7

7 Jenis Mie Khas Nusantara dan Tempat Makan Legendarisnya di Jakarta

soto mi - mi khas nusantara

Mi khas nusantara apa yang jadi favoritmu?

Mi merupakan salah satu jenis santapan yang digemari banyak orang. Hampir seluruh negara memiliki kuliner minya tersendiri, tak terkecuali Indonesia.

Seperti yang kamu tahu, Indonesia sangat kaya dengan berbagai kuliner khas daerahnya. Untuk sajian mi saja, setiap daerah Nusantara memiliki kuliner mi dengan keistimewaannya nmasing-masing.

Mi Khas Indonesia dan Tempat Makan Mi Legendaris di Jakarta

Bagi kamu yang suka sajian mi, yuk, kenalan dengan 7 mi khas Nusantara di bawah ini! Masing-masing mi Nusantara ini juga ada tempat makan legendarisnya di Jakarta, lho.

1. Mie Koclok (Cirebon)

Source: travelingyuk.com

mi khas nusantara - mie koclok

Mi khas Nusantara yang pertama ini datang dari kawasan Cirebon. Mie Koclok disajikan dengan irisan kol, tauge, dan kuah putih bertekstur kental seperti bubur.

Kuah kental yang unik ini terbuah dari tepung maizena, santan, kental, kaldu ayam, dan garam. Rasanya gurih dan nikmat, apalagi dengan pelengkap bawang goreng, daun bawang, telur rebus, dan ayam suwir.

Mie Koclok Cirebon

Bagi yang penasaran dengan rasanya, kamu bisa mencicipinya di tempat makan Mie Koclok Cirebon yang terletak di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Harga seporsinya hanya Rp23.000 dan terdapat menu lainnya juga seperti mi ayam, mi pangsit, mi bakso, dan kwetiau.

  • Harga: Rp50.000 untuk 2 orang
  • Alamat: Sleepless Tebet Street Food Jln. Tebet Utara Dalam #27, Tebet, Jakarta Selatan
  • Jam operasional: Senin-Minggu pukul 12.00-00.00

2. Mie Cakalang (Manado)

mi cakalang - mi khas nusantara
Source: yukmakan.com

Bergeser ke Manado, kita akan menemukan mi khas Nusantara lainnya yaitu mi cakalang. Sekilas, bentuknya sama seperti mi ayam pada umumnya, tapi ikan cakalang fufu atau cakalang asap membuat rasanya lebih istimewa!

Suwiran ikan cakalang fufu memberikan aroma dan rasa gurih yang khas pada semangkuk mi cakalang. Mau disantap berukuah ataupun goreng rasanya sama-sama nagih!

Mie Cakalang Manado GR

mi cakalang
Source: indonesiakaya.com

Nah, kuliner khas Manado ini bisa kamu temui di Jakarta, salah satu yang reccommended adalah di Mi Cakalang Manado GR di Cilandak, Lebak Bulus. Rasa mi cakalangnya sudah pasti sedap, autentik, dan harganya pun merakyat.

Restoran ini juga memiliki menu khas Manado yang sangat beragam, seperti ayam woku, sup brenebon, bubur Manado, dan banyak lagi. Suasana restoran yang homey dan bersih juga membuat santapan semakin nikmat!

  • Harga: Rp75.000 untuk 2 orang
  • Alamat: Ruko Plaza Karinda B1/2, Jln. Karang Tengah Raya, Lebak Bulus, Kec. Cilandak, Jakarta Selatan
  • Jam operasional: Senin-Kamis dan Minggu pukul 10.00-21.00, Jumat pukul 10.00-17.00

3. Mie Aceh (Aceh)

mie aceh
Source: qraved.com

Para pencinta pedas pasti sudah dengan mi khas Nusantara yang satu ini! Mi Aceh terdiri atas mi kuning yang kenyal yang diolah dengan berbagai bumbu rempah dan bercita rasa pedas.

Topping pun beragam, seperti udang, cumi, daging, jamur, hingga irisan kepiting. Rasa rempah yang kuat juga terasa harmonis di lidah dengan pelengkap seperti emping, acar, bawang goreng, dan jeruk nipis.

Mie Aceh juga memiliki lebih dari satu jenis, yaitu ada mi Aceh goreng, mi Aceh kuah, dan mi Aceh tumis. Rasa pedas dan rempah yang khas benar-benar membuatnya spesial dari mi yang lain!

