Y

Yuk, Coba 5 Resep Soto Khas Nusantara yang Jarang Dijual di Dekat Rumah Kamu

Soto merupakan salah satu masakan khas Nusantara yang pastinya sudah nggak asing bagi kamu. Kehangatan kuahnya membuat makanan ini jadi hidangan favorit hampir seluruh keluarga Indonesia.

Masakan ini juga sering dihidangkan di rumah maupun banyak dijual oleh pedagang kaki lima hingga restoran bintang lima.

Sebagai kuliner khas Indonesia, nih, variasi masakan ini juga beragam. Hampir setiap daerah memiliki versi dari sotonya masing-masing.

Ada soto ayam kuah kuning khas Surabaya dan soto mi khas Bogor, lalu yang kental dan berkuah santan seperti soto betawi hingga yang gurih dengan cita rasa yang khas seperti soto lamongan dan koya.

5 Resep Soto Khas Nusantara yang Sulit Ditemukan di Sekitarmu

Selain macam-macam soto yang sudah disebutkan tadi, ya, sebenarnya masih ada banyak macam soto dari setiap daerah di Indonesia yang bisa kamu eksplorasi, lho.

Setiap soto dari berbagai daerah pun punya cita rasa dan keunikannya masing-masing yang membuatnya berbeda. Sayangnya cukup sulit untuk mencoba semuanya, kecuali kamu mengunjungi setiap daerah asalnya.

Penasaran terhadap cita rasa dari setiap soto khas Nusantara tersebut tanpa harus pergi ke tempat asalnya? Saatnya untuk membuat sendiri berbagai soto tersebut di rumah!

Butuh resepnya? Tenang! Berikut berbagai resep soto khas Nusantara yang jarang dijual di dekat rumah, buat kamu!

1. Sroto Sokaraja

Resep Soto Sokaraja Asli Banyumas | oleh resepkoki.co | Craftlog
Source: Craftlog

Soto ayam merupakan salah satu kuliner khas bagi hampir seluruh wilayah Jawa. Soto ayam khas Jawa sendiri biasanya mempunyai cita rasa dan bumbu yang mirip, baik dari Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

Namun, ada satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki soto ayam dengan cita rasa yang beda dari soto-soto lainnya di sekitaran wilayah Jawa. Yup, namanya Sroto Sokaraja.

Resep Soto Sokaraja asli Banyumas oleh Anggita Widasari - Cookpad
Source: Cookpad

Hidangan soto yang berasal dari wilayah Kabupaten Banyumas ini punya cita rasa pedas, manis, serta kuah gurih yang membuatnya beda dari soto kuah bening maupun kuah kuning khas daerah Jawa lainnya.

Di Jakarta, tuh, ada beberapa restoran yang menyajikan masakan ini, namun keberadaannya cukup sulit dicari. Buat kamu yang penasaran terhadap rasanya, yuk, buat sendiri di rumah!

Bahan

  • 1 kg daging ayam
  • 150 g sohun (direndam dengan air dan tiriskan)
  • Ketupat siap pakai secukupnya (potong-potong kecil)
  • 150 g tauge pendek (cuci bersih)
  • 150 g kedelai goreng
  • 3 cm jahe (memarkan)
  • 3 lbr daun salam (untuk merebus ayam)
  • 4 cm lengkuas (memarkan)
  • 2.500 ml air (untuk merebus ayam dan kaldu)
  • Minyak goreng secukupnya (untuk menumis dan menggoreng ayam)
  • Garam secukupnya 

Bumbu halus Soto Sokaraja 

  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 batang serai
  • 2 cm kunyit (bakar)
  • 6 butir kemiri (sangrai)
  • 2 batang seledri

Bahan pelengkap Soto Sokaraja

  • Daun bawang (iris tipis)
  • Irisan daun seledri
  • Bawang goreng
  • Kerupuk warna warni (merah, putih, kuning)
  • Kecap manis secukupnya

