M

Mau Punya Teras Berkarakter? Pilih 7 Tanaman Penghias Pintu Depan Rumah | Dari Tanaman Obat sampai Pohon!

tanaman penghias pintu depan rumah

Sekarang semakin banyak orang suka menanam tumbuhan di halaman rumah, baik tanaman indoor maupun outdoor. Belum lagi munculnya tren berkebun sejak pandemi Coronavirus. Apakah kamu jadi kepikiran untuk mencari tanaman yang cocok sebagai penghias pintu depan rumah?

Kalau ya, ada banyak pilihan tanaman yang pas untuk penghias pintu depan rumah. Dijamin rumah kian terasa asri dan terbuka. Apalagi kalau rumahmu memiliki teras, tuh, tanaman-tanaman ini bisa jadi penghias teras juga.

Tanaman pun bisa memberikan karakter lebih pada bagian depan rumah yang biasanya polos. Tanaman yang tepat akan memberikan kesan tersendiri sebelum tamu masuk ke rumah. Dijamin langsung mau menghias depan pintu, deh, sehabis baca artikel ini!

Tanaman-tanaman yang Cocok jadi Penghias Pintu Depan

Setelah banyak berbicara tentang tanaman hias indoor sebelumnya, kini waktunya untuk menghias bagian depan rumah!

1. Tanaman boxwood

Best Front Door Flower Pots Ideas And Designs Landscaping Flat ...
Source: crismatec.com

Tanaman penghias pintu depan rumah pertama adalah tak lain tak bukan si klasik buxus atau boxwood. Boxwood adalah tanaman rumpun untuk diletakkan dalam pot besar dan dibentuk maupun jadi hiasan taman karena banyaknya potensi desain yang bisa dilakukan dengannya.

Kalau bagian depan rumahmu luas, nih, mungkin kamu bisa bikin deretan boxwood. Namun, untuk depan pintu letakkan saja boxwood di dalam pot besar. Rapikan potongannya lalu bentuklah menjadi agak kotak dan pendek, atau sesuai selera.

Boxwood sangat mudah dijadikan hiasan klasik karena sangat bisa diubah semau pemiliknya. Mereka juga nggak harus dirawat terus, kok, hanya perlu disirami rutin dan dirapikan bentuknya. Cuaca panas dan dingin pun tak akan jadi masalah buat tanaman ini.

2. Tanaman bunga walisongo

29 Most Beautiful Houseplants You Never Knew About | Tall indoor ...
Source: pinterest.com

Tahu tanaman ini nggak? Tanaman bunga walisongo memiliki daun menjari berbentuk oval dan beberapa daunnya memiliki bercak putih-kekuningan yang indah. Tanaman ini termasuk tanaman hias dan bisa menetralkan polusi udara.

Kalau kamu suka kumpul-kumpul bersama teman di depan rumah, maka tanaman ini bagus banget untuk menyaring asap rokok agar tidak masuk ke dalam rumah. Berhubung termasuk tanaman perdu, maka nggak susah merawatnya, kok. Hanya perlu disiram, diberi pupuk, dan dipangkas agar rapi.

Letakkan tanaman bunga walisongo di pot yang cantik, lalu letakkan di bagian yang tidak kena matahari langsung. Tanaman ini tumbuh ke arah matahari sehingga posisinya harus dirotasi setiap hari agar nggak tumbuh di satu sisi saja.

3. Daun ivy

Front Door and Ivy, Alexandria Photograph by Mark Summerfield
Source: fineartamerica.comn

Bagi yang ingin memiliki tanaman rambat untuk penghias pintu depan rumah, ya, kamu bisa memilih daun ivy yang unik. Kalau takut merusak tembok maka kamu bisa memakai media rambat saja yang diletakkan di pinggir pintu. Jangan lupa untuk merapikannya secara rutin agar tidak merusak tembok, ya.

Tanaman hias ini sangat pas untuk ditanam di area yang teduh di depan rumah. Jika tanaman ini terkena matahari langsung kelamaan, nih, lama-lama bisa rusak. Selain itu tanaman ini suka kelembapan jadi harus rajin disiram, deh.

Uniknya, tanaman ini juga menjadi tanaman obat. Jadi nggak melulu sebagai hiasan, tanaman ini juga efektif sebagai bahan obat batuk dan antiinflamasi. Wah, menanam tanaman obat sekaligus bisa jadi dekorasi, nih.

4. Bunga cendrawasih

Strelitzia Reginae (Bird of Paradise Plant) – Garden Plants Online
Source: gardenplantsonline.co.uk

Kamu pernah dengar nggak tanaman hias yang memiliki bunga seperti burung oranye dengan semburat biru indah? Nah, tanaman ini disebut bunga cendrawasih. Siapa juga yang nggak mau punya hiasan secantik ini di depan rumah?