Mie Aceh Bang Jaly

mie aceh bang jaly
Source: phinemo.com

Tempat makan mi Aceh di Jakarta pun nggak sulit ditemukan. Salah satu restoran mi Aceh terbaik di Jakarta adalah Mie Aceh Bang Jaly yang terletak di kawasan Tanah Kusir.

Mie Aceh Bang Jaly sudah terkenal dengan kelezatan rasa yang nggak ada duanya! Rasa gurihnya bikin nagih, bumbu rempahnya meresap ke dalam mi dan terasa pas di lidah. Nggak heran, deh, kalau Mie Aceh Bang Jaly ini nggak pernah sepi pengunjung!

  • Harga: Rp50.000 untuk 2 orang
  • Alamat: Mie Aceh Bang Jaly Jln. Bintaro Raya No.2, Kebayoran Lama Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
  • Jam operasional: Senin-Jumat pukul 10.00-22.00, Sabtu-Minggu pukul 10.00-23.00

4. Mie Kocok Bandung (Bandung)

mie kocok bandung - mi khas nusantara
Source: kompas.com

Kalau tadi ada mi koclok, kali ini ada mi kocok! Mi khas Indonesia dari Tanah Pasundan ini juga banyak penggemarnya, apalagi bagi penyuka cita rasa kaldu sapi yang memikat.

Ciri khas dari mi kocok Bandung ini adalah mi kuning gepeng dengan kondimen bakso, kikil, daging sapi, tauge, daun bawang, daun seledri, bawang goreng, dan perasan jeruk nipis. Semuanya pun tercampur dengan kuah kaldu daging sapi yang kental dan sedap.

Nama ‘mi kocok’ sendiri berasal dari proses memasaknya, yaitu mi dimasukkan dalam wadah bergagang panjang berlubang lalu dimasukkan ke dalam air panas dan dikocok-kocok hingga matang. Menyantap mi kocok Bandung hangat-hangat di musim hujan rasanya ngeunah pisan, deh!

Mie Bakso Kocok Bandung

Source: infobdg.com

Nggak perlu melancong ke Bandung, mi kocok Bandung juga bisa kamu temukan di Jakarta. Salah satu yang legendaris adalah Mie Bakso Kocok Bandung yang berlokasi di Rawamangun, Jakarta Timur.

Rumah makan ini menyajikan mi kocok Bandung dengan rasa yang autentik. Kuahnya bening, kaldunya terasa, baksonya lembut dan kenyal, dan bisa pakai topping gajih. Yang mau nostalgia mi kocok di Bandung wajib ke sini!

  • Harga: Rp75.000 untuk 2 orang
  • Alamat: Mie Bakso Kocok Bandung Jln. Waru No.21, RW.8, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur
  • Jam operasional: Senin-Minggu pukul 08.00-22.00

5. Bakmi Jawa (Jogjakarta)

mi jogja
Source: tribunnews.com

Kalau tadi dari Jawa Barat, sekarang kita bergeser ke Jawa Tengah! Bakmi Jawa atau disebut juga Mi Jogja atau Mi Jawa merupakan mi khas Indonesia yang berasal dari Jogjakarta.

Bakmi Jawa ini memiliki tiga jenis, yaitu goreng, rebus, atau nyemek alias mi agak basah dan hampir nggak berkuah. Dalam semangkuknya, bakmi Jawa dilengkapi dengan suwiran ayam, tomat, daun bawang, sawi, bawang goreng, kol, dan acar.

Walau sekilas tampak seperti mi ayam biasa, saat mencicipinya kamu akan tahu cita rasa yang membuatnya beda dari yang lain!

Bakmi Jawa Mas Wahyu

Source: tuguwisata.com

Bagi yang penasaran atau kangen dengan bakmi Jawa, cobalah mampir ke Bakmi Jawa Mas Wahyu, di Cipete, Jakarta Selatan. Rumah makan ini sudah terkenal dengan rasa bakmi Jawa yang mantap dan “Jawa banget”!

Bumbunya medok dan terasa sedap di lidah. Tekstur mi-nya juga pas, tingkat kematangannya enak, dan nggak terlalu lembek. Menyeruput kuah kaldunya saja sudah nikmat banget, lho!

  • Harga: Rp75.000 untuk 2 orang
  • Alamat: Bakmi Jawa Mas Wahyu Jln. Abdul Majid Raya No.3, Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan
  • Jam operasional: Senin-Minggu pukul 17.30-01.00

6. Soto Mie (Bogor)

soto mie
Source: kepogaul.com

Soto mi merupakan salah satu mi khas Nusantara yang sering kita temui di Jakarta. Mi asal kota hujan, Bogor, ini terdiri atas mi, bihun, daging, kikil, risol, tomat, lobak, kentang, dan kuah soto kaldu.