Bahan sambal kacang Soto Sokaraja

  • 200 g kacang tanah (haluskan)
  • 3 sdm bawang goreng
  • 6 buah cabai rawit
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt gula merah
  • 1 sdm air asam

Cara membuat :

  1. Rebus ayam menggunakan daun salam, lengkuas, dan garam hingga matang. Tiriskan lalu goreng ayam hingga kuning kecokelatan, tiriskan, suwir-suwir.
  2. Panaskan minyak untuk membuat kuah kaldu bumbu, lalu tumis bumbu halus hingga tercium aroma wangi sedap. Lalu, masukkan ke dalam kaldu ayam bekas rebusan ayam, masak di atas api kecil hingga mendidih.
  3. Sembari menunggu kuah kaldu mendidih, membuat sambal kacang dengan menghaluskan bawang merah, bawang putih, kencur, cabai merah, dan garam.
  4. Panaskan minyak untuk menumis bumbu halus sambal kacang hingga harum. Tambahkan gula merah, air asam, dan kacang tanah yang sudah dihaluskan tadi, aduk hingga rata. angkat, tuang air, lalu aduk rata kembali. Siap disajikan!

2. Soto Banjar

Soto Banjar - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Source: Wikipedia

Bukan cuma di pulau Jawa, masyarakat suku Banjar di Kalimantan Selatan juga punya sajian soto khasnya dan bahkan jadi salah satu hidangan paling populer di pulau Kalimantan, lho, yaitu Soto Banjar.

Soto ini sendiri berbahan dasar ayam kampung dengan rempah-rempah biji pala, cengkih, dan kayu manis serta sedikit susu.

Resep Soto Banjar, Hidangan Soto Andalan Kalimantan Selatan
Source: Masakapahariini

Nah, meski menggunakan susu, namun hidangan yang identik dengan kuah keruhnya ini justru tidak kental. Malahan cita rasanya segar dan hangat seperti soto kuah bening.

Sebenarnya, sih, di Jakarta sendiri ada beberapa restoran yang menyajikan hidangan ini. Namun, daripada kamu repot-repot ke luar rumah, lebih baik coba bikin di rumah saja, yuk!

Bahan

  • 450 g fillet dada ayam tanpa kulit
  • 1,5 L air
  • 3 butir kapulaga
  • 2 butir pekak
  • 2 butir cengkih
  • 2 buah biji pala, belah
  • 1 batang kayu manis ukuran sedang
  • 2 sdt penyedap rasa ayam

Bumbu halus

  • 10 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • 1 cm kunyit
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 2 sdm minyak, untuk menumis

Pelengkap

  • 125 g sohun, rebus
  • 4 buah ketupat siap santap, potong-potong
  • 2 butir telur ayam, rebus, belah dua
  • 4 buah perkedel kentang siap santap
  • 2 batang daun seledri, iris tipis
  • Bawang merah goreng
  • 1 buah jeruk nipis, potong

Cara membuat:

  1. Rebus dada ayam hingga matang dan empuk. Angkat dada ayam, suwir, sisihkan. Sisihkan air rebusannya.
  2. Tumis bumbu halus, kapulaga, pekak, cengkih, biji pala, dan kayu manis hingga harum.
  3. Masukkan tumisan bumbu halus ke dalam air rebusan dada ayam. Rebus kembali, aduk rata. Tambahkan penyedap rasa ayam, aduk rata.
  4. Di dalam mangkuk, tata ketupat, sohun, perkedel kentang, telur ayam rebus, dan suwiran dada ayam.
  5. Tuangkan kuah soto ke dalam mangkuk. Sajikan bersama taburan bawang merah goreng serta jeruk nipis.

BACA JUGA: 8 Resep Olahan Pisang yang Enak dan Antigagal | Bisa Jadi Ide Usaha Juga!

