R

Rasanya Nggak Berubah Sejak Dulu, 11 Tempat Makan Legendaris di Bogor Ini Wajib Kamu Coba!

kuliner bogor legendaris

Menikmati suasana sejuk setelah hujan memang enaknya sambil menikmati berbagai kuliner legendaris Bogor!

Bukan cuma terkenal sebagai kota hujan, Bogor juga dikenal akan berbagai kuliner legendarisnya. Mulai dari jajanan ringan hingga makanan berat ternyata banyak yang masih bertahan hingga sekarang.

Meski hanya berupa makanan tradisional yang dijual di pinggir jalan, namun cita rasa yang tidak pernah berubah membuat berbagai kuliner ini bertahan dan tetap laris.

11 Kuliner Legendaris di Bogor

Mau tahu di mana saja tempat makan legendaris yang wajib kamu kunjungi saat berada di Bogor? Simak beberapa bocorannya!

1. Toge Goreng Pak Inin

Kuliner Legendaris Bogor Toge Goreng Pak Inin
Source: Openrice

Toge Goreng merupakan makanan tradisional khas Bogor yang terdiri atas campuran ketupat dan tauge yang dicampur dengan kuah oncom dan tauco. Nah, meski namanya memakai “goreng”, namun makanan ini tidak benar-benar digoreng, kok.

Nah, kalau kamu ingin mencoba sensasi Tauge Goreng yang asli khas Bogor, langsung kunjungi Toge Goreng Pak Inin yang sudah melegenda sejak tahun 1965.

Berada di dalam gang, tetapi orang-oran rela buat ngantre, bahkan dari luar kota, untuk menikmati Tauge Goreng yang rasanya nggak pernah berubah ini.

Alamat: Toge Goreng Pak Inin Jln. Ir H Djuanda, Gg. Sukalaya, Paledang, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat

2. Soto Mie Mang Ohim

kuliner legendaris Soto Mie Mang Ohim
Source: Bogor.net

Siapa, sih, yang nggak kenal kuliner khas kota hujan ini? Iya, Soto Mi dengan kuah segarnya ini jadi salah satu makanan asal Bogor yang juga merambah hingga ke Jakarta.

Beda dari yang biasa dijual oleh pedagang kaki lima di Jakarta, Soto Mie Mang Ohim di Bogor ini rempahnya lebih kuat. Kriuk risol, potongan daging, dan mi kuning dalam semangkuk saja sudah menghangatkan perut.

Bikin kamu selalu kangen buat balik lagi!

Alamat: Soto Mie Mang Ohim Jln. Taman Cimanggu Raya No.22, Kedung Waringin, Tanah Sareal, Bogor, Jawa Barat

3. Soto Kuning Pak Salam

kuliner legendaris soto kuning pak salam
Source: Travelingyuk.com

Selain soto mi, Bogor juga punya hidangan soto lain yang nggak kalah enak, lho! Soto kuah kuning yang disantap dengan sepiring nasi putih.

Berbeda dari soto mie, soto kuah kuning punya kuah yang lebih kental dengan isian yang bisa kamu pilih sendiri mulai dari daging hingga jeroan. Nah, salah satu yang paling terkenal dan legendaris di Bogor yaitu Soto Kuning Pak Salam.

Sudah berjualan sejak tahun 1980-an, jika kamu nggak mau kehabisan Soto Kuning Pak Salam, sebaiknya jangan datang setelah pukul 19.00, ya. Cepat habis, sih!

Alamat: Soto Kuning Pak Salam Jln. Siliwangi No.298, Sukasari, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat

4. Sate Sumsum Pak OO

Sate Sum Sum Pak OO
Source: Qraved.com

Jalan Suryakencana di Bogor jadi salah satu pusat kuliner legendaris kota hujan ini. Salah satu yang wajib coba adalah Sate Sumsum Pak OO.

Satai di sini beda banget dari satai lainnya karena yang jadi andalan adalah satai sumsum tulang belakang sapi dan satai ginjal.

