8

8 Resep Olahan Sosis Praktis untuk Lauk Anak Kost | Bahan Sederhana, Nggak Pakai Lama!

Anak kost wajib tahu resep olahan sosis ini!

Sosis merupakan salah satu masakan siap saji yang jadi favorit segala usia. Biasanya, sosis juga kerap jadi andalan stok makanan anak kost karena mudah diolah dan harganya terjangkau.

Sosis bisa disantap sebagai camilan dengan cocolan saus maupun sebagai lauk untuk teman makan nasi. Cara mengolah yang paling sederhana dan sering dilakukan pastinya adalah dengan menggorengnya saja.

Tapi, bosan nggak, sih, kalau sosis digoreng begitu terus?

BACA JUGA: 10 Resep Kreasi Makanan Kaleng yang Lezat dan Nggak Membosankan

Resep Sosis Mudah dan Praktis untuk Anak Kost

Nah, untuk anak kost, yuk, kreasikan lauk sosismu agar lebih mantap dan menggugah selera. Berikut ini ada 8 resep olahan sosis praktis dengan cara dan bahan sederhana. Siapa pun bisa memasaknya, kok!

1. Resep sosis telur gulung

resep olahan sosis - sosis telur gulung
Source: facebook.com

Resep olahan sosis yang pertama ini praktis banget untuk bekal atau sarapan. Selain bergizi karena kandungan telur, cara masaknya pun mudah dan nggak pakai lama. Yuk, simak resepnya!

Bahan

  • 1 atau 2 butir telur
  • 3 buah sosis
  • 1 helai daun bawang (iris tipis)
  • Garam, merica secukupnya
  • Minyak goreng

Cara membuat:

  1. Goreng sosis hingga setengah matang, angkat lalu sisihkan.
  2. Kocok lepas telur, merica, dan irisan daun bawang hingga tercampur rata.
  3. Panaskan minyak, tuang sebagian telur. Goyangkan wajan secara memutar agar telur rata ke semua bagian.
  4. Letakkan sosis di satu sisi telur, gulung perlahan.
  5. Guling-gulingkan di atas wajan hingga matang merata.
  6. Potong sostel sesuai selera.
  7. Sosis telur gulung siap disajikan.

2. Resep sosis saus tiram

resep sosis saus tiram- resep olahan sosis praktis
Source: yentit.com

Punya bumbu saus tiram, tapi bingung mau masak pakai apa? Coba olah sosismu jadi sosis saus tiram, yuk! Kamu bisa sesuaikan takaran resep sosis saus tiram ini sesuai keinginanmu. Jika ingin ditambah topping lainnya juga bisaa banget, lho.

Bahan

  • 10 buah sosis (potong-potong)
  • 3 siung bawang putih (iris)
  • 5 butir bawang merah (iris)
  • 1 buah bawang bombai (iris)
  • 1 sdt saus tiram
  • 2 sdm keacp manis
  • 1/2 sdt merica
  • 1 sdt garam
  • 100 ml air
  • Minyak goreng

Cara membuat:

  1. Goreng sosis hingga matang, angkat lalu sisihkan.
  2. Tumis bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay hingga harum.
  3. Masukkan sosis yang sudah digoreng tadi, aduk hingga rata.
  4. Tambahkan saus tiram, kecap manis, merica, garam, dan air. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap.
  5. Sosis saus tiram siap disajikan.

3. Resep sosis lada hitam

resep olahan sosis praktis- sosis lada hitam
Source: cookpad.com

Lagi ingin makan sapi lada hitam, tapi dompet nggak mendukung? Jangan sedih, yuk, kita masak sosis lada hitam yang nggak kalah lezat. Resep di bawah ini juga menggunakan daging ayam, tapi jika ingin menggantinya sesuai selera juga bisa banget, kok!

