K

Kamu Tim Masak Bareng atau Potluck di Kost? Cek Kelebihannya, Yuk!

potluck atau masak sendiri

Masak bareng teman atau potluck punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing, tuh.

“Makan apa, ya, hari ini?”

Pertanyaan itu pasti sering banget terdengar saat anak kost ngumpul. Biasanya, sih, pilihan akan jatuh ke tempat makan favorit semua orang.

masak bareng teman atau potluck di kost
source: Medium

Tapi kalau hampir setiap hari makan di tempat yang sama, nih, masa nggak bosan?

Untuk mengatasi kebosanan menyantap makanan yang itu-itu saja sebenarnya kamu bisa memasak saat ngumpul bareng teman. Hasil masakan lebih bervariasi, sementara pengeluaran juga lebih hemat karena bisa patungan untu membeli bahan makanan.

masak bareng teman atau potluck di kost
Source: IDN Times

Nah, bisa juga memakai sistem potluck, tuh. Setiap orang hanya perlu mengumpulkan atau membawa makanan dengan jenis berbeda untuk disantap bareng, deh.

Masak Bareng Teman Vs Potluck di Kost

Masih bingung mau masak bareng teman atau potluck saja? Sebelum bikin acara seru bareng teman kost, yuk, intip dulu kelebihan dan kekurangan masing-masing agar nggak bikin mager.

1. Kerja sama

masak bareng teman atau potluck di kost kerja sama
source: Lianda Marta

Sisi kerja sama akan sangat kamu rasakan jika memasak bareng teman-teman kost. Ada yang tugasnya memotong bahan-bahan makanan, memasak, hingga mencuci perkakas. Benar-benar kolaborasi yang apik, deh!

Sedangkan dalam potluck nggak terlihat kerja sama dan unsur kekompakan dibanding memasak makanan bareng teman kost. Pasalnya semua makanan sudah tersedia saat acara potluck bersama teman.

2. Hemat

masak bareng teman atau potluck di kost hemat
source: Hipwee

Hal kedua yang menjadi pertimbangan antara memasak bersama atau potluck di kost adalah faktor finansial. Tentunya bujet jadi hal penting buat anak kost. Kalau bisa hemat, kenapa nggak?

Kelebihan masak bareng teman-teman kost bisa lebih berhemat. Kamu pasti akan patungan menyisihkan uang untuk membeli bahan makanan di pasar atau supermarket.

Semakin banyak yang ikutan memasak, maka makin murah. Jadinya lebih hemat, kan?

masak bareng teman atau potluck di kost hemat
source: Yummy Mummy Club

Sedangkan, potluck biasanya menggunakan uang masing-masing untuk membeli makanan. Mungkin kamu bisa juga patungan dengan teman untuk membeli makanan, tapi tetap saja akan jauh lebih hemat jika kamu memasak sendiri.

3. Partisipasi dari teman

masak bareng teman atau potluck di kost partisipasi teman
source: Big Red Liquors

Pembeda antara memasak bersama dan potluck di kost adalah partisipasi dari teman-teman. Tentunya kamu nggak ingin repot sendiri saat menyiapkan makanan, kan?  

Kalau kamu masak bareng teman-teman, nih, partisipasi aktif dari setiap peserta sangat dibutuhkan. Sayangnya, nggak semua orang berpikir seperti itu, sih.

masak bareng teman atau potluck di kost partisipasi teman
source: Mandatory

Pasti ada saja oknum yang tiba-tiba menghilang di tengah acara masak bareng. Eh, baru datang lagi saat makanan sudah siap. Bikin kesal saja!

Nah, kalau acara potluck, kan, masing-masing teman wajib membawa makanan untuk disantap bersama. Kalau nggak bawa, wah, malu sendiri!

4. Pembagian tugas

masak bareng teman atau potluck di kost pembagian tugas
source: Stocksy United

Sama halnya dengan partisipasi, pembagian tugas jadi pembeda antara potluck dan masak bersama.

