5

5 Cara Mudah Atasi Tempias Air Hujan dari Jendela dan Pintu

tips menghindari tempias hujan

Agar rumah bebas banjir, ini cara mudah mengatasi tempias air hujan!

Saat musim hujan tiba, nih, biasanya apa saja masalah yang kamu temui di rumah? Mungkin jawabannya beragam. Ada atap bocor, rembesan air dari tembok, hingga tempias yang sangat sering terjadi saat turun hujan.

Hujan yang disertai angin kencang nggak hanya berpotensi membuat halaman rumah terendam, tapi air juga sering kali masuk ke dalam rumah. Istilahnya rembes atau tempias yang biasanya air hujan masuk melalui celah-celah ventilasi udara, pintu, maupun jendela.

cara mengatasi tempias air dari jendela dan pintu
source: RumahHokie.com

Penyebab Tempias Air Hujan

Tempias air hujan biasanya disebabkan oleh bentuk atap yang kurang panjang atau terlalu landai. Hal ini membuat fungsi atap menjadi tidak optimal untuk melindungi rumah.

Alhasil, nih, air hujan bisa masuk lewat celah-celah jendela dan pintu dan membuat bagian dalam rumah basah, bahkan banjir!

BACA JUGA: 9 Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir

Cara Mengatasi Tempias Air dari Jendela dan Pintu

Untuk kamu yang sedang mencari cara mudah untuk mengatasi air hujan yang rembes masuk dari jendela dan pintu, nggak perlu bingung lagi. Simak saja ulasan dari Rukita di bawah, yuk!

1. Gunakan tirai luar ruangan

tirai untuk mengatasi tempias air dari jendela dan pintu
Source: Rooang.com

Cara paling mudah untuk mengatasi air tempias saat hujan yaitu menggunakan tirai luar ruangan atau kerai. Biasanya, sih, tirai ini terbuat dari bambu atau plastik yang cukup mudah dibersihkan.

Gunakanlah tirai yang punya susunan rapat untuk mengurangi air masuk ke dalam teras. Menggunakan tirai luar ruangan ini juga bisa menghalau sinar matahari yang berlebihan. Tinggal pilih tirai dengan desain yang menarik, deh.

2. Tanaman rambat juga bisa mengatasi tampias

tanaman rambat
Source: decoruma.com

Selain menggunakan tirai luar ruangan, tanaman rambat juga ampuh mengurangi tempias air hujan. Gunakanlah tanaman rambat dengan tembok sebagai media penyangganya. Lebatnya tanaman bisa menangkap air hujan yang turun dengan deras.

Penggunaan tanaman rambat pada rumah juga bisa memberikan sentuhan segar, lho. Pilih saja tanaman rambat yang mudah untuk dirawat.

BACA JUGA: Musim Hujan Belum Berakhir! Ini yang Harus Dilakukan Saat Banjir Melanda hingga Air Surut

3. Tutup celah pintu dan jendela dengan kain

handuk untuk menutupi jendela
Source: SuratKabar.id

Sudah tidak ada waktu untuk membeli tirai luar ruangan atau menanam tumbuhan rambat? Kamu bisa menggunakan cara paling sederhana, yaitu menutup celah-celah pintu dan jendela dengan kain agar air tidak bisa masuk ke dalam rumah.

Cara ini efektif untuk menutupi celah-celah yang kecil dari air hujan. Semakin besar celah, maka semakin banyak kain yang kamu butuhkan. Pada akhirnya sia-sia, kan?

4. Memperbaiki lidah atap

memperbaiki lidah atap
Source: tokopedia.com

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi tempias air hujan dari jendela dan pintu adalah memperbaiki bagian depan atap. Kamu bisa memperpanjang lidah atap sekitar 1 – 1,2 m. Mintalah bantuan kerabat atau ahli memperbaiki bangunan agar hasilnya sesuai ekspektasi.

Kamu juga bisa menambahkan kanopi di bagian depan rumah agar air hujan tidak rembes masuk ke dalam rumah. Sebaiknya, nih, ukur bagian yang ingin dipasangi kanopi untuk menyesuaikannya dengan bangunan rumah.

5. Meninggikan area di dalam rumah

cara mengatasi tempias air dari jendela dan pintu dengan meninggikan bagian rumah
Source: eae-anv.org

Sudah melakukan cara-cara di atas, tapi air tetap tampias? Terkadang air tempias, tuh, disebabkan oleh bagian dalam rumah lebih rendah dibanding luarnya.

Saatnya kamu melakukan langkah terakhir, deh. Coba tinggikan bagian dalam rumah kurang lebih 5 cm dari bagian teras untuk mengatasi tempias air hujan. Dijamin air hujan yang turun deras nggak akan masuk ke dalam rumah kalau lebih tinggi.

FYI, meninggikan area di dalam rumah juga nggak akan merusak desain rumah, kok.


Nah, itulah beberapa tips untuk mengatasi air tempias yang masuk dari celah jendela dan kaca. Jika dibiarkan air tempias akan menggenang dan membuat bagian dalam rumah banjir!

Selamat mencoba mengatasi air tempias, ya!

BACA JUGA: 9 Cara Ini Bikin Rumah Kamu Bebas Banjir dan Aman Saat Musim Hujan!

Yuliana

A forever-young-soul human who lives in Jakarta. Travel enthusiast and aurora borealis admirer.

Leave a Reply