7

7 Menu Praktis untuk Natal dan Tahun Baru ala Anak Kost

Terakhir diperbarui: 5 Februari 2020

Natalan di kost akan terasa spesial dengan resep menu Natal ini!

Hari Natal dan tahun baru sebentar lagi tiba! Biasanya para perantau mulai pesan tiket pulang, nih, untuk merayakannya bersama keluarga. Tapi, sayangnya nggak semua orang punya kesempatan yang sama.

Nah, bagi kamu yang merayakan Natal dan tahun baru di kost, jangan sedih dulu! Kamu bisa, kok, membuat pesta kecil-kecilan di kost dengan menghidangkan jamuan lezat.

Kamu bisa, lho, merayakan momen Natal dan tahun baru bersama teman-teman di kost. Biar makin spesial, yuk kita buat menu Natal sendiri. Mudah, kok!

1. Sate buah yoghurt

menu natal dan tahun baru - sate buah yoghurt
Source: runninginaskirt.com

Setelah menyantap berbagai hidangan lezat, paling enak makan dessert buah yang segar, nih. Biar makin seru, sate buah yoghurt bisa jadi pilihan resep menu Natal yang praktis, lho!

Bahan:

  • Berbagai buah-buahan sesuai selera
  • Tusuk sate
  • 8 sdm yoghurt
  • 1 sdm madu

Cara membuat:

  1. Potong buah-buahan agar bisa dijadikan sate.
  2. Tusuk potongan buah ke tusuk sate.
  3. Campur yoghurt dan madu sesuai selera, lalu aduk rata.

2. Marshmallow cokelat panas

menu natal dan tahun baru - cokelat panas marshmallow
Source: torani.com

Kalau di negara barat, menikmati Natal di musim salju sambil menyeduh cokelat panas rasanya sempurna banget.

Nah, di Indonesia, bulan Desember biasanya sedang musim hujan, nih, cocok juga ditemani minuman cokelat panas. Yuk, bikin resep menu Natal ini!

Bahan:

  • Marshmallow
  • 250 ml susu full cream
  • 50 gram cokelat batang (bisa pakai cokelat bermerek sesuai selera)
  • Susu bubuk sachet (merek apa saja sesuai selera)
  • 1 sdm tepung maizena (untuk membuat kental)
  • 1 sdm gula pasir
  • Garam

Cara membuat:

  1. Iris cokelat batang jadi potongan halus.
  2. Larutkan maizena dengan air.
  3. Masukkan irisan cokelat, 1 sdm gula, susu bubuk, dan sedikit susu ke panci.
  4. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga cokelat meleleh dan tercampur rata.
  5. Tambahkan 250 ml susu.
  6. Masukkan sedikit garam dan maizena (jika sudah cukup kental tak perlu maizena).
  7. Masak sambil diaduk hingga larut.
  8. Tuang ke dalam gelas lalu tambahkan marshmallow di atasnya.

3. Fettucine Alfredo

menu natal dan tahun baru - fettucine alfredo
Source: kiyafries.com

Menu pasta untuk sajian Natal? Why not! Teman-temanmu pasti nggak bisa nolak, deh, kelezatan fettucine alfredo yang gurih dan creamy. Cara membuatnya pun antiribet, yuk, coba!

Bahan:

  • 500 gram pasta fettuccine
  • 4 sdm bawang bombay cincang
  • 3 siung bawang putih (cincang halus)
  • 250 gram daging asap (optional)
  • Fibercreme
  • 2 sdm minyak
  • 6-12 sdm margarin
  • 500 ml air mendidih
  • 3 kuning telur
  • Keju cheddar
  • Garam, merica secukupnya

Cara membuat:

  1. Masak fettucine dalam air mendidih, masukkan garam dan minyak goreng secukupnya.
  2. Setelah 5-6 menit, angkat dan tiriskan.
  3. Goreng daging asap hingga matang lalu sisihkan.
  4. Tumis bawang bombay dan bawang putih dengan margarin.
  5. Masukkan fettucine dalam wajan, lalu aduk rata.
  6. Tambahkan fibercreme, kuning telur, dan keju.
  7. Aduk rata hingga keju meleleh dan telur matang.
  8. Bisa tambahkan taburan keju dan peterseli, sajikan.

4. Jagung bakar meksiko

menu natal dan tahun baru anak kost  - jagung bakar meksiko
Source: delish.com

Menu Natal untuk anak kost ini terinspirasi dari street food khas Mexico. Sekilas, sih, seperti jagung bakar biasa. Tapi, ada bumbu-bumbu rahasia yang bikin sajian ini semakin mantap. Caranya mudah, kok!

