P

Pilihan Hewan Favorit Bisa Ungkap Karakteristik Seseorang | Yuk, Ikuti Kuis Kepribadian Ini!

kepribadian hewan

Cari tahu kepribadian kamu berdasarkan hewan favorit dalam waktu 5 menit!

Tahukah kamu kalau ternyata hewan favorit ada hubungannya dengan karakter seseorang. Biasanya, nih, karakter kamu jadi menyerupai sifat asli hewan tersebut.

Hal itu muncul dari kepercayaan suku Indian kuno yang mengganggap bahwa roh hewan dapat mewakili sifat dan suatu karakter tertentu pada manusia.

Tes Kepribadian Berdasarkan Hewan Favorit

Selain zodiak, pilihan hewan favorit juga bisa menentukan kepribadian kamu, lho! Kali ini Rukita mau mengajak kamu bermain tes kepribadian berdasarkan hewan favorit.

Caranya mudah, kok, kamu cukup memilih 3 hewan favorit dari 13 jenis yang ada di bawah ini. Tinggal urutkan ketiganya sebagai berikut:

  • Hewan pertama adalah hewan terfavorit
  • Hewan kedua adalah hewan yang ingin dipelihara
  • Hewan ketiga adalah hewan favorit nomor dua (bisa hewan jinak maupun hewan liar)

Ingat-ingat hewan apa saja itu di dalam pikiranmu, kemudian baca keterangan tentang hewan beserta karakteristik ‘bawaannya’.

Yuk, mari kita mulai permainannya!

Hewan dan Karakteristiknya

Inilah karakteristik dari hewan yang ada di sekitar kita dan mungkin jadi favoritmu.

1. Semut

Semut di hutan
Source: Science Kompas

Semut merupakan serangga yang ukuran tubuhnya sangat kecil. Namun, siapa sangka kalau semut, mampu mengangkat benda yang beratnya mencapai 5.000 kali lipat dari berat tubuhnya.

Serangga ini hidup berkoloni dan sering terlihat kompak saat bekerja sama untuk mengumpulkan makanan.

Semut sendiri menggambarkan karakter manusia yang selalu membutuhkan orang lain karena mereka sangat senang bekerja dalam tim. Mereka juga termasuk orang yang sabar, aktif, rajin, dan bermotivasi tinggi.

2. Lebah

Lebah Lucu
Source: Science Kompas

Hampir sama dengan semut, lebah yang terkenal sebagai serangga penghasil penghasil madu ini juga hidup berkoloni. Lebah pun berukuran kecil.

Untuk melindungi koloninya, serangga ini dilengkapi dengan sengat di bagian belakang tubuhnya. Alhasil mampu membuat siapa saja yang tertusuk sengatnya kesakitan.

Uniknya, nih, lebah hanya bisa menggunakan sengatnya sekali. Begitu tertancap maka sengat akan terlepas dari tubuh lebah dan membuatnya mati.

Lebah menggambarkan karakter manusia yang rela berkorban meski harus menyakiti dirinya sendiri. Selain itu mereka adalah orang yang sangat protektif, bijaksana, rajin, dan produktif.

3. Babi

Babi patkai
Source: Youtube

Bagi beberapa orang, tuh, babi dianggap hewan yang lucu dan menggemaskan. Mungkin karena bentuk tubuhnya yang bulat serta bergelambir.

Namun, ada juga yang menganggap hewan ini kotor dan menjijikkan. Maklumlah babi hidup di kubangan dan senang memakan apa saja yang membuatnya terlihat rakus.

Babi sendiri mewakili karakter seseorang dengan kepribadian kuat serta percaya diri. Namun, di balik itu mereka adalah orang yang cenderung penakut! Kemakmuran menjadi hal utama yang mereka cari dalam hidup yang dapat membuat mereka senang.

4. Kucing

Kucing oren
Source: Suara.com

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan favorit semua orang. Tingkahnya yang lucu dan menggemaskan bikin banyak orang tertarik.

Berbeda dari anjing, kucing cenderung menjadi hewan peliharaan yang manja. Tidak heran mereka yang memelihara kucing terkadang memperlakukan hewan ini bagai raja di rumah.

Kucing mewakili karakteristik manusia yang manja dan sensual. Mereka juga tergolong orang yang penuh misteri dan sulit ditebak. Di sisi lain, nih, mereka bisa jadi sosok yang mandiri dan bijaksana, terutama dalam keadaan kepepet.

5. Anjing

Anjing Malamute
Source: IDN TImes

Anjing juga termasuk salah satu peliharaan favorit bagi banyak orang. Berbeda dari kucing yang manja, anjing justru lebih mandiri dan loyal kepada tuannya.

Selain penurut, hewan ini juga sangat pintar dan telah dikenal sebagai sahabat manusia sejak zaman dulu.

Anjing mewakili sosok yang setia sekaligus dapat dipercaya. Selain itu mereka merupakan pribadi yang protektif dan pemberani. Namun di satu sisi mereka kurang berani untuk beropini dan kurang cocok sebagai pemimpin.

6. Monyet

Monyet Lucu
Source: Misteri Fakta dan Fenomena

Monyet merupakan salah satu hewan yang paling pintar di dunia. Penyuka buah-buahan yang tinggal di atas pohon ini kerap menjadi tokoh nakal di berbagai dongeng.

Monyet mewakili karakter orang yang pintar dan percaya diri. Mereka juga tergolong lucu dan jenaka, namun cenderung menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya.

BACA JUGA: KUIS: Tipe Dekorasi Ruangan Apa yang Cocok untuk Rumahmu?

