1

10 Jenis Pohon Peneduh Rumah Terbaik | Bikin Hunian Adem dan Sejuk

Ciptakan rumah yang adem dengan aneka jenis pohon peneduh ini!

Semua orang pasti tahu kalau pohon memiliki berbagai manfaat penting untuk kehidupan. Sayangnya, nih, tahu bukan berarti peduli.

Bahkan faktanya, tuh, kini semakin banyak pepohonan bahkan hutan yang ditebang atau dibakar. Jika dibiarkan tentu saja hal ini bisa berdampak buruk bagi bumi kita!

Nah, sebagai bentuk peduli lingkungan, setiap 10 Januari ternyata masyarakat dunia merayakan Hari Sejuta Pohon Sedunia. Kita juga bisa, lho, ikut berperan dengan menanam pohon rindang di pekarangan rumah!

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Mudah Perawatannya dan Buat Rumah Jadi Lebih Segar

Jenis Pohon Peneduh Rumah Terbaik

Siapa, sih, yang nggak ingin tinggal di rumah dengan lingkungan adem dan asri? Apalagi dikelilingi pepohonan rindang dan teduh, duh, pasti bikin betah.

Kira-kira pohon rindang apa saja, ya, yang cocok untuk ditanam di halaman rumah? Yuk, kenalan dengan 9 jenis pohon peneduh rumah di bawah ini!

1. Pohon Tabebuya

pohon peneduh rumah
Source: amazon.com

Jenis pohon peneduh rumah yang pertama ini fenomenal banget, lho! Sebab pohon tabebuya memiliki bunga yang sangat indah dan menawan.

Pohon tabebuya memiliki corak bunga yang nggak kalah indah dari pohon sakura milik Jepang. Warnanya pun beragam, ada kuning, merah muda, dan putih.

Di musim kemarau, tuh, kamu bisa menyaksikan keindangan bunganya yang bermekaran. Kebayang nggak, sih, bisa memandangi pohon cantik ini setiap hari di rumah?

2. Pohon Ketapang Kencana

Source: bukalapak.com

Kalau kamu lebih suka tipe pohon peneduh rumah yang ramping, pohon ketapang kencana bisa jadi pilihan! Diameternya yang lebih kecil dan ranting yang rapi cocok banget untuk rumah minimalis.

Meskipun ramping, nih, ketapang kencana bisa tumbuh 10 sampai 20 meter, lho! Dedaunannya pun tampak apik seperti kanopi. Adem banget, ya, melihatnya?

3. Pohon Angsana

Source: portalhijau.com

Jenis pohon peneduh yang satu ini juga tampak cantik banget dengan bunga-bunga mungil berwarna kuning. Jika tumbuh subur, tinggi pohon angsana bisa mencapai 40 meter, lho!

Selain itu pohon angsana juga memiliki dedaunan yang rapat satu sama lain. Dengan begini rumahmu sudah pasti adem dan terlindungi dari teriknya sinar matahari.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Hidroponik Ini Cocok untuk Mempercantik Rumahmu

4. Pohon Mangga

pohon peneduh rumah
Source: fateclick.com

Siapa, nih, yang suka buah mangga? Kamu juga bisa, lho, menanam pohon mangga di halaman rumah! Dengan perawatan yang rutin dan tepat, ya, pohon mangga dapat tumbuh rindang dalam waktu singkat.

Pohon ini akan membuat rumahmu teduh dengan tingginya yang bisa mencapai 10 meter. Bayangkan sore-sore duduk di halaman rumah sambil menikmati hasil panen mangga, asyik banget, kan?

Meski begitu perawatan pohon mangga jangan sampai terabaikan, lho! Jika tak dirawat dengan baik, tuh, bisa-bisa pohonmu diserang berbagai hama dan penyakit.

5. Pohon Kersen

Source: jawapos.com

Nah, kalau jenis pohon peneduh ini pasti sering kamu lihat di pinggir jalan. Pohon ini juga bisa banget menyejukkan halaman rumahmu!

Batangnya yang mirip kipas serta daun lebar yang menunduk sudah pasti akan membuat adem! Cara menanam dan merawatnya pun mudah sehingga kerap jadi favorit bagi yang suka berkebun.

Oh ya, pohon kersen juga menghasilkan buah berwarna merah yang imut. Buahnya pun aman dikonsumsi dan rasanya manis!

6. Pohon Tanjung

pohon peneduh rumah
Source: smartflowers.net

Pohon tanjung biasanya sering kita temui di jalan besar. Namun, kamu juga bisa banget, kok, menanamnya di halaman rumah!