Bahan:

  • 4-5 buah jagung (sesuai selera)
  • 1 cangkir keju perut
  • 1/2 cangkir mayones
  • Daun ketumbar (cacah halus)
  • Bubuk paprika/cabai
  • Margarin
  • 1 jeruk lemon/jeruk nipis (peras airnya)

Cara membuat:

  1. Siapkan panggangan.
  2. Oles jagung dengan margarin, lalu bakar hingga setengah matang.
  3. Campur mayones dengan cacahan daun ketumbar.
  4. Oles jagung dengan campuran mayones.
  5. Bakar kembali jagung hingga matang.
  6. Jika sudah matang, angkat lalu beri parutan keju, bubuk cabai, dan perasaan jeruk nipis sesuai selera.

5. Brownies tanpa oven

menu natal dan tahun baru anak kost - brownies kukus tanpa oven
Source: romadecade.org

Siapa yang nggak suka brownies? Kue manis berbentuk persegi ini juga bisa banget dijadikan menu Natal anak kost yang praktis. Nggak perlu oven atau mixer, brownies kukus pun rasanya nggak kalah enak, deh!

Bahan:

  • 6 sdm tepung terigu
  • 2 sachet susu cokelat bubuk (merek sesuai selera)
  • 2 butir telur
  • 2 sachet kental manis cokelat
  • 6 sdm minyak
  • 6 sdm gula
  • 6 sdm air hangat
  • 1/2 sdt baking soda
  • Keju secukupnya untuk topping

Cara membuat:

  1. Kocok telur dan gula hingga merata.
  2. Ayak tepung terigu, susu bubuk cokelat, baking soda, lalu aduk sampai tercampur rata.
  3. Tuang kocokan telur ke dalam campuran tepung.
  4. Tambahkan kental manis lalu aduk sampai rata.
  5. Tambahkan minyak, aduk rata, lalu beri air sampai aduk kembali sampai tercampur.
  6. Siapkan kukusan, lapisi tutup dengan kain.
  7. Oleskan margarin pada loyang dan tuang adonan.
  8. Kukus sekitar 20 menit hingga matang.
  9. Taburkan topping sesuai selera, lalu hidangkan.

6. Oreo truffle

menu natal dan tahun baru anak kost - oreo truffle
Source: thecookierookie.com

Oreo truffle bisa jadi menu Natal yang praktis dan nagih, nih! Bentuknya yang mungil dan rasanya yang lezat akan membuat momen Natalmu semakin manis. Caranya? Supergampang!

Bahan:

  • 1 bungkus Oreo
  • 1 sachet kental manis
  • Cokelat batang (boleh pakai cokelat bermerek)
  • Margarin
  • Mesis dan kacang-kacangan

Cara membuat:

  1. Blender Oreo hingga halus.
  2. Tambahkan kental manis dan aduk rata dengan Oreo.
  3. Bentuk adonan seperti bola lalu sisihkan.
  4. Masukkan margarin secukupnya ke dalam panci, gunakan api kecil.
  5. Masukkan cokelat batangan, masak hingga meleleh, lalu tuang dalam wadah.
  6. Celupkan bola adonan ke dalam cokelat yang sudah dilelehkan.
  7. Taburkan mesis dan kacang-kacangan sesuai selera.
  8. Dinginkan, lalu sajikan.

7. Eggnog

menu natal anak kost egg nog
Source: finedininglovers.com

Resep menu Natal yang terakhir ini cocok banget untuk musim dingin! Eggnog merupakan minuman susu dan telur khas Amerika Utara yang biasa dinikmati di bulan Desember saat Natal dan tahun baru. Minuman ini juga populer di film Harry Potter, lho!

Bahan untuk 2 porsi:

  • 2 gelas susu full cream
  • 4 buah kuning telur
  • 1/4 gelas kental manis
  • Gula sesuai selera
  • 1/2 sdt kayu manis bubuk

Cara membuat:

  1. Panaskan susu full cream dan kental manis dengan api sedang, jangan sampai mendidih.
  2. Kocok kuning telur dan gula dengan kecepatan tinggi.
  3. Masukkan 2 sdm susu yang telah dipanaskan ke adonan telur, aduk rata.
  4. Panaskan lagi campuran susu, lalu masukkan adonan telur perlahan.
  5. Masukkan bubuk kayu manis, lalu aduk merata.
  6. Tuang eggnog di gelas dan taburi bubuk kayu manis di atasnya sesuai selera.


Itulah 7 menu Natal dan tahun baru yang praktis dibuat untuk anak kost. Semoga perayaan Natal dan tahun barumu menyenangkan, ya!

BACA JUGA: Mau Bikin Pesta di Apartemen? Ikuti 10 Tips Ini Biar Berjalan Lancar

CategoriesTak Berkategori
Qonita Chairunnisa

A passionate SEO content writer with a Journalism background. Been stringing words together for diverse content for years, and aims to keep learning all about SEO and copywriting.

Tinggalkan Balasan