3. Soto Padang

Resep Soto Padang. Makanan Favorit untuk Keluarga
Source: Masakapahariini

Masakan Padang memang identik dengan hidangan bersantan yang kaya akan rempah-rempah, rasa pedas dan gurih serta berminyak dan kental.

Namun, nggak semuanya, kok, contohnya ada Soto Padang. Hidangan yang satu ini tampil lebih sederhana dengan kuah yang bening.

6 Ragam Soto dari Nusantara untuk Hangatkan Tubuh di Musim Hujan ...
Source: Liputan6

Eits, meski nggak mencolok seperti masakan khas Padang lainnya, ya, soto khas yang satu ini tetap kaya akan rasa dan nikmat.

Di Jakarta sendiri hidangan ini nggak selalu tersedia di semua restoran Padang, jadi agak sulit menemukannya. Karena itu, yuk, coba bikin sendiri di rumah!

Bahan

  • 600 g daging sapi has dalam
  • 2 L air
  • 2 lbr daun salam
  • 1 sdm penyedap rasa sapi
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 3 sdm minyak sayur, untuk menumis
  • 2 butir cengkih
  • 2 butir kapulaga
  • 1 sdt pala bubuk
  • 2 buah kentang, potong dadu
  • 500 ml minyak sayur, untuk menggoreng
  • 1 bungkus sohun, seduh dan tiriskan

Bumbu halus

  • 10 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah besar

Cara membuat:

  1. Rebus daging bersama daun salam dan merica hingga setengah matang. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, cengkih, kapulaga, pala, aduk hingga bumbu matang dan harum. Angkat.
  3. Masukkan ke dalam air rebusan daging bersama kentang.
  4. Masukkan penyedap rasa sapi, aduk. Masak hingga daging dan kentang matang. Angkat. Tiriskan daging, lalu iris tipis.
  5. Panaskan minyak, goreng daging hingga garing. Angkat, tiriskan.
  6. Siapkan mangkuk saji, masukkan sohun, daging, dan kentang. Tuangkan kuah soto. Taburi dengan seledri dan bawang daun. Sajikan bersama nasi dan kerupuk merah.

4. Coto Makassar

Coto Istimewa Asli Khas Makassar - Resep | ResepKoki
Source: Resepkoki

Ini, nih, hidangan andalannya masyarakat Makassar yang namanya sudah terkenal di seluruh Indonesia. Apalagi kalau bukan Coto Makassar.

Hidangan yang masuk ke dalam salah satu jenis soto khas Nusantara ini punya bentuk dan cita rasa yang berbeda dan nggak bisa dijumpai di jenis soto khas lainnya.

Coto Makassar ~ Resep | Tastemade
Source: Tastemade

Kuahnya begitu gurih dan beraroma kuat. Nggak heran kalau kuliner dari Sulawesi Selatan ini termasuk salah satu makanan mewah di luar pulau Sulawesi.

Restoran Makassar di Jakarta sebenarnya cukup banyak, lho. Bahkan hampir semuanya menyajikan Coto, namun buat kamu yang ingin membuatnya sendiri di rumah, resep berikut bisa kamu coba, ya.

Bahan

  • 500 g daging sapi has dalam, potong dadu
  • 2 batang serai
  • 1 cm lengkuas
  • 1 cm jahe
  • 3 lbr daun salam
  • 200 g kacang tanah goreng tanpa kulit, haluskan
  • 2 L air
  • 1,5 sdm penyedap rasa sapi
  • 2 sdm kecap manis
  • 3 sdm minyak

Bumbu halus

  • 10 buah cabai merah keriting
  • 100 g tauco
  • 8 siung bawang putih
  • 6 butir kemiri, sangrai
  • 1 sdm ketumbar, sangrai
  • 1 sdm gula merah

Pelengkap

  • 4 buah lontong/buras siap pakai
  • Bawang merah goreng
  • Seledri, iris tipis
  • Daun bawang, iris tipis

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, serai, lengkuas, jahe, dan daun salam hingga harum. Masukkan daging sapi, aduk hingga berubah warna.
  2. Tuang air dan tambahkan penyedap rasa sapi, aduk dan masak hingga mendidih.
  3. Tambahkan kecap manis dan kacang tanah goreng, aduk rata. Angkat.
  4. Sajikan dengan pelengkap. Dapat ditambahkan bawang goreng, irisan daun bawang, dan seledri. Sajikan dengan buras/lontong.

