N

Nggak Bisa Masak? Intip 10 Resep Masakan dengan 3 Bahan yang Antigagal!

resep masakan 3 bahan

Memasak itu merupakan salah satu basic skill yang harus dimiliki semua orang. Nah, masalahnya nggak semua orang punya bakat memasak. Tapi bukan berarti kamu nggak bisa membuat makanan enak, lho.

Untuk kamu yang nggak bisa masak tapi ingin membuat makanan enak, tentunya harus pintar-pintar mencari resep, nih. Kalau diberikan resep makanan yang rumit tentunya kamu akan kesusahan, tuh.

Ternyata nggak semua makanan itu harus dibuat dengan bahan yang melimpah, cara yang rumit, dan teknik superribet, lho. Banyak juga resep-resep mudah untuk kamu yang suka kepraktisan atau jarang masuk ke dapur.

Resep masakan 3 bahan
Source: Unsplash/@Max Delsid

Resep Makanan 3 Bahan yang Mudah untuk Ditiru

Cukup dengan 3 bahan, kok, kamu juga bisa membuat makanan enak. Mulai dari menu sarapan hingga camilan bisa kamu buat dalam waktu singkat dan dijamin enak. Berikut 10 resep makanan yang dibuat hanya dengan 3 bahan saja. Jangan lupa simpan resepnya, ya!

1. Omelette awan

resep makanan 3 bahan -  fluffy Omelete
Source: Serious Eats

Siap untuk sarapan dengan masakan 3 bahan? Kalau iya, omelette awan ini cocok untuk kamu coba, deh. Nggak perlu bahan yang ribet karene kamu hanya perlu menggunakan bahan-bahan di kulkas saja, kok! Omelette awan ini sempat viral di media sosial, lho. Penasaran untuk mencobanya juga?

Bahan

  • 3 butir telur
  • Garam secukupnya
  • Butter secukupnya

Cara membuat:

  1. Kocok telur dengan mixer hingga kaku dan mengembang selama kurang lebih 7 menit.
  2. Setelah kaku, masak dengan butter di atas api kecil hingga matang. Jangan lupa taburi garam secukupnya.
  3. Tidak perlu dibalik, ya, omelete awan siap dimakan!

2. Ayam teriyaki

resep makanan 3 bahan -  teriyaki chicken
Source: TipBuzz

Untuk kamu yang menyukai makanan khas Jepang, pasti sudah nggak asing lagi dengan ayam teriyaki. Biasanya, sih, kamu membutuhkan banyak bahan untuk membuat ayam ini. Ternyata hanya dengan 3 bahan, kamu juga bisa mendapatkan ayam teriyaki yang lezat!

Bahan

  • 500 gr ayam, potong dadu
  • Soy sauce secukupnya
  • Madu atau brown sugar secukupnya

Cara membuat:

  1. Masak ayam di atas api sedang hingga setengah matang.
  2. Masukkan soy sauce dan madu. Aduk merata hingga ayam matang sempurna.
  3. Sajikan dengan nasi hangat untuk makan siang!

3. Mac and cheese

resep makanan 3 bahan -  mac and cheese
Source: Inspired Taste

Sedang ingin makan mac and cheese, tapi sedang berhemat? Daripada jajan terus, mending buat sendiri saja, yuk! Kamu hanya perlu 3 bahan yang diperlukan untuk membuat makanan ini. Selain itu, cara membuatnya juga mudah. Hanya butuh 15 menit dan mac and cheese pun jadi!

Bahan

  • 450 gr pasta (macaroni)
  • 1 1/4 liter susu
  • 200 gram keju cheddar

Cara membuat:

  1. Masak susu hingga mendidih, kemudian tambahkan pasta. Masak sambil diaduk hingga pasta matang.
  2. Matikan kompor, kemudian tambahkan keju cheddar. Aduk hingga keju meleleh.
  3. Mac and cheese siap disantap!

4. Creme brulee

resep makanan 3 bahan -  creme brulee
Source: Live Well Bake Often

Butuh camilan manis? Buat creme brulee saja, yuk! Jika biasanya membuat creme brulee itu membutuhkan bahan dan teknik yang sulit, nah, kamu hanya memerlukan tiga bahan saja. Camilan manis ini sangat cocok disantap dengan teh hijau, lho!

Bahan

  • 75 gr es krim vanilla atau rasa lainnya
  • 1 butir kuning telur (jika menggunakan es krim dengan rasa, gunakan 1 butir telur)
  • 1 sdm gula pasir

Cara membuat:

  1. Lelehkan es krim di atas api kecil atau menggunakan microwave selama 1 menit. Kemudian campur dengan kuning telur, aduk rata.
  2. Tuang ke dalam mangkuk kecil atau cangkir tahan panas. Letakkan mangkuk di atas wadah yang diisi air (water bath) kemudian panggang dalam oven suhu 120° C selama 45 menit.
  3. Setelah matang sisihkan hingga dingin dan masukkan ke dalam kulkas kurang lebih 3 jam.
  4. Lelehkan gula pasir hingga berwarna karamel dengan api kecil. Kemudian tuangkan gula cair ke atas creme brulee. Ratakan dengan cepat.
  5. Creme brulee 3 bahan siap dimakan.

5. Banana oatmeal cookies

Banana Oatmeal Cookies
Source: Once Upon a Chef

Cookies yang enak juga bisa dibuat dengan mudah dan praktis. Banana oatmeal cookie menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin makan camilan enak dan sehat. Cookie ini bisa tahan hingga 2 minggu jika disimpan di tempat yang kedap udara dan nggak lembap, lho. Bisa juga dijadikan ide bingkisan untuk teman, nih!

