9

9 Makanan Ini Mengandung Vitamin C Lebih Tinggi dari Jeruk, lho!

makanan bervitamin c lebih tinggi

Bukan jeruk saja yang kaya akan vitamin C!

Vitamin C merupakan salah satu asupan andalan untuk memenuhi nutrisi tubuh. Selain untuk menjaga metabolisme tubuh, vitamin C juga punya manfaat lainnya seperti, menurunkan risiko jantung, meningkatkan mood, menyehatkan kulit, hingga mencegah kanker. Cocok juga untuk menjaga imun tubuh di masa pandemi Corona ini.

Selain mengonsumsi suplemen, vitamin C juga bisa kita dapatkan dari bahan makanan. Asupan vitamin C harian setiap orang pun berbeda-beda. Berdasarkan Office of Dietary Supplements (ODS), pria dewasa membutuhkan 90 mg vitamin C, sedangkan wanita dewasa 75 mg.

Nah, kalau bicara soal makanan bervitamin C, pasti yang kita pikirkan pertama adalah jeruk, bukan? Jeruk memang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yakni 54 mg dalam 100 gramnya.

Namun, ternyata jeruk bukanlah makanan dengan vitamin C paling tinggi, lho! Terdapat beberapa makanan lainnya dengan kandungan vitamin C lebih tinggi yang ternyata mudah kita temukan sehari-hari.

Makanan Bervitamin C Lebih Tinggi Dibandingkan Jeruk

Agar asupan vitamin lebih bervariasi, yuk, simak deretan makanan bervitamin C lebih tinggi dari jeruk berikut. Dari buah-buahan segar, sayur, hingga bahan dapur pun ada!

1. Jambu biji

makanan bervitamin c lebih tinggi dari jeruk - jambu biji
Source: servejoy.com

Makanan bervitamin C lebih tinggi dari jeruk yang pertama adalah jambu biji, nih. Buah tropis dengan daging berwarna merah muda memiliki kandungan vitamin C sebanyak 87 mg untuk setiap 100 gramnya.

Tak hanya itu, ya, jambu biji juga kaya akan vitamin A, antioksidan, protein, zat besi, dan nutrisi lainnya. Direkomendasikan banget, deh, untuk menjaga metabolisme tubuh!

2. Kiwi

makanan bervitamin c lebih tinggi dari jeruk - kiwi
Source: unsplash.com

Kiwi juga memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi dari jeruk, nih. Bayangkan saja dalam 100 gramnya kiwi mengandung 92,7 mg vitamin C!

Buah yang juga disebut Gosberi China ini juga memiliki nutrisi lainnya, seperti vitamin A, vitamin K, vitamin E, kalsium, kalium, dan lainnya. Rasanya yang asam-asam segar cocok banget untuk salad atau puding!

3. Pepaya

makanan bervitamin c - pepaya
Source: pixabay.com

Pepaya sangat populer dengan manfaatnya untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah kulit. Namun, tak banyak yang tahu kalau kandungan vitamin C di pepaya nggak kalah berlimpah dari jeruk!

Terdapat sekitar 94 mg vitamin C di dalam setengah buah pepaya. Selain itu buah pepaya juga kaya akan vitamin A, vitamin E, vitamin K, vitamin B1, B2, B3, folat, kalsium, dan banyak lagi.

4. Stroberi

makanan mengandung vitamin c lebih tinggi dari jeruk - stroberi
Source: pixabay.com

Buah mungil dan cantik ini mengandung 4,6% vitamin C lebih banyak dari jeruk, lho! Menurut penelitian, 147 gram stroberi mengandung sekitar 86,5 mg vitamin C di dalamnya. Cukup banyak, bukan?

Selain untuk metabolisme tubuh, stroberi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mengobati nyeri sendi, hingga meningkatkan fungsi otak. Kalau kamu lebih suka makan stroberi langsung atau dibuat dessert, nih?

5. Brokoli

makanan bervitamin c - brokoli
Source: pexels.com

Brokoli juga termasuk makanan bervitamin C lebih tinggi dari jeruk, nih! Dalam 100 gramnya, tuh, brokoli mengandung vitamin C sebanyak 89 mg.

Tak hanya vitamin C saja brokoli juga memiliki banyak manfaat karena kaya akan berbagai nutrisi dan rendah kalori. Nggak heran kalau brokoli sering disebut sebagai salah satu sayuran tersehat dan menjadi andalan bagi yang ingin diet.

6. Paprika merah

makanan bervitamin c tinggi - paprika
Source: unsplash.com

Kalau makanan yang satu ini, sih, kandungan vitamin C-nya nggak perlu diragukan lagi! Paprika merah mengandung 190 mg vitamin C yang berarti lebih banyak 3 kali lipat dibanding jeruk.

Sebenarnya paprika hijau juga mengandung vitamin C yang tinggi, yaknin 120 mg. Namun, paprika merah lebih juara! Selain vitamin C, paprika merah juga kaya akan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata dan pencernaan.

7. Kembang kol

makanan bervitamin c tinggi - kembang kol
Source: pixabay.com

Sayuran yang mirip brokoli ini juga memiliki kandungan vitamin C yang nggak kalah tinggi. Dalam 100 gramnya, nih, kembang kol memiliki vitamin C hingga 96 mg.

Kembang kol juga kaya akan vitamin A, protein, kalium, fosfor, kalsium, dan banyak lagi. Nggak hanya sehat, kembang kol juga sedap banget dijadikan bahan sup atau capcay!

8. Kale

makanan bervitamin c tinggi - kale
Source: unsplash.com

Kale merupakan makanan tinggi vitamin C lainnya yang sangat sehat. Dalam 100 gramnya, tuh, sayur hijau berdaun keriting ini mengandung sekitar 120 mg vitamin C.

Konsumsilah kale saat masih segar agar manfaatnya lebih optimal. Paling enak, sih, dibuat salad atau campuran smoothie, nih!

9. Cabai

makanan bervitamin c - cabai
Source: unsplash.com

Siapa, nih, yang nggak bisa makan tanpa cabai alias suka pedas? Ternyata, cabai memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk, lho!

Bayangkan saja, ya, dalam 100 gram terdapat 143,7 vitamin C di dalamnya. Cabai juga kaya akan capsaicin yang mampu meredakan nyeri otot dan sendi. Wah, semakin semangat, deh, makannya!


Itulah 9 makanan bervitamin C lebih tinggi dari jeruk. Dengan begini, asupan nutrisi vitamin C jadi lebih bervariasi dan nggak membosankan, dong.

Dari daftar di atas, makanan bervitamin C apa yang menjadi favoritmu? Apakah ada rekomendasi lainnya? Komentar di bawah, ya!

Qonita Chairunnisa

A passionate SEO content writer with a Journalism background. Been stringing words together for diverse content for years, and aims to keep learning all about SEO and copywriting.

Leave a Reply