Bahan

  • 250 gr dada ayam (potong dadu)
  • 2 buah sosis (potong-potong)
  • 2 siung bawang putih (cincang)
  • 1/2 buah bawang bombai (iris)
  • 2 helai daun bawang (iris)
  • 4 buah cabai merah (iris)
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt lada hitam
  • 1 sdt saus sambal
  • 1 sdt kecap manis
  • 1 sdt kecap asin
  • Garam, gula sesuai selera
  • Minyak goreng

Cara membuat:

  1. Tumis bawang putih hingga harum.
  2. Masukkan potongan daging ayam, masak hingga daging matang dan berubah putih.
  3. Masukkan sosis, kecap manis, dan saus sambal, aduk merata.
  4. Tambahkan garam, lada hitam, air, potongan cabai, dan bawang bombai, lalu aduk rata.
  5. Masukkan kecap asin, saus tiram, dan daun bawang, lalu aduk merata.
  6. Sosis lada hitam siap disajikan.

4. Resep sosis asam manis

resep sosis asam manis
Source: cookpad.com

Masih seputar ‘saus’, resep olahan sosis satu ini juga nggak kalah menggoda! Bahan-bahannya mudah dicari dan masaknya pun nggak butuh waktu lama. Untuk menu sarapan, bekal, atau makan di kost oke banget, nih!

Bahan

  • 5 buah sosis (potong-potong)
  • 1/2 buah bawang bombai (iris)
  • 2 siung bawang putih (cincang)
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 sdm margarin
  • Gula, garam secukupnya
  • 1/2 sdt lada putih bubuk
  • Penyedap rasa sesuai selera
  • Minyak goreng
  • 100 ml air

Cara membuat:

  1. Goreng sosis hingga marang, lalu angkat dan sisihkan.
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombai dengan margarin hingga harum.
  3. Masukkan saus tomat, lada putih bubuk, gula, garam, penyedap rasa, dan air. Aduk merata dan masak hingga mendidih.
  4. Masukkan sosis, masak hingga bumbu meresap.
  5. Sosis asam manis siap disajikan.

5. Resep sosis tumis sayur

resep sosis tumis sayur
Source: youtube.com

Agar santapanmu lebih bergizi, yuk, olah sosis dengan aneka sayuran! Kamu bisa tumis sosis dengan sayuran yang kamu sukai, seperti brokoli, wortel, buncis, jagung dan lainnya. Nggak cuma sehat, rasanya juga nikmat!

Bahan

  • 1 buah wortel (iris)
  • Buncis secukupnya (iris)
  • 2 buah sosis (potong)
  • 1 butir telur
  • 1/2 sdt margarin
  • 5 butir bawang merah (iris)
  • 3 siung bawang putih (iris)
  • Cabai merah/rawit sesuai selera (iris)
  • 1 sdt kecap asin
  • Penyedap rasa
  • 1 sdt saus tiram
  • Garam, merica secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Kocok lepas telur, tambahkan garam dan merica secukupnya.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
  3. Masukkan telur, lalu masak orak-arik.
  4. Masukkan sosis, masak hingga sosis matang.
  5. Masukkan buncis dan wortel.
  6. Tambahkan kecap asin, penyedap rasa, saus, saus tiram, dan air lalu aduk merata.
  7. Masak hingga mendidih dan meresap.
  8. Sosis tumis sayur siap disajikan.

6. Resep sosis goreng tepung

resep sosis goreng tepung - resep sosis praktis
Source: tribunnews.com

Lebih suka sosis digoreng? Eits, agar lebih spesial kita buat sosis goreng tepung saja! Sensasi kriuknya bakal bikin nagih, deh! Jangan lupa siapkan saus cocolan agar makannya semakin seru.