Jenis pohon peneduh satu ini memang jagonya bikin adem. Pasalnya, nih, dedaunan pohon tanjung amat lebat dan nggak mudah gugur.

Takut tumbang? Tenang! Pohon tanjung berdiri dengan batang pohon dan ranting yang tebal. Namun, sebaiknya halaman rumahmu cukup luas, ya, untuk menanam pohon ini.

7. Pohon Kiara Payung

Source: trubus.id

Pohon tropis dari India Selatan dan Afrika Timur ini juga bisa kamu pilih sebagai peneduh rumah yang cantik. Pohon kiara payung juga terkenal akan kemampuannya menyerap karbon dioksida yang baik.

Dedaunannya yang lebat dan rapat pun siap melindungi rumahmu dari terik matahari. Dengan tinggi sekitar 4-11 meter, pohon kiara payung bakal pas banget ditanam di halaman rumah minimalis.

Baca juga: 7 Tanaman Pembersih Udara Pengusir Polusi

8. Pohon Palem

pohon peneduh rumah
Source: rooang.com

Kamu pasti nggak asing dengan pohon ini, bukan? Yap, pohon hias yang satu ini juga bisa membuat rumahmu adem dan sejuk.

Pohon palem terkenal lewat bentuknya yang menjulang hingga 20 meter sehingga benar-benar membuat teduh. Ingin yang lebih mungil? Kamu bisa, kok, pilih jenis pohon palem putri.

9. Pohon Pucuk Merah

Source: kumparan.com

Daun lebat, rimbun, dan corak warna yang menawan, itulah pohon pucuk merah! Jenis pohon peneduh rumah ini punya batang yang bisa melebar bak kanopi. Jadi, sudah pasti adem, dong.

Menariknya lagi, nih, daun pohon pucuk merah sesuai namanya akan berubah jadi kemerahan saat musim kemarau tiba. Tak hanya bikin sejuk dan asri, ya, halaman rumahmu juga akan tampak manis.

10. Pohon Beringin

pohon peneduh rumah
Source: dkylb.com

Pohon beringin, dengan akar besar dan dedaunan lebat adalah pilihan ideal untuk menciptakan teduh di halaman rumah. Tidak hanya memberikan nuansa yang lebih adem dan sejuk, namun pohon beringin juga dapat memberikan sentuhan artistik yang keren untuk rumah kamu, lho. 

Selain itu, pohon beringin juga cukup bandel karena meskipun sudah ditebang berulang kali ia akan tumbuh lagi dan lagi. Daunnya yang lebat tidak hanya mampu memproduksi banyak oksigen, namun juga dapat menjadi tempat tinggal hewan, terutama burung. 

Artikel menarik lainnya:

Updated by Faniditya Ramadhan


Nah, itulah 10 jenis pohon peneduh yang bisa kamu tanam di pekarangan rumah. Jangan lupa untuk selalu merawatnya dengan baik hingga besar. Yakin, deh, satu pohon yang kamu tanam akan memberi dampak positif untukmu dan generasi selanjutnya di masa depan. Selamat Hari Sejuta Pohon!

Cari kost untuk hunian bulanan atau tahunan? Atau ingin sewa kost khusus untuk kost putra dan juga kost putri? Cek di unit kost coliving Rukita saja, yuk! Rukita punya banyak unit kost dengan fasilitas lengkap di beberapa kota seperti di kost bandungkost surabayakost jogja, dan juga beberapa kost di kota lainnya.

Rukita sebagai penyedia hunian sewa jangka panjang juga memiliki banyak unit coliving dan apartemen yang bisa kamu sesuaikan dengan bujet dan kebutuhan. Penasaran dengan unit kost eksklusif Rukita? Langsung klik tombol di bawah ini saja, yuk!

Ingin cari kost lainnya yang memiliki fasilitas lengkap dengan harga murah? Yuk, langsung aja cek unitnya di infokost.id. Ada banyak kost murah yang pastinya sesuai dengan kebutuhanmu!

Jangan lupa unduh aplikasi Rukita yang tersedia di Play Store dan App Store atau kunjungi www.rukita.co untuk informasi lebih lanjut. Ikuti juga akun Instagram @rukita_indoTwitter @rukita_id, dan TikTok @rukita_id untuk mengikuti info dan promo menarik lainnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Qonita Chairunnisa

A passionate SEO content writer with a Journalism background. Been stringing words together for diverse content for years, and aims to keep learning all about SEO and copywriting.

Leave a Reply