O

Orang Santun Banyak Teman, Ada Pantun untuk Lebaran | Cek Ide Ucapan Idul Fitri di Sini!

ucapan idul fitri

Nggak ada salahnya tahun ini kamu mengirimkan ucapan Lebaran berupa pantun.

Salah satu cara paling mudah untuk mengirim ucapan Idul Fitri atau ucapan Lebaran adalah membuat pantun sendiri. Kamu tinggal mencari image yang sesuai dan kirim melalui WhatsApp atau unggah di akun media sosial.

Merasa nggak jago bikin pantun? Belum tentu, lho, siapa tahu kamu malah bisa merangkai kata-kata yang lucu dan unik dari pengalaman pribadi.

Mau mencobanya? Cek beberapa pantun ala Rukita berikut ini.

Apa, Sih, Pantun?

Menurut KBBI, nih, pantun adalah bentuk puisi Indonesia (Melayu) yang tiap bait (kuplet) biasanya terdiri atas empat baris dan bersajak (a-b-a-b), tiap larik biasanya terdiri atas empat kata, baris pertama dan baris kedua biasanya untuk tumpuan (sampiran) saja atau bisa dibilang pembuka, sementara baris ketiga dan keempat merupakan isi atau pesan utamanya.

Pantun untuk Ucapan Lebaran

Untuk membuat pantun ucapan Lebaran kamu bisa memakai segala hal yang berkaitan dengan Hari Raya Idul Fitri tersebut. Mulai dari ketupat, opor, salaman, hingga baju baru. Yang penting akhirannya berima sesuai ketentuan pantun di atas.

Misalnya, nih, kata ketupat bisa kamu kaitkan dengan sobat, tobat, telat, dan masih banyak lagi. Mau memakai opor? Padanan kata berakhiran “-or” yang bisa dipilih di antaranya aktor, bongsor, dekor, tegor, dan lain-lain. Tinggal cari saja, sih, di KBBI Kemdikbud atau KBBI Online.

1. Ide pantun ala Rukita

Kalau masih bingung, ya, kamu bisa mengambil beberapa contoh pantun ala Rukita seperti di bawah ini. Silakan save as saja! 😉

BACA JUGA: 5 Cara Kreatif Bikin Pesan Selamat Idul Fitri yang Beda dari Biasanya

2. Ide pantun dengan kata dekorasi dan hunian

Ingin bermain kata-kata dengan barang yang ada di sekitarmu? Bisa banget! Berikut pantun ucapan Idul Fitri yang bisa dicontoh.

3. Ide pantun dengan foto sendiri

Kalau kamu punya waktu, nih, bisa saja membuat pantun dengan kolase foto koleksi pribadi. Apalagi semakin banyak aplikasi desain yang membantu kamu untuk berkreasi. Kamu juga bisa bermain kata-kata dengan isu hangat, lho. Berikut contohnya…

Pokoknya apa pun bisa kamu coba, tuh!


Bagaimana? Sudah siap bermain pantun untuk ucapan Idul Fitri tahun ini?

Ke Tanah Abang beli kain, pulangnya tidak lupa beli kedondong. Kalau kamu punya ide lain, kasih tahu di kolom komentar, dong. 😉

Leave a Reply