1

11 Pilihan Furnitur dan Aksesori Murah untuk Dekorasi Rumah yang Nggak Murahan

Ada harga, ada barang? Nggak berlaku di sini!

Kita selalu mendengar peribahasa “ada rupa, ada harga” yang selalu benar jika menyangkut kualitas barang. Uang memang bisa membeli berbagai barang dengan desain ataupun kualitas yang luar biasa. Namun, bukan berarti furnitur dan aksesori murah bakal membuat rumahmu terkesan murahan, ya!

Boleh banget mengeluarkan uang untuk membeli perabotan dan aksesori yang keren. Namun, pertanyaannya adalah barang mana yang pantas dibeli dengan harga mahal, dan mana yang bisa didapatkan dengan murah?

Yap, nggak semua barang harus kamu beli dengan harga mahal plus diiringi kualitas atau desain extravaganza. Ada barang yang dilihat dari fungsinya saja sehingga nggak perlu tahan lama. Jadi, kamu bisa beli yang murah, standar banget, bahkan secondhand.

Beberapa Perabotan dan Aksesori Rumah yang Nggak Perlu Dibeli dengan Harga Mahal

Untuk beberapa barang berikut ini, sih, kamu harus tetap meneliti kondisi bahannya. Karena nggak lucu juga, kan, kalau duduk di bangku yang ringkih terus terjatuh?

1. Stiker dinding

furnitur dan aksesori murah
Source: dormify.com

Kalau mau mengubah tembok dengan mudah? Wallpaper bisa jadi solusinya. Namun, wallpaper dan jasa pemasangannya harganya sangat mahal.

Kalau nggak mau buang-buang uang terlalu banyak, kamu bisa pakai stiker dinding saja. Stiker dinding harganya murah banget, biasanya di marketplace, sih, mulai dari Rp25.000 saja.

Stiker dinding lebih mudah dipasang dan dicopot sehingga bisa kamu kerjakan sendiri. Dindingmu pun terlihat lebih menarik dengan harga yang lebih murah!

2. Pernak-pernik aksesori

furnitur dan aksesori murah
Source: pinterest.com

Jikalau ingin kamar yang cantik tentu perlu menambahkan aksesori. Pernak-pernik ini bisa beraneka ragam seperti patung, mug, dan barang-barang lain dengan fungsi dekoratif.

Barang-barang ini tidak perlu mahal, ya. Kamu bisa membelinya di mana saja, baik toko dekorasi yang mahal, marketplace, bahkan pasar. Yang bikin barang kelihatan mahal adalah cara penataan dan peletakannya.

Biasanya display aksesori tergantung dari mood atau bahkan perayaan tertentu. Jadi, kalau sudah tidak suka lagi, kan, kamu lebih rela untuk menggantikannya dengan yang lain.

3. Lemari kabinet

furniture dan aksesori murah untuk dapur
Source: echeloncabinetary.com

Untuk membeli lemari kabinet ataupun lemari pakaian, kamu nggak perlu beli yang mahal-mahal. Terpenting adalah fungsi dari lemari itu sendiri.

Selama kamu bisa menemukan lemari dengan kondisi baik, bisa dipakai, dan sesuai seleramu, ya, kenapa harus beli yang mahal? Banyak juga toko secondhand yang menjual lemari dengan harga murah, kok.

Cek penampilan, bahan, dan hardware-nya apakah sudah sesuai dengan seleramu. Kabinet untuk dapur tentu membutuhkan kayu yang lebih kuat daripada lemari baju.

4. Vas bunga

vas bunga aksesori murah
Source: heinendelftblauw.com

Kamu tidak perlu membeli vas bunga mahal agar bungamu terlihat indah di rumah. Beli vas bunga yang murah saja yang penting cocok dengan kesan ingin ditampilkan dan sesuai seleramu.

Vas bunga umumnya digunakan orang sebagai pajangan maupun untuk meletakkan bunga semata. Fungsi sepenuhnya hanya dekorasi saja sehingga tidak memerlukan daya tahan yang tinggi.

Ketika kamu pasang vas bunga untuk tempat meletakkan bunga, hal yang harus paling kamu tonjolkan adalah bunganya. Vas hanyalah aksesori penunjang yang membuat ruangan semakin menarik. Nggak perlu yang mahal, kok.

5. Seprai

furnitur dan aksesori murah
Source: target.com

Orang memiliki seprai dengan tekstur yang berbeda-beda. Satu set bedding memang harganya mahal sekali, dan lebih baik memiliki duvet serta selimut yang mahal. Namun, tidak demikian buat seprai.

Banyak seprai yang berbahan lembut dan dingin yang dijual dengan harga murah. Selain itu, orang juga dianjurkan untuk mengganti seprai sekitar 2 minggu sekali. Jadi, semakin banyak seprai yang kamu miliki akan makin baik.

Seprai bagus juga terkadang sering k’ena’ diskon sehingga bakal worth-it banget buat kamu beli. Belilah seprai  kualitas bagus dengan harga miring, berbahan nyaman, dan motif yang sesuai seleramu.

BACA JUGA: 11 Online Store Terbaik dan Termurah untuk Beli Furniture Minimalis | Cocok untuk Dekorasi ala Pinterest dan Tumblr

6. Bangku

furnitur dan aksesori murah
Source: carlyray.com

Kamu tidak disarankan membeli bangku berharga mahal, terutama yang tanpa bantalan. Beli saja bangku kayu, metal, atau plastik yang murah sesuai dengan bujetmu.

