C

Coba 8 Kreasi Mi Instan yang Mudah dan Enak | Dijamin Bebas Bosan!

resep kreasi mie instan

Kreasi mi instan bikin sensasi makan jadi nggak biasa, deh!

Mi instan kerap menjadi makanan andalan anak kost. Nggak cuma enak, harganya juga termasuk murah. Biasanya, sih, kalau masak mi paling dicampur dengan telur, cabai, atau sayuran. Tapi, bosan nggak, sih, kalau dimasak ‘gitu-gitu aja’?

Kamu bisa, kok, mengkreasikan mi instan jadi berbagai bentuk makanan. Bahkan ada yang bisa dijadikan lauk juga, lho! Kenyangnya jadi makin maksimal, deh.

kreasi mie instan
source: Pinterest

Kreasi Mie Instan yang Mudah dan Enak

Sekarang, nih, makan mi instan jadi nggak biasa-biasa lagi. Kamu bisa mengkreasikannya sebagai camilan yang cocok untuk teman saat nonton film. Nggak hanya enak untuk dikonsumsi sendiri, kreasi mi instan ini juga bisa kamu jadikan inspirasi untuk menambah saku, alias dijual!

1. Pizza mi

kreasi mie instan - pizza mi
source: iStyle

Biasanya pizza terbuat dari adonan tepung, nah, kalau yang satu ini pizza dari mi instan. Selain cara membuatnya mudah, bahan yang diperlukan juga gampang dicari. Enak, murah, dan mudah. Camilan satu ini cocok banget dimakan saat begadang mengerjakan tugas atau pelengkap ngobrol bareng teman.

Bahan:
1 bungkus mi instan
2 butir telur ayam
3 sdm tepung roti
1/2 sdt merica bubuk
Minyak secukupnya

Bahan topping:
1 buah sosis sapi atau ayam
3 sdm saus bolognese
Keju mozarella secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus mi instan hingga matang, kemudian sisihkan.
  2. Campur telur ayam, bumbu mi instan, dan merica ke dalam wadah dan kocok hingga rata.
  3. Masukkan mi instan dan tepung roti, aduk hingga semuanya tercampur.
  4. Panaskan sedikit minyak di atas wajan dengan api kecil. Kemudian tuang adonan mi instan dan masak hingga matang.
  5. Olesi bagian atas adonan dengan saus bolognese hingga rata.
  6. Masukkan sosis sapi dan keju mozarella kemudian tutup selama 3 menit.
  7. Setelah keju meleleh, angkat dan sajikan.

2. Tahu bulat mi

tahu bulat mi
source: Endeus.TV

Sedang ingin makan camilan, tapi malas keluar uang banyak? Kalau jawabannya iya, kreasi mi instan ini cocok banget untuk kamu. Tahu bulat mi ini mudah banget, lho, cara membuatnya. Kalau kamu butuh camilan di sore hari, jangan ragu untuk membuatnya dadakan, hehehe.

Bahan:
7 buah tahu, bebas menggunakan tahu kuning atau putih
2 bungkus mi instan
1 butir telur
1 sdm tepung terigu
Penyedap rasa secukupnya

Cara membuat:

  1. Hancurkan tahu hingga halus di mangkuk besar.
  2. Campurkan telur dan bumbu penyedap rasa, aduk hingga rata.
  3. Bentuk adonan tahu bulat-bulat, kemudian gulirkan ke dalam mi instan yang telah diremas.
  4. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  5. Sajikan dengan sambal cabai.

3. Donat mi

donat mi
source: review.bukalapak.com

Siapa, sih, yang nggak tahu dengan donat mi instan yang viral? Selain enak, cara membuatnya juga ternyata mudah, kok. Donat mi ini bisa kamu jadikan inspirasi untuk berjualan. Jadi tambah-tambah penghasilan, kan?

Bahan:
1 bungkus mi instan goreng
50 gr daging giling,  bisa diganti korned
1 butir telur
1 bungkus tepung bumbu ayam crispy
1 bungkus tepung roti
Air putih secukupnya
Mayones secukupnya
Bubuk cabai secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus mi instan hingga matang, kemudian tiriskan.
  2. Campurkan mi dengan bumbu, daging giling, keju, dan telur. Aduk hingga rata tapi jangan sambil ditekan.
  3. Masukkan ke dalam cetakan donat yang sudah diolesi minyak. Bisa juga diganti dengan mangkuk.
  4. Kukus selama 15 menit, kemudian angkat dan dinginkan. Keluarkan mi dari cetakan.
  5. Campurkan tepung bumbu ayam crispy dengan air putih, aduk rata hingga menjadi bahan celup basah.
  6. Balurkan mi ke dalam adonan tepung bumbu ayam crispy, kemudian gulirkan ke tepung roti hingga rata.
  7. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga golden brown. Tiriskan.
  8. Sajikan dengan mayones dan bubuk cabai.

4. Sosis gulung mi

sosis gulung mi
source: dapurkobe.com

Sosis dan mi instan itu memang berjodoh! Kamu bisa, tuh, berkreasi dengan sosis dan mi instan untuk camilan tengah malam. Hanya butuh 3 bahan saja, dan voila! sosis gulung mi yang enak sudah jadi, deh.

Bahan:
2 bungkus mi instan
6 sosis sapi potong menjadi 2
1 butir telur ayam
1 bungkus bumbu penyedap rasa sapi

Cara membuat:

  1. Rebus mi instan hingga matang, kemudian tiriskan.
  2. Campurkan mi instan dengan bumbu penyedap dan telur, aduk rata.
  3. Ambil satu potong sosis dan lilitkan dengan mi. Lakukan hingga semua sosis habis.
  4. Goreng dalam minyak panas hingga sosis merekah dan matang. Angkat dan tiriskan.
  5. Sajikan dengan mayones dan sambal cabai.