Pembagian tugas saat masak bersama tentunya sudah jelas. Mulai dari orang yang bertugas untuk mengumpulkan uang untuk berbelanja, memasak, hingga mencuci piring.

Biasanya, sih, ada saja teman yang lupa dengan tugas yang sudah diberikan. Kalau sudah begini, harus ada orang lain yang menggantikan tugasnya.

masak bareng teman atau potluck di kost pembagian tugas
Source: UtakAtikOtak.com

Jika kamu potluck dengan teman di kost, tentunya potensi teman lupa membawa makanan yang menjadi tugasnya sangat kecil.

Kamu bisa dengan mudah mengingatkan teman untuk membawa makanan atau peralatan makan yang akan digunakan saat potluck. Selain itu, pembagian tugasnya juga jauh lebih simpel.

5. Variasi makanan

masak bareng teman atau potluck di kost variasi makanan
Source: Orami Parenting

Untuk variasi makanan, tentunya potluck dengan teman kost lebih unggul. Kamu bisa merasakan berbagai makanan saat acara potluck. Ada teman yang membawa Rendang khas Padang, Satai Madura, hingga Soto Betawi.

masak bareng teman atau potluck di kost variasi makanan
source: IDN Times

Sedangkan kalau memasak bareng teman-teman variasi makanan yang disajikan terbatas. Tergantung apa yang kamu masak, tuh.

Mungkin akan sangat repot jika harus membakar satai sekaligus memasak rendang di saat yang bersamaan. Belum lagi kalau peralatan masak yang dimiliki juga terbatas.

6. Ribet

masak bareng teman atau potluck di kost ribet
source: Beaumont Emergency Center

Hal ini pasti sudah kamu pikirkan saat merencanakan masak bareng atau potluck bersama dengan teman di kost.  Siapa, sih, yang menyukai hal-hal ribet?

Kalau kamu memutuskan untuk memasak dengan teman-teman sudah pasti ribet. Mulai dari berbelanja sampai membersihkan perkakas masak yang digunakan. Duh, memikirkannya saja sudah repot banget!

masak bareng teman atau potluck di kost ribet
source: Beyourselfwoman

Sedangkan, kalau kamu potluck dengan teman-teman kost pasti sangat praktis. Sebelum memulai potluck, sudah ada pembagian siapa yang akan membawa makanan apa.

Nah, pas hari-H, tinggal dikumpulkan saja, deh, makanan dari tiap-tiap orang. Praktis!

7. Rasa masakan

source: soyummy.com

Rasa masakan juga jadi hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan akan masakan bareng atau potluck di kost.

Kalau kamu atau teman yang jago memasak, sih, nggak perlu ragu untuk memilih masak bareng di kots. Kan, cita rasa masakannya terjamin.

Kalau ternyata gagal dan rasanya nggak enak, bagaimana? Pasti tetap dimakan meski ada perasaan kecewa dan terpaksa, hehehe.

source: Hello Sehat

Di sisi lain rasa masakan potluck tergantung pada di mana kamu membeli makanan tersebut. Tentu kamu ingin menyajikan makanan enak biar nggak malu-maluin.

Kalau sudah urusan rasa, sih, potlcuk lebih unggul dari masak bareng dengan catatan tidak ada orang yang bisa masak, ya.


Itu dia beberapa perbedaan antara masak bareng teman dan mengadakan potluck di kost. Setiap pilihan pasti punya kelebihan dan kekurang masing-masing.

Setelah membaca ulasan di atas, kira-kira kamu lebih cocok yang mana, nih?

BACA JUGA: Musim Hujan Ingin Makan yang Hangat? Langsung Saja ke 8 Mi Ayam Terbaik di Depok Ini!

Yuliana

A forever-young-soul human who lives in Jakarta. Travel enthusiast and aurora borealis admirer.

Leave a Reply