I

Ingin Tidur Berkualitas? Hindari 7 Hal Ini Sebelum Tidur

tips tidur nyenyak

Tidur berkualitas bikin tubuh dan pikiran segar di pagi hari!

Berapa banyak di antara kamu yang punya masalah tidur? Ingin cepat tidur tapi, kok, susah. Seandainya tidur, tapi tetap merasa lelah keesokan harinya. Bisa jadi, nih, masalahnya adalah kebiasan yang kamu lakukan sebelum tidur di malam hari.

Apakah kamu sering menggunakan ponsel sebelum tidur? Sst, kebiasaan ini ternyata nggak dianjurkan karena bikin tidur tidak berkualitas.

Hal yang harus dihindari sebelum tidur
Source: YouTube

Setelah seharian beraktivitas, seharusnya kamu melakukan hal-hal ringan yang untuk membuat tubuh dan pikiran relaks. Kalau kamu memaksakan diri, maka tidak heran bila tubuh dan pikiran tetap lelah meski sudah beristirahat.

Akibat kualitas tidur yang rendah, nih, bisa jadi kamu akan sulit berkonsetrasi saat bekerja, ketinggalan kereta, atau bahkan jadi bad mood seharia!

Hal-hal yang Harus Dihindari Sebelum Tidur Agar Tidur Menjadi Berkualitas

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, dianjurkan untuk menghindari melakukan hal-hal yang malah membuat sulit tidur. Penting menjadikannya sebagai rutinitas!

1. Jauhkan diri dari teknologi

Hal yang harus dihindari main telepon
Source: The Healthy

Hal pertama yang harus dihindari sebelum tidur adalah menggunakan gawai di tempat tidur, seperti ponsel atau laptop.

Hindari pula membuka e-mail pekerjaan sebelum tidur. Hal ini berpotensi membuat kamu stres sebelum tidur.

Hal yang harus dihindari main ponsel di tempat tidur
source: cbsistatic.com

Mungkin jadi godaan terbesar untuk scrolling media sosial sebelum tidur. Niatnya, sih, hanya melihat foto terbaru teman, tapi malah justru menghabiskan waktu berjam-jam melihat layar ponsel.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sinar biru dan putih yang terpancar dari alat elektronik akan menghambat otak mengeluarkan hormon melatonin. Padahal hormon ini memiliki peran penting untuk memberi perintah kepada tubuh untuk beristirahat.

2. Hindari minuman beralkohol

Hal yang harus dihindari minum bir
source: Shutterstock

Mungkin segelas wine bisa membuat kamu cepat tertidur. Sayangnya, alkohol membuat kamu nggak mendapatkan tidur berkualitas.

Ternyata tubuh ‘memproses’ minuman beralkohol pada saat tidur sehingga kamu akan terbangun di tengah malam sambil merasakan mual. Hal ini akan memotong waktu tidurmu.

Pada saat bangun tidur di pagi hari, kamu pun merasa pusing dan mual. Nggak mau, dong, memulai pagi kamu dengan hal yang kurang menyenangkan?

3. Jangan minum obat tidur

Hal yang harus dihindari minum obat
source: rehabs.com

Kamu sulit tidur? Jangan sesekali meminum obat tidur tanpa anjuran atau petunjuk dari dokter.

Jika kamu nekat minum obat tidur biasanya akan berpengaruh terhadap kesehatan. Mulai dari nyeri otot hingga kehilangan memori. Selain itu, meminum obat tidur juga bisa membuat kecanduan, lho.

4. Jangan bekerja di atas tempat tidur

Hal yang harus dihindari bekerja di atas kasur
source: freepik.com

Menyelesaikan pekerjaan di atas tempat tidur menjadi hal yang harus dihindari sesaat sebelum tidur. Bukannya bersiap untuk tidur, tubuh dan otak kamu justru masih dipaksa berpikir keras untuk bekerja.

Ketika kamu membawa pekerjaan ke atas tempat tidur, kualitas tidur kamu akan berkurang. Hal ini akan membuat kamu merasa letih saat bangun tidur di pagi hari.

5. Hindari mengonsumsi kopi sebelum tidur

Hal yang harus dihindari minum kopi
Source: Huffington Post UK

Walaupun kamu seorang pencinta kopi, lebih baik hindari mengonsumsi kopi sebelum tidur. Kandungan kafein pada kopi membuat otak sulit menangkap sinyal tubuh untuk beristirahat. Bisa dipastikan kamu akan kesulitan mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Batasi mengonsumsi kopi setelah pukul 5 sore, atau sekitar 6-7 jam sebelum tidur. Kalau kamu butuh kafein, nih, sebaiknya memilih teh saja.

6. Jangan mengonsumsi makanan berlemak

Hal yang harus dihindari makan cokelat
Source: Daily Express

Menurut penelitian mengonsumsi makanan berlemak sebelum tidur akan mempersingkat waktu tidur pada tahap REM (Rapid Eye Movements). Padahal, tahap REM ini sangat penting untuk membuat tidur kamu berkualitas.  

Lemak membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa dicerna dalam tubuh. Hindari makanan berlemak seperti susu, cokelat, alpukat, keju, dan olahan susu lainnya.

Hal yang harus dihindari makan nasi kandar
Source: detikFood

Selain akan merusak kualitas tidur, mengonsumsi makanan berlemak berpotensi membuat tubuh tidak sehat hingga menumpuk lemak.

Merasa lapar saat hendak tidur? Coba pilih roti gandum dan selai buah organik yang lebih sehat untuk dikonsumsi.

7. Hindari berolahraga yang berat

Hal yang harus dihindari olahraga berat
source: meredithcorp.io

Di tengah kesibukan mungkin waktu sebelum tidur merupakan satu-satunya kesempatan untuk kamu berolahraga. Padahal, olahraga berat seperti olahraga kardio kurang baik untuk dilakukan sebelum tidur. Hal ini dikarenakan suhu tubuh menjadi lebih panas dan membuat kamu kesulitan untuk tidur.

Masih ingin tetap berolahraga? Pilihlah olahraga yang lebih ringan seperti yoga atau meditasi.

Hal yang harus dihindari
source: Shutterstock

Selain ringan, yoga juga membuat kamu lebih relaks. Hal ini sangat membantu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.


Sudah tahu, kan, penyebab tidur yang kurang berkualitas? Mulai sekarang hindari melakukan hal-hal di atas sebelum tidur. FYI, durasi tidur juga memengaruhi kualitas tidur kamu. Jadi, kurangi bergadang kalau memang nggak diperlukan.  

Tips di atas berguna banget untuk kamu yang ingin tidur berkualitas dan bangun dalam keadaan segar.

Jangan lupa share dengan teman-teman kamu, ya, biar selalu sehat juga!

BACA JUGA: Tidur Nyenyak Tanpa AC Saat Cuaca Panas? Bisa dengan 15 Tips Ini!

Yuliana

A forever-young-soul human who lives in Jakarta. Travel enthusiast and aurora borealis admirer.

Leave a Reply