ya, sebisa mungkin kurangi menggunakan alat-alat panas dan produk-produk kimia di rambut. Lakukan creambath di rumah agar rambutmu tetap lembap dan ternutrisi. Kalau takut rambut cepat panjang, jangan pakai produk yang mengklaim dapat memanjangkan rambut.

Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara trim rambut keriting, nih, ikuti video di atas. Video ini dibuat oleh seorang hairdresser sehingga saran yang dia berikan pasti tepat untuk menjaga rambut keriting indahmu.

4. Memotong rambut pendek dengan gunting

Kalau memilih potongan rambut model side mens hair cut, kamu perlu memotongnya menggunakan gunting. Disarankan untuk meminta tolong orang lain karena lebih mudah membuat kesalahan apabila memotong menggunakan gunting daripada clipper.

Yang kamu perlukan adalah gunting potong rambut atau gunting yang berujung sangat runcing. Siapkan juga sisir kecil dan beberapa jepit rambut untuk sectioning.

Berbeda dari mencukur rambut menggunakan clipper, tuh, kamu harus membasahi rambut agar potongan lebih rapi. Potong sedikit demi sedikit, ya, agar tidak banyak membuat kesalahan. Tonton video di atas untuk melakukan potong rambut dengan hasil yang klasik dan low maintenance, namun rapi.

5. Memotong dengan clipper

Untuk memotong rambut pendek menggunakan clipper, tuh, lebih baik ada orang lain yang membantu. Namun, kalau tidak ada kamu tinggal siapkan dua buah kaca untuk melihat rambut bagian belakang dan depan.

Pakai clipper yang memiliki beberapa jenis gigi dan sediakan hair clip serta sisir kecil agar rapi saat membagi rambut menjadi beberapa bagian. FYI, kamu juga memerlukan sisir kecil yang berujung tajam bila memiliki sisa bagian rambut yang tidak memerlukan clipper.

Pastikan kamu memangkas rambut yang kering karena rambut yang basah bisa menyumbat clipper, dan malah membuatnya rusak. Kalau kamu kesulitan membagi rambut, kamu bisa memakai sedikit air di dekat akar rambut, tetapi jangan membasahi rambut.

Latihan gerakan mencukur dulu, yaitu ke atas dan ke luar. Jangan sampai salah dan membuat rambutmu botak! Saat memotong daerah dekat telinga, tuh, hati-hati banget. Jangan sampai memotong telinga!


Pasti kamu akan merasa deg-degan kalau harus memotong rambut sendiri di rumah, meskipun sudah dibantu oleh orang lain. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati agar tidak ada banyak rambut yang terpotong.

Kasih tahu, ya, hasilnya bagaimana dengan meninggalkan tulisan di kolom komentar! Kamu mau tahu tips perawatan di rumah apa lagi nih?

SHARE
Chikitta Carnelian

Lifestyle content writer by day, and researcher by night. Care about mental health, the environment, and healthy lifestyle. Love pastries too much and enjoy trying different brunch places and nice bars. In the journey to consume less meat.

Leave a Reply