8

8 Cara Membuat Kamar Terlihat Mewah tanpa Harus Beli Barang Mewah

kamar mewah

Kamar adalah sebuah tempat yang sangat personal di rumah. Kamu akan melakukan relaksasi dan juga beristirahat di sini, makanya kamar harus jadi perhatian saat mendekorasi rumah. Meski kita ‘hanya’ mahasiswa atau karyawan, nih, jangan ragu untuk upgrade agar kamar terlihat mewah.

Kamu nggak perlu mendekorasi kamarmu sepenuhnya atau beli full barang-barang mahal. Dengan beberapa saran dan tips yang diberikan, ya, kamu bisa mengubah kamarmu agar terlihat seperti hotel dengan bujet wajar.

Cara-cara Mudah Mengubah Penampilan Kamar agar Terlihat Mewah

Jangan pikirkan dulu berapa banyak uang yang harus kamu keluarkan. Kamu nggak akan melakukan perubahan pada barang-barang besar, kok, pilih saja barang tertentu dan kamarmu akan berubah.

1. Miliki kamar yang rapi dan bebas sampah

cara membuat kamar terlihat mewah - kamar yang rapi
Source: thespruce.com

Tips pertama kamar terlihat mewah ini memang bukan perkara barang, tetapi salah satu cara penting untuk memiliki kamar yang terlihat indah. Kamu nggak pernah lihat kamar yang cantik dan mewah berantakan, kan?

Kamar yang terlihat berantakan nggak akan terlihat menarik atau pun mewah. Mau kamu pakai barang harga ratusan juta, ya, kalau kamarmu kotor nggak akan terlihat bagus.

Bersihkan kamarmu secara rutin, buang hal-hal yang nggak penting, nggak kamu sukai, maupun nggak bagus. Perhatikan juga kebersihan lantai agar jangan sampai banyak noda. Kamar mewah bukanlah gudang untuk menyimpan barang-barang yang tidak terpakai!

2. Upgrade aksesori lampu

Lampu gantung akan membuat kamar terlihat mewah
Source: pinterest.com

Kini saatnya mengucapkan selamat tinggal kepada lampu bohlam dan menggantinya dengan lampu gantung yang lebih stylish dan glamor. Cari aksesori lampu gantung yang bisa jadi statement piece, ya, agar kamarmu terlihat memiliki sentuhan khusus.

Kamu nggak usah beli chandelier kristal, kok. Sekarang banyak banget aksesori lampu gantung yang cantik dari bahan rotan atau bahan lainnya dengan harga relatif terjangkau.

Hiasan lampu seperti ini mungkin akan membuat cahaya di kamarmu jadi terlihat lebih gelap, ya. Jadi disarankan untuk tetap memiliki perabotan dan warna dinding kamar lebih cerah agar kamar tidak suram karena bayang-bayang dari aksesori lampu.

3. Percantik tempat tidur dengan pilihan bedding

140+ Lighting Blanket Bedroom Ideas For Comfortable Sleep - | cynthiapin ...,  140+ Lighting Blanket Bedroom Ideas For Comfortable Sleep – | cynthiapina.mir , #Bedroom #Blanket #Comfortable #cynthiapin #ideas #Lighting #Sleep
Source: pinterest.com

Apa, sih, yang bikin kamar hotel terlihat mewah? Salah satu yang bikin kamar hotel terlihat sebagus itu adalah tempat tidur yang selalu terlihat bagus dan rapi. Menata tempat tidur dengan rapi dan memilih berbagai bedding yang berlapis dan cantik adalah salah satu trik membuat tempat tidur lebih nyaman dan terlihat mewah.

Kalau membeli duvet dan bed cover terlalu mahal, mungkin kamu bisa membeli selimut yang tebal saja. Selimut tebal bisa membuat tempat tidurmu lebih stylish. Jangan pakai selimut tipis karena nggak terlihat mewah. Lebih baik selimut tipis dipakai buat santai-santai di sofa saja.

Pilih selimut tebal terbuat dari wol, beludru, bulu imitasi, atau sutra. Jangan pakai banyak corak, ya! Lebih baik pakai selimut atau bed cover dalam satu warna solid, corak kulit binatang, maupun desain garis yang nggak norak. Kamar jadi lebih hangat dan terlihat oke!

4. Gantung gorden tinggi-tinggi

Home tour- A modern and glamorous Greenwich home! | Home bedroom ...
Source: pinterest.com

Kata siapa kamar yang kecil nggak akan terlihat mahal? Kalau seperti di foto ini kamu juga bisa membuat kamarmu terlihat lebih besar dengan memilih gorden yang digantung tinggi dan tidak ‘melantai’ di bawahnya.

