P

Perhatikan! Ini 5 Area Sarang Kuman di Rumah yang Sering Terabaikan

area sarang kuman di rumah

Jangan abaikan 5 area sarang kuman di rumah ini!

Kegiatan membersihkan rumah sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Ada yang melakukannya setiap hari, ada pula yang seminggu beberapa kali.

Bersih-bersih seperti menyapu dan mengepel lantai tentunya sudah sering dilakukan. Tetapi, apa kamu yakin, nih, seluruh area rumahmu sudah benar-benar bersih?

Tanpa kamu sadari, ada beberapa area di rumah yang sering terabaikan dan bisa menjadi sarang kuman, lho! Kira-kira apa saja? Simak di bawah ini!

Area Sarang Kuman di Rumah yang Berbahaya

area sarang kuman di rumah
Source: aviararealestate.net

Sekilas, sih, kebersihan spot-spot di bawah ini tampak nggak begitu penting sehingga jarang terjamah. Padahal jika dibiarkan begitu saja area tersebut bisa menjadi tempat sempurna bagi bakteri untuk berkembang biak dan berbahaya bagi kesehatan.

Yuk, ketahui 5 area sarang kuman di rumah berikut!

1. Kolong tempat tidur

area sarang kuman di rumah - kolong tempat tidur
Source: .espares.co.uk

Area sarang kuman yang pertama ini sering kita abaikan, padahal perlu banget diperhatikan! Saat membersihkan kamar, nih, bagian kolong tempat tidur sering kali nggak terjamah.

Jika dibiarkan kolong tempat tidurmu bisa jadi sarang debu dan kuman, tuh! Belum lagi jika kita kerap menyimpan barang-barang di sana dan jarang membersihkannya. Usahakanlah untuk selalu membersihkan kolong tempat tidur setiap kali membereskan kamar.

Trik lainnya adalah menghindari menyimpan berbagai barang di bawah tempat tidur dan biarkanlah kosong. Hal ini untuk mempermudah kamu membersihkannya serta meninimalisasi sarang debu.

2. Gorden

area sarang kuman di rumah - gorden
Source: acecurtains.com.sg

Kapan terakhir kali kamu mencuci gorden di rumah? Apakah bulan lalu? Atau mungkin kamu bahkan nggak ingat kapan terakhir gordenmu dicuci? Kalau iya, segera cuci gordenmu sekarang juga!

Gorden yang jarang dicuci bisa jadi area sempurna bagi debu, kuman, dan bakteri. Apalagi jika sering lembap karena cipratan hujan dari ventilasi atau jendela.

area sarang kuman di rumah - gorden jendela
Source: tripadvisor.com

Hal ini bisa membahayakan, lho! Terutama bagi gorden di kamar yang letaknya berimpitan dengan tempat tidur. Tanpa kamu sadari, tuh, debu-debu yang ada di gorden bisa beterbangan dan terhirup tidur.

Sebaiknya cucilah gorden di rumah paling tidak sebulan sekali. Kalau perlu, nih, kamu bisa mencuci gorden setiap seminggu sekali seperti mencuci baju.

Gorden yang jarang dicuci lama-lama juga akan tampak buluk bahkan pudar. Tentunya nggak sedap dipandang, bukan?

3. Bagian bawah kulkas

area sarang kuman di rumah - kolong kulkas
Source: familyhandyman.com

Area sarang kuman yang satu ini juga sering luput dari perhatian. Kalau dipikirkan, ya, seberapa sering kita membersihkan kolong kulkas? Bisa-bisa hampir nggak pernah!

Ukurannya yang besar dan berat membuat kita malas memindah-mindahkan kulkas. Hasilnya, nih, kotoran dan debu di bawah kulkas bisa menumpuk dan tercampur dengan air rembesan kulkas.

Tak jarang kolong kulkas juga menjadi sarang kecoa, cicak, bahkan tikus! Tentunya hal ini bisa menjadikannya area sarang kuman bahkan virus. Hiii! Nggak hanya jorok, tapi juga bisa menyebabkan penyakit.

Sebaiknya kamu membersihkan bagian bawah kulkas secara rutin setidaknya sebulan sekali. Pastikan kamu menyapu dan mengepel kolong kulkas hingga benar-benar bersih seperti semula.

4. Langit-langit

Source: thespecialists.co

Area sarang kuman yang berikutnya adalah langit-langit atap, nih. Jika biasanya lantai bisa kita sapu dan pel setiap hari, tidak demikian dengan langit-langit atap.

Alhasil, langit-langit atap sering kali menjadi sarang debu, laba-laba, dan berbagai serangga. Saking terbiasanya, tuh, jangan-janagn melihat sarang laba-laba di atap rumah sudah bukan hal aneh lagi!

area kotor di rumah - langit-langit rumah
Source: wikimedia.com

FYI, hal ini nggak baik untuk kesehatan kita! Debu-debu di langit-langit bisa saja beterbangan di seluruh ruang. Kamu pun nggak tahu, deh, jika ada serangga jatuh ke makanan atau minumanmu?

Oleh karena itu, bersihkanlah langit-langit atap rumah secara rutin. Kamu bisa menggunakan sapu bergagang panjang atau menyewa jasa pembersih agar lebih maksimal.

5. Pegangan pintu kulkas

pegangan pintu kulkas
Source: nationalstorage.com.

Coba pikirkan kapan biasanya kamu membersihkan pegangan pintu kulkas? Bisa jadi, nih, terpikirkan untuk membersihkannya saja jarang!

Pegangan pintu kulkas di rumah merupakan salah satu benda yang paling sering disentuh. Walau terlihat bersih-bersih saja, ya, pegangan pintu kulkas bisa jadi area sarang kuman yang sempurna.

membersihkan kulkas
Source: thrfun.com

Bakteri bahkan virus bisa berkembang biak dengan cepat di spot tersebut. Apalagi pegangan pintu kulkas biasanya memiliki lekukan kecil sehingga memudahkan berbagai kotoran untuk menempel

Mulai sekarang, yuk, bersihkanlah kulkasmu paling tidak seminggu sekali, baik bagian luar maupun dalam. Kamu bisa membersihkannya menggunakan lap yang sudah dibasahi oleh disinfektan.


Itulah 5 area sarang kuman di rumah yang sering terabaikan. Mulai sekarang, jangan anggap sepele kebersihan area-area ini, ya! Apalagi dalam kondisi wabah Covid-19 ini, wah, kita harus lebih perhatian lagi dalam hal kebersihan demi kesehatan pribadi.

Kamu sendiri sudah membersihkan 5 area di atas belum, nih? Tinggalkan komentar di bawah, yuk!

Qonita Chairunnisa

A passionate SEO content writer with a Journalism background. Been stringing words together for diverse content for years, and aims to keep learning all about SEO and copywriting.

Leave a Reply