1

15 Cara Mengatasi Sakit Perut Akibat Makanan Pedas, Pecinta Pedas Wajib Tahu!

Sering sakit perut karena makanan pedas? Coba simak cara mengatasinya!

Sakit perut menjadi salah satu keluhan yang sering dirasakan kebanyakan orang, apalagi kalau kamu senang banget makan makanan pedas! Pasti perut sering terasa panas yang berujung pada rasa melilit.

Mengonsumsi makanan pedas itu seperti cinta tapi benci,ya. Soalnya setiap kali habis makan pasti sakit perut, tapi tetap saja nggak kapok-kapok. Biasanya, rasa sakit perut setelah makan pedas ini terjadi karena senyawa kimia yang disebut sebagai capsaicin.

Dilansir dari hellotsehat.com, senyawa tersebut berkaitan dengan reseptor syaraf yang mengahntarkan sinyal nyeri menuju otak. Tak hanya itu, pencernaan kamu juga bisa menyerang pencernaan dan juga dinding lambung.

BACA JUGA:

Jangan Sembarangan! Ternyata Begini Cara Aman Menyimpan Sushi Biar Nggak Basi

Cara Mengatasi Cegukan pada Orang Dewasa, Mudah dan Ampuh!

Ada Benjolan di Ketiak? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Bahaya Sering Makan Makanan Pedas

cara mengatasi sakit perut
Source: Insider

Buat kamu yang sering makan makanan pedas, ingat, ya, jangan terlalu berlebihan! Sesekali makan pedas memang boleh, tapi jika keseringan, bisa berbahaya bagi tubuh, lho.

Makanan pedas yang berlebih di bisa meningkatkan risiko iritasi tenggorokan, insomnia, sakit maag, irritable bowel syndrome, asam lambung kronis, hingga kanker usus!

Selain itu, banyak makan makanan pedas juga bisa menjadi alasan kulit mudah berjerawat. Hal ini dikarenakan di dalam makanan pedas terdapat asam likopen yang dapat mengganggu pH kulit dan dapat memicu munculnya jerawat.

15 Cara Mengatasi Perut Sakit Akibat Makan Pedas

Namun, kali ini Rukita akan bahas cara mengatasi sakit perut akibat sering makan pedas. Jangan khawatir! Kalau kamu sering mengalaminya, ada beberapa cara mengatasi sakit perut yang terbukti ampuh, kok.

Selain mudah dipraktikkan, nih, cara-cara mengatasi sakit perut ini hasilnya juga instan sehingga kamu tidak perlu menahan sakit cukup lama atau mencari bahan-bahan tertentu terlebih dahulu untuk mengusir sakit tersebut.

Tidak sabar untuk segera mengetahui trik mengatasi sakit perut setelah mengonsumsi makanan pedas? Yuk, cek trik mudahnya di bawah ini!

1. Minum air rebusan jahe

cara mengatasi sakit perut
Source: Medical News Today

Jahe sudah lama dikenal sebagai bahan alami untuk mengatasi sakit perut, apa pun penyebabnya. Alasannya, tuh, jahe mengandung senyawa antiradang yang bisa meringankan sakit perut, perut kembung, diare, mual dan muntal, hingga irritable bowel syndrome (IBS).

Untuk merasakan khasiatnya secara optimal, Rukita menyarankan kamu untuk mencampurnya dengan teh atau meminum rebusan air panasnya.

2. Minum teh chamomile

cara mengatasi sakit perut
Source: Medical News Today

Sama seperti jahe, teh chamomile memiliki senyawa yang dapat meredakan peradangan, merangsang pengeluaran gas, dan merelaksasikan otot saluran pencernaan. Makanya, chamomile dianggap sebagai salah satu trik untuk mengatasi sakit perut.

Terkadang, nih, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas juga dapat meningkatkan produksi asam lambung. Teh chamomile dapat membantu menurunkan produksi asam lambung.

3. Menggunakan kompres hangat

cara mengatasi sakit perut
Source: Verywell Health

Memang, sih, kompres hangat sebenarnya tidak akan mengatasi sakit perut secara langsung. Namun, sensasi hangat yang kamu rasakan akan mengalihkan kamu dari rasa sakit dan melemaskan otot-otot saluran pencernaan.

Kamu dapat menggunakan kain lap yang dibasahi air hangat, botol kaca berisi air hangat, atau heating pad. Tempelkan pada perut ketika sakit mulai mengganggu, tapi hindari penggunaannya lebih dari 15 menit agar kulit tidak iritasi.