Berbeda dari sofa atau kursi, bangku memang tidak dibuat untuk rasa nyaman. Yang penting bangku tersebut cukup kokoh. Jadi, pastikan material dan paku di bangku tersebut dalam kondisi yang baik dan kuat.

Kamu bisa memilih berbagai bangku, mulai dari yang kecil, bangku panjang, hingga bangku bar tinggi. Lebih baik membeli bangku bar yang agak mahal agar kokoh dan seimbang. Bangku kecil cukup multifungsi karena bisa kamu jadikan meja di sisi tempat tidurmu, tuh.

7. Rak buku

rak buku murah
Source: philiesfarm.com

Rak buku bukanlah sesuatu yang harus kamu beli dengan harga mahal. Yang membuat rak buku tampak menarik dan mewah adalah cara kamu menatanya.

Coba tata bukumu dengan rapi, kemudian hias dengan foto, aksesori, dan dekorasi lain. Kombinasi tersebut akan membuat rak bukumu menarik dan tidak membosankan walau harganya murah dan penampilan awalnya biasa saja.

Kalau kamu ingin mengubah sesuatu di rak bukumu, kamu juga bisa mengubah warnanya. Coba cat dengan warna yang membuat rak bukumu terkesan elegan dan mewah, contohnya adalah midnight blue atau putih. Siapa bilang furnitur dan aksesori murah tidak bisa mendampingi rak buku?

8. Tatakan gelas atau cangkir

furnitur dan aksesori murah
Source: wayfair.com

Tatakan gelas, cangkir, bahkan lilin merupakan aksesori-aksesori tambahan yang dapat membuat ruangan terlihat menarik. Jangan membeli barang-barang ini saat mahal, tetapi sebaiknya tunggu saja saat musim diskon.

Aksesori kecil mudah kamu ganti setiap setahun sekali demi membantu menambah warna pada ruangan. Jujur saja, deh, kalau dibiarkan bertahun-tahun pasti kamu bosan dengan coraknya.

Setiap tahun pasang bujet rendah untuk membeli pernak-pernik kecil ini. Jika kamu punya beberapa pola favorit, nih, kamu selalu bisa menyimpannya. Tapi, jelas banget kalau nggak usah beli yang mahal karena nggak worth-it!

9. Cermin

cermin untuk furnitur murag
Source: pinterest.com

Cermin merupakan salah satu benda esensial yang diperlukan di kamar, namun kamu nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mendapatkannya. Yap, alternatif furnitur dan aksesori murah bisa meng-cover kebutuhan ini.

Banyak sekali jenis cermin bersama piguranya yang dijual di pasaran sehingga harganya bersaing. Kamu bisa cari di marketplace, toserba, maupun toko secondhand. Beli cermin saat sedang diskon saja karena kualitasnya tidak pernah berubah.

Kalau kamu ingin cermin yang unik atau besar sekali untuk dekorasi, tentu kamu harus melakukan pemesanan yang berbiaya mahal. Namun, jika membeli cermin standar untuk berkaca, kamu bisa mendapatkannya dengan harga murah.

10. Meja

meja makan furnitur dan aksesori murah
Source: homedesignlover.com

Untuk mendapatkan sebuah perabotan dengan penampilan menarik, kamu nggak perlu selalu beli yang mahal. Hindari membeli meja makan atau lampu yang mahal karena sebenarnya kamu bisa mendapatkan kedua benda itu dengan harga miring.

Jika kamu ingin membeli yang modelnya unik, nih, lebih baik beli meja dari toko secondhand. Biasanya banyak perabotan unik dan antik yang dijual di sana dengan harga murah.

Penting memilih meja makan dan meja kopi dari segi fungsi dan penampilannya.  Pasalnya ‘tempat’ ini bakal menjadi pusat berkumpul bersama keluarga dan teman sambil meletakkan barang.

Kamu nggak perlu harus beli yang mahal, namun sangat perlu melirik seniman kayu lokal yang biasanya menawarkan harga lebih murah. Sekali lagi, nih, furnitur dan aksesori murah nggak berarti murahan, kan?

11. Bantal

sofa dekor rumah
Source: furniturelandde.com

Bantal adalah salah satu benda yang paling sering dijual dengan harga diskon di tok-toko. Kualitas bantal duduk sama saja, kok, berapa pun harganya. Jadi, kamu lebih baik membeli bantal, terutama bantal sofa saat sedang diskon.

Kalau memiliki banyak bantal duduk, kamu bisa mengubah dekorasi rumah dengan mudah. Bantal duduk juga cukup awet sehingga orang akan merasa lebih nyaman ketika harus duduk di sofa dan tidak takut merusak barang.

Beli bantal sofa saat diskon, lalu belilah sarung bantal sofa yang lebih mahal. Kamu akan bisa merasakan tekstur, kelembutan, dan sebagainya dari sarung bantal tersebut saat bersentuhan langsung. Saat dipajang pun terlihat apik, deh.


Ada beberapa barang yang nggak perlu harus dibeli dengan mengeluarkan jutaan rupiah! Kamu bisa banget mengganti furnitur dan aksesori murah setiap tahunnya untuk dekorasi rumah kalau dibelinya tidak terlalu mahal.

Barang apa yang sedang ingin kamu beli? Atau pernah punya pengalaman membeli furnitur murah yang justru tak ternilai fungsinya? Share di kolom komentar saja. 😉

CategoriesTak Berkategori
Chikitta Carnelian

Lifestyle content writer by day, and researcher by night. Care about mental health, the environment, and healthy lifestyle. Love pastries too much and enjoy trying different brunch places and nice bars. In the journey to consume less meat.

Tinggalkan Balasan