Saat ini cucu Pak OO jadi penerus usaha yang dirintis sejak tahun 1965 itu. Resep orisinal yang dipertahankan hingga kini membuat rasa satainya nggak pernah berubah.

Alamat: Sate Sumsum Pak OO Jln. Suryakencana No.193, Babakan Pasar, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat

5. Nasi Goreng Pete Guan Tjo

kuliner legendaris Nasi Goreng Guan Tjo
Source: Tirta lie

Kuliner legendaris lain di Jalan Suryakencana, yaitu Nasi Goreng Pete Guan Tjo. Buat yang sangat menyukai nasi goreng dengan petai, kamu wajib banget untuk mencoba nasi goreng ini.

Tenang, kalau kamu tidak suka petai, masih ada menu lain yang bisa dicoba. Salah satunya adalah Es Ketan Hitam yang manis dan segar.

Alamat: Nasi Goreng Pete Guang Tjo Jln. Suryakencana No.193, Babakan Pasar, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat

BACA JUGA: 8 Tempat Wisata Anti-Mainstream di Yogyakarta | Salah Satunya Langka Banget!

6. Laksa Aut Khas Bogor “Mang Wahyu”

kuliner legendaris Laksa Aut Mang Wahyu
Source: Traveling Yuk

Ingin mencoba makanan tradisional khas Bogor di Jalan Suryakencana? Coba, deh, mampir ke Gang Aut. Di sini ada kedai Laksa Aut Khas Bogor yang melegenda milik Mang Wahyu.

Terdiri atas ketupat, bihun, tauge, serta telor dan tahu sebagai pelengkapnya, yang bikin spesial adalah campuran dalam kuah bumbu kuning atau bumbu laksanya.

Ada kemangi dan parutan kelapa yang digiling sebagai campuran di dalam kuahnya. Bikin aroma Laksa Aut ini harum dan menggugah selera!

Alamat: Laksa Aut Khas Bogor Mang Wahyu Jln. Suryakencana, Gg. Aut, Gudang, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat

7. Cungkring Pak Jumat

Cungkring Pak Jumat
Source: Kompas

Ini nih, salah satu kuliner legendaris di Jalan Suryakencana yang harus kamu coba, khususnya buat sarapan.

Cungkring Pak Jumat? Duh, mungkin namanya kurang menggugah selera, tetapi ketika melihatnya dijamin kamu ingin segera menyantapnya.

Cungkring merupakan salah satu kuliner khas Bogor yang hanya ada di beberapa tempat. Cungkring Pak Jumat yang berbahan dasar kaki sapi dengan guyuran kuah satai ini sudah ada sejak tahun 1965.  

Alamat: Cungkring Pak Jumat Jln. Suryakencana No.285, Babakan Pasar, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat

8. Martabak Encek

Martabak Encek
Source: Traveling Yuk

Setelah berbagai hidangan berat di Jalan Suryakencana, sekarang giliran camilan yang nggak kalah legendaris. Salah satu yang wajib kamu coba adalah Martabak Encek yang sudah ada sejak tahun 1965.

Apa yang spesial dari martabak ini? Tentu soal rasa dan sensasinya karena kamu nggak bakal bisa menemukannya di tempat lain.

Sejak dulu Martabak Encek dimasak menggunakan loyang yang dipanaskan dengan batu bara dan masih dipertahankan hingga kini.

Alamat: Martabak Encek Jln. Surya Kencana No. 289, Bogor Tengah (seberang Gang Aut)

9. Lumpia Basah Suryakencana

lumpia basah suryakencana
Source: Tripadvisor

Setelah puas dengan camilan manis, sekarang saatnya camilan yang gurih, nih! Masih di Jalan Suryakencana, ada Lumpia Basah Surya Kencana yang sangat terkenal dan wajib kamu coba.