5. Bakwan mi

bakwan mi
source: Fimela.com

Mi instan dijadikan bakwan goreng? Gimana rasanya, tuh? Pastinya enak banget! Kalau bosan dengan bakwan sayuran, kamu bisa menambahkan mi instan ke dalam adonan bakwan. Jadi lebih kenyang, deh. Jangan lupa makan dengan cabai rawit, ya.

Bahan:
3 bungkus mi instan, rebus hingga matang
150 gr kol, iris tipis
1 buah wortel, iris kecil
1 batang daun bawang, iris halus
250 gr tepung terigu
1 butir telur
Lada bubuk secukupnya
Kaldu ayam bubuk secukupnya
Garam secukupnya
Air secukupnya

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
4 buah bawang merah
1 buah kemiri

Cara membuat:

  1. Rebus mi instan hingga kenyal, tiriskan.
  2. Haluskan bumbu halus, sisihkan.
  3. Campur kol, wortel, daun bawang, mi instan, tepung terigu, lada, kaldu bubuk, bumbu halus, garam ke dalam wadah besar, kemudian aduk hingga rata.
  4. Masukkan telur dan beri air sedikit demi sedikit. Aduk hingga rata.
  5. Goreng adonana bakwan mi hingga matang.
  6. Angkat dan sajikan dengan saus sambal.

6. Nugget mi

nugget mi
source: Fimela.com

Nugget bujet hemat dari mi instan ini bisa jadi pilihan kamu untuk teman saat maraton nonton drama Korea. Selain dijadikan camilan, bisa juga, tuh, dimakan sebagai menu sarapan. Mau tahu cara membuatnya? Dijamin gampang, kok.

Bahan:
200 gr mi telur kering
1 kaleng kornet sapi
4 butir telur ayam
50 gr tepung terigu
150 ml air
Garam secukupnya
Merica secukupnya
Kaldu jamur secukupnya
Keju parut
Tepung roti
Minyak goreng

Cara membuat:

  1. Masak mi instan hingga kenyal, jangan sampai terlalu matang.
  2. Masukkan 2 sdm minyak goreng, 2 butir telur, korned, tepung terigu, garam, merica, kaldu jamur, dan 150 ml air matang. Aduk semua bahan hingga rata.
  3. Tambahkan keju.
  4. Masukkan ke dalam loyang yang telah diolesi minyak goreng, kemudian kukus selama 10 menit.
  5. Dinginkan dan simpan dalam kulkas selama 30-60 menit. Setelah itu, potong mi menjadi kotak kecil.
  6. Masukkan mi ke dalam kocokan telur, kemudian gulirkan ke tepung roti.
  7. Goreng nugget mie hingga berwarna kuning kecokelatan.
  8. Sajikan dengan mayones dan saus sambal.

7. Omelet mi

kreasi mie instan - omelet mi
source: Medium

Kalau kreasi mi instan yang satu ini, sih, jadi favoritnya anak kost. Gimana nggak? Sudah gampang membuatnya, murah, enak pula! Makan omelet mi instan ini dengan nasi putih juga nikmat, lho.

Bahan:
2 bungkus mi instan
3 butir telur
150 gr dada ayam, bisa juga diganti sosis atau kornet, potong kecil
Sawi atau wortel secukupnya, potong kecil
3 siung bawang putih
Minyak goreng
Bumbu mi instan

Cara membuat:

  1. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan dada ayam, wortel, dan bumbu mi instan. Masak hingga matang. Sisihkan.
  2. Rebus mi hingga kenyal, tiriskan.
  3. Campur mi dengan tumisan dada ayam. Jangan lupa tambahkan 3 butir telur. Aduk hingga semua bahan menyatu,
  4. Masak dengan api kecil selama 15-20 menit.
  5. Setelah matang sajikan dengan mayones dan saus sambal biar makin nikmat.

8. Popcorn mi

kreasi mie instan
source: dapurkobe.co.id

Popcorn mi? Seperti apa, tuh, rasanya? Jangan membayangkan popcorn manis, ya, karena ‘popcorn’ satu ini bukan terbuat dari jagung dan rasanya gurih. Membuat menu ini hanya butuh 2 bahan, lho. Cocok dimakan saat bengong di sore hari.

Bahan:
2 bungkus mi instan
1 bungkus tepung bumbu serbaguna ayam crispy
Minyak goreng

Cara membuat:

  1. Rebus mi instan hingga matang.
  2. Campur mi dengan bumbu mi instan, aduk rata.
  3. Tuang tepung bumbu serbaguna ke dalam mi, aduk hingga tercampur rata.
  4. Potong-potong kecil mi menggunakan gunting.
  5. Bentuk bulat kecil.
  6. Goreng dalam minyak panas hingga kekuningan.
  7. Sajikan popcorn mi dengan cabai bubuk atau saus sambal.


Sebenarnya masih banyak lagi kreasi mie instan yang bisa dibuat. Kamu hanya perlu kreativitas dan keberanian untuk mencobanya. Paling nggak sekarang kamu nggak sekadar membuat mi instan goreng atau rebus saja.

Kira-kira kreasi mi instan mana, nih, yang mau kamu coba lebih dulu?

BACA JUGA: Upgrade Camilan dengan 8 Resep Olahan Roti Tawar Ini, Mudah dan Enak!

Yuliana

A forever-young-soul human who lives in Jakarta. Travel enthusiast and aurora borealis admirer.

Leave a Reply