Bahan

  • 2 pak oatmeal instan
  • 1 buah pisang matang
  • Choco chips secukupnya

Cara membuat:

  1. Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celcius.
  2. Lumatkan pisang hingga halus, kemudian masukkan oatmeal.
  3. Tambahkan choco chips, aduk hingga rata.
  4. Bentuk adonan kecil-kecil dan panggang selama 15 menit.

6. Banana pancakes

Banana Pancakes
Source: Physicians Committee

Telat bangun dan harus segera conference call tapi belum sarapan? Kalau begitu, membuat pancake pisang dengan 3 bahan ini bisa jadi ‘jalan ninja’, nih. Nggak perlu waktu lama, kamu pun sudah bisa menikmati sarapan tanpa harus khawatir terlambat sign-in ke concall.

Bahan

  • 1 buah pisang matang
  • 2 butir telur
  • Kayu manis secukupnya

Cara membuat:

  1. Lumatkan pisang menggunakan garpu hingga halus.
  2. Masukkan telur dan kayu manis ke dalam pisang, aduk hingga rata.
  3. Tuang adonan ke wajan anti lengket yang sudah panas.
  4. Goreng hingga berwarna cokelat keemasan.
  5. Banana pancakes siap disantap!

7. BBQ popcorn chicken

BBQ Popcorn Chicken
Source: cookpad.com

Butuh camilan sebagai teman binge watching drama Korea atau film yang seru? Kalau bukan penggemar makanan manis, bbq popcorn chicken ini pas banget untuk kamu. Perpaduan rasa bbq yang gurih berpadu dengan tekstur keripik yang crunchy. Kamu harus coba, ya!

Bahan

  • Ayam yang sudah dipotong kecil
  • Saus barbeque secukupnya
  • Keripik rasa barbeque secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan potongan daging ayam dengan saus barbeque. Aduk hingga rata.
  2. Kemudian lumuri ayam dengan keripik rasa barbeque hingga semua bagian ayam tertutupi.
  3. Panggang dalam oven bersuhu 190 derajat Celcius selama 12 menit.

8. Mozzarella cheese stick

Mozzarella cheese stick 3 bahan
Source: Fox Valley Foodie

Sedang ingin makan camilan tapi cuma punya keju, telur, dan tepung roti saja di rumah? Tenang, 3 bahan tadi bisa disulap jadi camilan yang enak, kok. Pas untuk dimakan saat menyelesaikan tugas kantor atau sekolah. Dicocol saus cabai dan mayonais cocok banget, nih!

Bahan

  • Keju mozzarella
  • 4 butir telur
  • Tepung roti

Cara membuat:

  1. Potong keju menjadi seukuran jari telunjuk atau sesuai selera.
  2. Kocok lepas telur. Celupkan keju ke dalam telur lalu gulirkan di atas tepung roti hingga semua bagian tertutup. Simpan dalam freezer selama 2-3 jam.
  3. Goreng keju di dalam minyak panas hingga kecokelatan.

9. Brownies hazelnut

Brownies cokelat ini sempat viral di media sosial, lho. Selain cara membuatnya simpel, rasanya juga sudah pasti enak. Nggak perlu banyak bahan, kok, kamu hanya membutuhkan 3 bahan saja! Makan kue manis sambil nonton konser online bisa jadi pilihan yang tepat!

Bahan

  • 379 gr selai cokelat hazelnut
  • 2 butir telur
  • 65 gr tepung terigu

Cara membuat:

  1. Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 175 derajat Celcius.
  2. Siapkan mangkuk besar, masukkan semua bahan dan aduk hingga rata.
  3. Tuang ke dalam loyang dan panggang selama 15 menit.
  4. Setelah matang, dinginkan selama kurang lebih 5 menit sebelum dipotong-potong.

10. Pie sosis gulung

Piglets In The Blanket
Source: Pillsbury.com

Khusus untuk kamu yang suka camilan asin, nih, bisa coba membuat pie sosis gulung. Camilan satu ini, tuh, paling cocok dimakan bersama dengan saus sambal dan mayones. Mau dimakan saat sore hari atau saat brunch juga boleh. Nggak perlu repot membeli bahan, hanya perlu 3 bahan saja!

Bahan

  • 1 lembar puff pastry
  • 6 sosis
  • 6 slice keju cheddar

Cara membuat:

  1. Panaskan oven dengan suhu 220 derajat Celcius.
  2. Potong adonan puff pastry menjadi 6 bagian, sesuaikan dengan lebar keju cheddar.
  3. Letakkan keju di atas adonan, kemudian diikuti dengan sosis. Gulung dan potong menjadi 2-3 bagian atau sesuai selera.
  4. Panggang selama 15 menit atau hingga cokelat keemasan. Untuk kamu yang tidak punya oven, bisa juga menggorengnya di atas api sedang.

Membuat camilan enak nggak perlu bahan yang banyak dan cara yang sulit, kan. Ternyata banyak juga resep makanan 3 bahan yang bisa kamu tiru dengan mudah. Selain cara membuatnya gampang, ya, rasanya sudah pasti enak. Cocok, nih, dimakan sambil Netflix and chill!

Kamu punya resep camilan 3 bahan andalan nggak? Share di kolom komentar, dong! Rukita juga ingin tahu, nih.😆

Yuliana

A forever-young-soul human who lives in Jakarta. Travel enthusiast and aurora borealis admirer.

Leave a Reply