7

7 Gado-gado Legendaris di Jakarta yang Kelezatannya Tak Pernah Tergantikan

Gado-gado bisa dibilang sebagai salad khas Indonesia karena sama-sama berisi sayur. Sejak lama, nih, hidangan berbumbu saus kacang ini menjadi makanan favorit orang-orang, baik untuk sarapan maupun makan siang.

Sedang ingin makan gado-gado? Gampang, kok, kalau kamu sedang berada di Jakarta karena banyak sekali penjualnya. Bahkan pekerja kantoran, tuh, sejak lama juga hobi makan gado-gado buat makan siang.

Maklum, makanan yang terdiri atas berbagai sayuran rebus dan siraman saus kacang ini selalu mampu menggoyang lidah dan memanjakan perut.

7 Gado-gado Legendaris di Jakarta

Salah satu makanan favorit orang Indonesia ini sebenarnya sangat mudah ditemukan di mana-mana.

Di Jakarta sendiri, nih, banyak sekali pedagang kaki lima yang menjual gado-gado. Namun, cuma beberapa yang bertahan sejak lama sehingga kini menjadi legenda.

Nah, penasaran di mana saja gado-gado paling legendaris di Jakarta? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

1. Gado-gado Bon-Bin Cikini

Image result for gado gado bonbin cikini"
Source: Qraved

Kalau bicara soal gado-gado legendaris, tuh, pastinya terasa kurang kalau tidak memasukkan nama kedai gado-gado satu ini. Yap, Gado-gado Bon-Bin usianya sudah melebihi setengah abad dan mampu bertahan sampai saat ini. Sakut!

Tahu nggak kenapa gado-gado ini bisa jadi legendaris dan masih terus dicari? Ternyata olahan gado-gado di sini berbeda dari gado-gado lainnya, terutama saus kacangnya yang spesial karena gurih dan pekat.

Nah, sambal kacangnya sendiri sebelum diolah ternyata direbus dulu dengan resep spesial dari sang penjualnya.

Rasanya juga nggak pernah berubah sejak awal kedai gado-gado ini buka di daerah Cikini, lho. Buat kamu yang belum pernah coba, nih, pokoknya wajib dateng!

Harga: Mulai dari Rp38 ribuan

Jam operasional: Setiap hari pukul 10.00 – 17.00

Alamat: Gado-gado Bon-Bin Jln. Cikini IV No.5, Menteng, Jakarta Pusat

2. Gado-gado Asinan Cikini

Image result for gado gado asinan cikini"
Source: Qraved

Nah, masih di daerah Cikini, ada satu lagi kedai penjual gado-gado legendaris di Jakarta yang juga wajib kamu coba.

Gado-gado legendaris kedua di Cikini adalah Gado-gado Asinan Cikini. Nah, meski ada nama asinannya, bukan berarti gado-gado ini dicampur asinan, ya.

Bisa dibilang legendaris, tuh, karena gado-gado yang satu ini juga sudah beroperasi sejak 1960-an. Uniknya rasa dan kualitas sajian terus dijaga dan dipertahankan sampai saat ini.

Tidak salah jika tempat ini menjadi salah satu tempat makan gado-gado legendaris di Jakarta, deh.

  • Harga: Mulai dari Rp35 ribuan
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00 – 17.00
  • Alamat: Gado-gado Asinan Jln. Cikini IV No.1, Menteng, Jakarta Pusat

3. Gado-gado Boplo Kebayoran Baru

Image result for gado gado boplo kebayoran baru"
Source: Tripzilla

Kalau gado-gado yang satu ini, sih, pastinya sudah nggak asing bagi para pecinta gado-gado di Jakarta. Apalagi kalau bukan Gado-gado Boplo.

Asyiknya, nih, cabang dari gerai gado-gado paling terkenal di Jakarta ini sudah ada di mana-mana, lho.

Karena itulah, nggak bakal sulit buat kamu menemukan dan mencicipi gado-gado yang satu ini. Tenang, deh, kalau soal rasanya sudah pasti semua cabang Gado-gado Boplo menyajikan kualitas rasa yang sama.

Sejak dulu, sih, cabang awalnya di Kebayoran Baru ini memang sangat terkenal dengan sambal kacang mete dan asam Jawa-nya yang gurih dan nikmat.

  • Harga: Mulai dari Rp 5 ribuan
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 22.00
  • Alamat: Gado-gado Boplo Jln. Panglima Polim IX, Melawai, Jakarta Selatan

BACA JUGA: 7 Ketoprak Legendaris di Jakarta yang Rasanya Bikin Kangen

4. Gado-gado Kartika Pondok Indah

Source: Zomato

Bukan cuma terkenal sebagai perumahan mewah, daerah Pondok Indah juga terkenal akan kuliner legendarisnya. Salah satunya adalah Gado-gado Kartika Pondok Indah.