4. Mengonsumsi makanan dan minuman pelarut capsaicin

cara mengatasi sakit perut
Source: South Suffolk Leisure

Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya, capsaicin adalah senyawa yang kamu temukan di makanan pedas sehingga kalau senyawa ini dilarutkan maka kamu tidak akan terganggu lagi dengan sakit perut.

Biasanya, nih, senyawa capsaicin akan larut dalam lemak. Nah, kamu bisa melarutkannya dengan susu full-fat, yogurt, selai kacang, atau sedikit minyak zaitun.

5. Minum campuran lemon dan madu

cara mengatasi sakit perut
Source: Healthline

Kalau mengonsumsi makanan pedas membuat perut kamu sakit, ya, cobalah minum campuran lemon dan madu. Selain meredakan sakit perut, campuran ini dapat meredakan sensasi pedas di mulut kamu.

Madu mengandung butiran gula alami yang dapat menyerap capsaicin, sementara lemon yang bersifat asam akan menetralisasi capsaicin. Tapi, kalau kamu memiliki penyakit lambung sebaiknya tidak mengikuti cara ini.

Yap, asam lemon dapat memicu meningkatnya asam lambung yang malah menyebabkan kamu mengalami sakit perut lebih perih daripada akibat mengonsumsi makanan pedas.

6. Menghindari posisi berbaring

Source: The Mirror

Dilansir dari Medical News Today, kalau tubuh kamu dalam posisi berbaring, asam di perut akan cenderung bergerak mundur dan naik. Hal ini bisa menyebabkan heartburn sehingga perut terasa semakin panas.

Kalau kamu sedang sakit perut, coba hindari posisi tidur berbaring selama beberapa waktu, ya.

7. Manfaatkan daun mint

cara mengatasi sakit perut
Source: The Spruce Eats

Ternyata, para peneliti menemukan bahwa daun mint dapat menjadi pengobatan tradisional yang menyembuhkan sakit perut seperti gangguan pencernaan, gas lambung, serta diare di Iran, Pakistan, serta India.

Kamu bisa merebus daun mint dengan kapulaga untuk disajiakn seduhan. Atau, agar lebih enak, minumlah teh yang diberi daun mint.

8. Diet BRAT

cara mengatasi sakit perut
Source: Cleveland Clinic Health Essentials

Bagi kamu yang merasa sakit perut setelah makan pedas dan mengalami diare atau buang-buang air, coba, deh, lakukan diet BRAT agar diaremu nggak makin parah.

BRAT sendiri merupakan singkatan dari Banana, Rice, Applesauce, dan Toast. Yap, kamu harus mengonsumsi makanan ini yang dapat membantu mengikat makanan dan membuat feses menjadi lebih kencang.

Dengan begitu, pasti gejala diaremu akan semakin ringan dan iritasi jaringan akibat asam dalam muntahanmu bisa semakin reda.

9. Jangan merokok dan minum alkohol

cara mengatasi sakit perut
Source: Euronews

Buat kamu para perokok, coba stop dulu, yuk, saat sakit perut melanda. Merokok dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan yang dapat meningkatkan rasa sakit pada perut.

Kalau sakit perut disertai muntah-muntah, merokok juga bisa dapat merusak jaringan lunak yang sudah sakit akibat asam lambung naik.

Minuman beralkohol juga sulit dicerna dan dapat menyebabkan kerusakan pada hati dan lapisan lambung, sehingga akan semakin bahaya bila dikonsumsi orang yang sedang sakit perut.

10. Menhindari makanan yang sulit dicerna

cara mengatasi sakit perut
Source: The Unmanly Chef

Saat sedang sakit perut, coba, deh, hindari makanan yang dapat meningkatkan risiko sakit perut seperti makanan yang digoreng, asin, diawetkan, atau berlemak.

Hindari juga asumsi kafein dan minuman tinggi gula dan pemanis buatan. Minuman ini terbuat dari pemanis buatan yang tinggi karbohidrat dan sulit sekali untuk dicerna. Selain itu, minuman tersebut juga mudah difermentasi oleh bakteri yang ada pada usus.

11. Menghindari buah dan sayur tertentu

cara mengatasi sakit perut
Source: Eat This Much

Yap, walaupun buah dan sayur memiliki banyak manfaat, pada saat sakit perut, kamu harus memilih buah dan sayur mana yang boleh dikonsumsi.