Bahan

  • Sosis secukupnya (potong-potong)
  • Tepung terigu
  • Tepung bumbu serbaguna
  • Baking soda secukupnya
  • Kaldu bubuk, garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng

Cara membuat:

  1. Campur tepung terigu, tepung bumbu serbaguna, tepung maizena, lada bubuk, dan penyedap rasa, lalu aduk rata.
  2. Masukkan baking soda secukupnya, aduk merata.
  3. Buat adonan tepung basah dari sesendok campuran tepung kering tadi.
  4. Masukkan potongan sosis ke tepung basah lalu balur kembali dengan tepung kering. Ulangi hingga dua kali.
  5. Goreng sosis di minyak panas dengan api sedang hingga keemasan.
  6. Sosis goreng tepung siap disajikan.

7. Sosis bakar pedas manis

resep sosis bakar pedas manis - resep olahan sosis praktis
Source: youtube.com

Resep olahan sosis selanjutnya adalah sosis bakar pedas manis. Cara masaknya tentu saja mudah karena tinggal dipanggang di Teflon atau wajan antilengket. Nah, yang bikin istimewa adalah bumbunya, nih! Yuk, simak resepnya berikut ini.

Bahan

  • 10 buah sosis (kerat bagian pinggir dan atasnya)
  • Tusuk sate
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 sdt merica atau lada hitam
  • 3 sdm saus sambal
  • 2 siung bawang putih (haluskan)
  • Margarin atau mentega secukupnya
  • Mayones secukupnya

Cara membuat:

  1. Tusuk sosis dengan tusuk sate
  2. Campurkan kecap manis, saus tiram, merica, dan bawang putih, aduk merata.
  3. Panaskan margarin di Teflon, bakar sosis hingga merekah dan matang. Bolak-balik agar matang merata.
  4. Oleskan sosis dengan mayones atau saus sesuai selera.
  5. Sosis bakar pedas manis siap disantap.

8. Sup sosis

resep sup sosis - resep sosis praktis
Source: kumparan.com

Musim hujan gini memang paling enak menyantap yang hangat. Daripada makan mi kuah instan terus, lebih baik buat sup sosis dengan aneka sayur, yuk!

Bahan

  • 4 buah sosis (potong-potong)
  • 2 buah wortel (iris)
  • 5 buah buncis
  • 1 buah tomat
  • 1 helai daun bawang
  • 2 helai seledri
  • Gula, garam, penyedap rasa
  • Air

Bumbu halus

  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus hingga harum dengan sedikit minyak.
  2. Masukkan air, masak hingga mendidih.
  3. Masukkan wortel, masak hingga sedikit empuk.
  4. Masukkan buncis.
  5. Tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa sesuai selera.
  6. Masukkan sosis, daun bawang, tomat, dan seledri.
  7. Masak hingga sosis matang.
  8. Sup sosis siap disajikan.

Nah, itu dia 8 resep olahan sosis praktis yang bisa kamu coba. Semoga kamu yang anak kost jadi terinspirasi untuk masak sosis lebih sedap dengan resep-resep ini, ya!

Lebih asyik lagi kalau kost-mu memiliki dapur bersama yang nyaman, lengkap, dan bersih, seperti di unit coliving Rukita Potlot Duren Tiga!

Rukita Potlot Duren Tiga

Nggak hanya fasilitas dapur yang eksklusif, pastinya kamarnya juga nyaman dan berkualitas. Kamarnya sudah fully furnished, termasuk AC, TV, WiFi, dan kamar mandi dalam. Harga sewanya mulai dari Rp2,8 juta saja per bulan, lho.

Rukita Potlot Duren Tiga

Yuk, cek info Rukita Potlot Duren Tiga lebih lanjut dengan klik di bawah ini!

Atau ketik ini di browser: bit.ly/rukita-potlot-durtig

Penasaran soal unit coliving Rukita lainnya? Yuk, kunjungi www.Rukita.co, dan jangan lupa follow Instagram Rukita di @Rukita_Indo serta Twitter di @Rukita_Id. Kamu juga bisa tanya-tanya langsung ke Nikita (customer service Rukita) di +62 811-1546-477.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Qonita Chairunnisa

A passionate SEO content writer with a Journalism background. Been stringing words together for diverse content for years, and aims to keep learning all about SEO and copywriting.

Leave a Reply