7

7 Ayam Geprek Paling Nikmat di Jakarta| Mulai dari yang Kejunya Luber sampai yang Pakai Sambal Kacang Mede!

Ayam geprek terbaik Jakarta

Ayam geprek dalam beberapa tahun terakhir booming dan digilai pencinta kuliner, terutama di Jakarta.

Awalnya, ayam geprek populer di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Setelah hadir di Jakarta, variannya jadi semakin beragam. Ada yang menggunakan ‘topping’ keju mozarella hingga berbagai jenis sambal untuk baluran ayamnya.

Ayam geprek sebenarnya sangat simpel, yaitu ayam goreng tepung yang ditumbuk dengan sambal bawang atau terasi.  Gara-gara makanan pedas banyak dicari, hampir semua kedai ayam geprek yang menjanjikan rasa pedas tak terkira.

Daftar Ayam Geprek Terbaik di Jakarta yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan

Berikut 7 merek ayam geprek terbaik yang berhasil Rukita kumpulkan untuk kamu coba di sekitar Jakarta.

1. Ayam Keprabon (Banyak lokasi)

Ayam geprek terbaik Jakarta - Ayam Keprabon
Source: Grid.id

Jika kamu mencari kedai ayam geprek yang punya cabang di mana-mana, kamu bisa pergi ke Ayam Geprek Keprabon. Walaupun banyak cabangnya, namun ayam geprek ini tidak pernah sepi dari pengunjung dan menjadi salah satu yang terbaik di Jakarta.

Mereka menyajikan berbagai variasi ayam, dari paket ayam geprek biasa hingga ayam geprek jumbo. Selain nasi, Ayam Geprek Keprabon juga menyajikan ayam geprek dengan Indomie. Hmmm, kebayang pasti gurih banget!

Menu favorit di sini adalah ayam geprek blenger, atau ayam geprek yang diberi lelehan keju mozarella di atasnya dengan melimpah. Yang membedakan mozarella di sini dengan tempat lain adalah, mozarella yang disajikan sangat lembut dan tidak mengeras saat disajikan dalam keadaan dingin.

Harga: Rp19.000 – Rp34.000

2. Wong Sugih (Cilandak)

Ayam geprek terbaik Jakarta - Wong Sugih
Source: Instagram Ayam Geprek Wong Sugih

Mau yang pedasnya supernendang, tapi nagih? Coba saja Ayam Geprek Wong Sugih. Warung makan ini punya level kepedasan dari 0 sampai 7. Karena porsi nasi yang mereka sajikan kecil, lidahmu pasti langsung merasa kepedasan saat makan ayam geprek ini.

Menu ayam geprek di sini hanya ada 3 jenis, yaitu ayam geprek biasa, ayam pop geprek, dan paru geprek. Kini, mereka juga menjual sambel ikonik Wong Sugih dalam kemasan plastik!

Bedanya ayam geprek dengan ayam pop geprek adalah, ayam geprek dimasak menggunakan tepung crispy. Sedangkan, ayam pop geprek dimasak ala ayam pop resto Padang, baru digeprek. Gimana, tuh, rasanya?

Ayam Geprek Wong Sugih buka dari Selasa sampai Minggu pukul 11.00-23.00, ya!

Harga: Rp21.000

Alamat: Jln. Pangeran Antasari No.67J, Cilandak, Jakarta Selatan

3. Sambel Meledug Indonesia (Mampang)

Ayam geprek terbaik Jakarta - Sambal Meledug Indonesia
Source: pergikuliner.com

Kedai yang satu ini sebenarnya tidak hanya menyajikan ayam geprek karena ada bakso, mie, dan sebagainya. Namun ayam geprek menjadi menu paling populer di sini. Sambalnya terkenal sangat pedas sehingga terasa seakan lidah kita meledak. Kamu tahan nggak, tuh?

Daging ayamnya digoreng crispy, namun masih lembut dan juicy di dalam. Tambah lezat ketika disantap bersama nasi hangat. Menu yang direkomendasikan untuk dicoba yaitu ayam geprek telur dan keju. Nggak ketinggalan kangkung rebus sebagai lalapan. Aduh, enak banget!

Harga: Rp15.000 – Rp25.000

Alamat: Jln. Kapten Tendean No.34, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

4. Ayam Blenger PSP (Banyak lokasi)

Ayam geprek terbaik Jakarta - Sambal Meledug Indonesia
Source: Instagram Ayam Blenger PSP

Jika kamu pencinta pedas, ayam blenger PSP bisa menjadi pilihanmu. Berbeda dari ayam geprek lainnya, kepedasan di sini lebih tinggi karena mereka memiliki 10 level dan tiap level menawarkan kelipatan 10 cabai!