Kalau kamu suka dekorasi gaya tropis tanaman ini jelas yang paling cocok untuk memberi karakter di depan rumahmu. Enaknya, tanaman ini bisa tumbuh di bayang-bayang maupun di bawah terik matahari! Namun, kalau kena matahari, kuntum bunga akan banyak bermunculan dan warnanya bakal keluar banget.

Letakkan tanaman ini di pot yang indah dan kamu akan melihat layaknya sekumpulan burung bertengger di atas dedaunan hijau. Kalau rumahmu di area yang dingin, jangan lupa masukkan ke rumah sebelum musim hujan datang karena bunga ini lebih ‘bersahabat’ dengan suhu hangat. Pastikan tanahnya lembap setiap hari, namun jangan pula kebanyakan air, ya.

5. Bunga petunia

A basket of petunias | Country decor, Home, garden, Front door decor
Source: pinterest.com

Tanaman petunia adalah salah satu tanaman bunga dengan warna-warni indah dan selalu berbunga banyak. Batangnya juga pendek sehingga sering dijadikan tanaman hias gantung ataupun window box. Kamu bisa menanam petunia di dalam pot, menggunakan pot gantung, maupun window box untuk dipasang di depan rumah.

Bunga petunia sangat menyukai matahari jadi cocok untuk teras rumah yang terkena banyak sinar matahari. Warnanya yang cerah juga tajam pasti menyenangkan banget dilihat, kan? Kamu bisa pakai bunga ini untuk menyeimbangkan fengshui arah depan rumah, lho!

Tanaman ini memerlukan penyiraman secara rutin, namun tergantung cuaca. Kalau udara sedang sejuk, tanaman bisa disiram 2-4 hari sekali. Kalau musim kemarau, sih, kamu harus menyiramnya tiap hari. Dengan penyiraman rutin dan cahaya matahari yang kuat maka bunga akan tumbuh subur dan bermekaran dengan ukuran maksimal yang cantik!

6. Pohon jeruk dan lemon

Old Indian Teak Garden Gate. Love the sun bleached wood flanked by ...
Source: pinterest.com

Sekarang lagi trendi banget menanam pohon jeruk untuk menjadi hiasan di rumah. Kalau kamu nggak punya halaman besar untuk menanam pohon jeruk maupun lemon, kamu bisa menanamnya di pot, lho, dan jadi tanaman cantik penghias pintu depan rumah.

Nggak hanya di depan rumah, sih, kamu juga bisa menjadikannya hiasan di dalam rumah. Banyak rumah bergaya country menanam jeruk lemon di dalam rumah. Namun, jeruk sangat suka matahari, jadi carikan spot yang terkena matahari langsung, ya.

Pangkas ranting dan daun secara rutin agar tidak tumbuh berantakan. Sirami juga secara rutin setiap hari. Cek kesehatan daun serta pastikan tidak ada hama dan sebagainya, ya, karena kalau daunnya berubah jadi kehitaman tentu tak cantik lagi jadi penghias rumah.

7. Tanaman begonia

Fragrant Begonias for Scented Hanging Baskets - Farmer Gracy's Blog
Source: farmergracy.co.uk

Tanaman begonia merupakan salah satu tanaman hias yang sangat cantik. Tanaman ini juga bisa menyaring udara dan memberikan kesejukan. Sebagai tanaman tropis, kamu bisa meletakkannya di bawah sinar matahari. Tanaman begonia sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu berbunga indah atau berdaun indah.

Untuk tanaman depan rumah, nih, begonia lilin bisa jadi pilihan. Biasanya bunganya besar-besar dan cerah, sedangkan daunnya mengilat seperti dilapisi lilin. Letakkan tanaman ini di bawah bayangan atau terkena matahari selama 5 jam saja.

Letakkan begonia di window box atau pot besar yang cantik di depan rumah. Pasti jalan menuju pintu depan akan lebih berwarna dan menarik!

Walau suka kelembapan, ya, jangan disiram terlalu sering karena bisa jamuran. Semprotkan saja air secukupnya pada bagian tanah. Siap bikin teras jadi colorful?


Sudah siap untuk mempercantik depan rumahmu? Jangan hanya menghias teras atau taman depan rumah. Buat sesuatu yang menarik di depan pintu juga!

Tanaman apa yang paling ingin kamu jadikan hiasan depan pintu? Yuk, bagikan opinimu di kolom komentar!

Chikitta Carnelian

Lifestyle content writer by day, and researcher by night. Care about mental health, the environment, and healthy lifestyle. Love pastries too much and enjoy trying different brunch places and nice bars. In the journey to consume less meat.

Leave a Reply