Hal ini dikarenakan beberapa sayur dan buah justru memiliki kadar oligosakarida, monosakarida, dan poliol yang sangat tinggi. Senyawa tersebut tak akan cocok dengan keadaan perut yang sedang sensitif.

Biasanya, sayur dan buah tersebut meliputi brokoli, mangga, ceri, semangka, apel, jamur, kol, serta kubis.

12. Mengonsumsi kayu manis

cara mengatasi sakit perut
Source: Taste of Home

Kayu manis merupakan salah satu rempah yang sering digunakan sebagai penyedap minuman dan dessert. Ternyata, kayu manis juga memiliki antioksidan yang daapt membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi risiko iritasi dan kerusakan pada saluran pencernaan.

Antioksidan tersebut meliputi Kamper, Linalool, Cinnamaldehyde, serta Eugenol. Selain itu, zat-zat lain yang terkandung di dalam kayu mani sjuga dapat menetralkan asam lambung dan juga mengurangi heartburn, lho.

Yuk, coba campurkan kayu manis dengan air mendidih saat sakit perut sedang melandamu!

13. Minum jus lidah buaya

cara mengatasi sakit perut
Source: Lifealth

Nggak hanya bagus dan bermanfaat untuk kulit, lidah buaya juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi sakit perut yang ampuh, lho.

Ada banyak sekali zat baik dalam lidah buaya yang dapat bermanfaat sebagai pereda asam lambung berlebih, pembuang toksin dalam usus, pereda peradangan, menjaga keseimbangan bakteri pencernaan, serta meningkatkan protein dalam pencernaan.

Jus lidah buaya juga sangat baik dikonsumsi oleh para penderita GERD karena dapat mengurangi heartburn dan juga perut kembung.

14. Konsumsi nasi putih

cara mengatasi sakit perut
Source: iStock

Berbeda dengan orang diet yang sering menghindari nasi putih, saat sedang sakit perut, nasi putih justru bagus untuk mengatasi berbagai jenis keluhan sakit pada peurt, lho.

Nasi putih dapat menambahkan massa pada feses dan juga menyerap cairan yang mengandung racun. Tak hanya itu, dengan mengonsumsi nasi putih, hal ini dapat meredakan nyeri dan keram pada tubuh.

15. Air Kelapa

cara mengatasi sakit perut
Source: Vogue India

Bagi kamu pecinta air kelapa, kabar baik! Air kelapa yang menyegarkan juga dapat bermanfaat sebagai pereda sakit perut. Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung kalium dan magnesium yang tinggi.

Dua zat tersebut dapat membantu mengurangi rasa sakit, kejang otot, serta rasa kram pada perut. Kalau kamu mengalami diare, air kelapa juga berguna sebagai rehidrasi.

Coba, deh, konsumsi 2 gelas air kelapa murni tanpa gula setiap 4-6 jam saat sakit perut. Gejala sakit perutmu akan hilang secara perlahan.

Segera Ke Dokter Bila Semakin Parah!

Namun, perlu diingat, jika rasa sakit perut tak kunjung sembuh selama beberapa hari dan disertai gejala lain seperti mual, demam, BAB berdarah, sembelit, heartburn, serta urin berdarah, sebaiknya kamu segera pergi ke dokter dan jangan sembarangan minum obat, ya!


Jadi, itulah cara mudah mengatasi sakit perut akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas. Selain tidak sulit, cara ini dijamin langsung membuat sakit perut kamu hilang sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Apakah kamu punya cara lain untuk mengusir sakit perut setelah terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas? Kalau iya, jangan lupa untuk beri tahu kami caranya di kolom komentar di bawah ini, ya.

Kamu sedang mencari unit kost terbaik di pusat kota? Ada berbagai pilihan kost coliving fully furnished dari Rukita yang fasilitasnya lengkap banget! Harganya terjangkau, lokasinya strategis banget, lho. Penasaran? Klik tombol di bawah!

Jangan lupa unduh aplikasi Rukita via Google Play Store atau App Store, bisa juga langsung hubungi Nikita (customer service Rukita) di +62 811-1546-477, atau kunjungi www.Rukita.co.

Follow juga akun Instagram Rukita di @Rukita_Indo dan Twitter di @Rukita_Id untuk berbagai info terkini serta promo menarik!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Larasati Ayeshaputri

A South Jakarta native with a twist of loving k-pop. Your guide to Jakarta's best hangout spots, fashion, and beauty tips. Also knowledgeable in quirky tips, and a poet in @baharipatah.

Leave a Reply