5. Soto Kuning Khas Bogor

Soto Kuning Asli Khas Bogor Praktis dan Istimewa - Resep | ResepKoki
Source: Resepkoki

Bukan cuma soto mi, lho, kuliner soto yang dimiliki oleh Kota Hujan. Salah satu kota tetangga Jakarta ini juga punya hidangan Soto Kuning Bogor.

Berbeda dari soto mi, ya, soto kuning ini cukup sulit ditemukan di Jakarta. Rasa kuahnya cenderung gurih akibat penggunaan santan, sementara kuah soto mi lebih segar.

Resep Soto Kuning Bogor tanpa Santan - DAY Photography - Medium
Source: Medium

Selain itu isi hidangan soto yang satu ini juga berbeda banget karena biasanya menggunakan daging berikut jeroan sapi seperti kikil, iso, dan babat.

Buat kamu yang ingin coba membuat hidangan ini di rumah, nih, nggak perlu pakai berbagai macam jeroan dulu kalau takut kolesterolnya. Berikut resepnya!

Bahan

  • 300 g daging sapi
  • 200 g sandung lamur
  • 200 g kikil kaki sapi
  • 1 btg serai keprek
  • 3 lbr daun salam
  • 3 lbr daun jeruk
  • 1 ruas lengkuas
  • 200 ml santan instan
  • 5 btg daun bawang bagian putihnya saja
  • Garam
  • Gula pasir
  • Air
  • Minyak goreng
  • 5 btr kemiri sangrai
  • ½ sdt lada putih butir
  • ½ sdt jintan
  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe

Cara membuat:

  1. Didihkan air menggunakan panci presto. Rebus daging dan sandung lamur selama 15 menit, buang airnya.
  2. Tambahkan 2 liter air ke dalam panci berisi daging. Beri garam secukupnya. Masak daging dan sandung lamur dalam presto selama 15 menit. Hilangkan uap dalam panci dan buka tutup panci, tiriskan daging kemudian iris iris. Simpan air kaldunya.
  3. Blender halus seluruh bumbu dengan sedikit air. Sisihkan.
  4. Panaskan minyak untuk menumis bumbu halus bersama serai, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas hingga harum.
  5. Tambahkan santan instan. Masak hingga santan mengeluarkan minyak lalu masukkan tumisan ke dalam panci berisi kaldu daging. Didihkan kembali sambil sesekali diaduk.
  6. Masukkan kembali daging dan sandung lamur yang sudah diiris-iris bersama daun bawang. Beri garam dan gula pasir, cicipi. Matikan api.
  7. Sajikan soto hangat dalam mangkuk saji. Sandingkan bersama nasi dan pelengkap lainnya.

Itulah dia berbagai resep soto khas Nusantara yang jarang bisa kamu jumpai atau sulit dibeli di dekat rumah kamu. Sekarang, kamu bisa coba semuanya tanpa harus jauh-jauh pergi ke tempat asalnya.

Berbagai resep menu soto khas Nusantara ini pastinya sangat cocok untuk dijadikan inspirasi menu makan siang kamu di rumah hari ini. Yuk, coba buat!

Kamu tertarik untuk mencoba resep yang mana dulu? Apakah punya resep khas Nusantara lainnya? Tinggalkan komentarmu di bawah, ya.

Rizki Ramadhan

Full-time writer, part-time planner, part-time dreamer, part-time guitarist, part-time bassist but not an activist. Just a human being. Hit me up on Twitter @rizkiglonomore

Leave a Reply