Biasanya, sih, tak lupa disajikan dengan pelengkap seperti taburan bawang goreng, bawang daun, dan emping. Rasanya unik, manis, gurih, dan segar, apalagi ditambah dengan sambal yang tambah bikin nggak berhenti nyuap.

Soto Mie Asli Bogor Teh Usy

soto mie bogor
Source: detik.com

Di Jakarta, tuh, kamu bisa menemukan tempat makan soto mi legendaris, yaitu Soto Mie Asli Bogor Teh Usy. Rumah makan yang berlokasi di Lebak Bulus ini pilihan tepat bagi kamu yang ingin mencicip soto mie khas Bogor dengan rasa yang autentik.

Menunya juga ada berbagai macam, mulai dari soto mi daging, soto kuning santan paru, soto kuning santan kikil, dan lainnya. Ingin tambah ekstra risol, paru, dan topping lainnya? Bisa banget!

  • Harga: Rp75.000 untuk 2 orang
  • Alamat: Soto Mie Asli Bogor Teh Usy Jln. Karang Tengah Raya No.5, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan
  • Jam operasional: Senin-Minggu pukul 07.30-20.30

7. Mie Bangka (Belitung)

mi khas nusantara - mi bangka
Source: nibble.id

Mi khas Nusantara yang terakhir ini juga sudah nggak asing lagi. Mi Bangka merupakan sajian mi khas Bangka Belitung yang terdiri atas mi kuning tipis nan panjang dengan tauge, ayam kecap, pangsit, dan sayur caisim.

Untuk versi yang non halal, mi Bangka biasanya disajikan dengan kondimen babi cincang. Tak lupa juga dengan semangkuk kuah tahu kok alias bakso khas Bangka yang rasanya nggak kalah lezat!

Mie Ayam Bangka Asan

Source: travelingyuk.com

Di Jakarta, kamu bisa menemukan tempat makan mi Bangka legendaris, yaitu Mie Ayam Bangka Asan. Rumah makan yang sangat populer ini menyajikan mi Bangka autentik dengan ayam berlimpah dan cita rasa yang gurih dan nendang!

Porsinya pun padat dan berlimpah untuk harga yang bersahabat. Bagi yang ngaku pencinta mi ayam, wajib banget coba Mie Ayam Bangka Asan ini.

  • Harga: Rp60.000 untuk 2 orang
  • Alamat: Jln. Cipinang Jaya Raya No.33, Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta Timur
  • Jam operasional: Senin, Rabu-Minggu pukul 07.00-17.00

Mie Ayam Bangka Asan ini juga punya cabang lainnya di kawasan Tebet, yaitu di Tebet Barat Dalam, RT.9/RW.6, Tebet Barat, Jakarta Selatan. FYI, unit coliving Rukita 98 Residence Tebet cuma berjarak 7 menit, lho, dari sini!

Rukita 98 Residence Tebet adalah pilihan tepat bagi para mahasiswa ataupun karyawan yang butuh kost eksklusif dengan harga terjangkau dan strategis. Kamarnya sudah fully furnished, termasuk TV, AC, WiFi, dan kamar mandi dalam.

Rukita 98 Residence Tebet

Seluruh fasilitasnya ini bisa kamu dapatkan denga harga sewa mulai Rp2,4 juta per bulan, bahkan sudah termasuk laundry dan cleaning service. Ingin tahu lebih lanjut tentang Rukita 98 Residence Tebet? Klik tombol di bawah ini!

Atau ketik ini di browser: bit.ly/rukita-98res


Nah, itulah 7 mi khas Nusantara beserta tempat makan legendarisnya di Jakarta. Mi khas Indonesia apa yang menjadi favoritmu? Tulis pendapatmu di kolom komentar, yuk!

Penasaran soal unit coliving Rukita lainnya? Yuk, kunjungi www.Rukita.co, dan jangan lupa follow Instagram Rukita di @Rukita_Indo serta Twitter di @Rukita_Id. Kamu juga bisa tanya-tanya langsung ke Nikita (customer service Rukita) di +62 811-1546-477.

Qonita Chairunnisa

A passionate SEO content writer with a Journalism background. Been stringing words together for diverse content for years, and aims to keep learning all about SEO and copywriting.

Leave a Reply