Hidangan kulit lumpia yang lembut dan hangat mendapat isian telur dan tauge yang melimpah ini. Nyam, sangat cocok buat dinikmati di kota Bogor yang sejuk.

Alamat: Lumpia Basah Suryakencana Jln. Suryakencana No.89, Babakan Pasar, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat

10. Bakso Kikil Pak Jaka

Bakso Kikil Pak Jaka
Source: Kumparan

Eits, jangan buru-buru pergi kalau kamu lagi wisata kuliner di Jalan Suryakencana. Karena masih ada Bakso Kikil Pak Jaka yang terkenal jadi langganannya para artis sejak tahun 1980-an!

Bakso berukuran sedang bertabur potongan kikil dan daging di atasnya yang disajikan di sini, dari tampilannya saja sudah sangat menggugah selera.

Memang, Kota Bogor yang terkenal dengan curah hujannya membuat Bakso jadi makanan yang paling pas buat dinikmati di sini.

Alamat: Bakso Kikil Pak Jaka Jln. Suryakencana, Bogor Tengah, Bogor (depan Toko Alat Olahraga & Musik/dekat BCA)

11. Asinan Sedap Gedung Dalam

Asinan Sedap Gedung Malam
Source: Pergikuliner

Nggak lengkap rasanya kalau ke Bogor, tapi nggak mampir buat makan Asinan. Kalau kamu mencari Asinan khas Bogor yang legendaris, Asinan Sedap Gedung Dalam ini jawabannya!

Berawal dari jualan buah keliling sejak tahun 1978, kini Asinan Sedap Gedung Dalam menjadi salah satu kuliner legendaris di kota Bogor yang terus berinovasi.

Kamu bisa menemukan tiga macam varian asinan, yaitu asinan sayur, buah, dan campur. Inovasi terbaru mereka yaitu asinan jagung bakar dengan rasa istimewa. Yuk, coba!

Alamat: Asinan Sedap Gedung Dalam Jln. Pajajaran, Jl. V Point No.1, Sukasari, Bogor Timur, Bogor, Jawa Barat


Itulah sebagian tempat makan legendaris yang ada di Bogor. Wajib masuk daftar wisata kuliner kamu saat berkunjung ke Kota Hujan, deh.

Bukan cuma buat dinikmati, berbagai kuliner tersebut dijamin akan membawa kamu bernostalgia dengan cita rasa zaman dulu yang selalu bikin kangen. Cobain, yuk?

Rukita 98 Residence Tebet

Merasa Bogor jauh? Sstt, kamu nggak bakal susah main ke Bogor kalau tinggal di unit coliving Rukita yang letaknya berdekatan dengan stasiun kereta api. Salah satunya adalah Rukita 98 Residence Tebet yang hanya 160 meter atau 2 menit berjalan kaki ke Stasiun Tebet.

Rukita 98 Residence Tebet

Semua kamar sudah fully furnished dengan gaya dekorasi modern minimalis sehingga menambah kenyamanan kamu. Fasilitasnya juga komplet, lho! Koneksi WiFi, AC, TV kabel, kamar mandi dalam, layanan laundry atau kebersihan? CHECK!

Biar nggak makin penasaran dengan kost ini, yuk, langsung klik tombol di bawah atau ketik URL berikut di browser kamu: bit.ly/rukita-wiskul



Penasaran soal unit coliving Rukita lainnya? Yuk, kunjungi www.Rukita.co, dan jangan lupa follow Instagram Rukita di @Rukita_Indo serta Twitter di @Rukita_Id.

Kamu juga bisa tanya-tanya langsung ke Nikita (customer service Rukita) di +62 811-1546-477.

Apakah kamu siap wisata kuliner di Bogor? Apa makanan favoritmu? Bagikan ceritamu di kolom komentar, ya.

Rizki Ramadhan

Full-time writer, part-time planner, part-time dreamer, part-time guitarist, part-time bassist but not an activist. Just a human being. Hit me up on Twitter @rizkiglonomore

Leave a Reply