Gimana, dong, bagi mereka yang nggak suka pedas? Tenang, tersedia level 0 bagi yang tidak tahan pedas.

Selain sambal biasa, ada pula ayam geprek sambal matah dan juga sambal hijau. Tak hanya itu mereka juga memiliki salah satu menu favorit yang disebut ayam termoz yang berisi telor dan mozarella. Ayamnya sangat empuk dan kejunya juga sangat melimpah.

Ingin tambah nikmat? Dampingi ayam geprek yang kamu pesan dengan tahu, tempe, usus, hingga kulit goreng yang gurih.

Harga: Rp15.000 – Rp25.000

5. Mas Eko (Tanjung Duren, Kemanggisan, dan Kuningan)

Ayam geprek terbaik Jakarta - Geprek Mas Eko
Source: Instagram Ayam Geprek Mas Eko

Ayam Geprek Mas Eko memiliki berbagai ragam pilihan menu, namun andalannya adalah ayam geprek mozarella. Lelehan mozarella yang melimpah di atas ayam crispy yang superrenyah. Mozarella akan menekan rasa pedasnya seandainya kamu ingin menambah tingkat kepedasannya.

Sebenarnya, kamu bisa mencampur ayam geprek dengan berbagai topping seperti tahu goreng, jamur crispy, dan sebagainya. Uniknya lagi, nih, kamu bisa mengganti nasi menjadi Indomie ataupun Samyang. Kekinian banget, kan?

Source: kumparan.com

Menu yang direkomendasikan di sini adalah ayam geprek mozarella dan ayam geprek Samyang. Harganya bervariasi tergantung dari topping dan pilihan bahan pokoknya. Samyang jadi pilihan termahal yang bikin penasaran. Coba, yuk!

Harga: Rp19.000 – Rp43.000

Alamat: Jln. Tanjung Duren Utara 4 No.223B, Jakarta Barat / Jln. Rawa Belong, Jakarta Barat / Jln. Prof. DR. Satrio No.249, Setia Budi, Jakarta Selatan

6. Ayam Geprek Bensu (Banyak lokasi)

Ayam geprek terbaik Jakarta - Geprek Mas Eko
Source: Facebook Geprek Bensu

Untuk mencicipi kedai ayam geprek milik artis kondang Ruben Onsu ini, terkadang kamu harus rela antre. Mereka menyediakan nasi ayam geprek biasa, dengan keju, atau berbagai sambal seperti kecombrang dan roa, hingga saus telur asin! Beragam banget nggak, sih?

Kalau sedang tidak ingin makan nasi, kamu juga bisa menggantinya menjadi mie goreng. Untuk kepedasannya, kamu bisa memilih 10 level berbeda.

Kamu juga bisa menambah berbagai hidangan pendamping seperti terung, jamur, dan telur goreng. Kalau ingin bawa adik, keponakan, ataupun anak bisa memilih kids menu, lho! Ayo, ajak seluruh keluargamu ke sini!

Harga: Rp20.000 – Rp32.000

7. Ayam Gepuk Pak Gembus (Banyak lokasi)

ayam gepuk pak gembul
Source: tokopedia.com

Kok, ayam gepuk? Konsepnya sama dengan ayam geprek, hanya saja ayam gepuk ini ayamnya digoreng menggunakan bumbu diungkep biasa, bukan diberi tepung crispy.

Ayam gepuk ini berasal dari Yogyakarta asli dan memiliki cabang lebih dari 400 gerai. Banyak banget, ya? Bedanya dari ayam geprek lain selain cara pengolahan ayamnya, mereka menyajikan sambal bawang kacang. Jadi, mereka menambahkan ulekan kacang mede di sambal untuk menambah rasa gurihnya.

Terdapat berbagai pilihan menu tambahan yang supernikmat, mulai dari tempe, tahu, kol goreng, sate kulit, usus, hati, dan sebagainya. Penasaran nggak dengan sambal kacang mede? Langsung mampir, deh!

Harga: Rp5.000 (nasi), Rp18.000 (ayam), dan Rp3.000-Rp6.000 (lauk tambahan)


Ayam geprek tentu mengandalkan kegurihan ayam, kepedasan sambal, dan varian topping. Mungkin hanya di Jakarta kamu bisa menemukan berbagai ayam geprek yang disajikan dengan beragam sambal hingga teknik penyajian. Yang penting, sih, kamu tahan pedas.

Tertarik mau coba ayam geprek apa, nih?

BACA JUGA: 5 Kuliner Kaki Lima Legendaris di Benhil, Siap-siap Ketagihan!

Chikitta Carnelian

Lifestyle content writer by day, and researcher by night. Care about mental health, the environment, and healthy lifestyle. Love pastries too much and enjoy trying different brunch places and nice bars. In the journey to consume less meat.

Leave a Reply