7. Sapi

Source: Kastara.ID

Sapi merupakan salah satu hewan ternak yang memiliki banyak manfaat bagi hidup manusia. Daging mereka bisa dimakan, susunya bisa diminum atau dibuat keju, kulitnya pun terpakai untuk alas kaki. Bahkan tenaga dan kotoran sapi bisa dimanfaatkan untuk keperluan pertanian.

Sapi menggambarkan karakter orang yang mudah bersosialisasi, suka berpetualang, dan penasaran akan hal baru. Cenderung tenang dan pendiam bahkan terkadang bisa sangat tertutup. Ia pun kurang suka tampil sendirian di depan publik.

8. Rusa

kepribadian hewan favorit rusa
Source: Kumparan

Rusa merupakan salah satu hewan paling anggun di hutan. Apalagi rusa jantan yang memiliki tanduk bercabang indah.

Keanggunan rusa menggambarkan karakteristik seseorang yang percaya diri dan menarik. Namun, terkadang hal ini membuat mereka memiliki sifat narsistik.

Mereka yang diwakili rusa juga merupakan orang yang cinta damai, lembut, penyayang, dan baik hati.

9. Singa

kepribadian hewan favorit singa
Source: Microsoft

Singa si raja hutan begitulah julukan orang-orang. Hewan ini memang terlihat sangat gagah dan berkarisma dibanding hewan-hewan lain di hutan.

Singa hidup dan berburu dalam kelompok yang membuat mereka tidak terkalahkan. Hal ini membuat mereka berada di puncak rantai makanan, deh.

Singa mewakili karakteristik orang yang percaya diri, berani, dan tangguh. Namun, mereka juga memiliki sifat arogan dengan harga diri yang sangat tinggi. Terlepas dari itu, sih, mereka tergolong sabar dan sangat menghargai nilai dalam sebuah keluarga.

10. Beruang

kepribadian hewan favorit beruang
Source: Qwrad

Beruang merupakan hewan yang tergolong pintar. Mereka sangat tenang, tetapi ketika diganggu mereka bisa menjadi sangat buas.

Sebagian orang juga beranggapan beruang adalah hewan yang sangat lucu dan menggemaskan. Lihat saja boneka teddy bear yang disayangi oleh semua orang dari berbagai usia.

Beruang mewakili karakteristik orang dengan pemikiran yang dalam dan insting tajam. Mereka juga sangat kuat sehingga mampu bangkit dari kegagalan lebih cepat dari yang lain.

Sayangnya kesadaran akan kepintaran yang dimiliki justru membuat mereka senang bermalas-malasan.

11. Lumba-lumba

kepribadian hewan favorit lumba-lumba
Source: detik.com

Lumba-lumba menjadi salah satu mamalia paling pintar di lautan. Bahkan mereka dijuluki sebagai penjaga air karena menurut berbagai cerita sering kali menyelamatkan nyawa para pelaut.

Hewan ini mewakili karakter orang yang selalu siap membantu orang lain. Mereka juga baik hati dan selalu ceria. Di sisi lain, nih, mereka bisa jadi pribadi yang mudah penasaran dan senang melakukan keisengan.

12. Jerapah

kepribadian Jerapah
Source: Science Kompas

Setuju, dong, kalau Jerapah termasuk salah satu hewan yang sangat menakjubkan? Hewan ini memiliki leher yang sangat panjang untuk menjangkau makanannya di atas pohon.

Jerapah menggambarkan karakter orang yang mudah berkomunikasi dengan orang baru, intuisinya tajam, dan penuh semangat serta motivasi.

Kadang mereka terlalu banyak berpikir dan sulit membuat keputusan. Padahal sebenarnya selalu selangkah lebih maju dibandingkan orang-orang lain di sekitarnya.

13. Gajah

kepribadian Gajah
Source: IDN TImes

Gajah juga merupakan hewan yang sangat menakjubkan. Ketika jerapah tumbuh tinggi untuk menjangkau daun di atas pohon, gajah justru tumbuh semakin besar dan melebar sehingga menjadikannya hewan darat paling besar. Kuping lebar dan belalainya yang panjang membuat hewan ini semakin unik!

Gajah mewakili sosok percaya diri dan siap melindungi sesamanya. Selain itu mereka sangat berani dan cinta damai. Terkadang mereka sulit mendengar saran dari orang lain dan cukup keras kepala, tuh.

Cek Hasilnya:

Setelah kamu memilih dan mengurutkan berbagai jenis hewan favorit, sekarang kamu bisa mengetahui ‘alasan’ di balik hewan-hewan yang kamu pilih.

Berikut artinya:

1. Karakter hewan nomor satu mewakili “bagaimana kamu ingin dilihat oleh orang lain”.
2. Karakter hewan nomor dua mewakili “bagaimana orang lain melihat atau menilai kamu”.
3. Karakter hewan nomor tiga mewakili “bagaimana kamu melihat diri sendiri”.


Nah, setelah mengikuti kuis ini apakah kamu setuju dengan hasilnya? Kalau tidak, jangan terlalu dianggap serius, kan, namanya juga permainan.

Kalau memang kamu setuju, selamat! Semoga dengan mengenal lebih dalam kepribadian dan karakteristik diri kamu bisa jadi pribadi yang lebih baik lagi.

BACA JUGA: 10 Tips Feng Shui Rumah Pembawa Hoki | Hunian Nyaman Sekaligus Mendatangkan Rezeki

Rizki Ramadhan

Full-time writer, part-time planner, part-time dreamer, part-time guitarist, part-time bassist but not an activist. Just a human being. Hit me up on Twitter @rizkiglonomore

Leave a Reply