Kalau bisa bisa pasang gorden sekitar 4-10cm dari langit-langit. Dengan memasang gorden tinggi maka memberi ilusi kamarmu memiliki langit-langit yang menjulang tinggi ke atas.

Jangan pilih gorden yang menyentuh sampai ke lantai. Untuk membuat kamar terlihat mewah, pilih panjang gorden yang jatuh pas 10 cm sebelum lantai. Gorden yang menumpuk di lantai akan membuat kamarmu terlihat berantakan dan kembali seperti di poin pertama: tidak mewah!

5. Beberapa bantal lebih baik dibanding satu

Mennggunakan beberapa jumlah bantal, akan membuat kamar terlihat mewah
Source: onekindesign.com

Ada hal yang mewah dari banyaknya jumlah bantal yang menumpuk di atas kasur karena jadi terlihat seperti kamar di hotel mewah. Kamu bisa mengubah tatanan kamarmu agar mewah hanya dengan menambah jumlah bantal saja.

Bantal untuk tidur harus kamu letakkan paling belakang, atau menempel dengan papan bagian kepala tempat tidur (headboard). Bantal untuk dekorasi harus diletakkan di bagian depan dan disusun berurutan sesuai dengan tinggi dan ukuran bantal.

Namun, saat meletakkan bantal-bantal ini, jangan sampai jumlah bantal melebihi seperempat panjang dari tempat tidur. Kalau kamu menaruh terlalu banyak bantal maka tempat tidurmu akan terlihat penuh dan sesak.

6. Tambah tanaman

bedroom | interior design | home decor | bohemian style | indoor ...
Source: pinterest.com

Salah satu cara termudah dan tercepat untuk membuat kamarmu terlihat menarik adalah dengan menambahkan tanaman. Kamu bisa pilih tanaman besar maupun kecil karena tetap dapat membuat kamar jadi mewah.

Pasang dekorasi tanamanmu dengan menggunakan vas yang cantik. Kamu bisa meletakkan bunga potong maupun tanaman hijau di meja kamarmu, bahkan di lantai kamar.

Cari tanaman yang mudah dirawat dan tidak harus sering disiram maupun terkena matahari secara rutin. Kalau kamu pandai merawat tanaman, sih, tanaman gantung juga boleh jadi pilihan. Kamarmu akan terlihat cantik, mewah, dan udaranya juga makin segar.

7. Ubah beberapa aksesori pada perabotan

grey blue feature wall - Google Search | Blue and gold bedroom ...
Source: pinterest.com

Kalau perabotan kamarmu sudah terlihat kuno dan tidak terlihat mewah sama sekali, saatnya membeli perabotan baru. Hal ini tentu akan membuat bujet membengkak, sih. Tenang, kamu memiliki opsi yang lebih murah yaitu mengubah beberapa aksesori dari perabotan.

Aksesori yang dimaksud ini adalah gagang pintu, gagang laci, kaca, pernak-pernik, dan sebagainya. Ganti barang-barang itu dengan bahan yang terlihat lebih kokoh dan mewah. Dengan begitu kamarmu akan terlihat baru, mewah, namun tidak membuat dompetmu menjerit.

8. Pasang karya seni

Oil Paintings for Bedrooms - Modern - Bedroom - Wichita - by ...
Source: houzz.com

Karya seni memang dibuat untuk dipamerkan. Jadi sering-seringlah memasangnya di tempat yang terlihat orang banyak. Namun, tidak ada salahnya juga memasang karya seni di kamar sendiri?

Nggak usah ragu memasang karya seni yang indah di kamar tidur. Meski nggak dilihat orang lain, bukan berarti kamarmu harus polos dan tidak menarik. Karya seni juga akan menunjukkan bahwa kamar ini ditempati oleh orang yang spesial.

Letakkan lukisan yang besar di atas tempat tidurmu. Kamu juga bisa memasang berbagai karya seni kecil termasuk patung di atas meja belajar maupun meja rias. Apa pun yang kamu pilih, tuh, harus sesuai dengan gaya personalmu.


Bisa banget, kan, ternyata mengubah penampilan kamar jadi mirip kamar hotel mewah? Tanpa bujet puluhan juta kamu sudah bisa membuat kamarmu terlihat mewah, nyaman, dan menarik!

Aksesori apa yang ingin kamu tambah di kamar? Yuk, bagikan pendapatmu di kolom komentar.

Chikitta Carnelian

Lifestyle content writer by day, and researcher by night. Care about mental health, the environment, and healthy lifestyle. Love pastries too much and enjoy trying different brunch places and nice bars. In the journey to consume less meat.

Leave a Reply