Gado-gado yang awalnya dijual di salah satu rumah di Pondok Indah ini sekarang sudah pindah ke Pondok Indah Plaza. Meski sudah nggak ditempat asalnya, namun rasa dari gado-gadonya nggak pernah berubah, kok.

Sambal kacangnya punya tekstur yang kental, nikmat, segar, dan gurih karena menggunakan kacang mete sebagai bahan utamanya.

Potongan bayam, tauge, dan kol yang masih segar, ditambah dengan tempe, tahu, dan telur rebus yang masih hangat. Pastinya mantap!

  • Harga: Mulai dari Rp32 ribuan
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
  • Alamat: Gado-gado Kartika Pondok Indah @ Ruko Pondok Indah Plaza 2, Pondok Indah, Jakarta Selatan

5. Gado-gado Cemara Tanah Abang

Image result for Gado gado cemara tanah abang"
Source: Tripadvisor

Kalau dibilang jadi Gado-gado Cemara jadi gerai gado-gado paling legendaris di Jakarta, rasanya nggak salah, deh. Pasalnya, Gado-gado Cemara memang sudah ada sejak tahun 1947 dan pertama kali buka di Jalan Cemara.

Meski sekarang sudah tidak berada di Jalan Cemara lagi karena bangunannya sudah dijual oleh generasi penerusnya, namun rasa autentik dan orisinal dari gerai pertamanya di Jalan Cemara masih bisa kamu rasakan, kok.

Gado-gado Cemara sendiri terkenal akan porsinya yang besar dan melimpah serta siraman saus kacang dengan rasa gurih dan lembut.

  • Harga: Mulai dari Rp50 ribuan
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 20.00
  • Alamat: Gado-gado Cemara Jln. Tanah Abang 5 No.36, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat

6. Gado-gado Taman Sari Kemayoran

Image result for Gado gado taman sari kemayoran"
Source: Tripzilla

Gado-gado Taman Sari Kemayoran merupakan salah satu penjual gado-gado di Jakarta yang melegenda.

Bukan cuma bumbu kacang yang gurih, sayuran segar dan potongan tahu, tempe, dan telurnya yang berpadu sempurna sungguh sulit ditandingi!

Gado-gado yang satu ini jadi beda dari gado-gado lainnya dalam daftar ini karena menggunakan kerupuk udang dan emping sebagai topping-nya.

  • Harga: Mulai dari Rp35 ribuan
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
  • Alamat: Gado-gado Taman Sari Kemayoran ITC Cempaka Mas Lantai 5 No. 57, Kemayoran, Jakarta Pusat

7. Gado-gado Direksi Kota

Image result for Gado gado direksi kota"
Source: Pergikuliner.com

Terakhir dalam daftar ini adalah Gado-gado Direksi Kota yang punya cerita sedikit unik dibanding gerai gado-gado lainnya dalam daftar ini.

Sudah berjualan sejak 1967, ya, gado-gado satu ini awalnya jadi langganan para anggota direksi dari sebuah bank di Jakarta.

Berhubung pelanggannya terlihat berkelas maka gerai gado-gado ini dijuluki sebagai ‘gado-gado direksi kota’. Rasa sambal kacangnya sangat nikmat dengan porsi yang juga melimpah.

Sekali-sekali boleh, nih, kamu mampir ke daerah Taman Sari untuk merasakan sensasi makanan favoritnya para jajaran direksi yang berkelas ini, hehehe. 😉

  • Harga: Mulai dari Rp40 ribuan
  • Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00 – 17.00
  • Alamat: Gado-gado Direksi Kota Jln. Pintu Besar Selatan 1 No.10, Taman Sari, Jakarta Barat


Itulah dia berbagai gado-gado legendaris di Jakarta yang wajib banget kamu coba. Sensasi rasanya dijamin nagih dan beda dari gado-gado lainnya, deh.

Beberapa porsi gado-gadonya juga melimpah sehingga kenyang banget! Kamu nggak bakal menyesal, deh, buat nyicipin berbagai gado-gado ini. Apakah ada yang sudah jadi langgananmu? Atau kamu punya rekomendasi berbeda? Tinggalkan kesanmu di kolom komentar, ya!

CategoriesTak Berkategori
Rizki Ramadhan

Full-time writer, part-time planner, part-time dreamer, part-time guitarist, part-time bassist but not an activist. Just a human being. Hit me up on Twitter @rizkiglonomore

Tinggalkan Balasan